Maki Beberkan Inisial King Maker Kasus Djoko Tjandra Siapa Mereka



Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Boyamin Saiman resmi menyerahkan sejumlah bukti terkait dugaan kasus Djoko Tjandra kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (16/9/2020).

Bukti yang diserahkan kepada KPK yakni soal percakapan antara Jaksa Pinangki Sirna Kumalasari dengan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dalam pengurusan Fatwa Hukum di Mahkamah Agung (MA).

Berdasarkan bukti tersebut tercatat beberapa nama yang diduga terlibat dalam kasus suap Djoko Tjandra. Mereka adalah TDK, HA, BR, S, T1, T2, dan AV.

"Maka ini saya serahkan kepada KPK, ini jadi tugasnya KPK untuk mendalami bahan itu karena punya kewenangan dan kemampuan untuk berkaitan dengan telekomunikasi. Misalnya, meminta kepada operator rekaman segala macem, konteksnya pembicaraannya seperti apa," kata Boyamin di Lobi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2020).

Boyamin mengatakan, ada penyebutan istilah King Maker dari beberapa nama yang tercatat dalam bukti-bukti yang disetorkan ke KPK.

"Nah salah satu yang mengejutkan dan ini adalah hal yang baru, yaitu ada penyebutan istilah King Maker dalam pembicaraan-pembicaraan itu antara PSM, ADK dan JST juga," kata dia.

Alasan Boyamin menyerahkan bukti adanya percakapan istilah 'King Maker' kepada KPK, lantaran Kejaksaa Agung dalam kasus Pinangki sudah melengkapi pemberkasan untuk dilimpahkan ke Pengadilan.

Sedangkan, di Bareskrim Polri juga sudah akan kembali menyerahkan berkas sengkarut kasus Djoko Tjandra ke Kejaksaan Agung.

"Saya sudah tidak bisa lagi membawa 'King Maker' ini kepada Polisi maupun Kejaksaan," ucap Boyamin.

Maka itu, Boyamin berharap KPK dapat menelusuri istilah 'King Maker' dengan membuka penyelidikan baru dengan mengambil alih kasus dari Kejaksaan dan Polri.

"Melihat nama King Maker itu kemudian saya minta dilakukan penyelidikan baru tersendiri yang ditangani oleh KPK untuk meneliti King Maker itu siapa. Karena dari pembicaraan itu terungkap nampaknya di situ ada istilah King Maker," tutup Boyamin.

Dalam gelar perkara bersama Kejagung dan Polri yang digelar di Gedung Merah Putih KPK pada Jumat (11/9/2020) lalu, KPK hanya mendengarkan perkembangan hasil penyidikan kasus-kasus Djoko Tjandra.

KPK hanya memberikan masukan-masukan kepada Kejagung dan Polri yang menangani sejumlah kasus Djoko Tjandra.

"Ini adalah gelar pertama. Sehingga kami masih menerima laporan sejauh mana baik dari Mabes maupun Kejaksaan Agung hasil yang dia peroleh dari hasil penyidikan," kata Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (11/9/2020).

Sejumlah kasus Djoko Tjandra telah menyeret jenderal polisi hingga pejabat di Kejaksaan Agung.

Diketahui, Bareskrim Polri telah menetapkan Brigjen Prasetijo Utomo sebagai tersangka dalam kasus surat jalan palsu alias surat sakti yang digunakan Djoko Tjandra ketika masih berstatus buron.

Selain itu, Bareskrim juga telah menetapkan Irjen Napoleo Bonaparte sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap penghapusan red notice, Djoko Tjandra.

Kemudian, Kejagung juga telah menetapkan Jaksa Pinangki Sirna Kumalasari sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/maki-beberkan-inisial-king-maker-kasus.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Maki Terbongkarnya Kasus Djoko Tjandra Karena Putus Hubungan Dengan Makelar

Maki Terbongkarnya Kasus Djoko Tjandra Karena Putus Hubungan Dengan Makelar

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 187 hits
Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia Boyamin Saiman menyebut terbongkarnya kasus Djoko Tjandra karena ada pecah kongsi atau putus hubungan dengan pihak makelar atau yang disebut King Maker Boyamin mengungkapkan para makelar ini kesa...
Maki Akan Beri Bukti Lain Bapakmu Bapakku Di Kasus Djoko Tjandra Ke Kpk

Maki Akan Beri Bukti Lain Bapakmu Bapakku Di Kasus Djoko Tjandra Ke Kpk

papar berkaitan - pada 16/9/2020 - jumlah : 227 hits
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia akan menyerahkan sejumlah bukti tambahan terkait perkara Djoko Tjandra ke KPK Salah satunya terkait istilah bapakmu bapakku dalam rencana pengurusan fatwa MA oleh pengacara Djoko Tjandra Anita Dewi Kolopaki...
Kejagung Buru Inisial Dk Di Proposal Pengurusan Fatwa Ma Djoko Tjandra

Kejagung Buru Inisial Dk Di Proposal Pengurusan Fatwa Ma Djoko Tjandra

papar berkaitan - pada 12/9/2020 - jumlah : 272 hits
Kejaksaan Agung tengah mencari seseorang atas nama inisial DK yang diduga terlibat dalam kasus yang kini menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari terkait pengurusan Fatwa Mahkamah Agung atas nama Djoko Soegiarto Tjandra
Dalami Kasus Gratifikasi Djoko Tjandra Kejagung Periksa Satu Saksi

Dalami Kasus Gratifikasi Djoko Tjandra Kejagung Periksa Satu Saksi

papar berkaitan - pada 22/9/2020 - jumlah : 163 hits
Saksi tersebut adalah Rahmat selaku karyawan swasta atau Pemilik Koperasi Nusantara Untuk mencari fakta hukum tentang pemberian dan janji tersangka Djoko S Tjandra kepada Jaksa PSM dan bagaimana teknis dan caranya serta maksud dan tujuan pe...
Usut Aktor Utama Para Tersangka Kasus Djoko Tjandra Diminta Jadi Jc

Usut Aktor Utama Para Tersangka Kasus Djoko Tjandra Diminta Jadi Jc

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 155 hits
Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban berharap sejumlah tersangka yang terjerat dalam kasus Djoko Tjandra bersedia menjadi saksi pelaku yang bekerjasama atau justice collaborator Kami berharap sejumlah tersangka yang terjerat kasus tersebut...
Beredar Foto Perantara Djoko Tjandra Bersama Wapres

Beredar Foto Perantara Djoko Tjandra Bersama Wapres

papar berkaitan - pada 24/9/2020 - jumlah : 227 hits
Saksi kasus dugaan gratifikasi dan suap dalam kepengurusan fatwa Djoko Tjandra Rahmat diduga mengenal baik Wakil Presiden Maruf Amin Dugaan ini dipicu oleh beredarnya foto kompilasi yang menunjukkan Rahmat bersama Wapres Maruf Amin Dari fot...
Pas Sebagai King Maker Jadi Kenyataan Presiden Pas

Pas Sebagai King Maker Jadi Kenyataan Presiden Pas

papar berkaitan - pada 14/9/2020 - jumlah : 256 hits
PENGKALAN CHEPA Presiden PAS Dato Seri Tuan Guru Abdul Hadi Awang mendedahkan bahawa rancangan membawa pendekatan baharu politik PAS menerusi Ta awun Siyasi telah dibuat beliau bersama Almarhum Tuan Guru Dato Nik Abdul Aziz Nik Mat dan Tuan...
Kejagung Jangan Segan Periksa Anggota Dpr Yang Diduga Ikut Susun Skenario Pembebasan Djoko Tjandra

Kejagung Jangan Segan Periksa Anggota Dpr Yang Diduga Ikut Susun Skenario Pembebasan Djoko Tjandra

papar berkaitan - pada 18/9/2020 - jumlah : 197 hits
Klaster politik seperti terabaikan dalam pusaran kasus terpidana hak tagih Bank Bali Djoko Tjandra Seolah olah masalah ini hanya klaster Kejaksaan Polri dan Imigrasi Kemenkumham Begitu tegas anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman dalam ac...
Isu Musang King Pekebun Melayu Rps Sungai Chalit Pun Turut Terpalit Apa Nasib Mereka

Isu Musang King Pekebun Melayu Rps Sungai Chalit Pun Turut Terpalit Apa Nasib Mereka

papar berkaitan - pada 4/9/2020 - jumlah : 331 hits
Generasi peneroka di Kampung Sungai Chalit telah bertapak di sini seawal tahun 1979 lagi dan telah dijanjikan kerjasama pembukaan dan pengusahaan tanah lot ladang seluas lapan ekar da lot dusun dua ekar beserta tapak rumah kepada ahli peser...
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Amalan Paling Minima Mendapatkan Lailatul Qadar

Yang Nilai Baik Dan Buruk Itu Dari Allah Bukan Dari Manusia

Oh Baju Melayu

First Blog Post

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000

Insider Tricks Stylists Use To Make Clothes Fit Perfectly