Luhut Mau Permudah Dokter Asing Perluni Aneh Dokter Wni Dipersulit




 Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pemerintah perlu melakukan promosi wisata medis secara masif, termasuk mendatangkan dokter spesialis asing.


Wacana itu muncul atas situasi terkini mengenai berkurangnya WNI yang berobat ke luar negeri selama masa pandemi sehingga dianggap perlu dimanfaatkan dengan membangun infrastruktur wisata medis.


Menanggapi hal itu, mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Kedokteran Luar Negeri Indonesia (Perluni) di Tiongkok menyatakan keberatan atas wacana itu.


“Bagaimana bisa dokter asing dipermudah, sementara dokter WNI lulusan luar negeri harus berjuang keras agar bisa praktik di Indonesia?” kata Ketua Umum Perluni Tiongkok, Adi Putra Korompis seperti melansir fajar.co.id, Rabu 30 September 2020.


Sebagaimana Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 41 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Adaptasi Dokter dan Dokter Gigi Warga Negara Indonesia Lulusan Luar Negeri, dokter WNI lulusan luar negeri harus memulai proses yang dimulai dari penyetaraan ijazah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Selanjutnya, para lulusan kedokteran luar negeri itu harus melakukan proses administrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).


Setelah melewati serangkaian proses administrasi tersebut, para lulusan LN wajib mengikuti tes penempatan dengan terlebih dulu harus mendapatkan surat pengantar ke perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses adaptasi.


Waktu yang dibutuhkan untuk proses adaptasi di perguruan tinggi di Indonesia memakan waktu maksimal setahun untuk dokter umum lulusan luar negeri, sedangkan untuk dokter spesialis maksimal dua tahun.


Durasi adaptasi tersebut juga tergantung pada regulasi dari pihak kampus di Indonesia dan biaya program adaptasi ditanggung sendiri oleh para lulusan.


“Proses penyelenggaraan adaptasi yang cukup panjang dan tidak sederhana ini mengakibatkan banyak dokter lulusan luar negeri berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan menjalankan praktik di Indonesia,” kata Adi.


Perluni, sebagai badan otonom di bawah Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT), meminta pemerintah Indonesia peduli atas fenomena tersebut dengan memberdayakan para dokter WNI lulusan luar negeri.


Badan itu mengatakan tidak sedikit dokter WNI yang juga berprestasi di luar negeri dan ingin berbakti terhadap bangsa dan negara.


Menteri Ristek Dikti periode 2014-2019 M Nasir dalam kunjungannya ke Kedutaan Besar RI di Beijing pada 2018 mengungkapkan banyak dokter WNI lulusan Tiongkok yang membuka praktik di Singapura dan Malaysia karena tidak terwadahi di negeri sendiri.


Ironisnya, pasien mereka juga berasal dari Indonesia. “Memang banyak dokter kita yang telah berpraktik sebagai dokter spesialis di luar negeri.


Mereka ingin kembali ke Indonesia untuk mengabdi, tetapi terkendala berbagai proses adaptasi dan birokrasi di Indonesia yang memakan waktu sangat lama,” ujar Adi, yang sedang menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Kota Jinzhou, Provinsi Liaoning.


Para mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan kedokteran di Tiongkok rata-rata membutuhkan waktu enam hingga delapan tahun untuk menyelesaikan jenjang pendidikan strata 1.


Setelah lulus dari Tiongkok, mereka harus menempuh pendidikan lagi di perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan kedokteran dalam jangka waktu satu hingga dua tahun.


Kebanyakan para mahasiswa kedokteran Indonesia di Tiongkok mengambil jurusan kedokteran modern, hanya sedikit yang mengambil jurusan kedokteran tradisional Tiongkok (TCM) karena khawatir kesulitan mendapatkan izin praktik dan legalisasi di Indonesia.


Banyak mahasiswa asing lainnya di Tiongkok lebih menyukai TCM, yang dapat dikembangkan sebagai sarana medis alternatif pada masa-masa mendatang. Bahkan dalam pemberantasan COVID-19, pemerintah Tiongkok memberikan tempat kepada staf TCM di garda terdepan.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/luhut-mau-permudah-dokter-asing-perluni.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sudjiwo Tedjo Mereka Yang Tak Mau Menunda Pilkada Tidak Yakin Kemampuan Pak Luhut

Sudjiwo Tedjo Mereka Yang Tak Mau Menunda Pilkada Tidak Yakin Kemampuan Pak Luhut

papar berkaitan - pada 24/9/2020 - jumlah : 157 hits
Pro dan kontra masih menyelimuti gelaran pemilihan kepala daerah yang akan tetap digelar di tengah pandemi Covid 19 yakni pada Desember 2020 Pihak yang menolak Pilkada digelar tahun ini beralasan saat ini wabah virus corona belum menampakka...
Dokter Zaidul Akbar Ungkap Gerakan Sholat Untuk Tangani Sesak Nafas Pada Pasien Covid 19

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Gerakan Sholat Untuk Tangani Sesak Nafas Pada Pasien Covid 19

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 198 hits
Kementerian Kesehatan RI melalui website resminya mengungkap bahwa hingga 19 September 2020 terdapat 240 687 orang terjangkit covid 19 Meski 174 350 orang diantaranya berhasil melalui masa kritis dan sembuh namun terdapat 9 448 orang yang m...
Lagi Dokter Di Kampar Meninggal Dunia Akibat Covid 19

Lagi Dokter Di Kampar Meninggal Dunia Akibat Covid 19

papar berkaitan - pada 25/9/2020 - jumlah : 251 hits
Kematian dokter Jhon tentu menambah daftar panjang terkait tenaga medis yang berurutan lantaran wabah Covid 19 Seperti diketahui sebelumnya dokter Oki Alvin bin Alamsyah juga meninggal karena Covid 19 Sabtu lalu di RSUD Arifin Achmad Ia ada...
Doni Monardo Gugur Satu Dokter Pelayanan Kesehatan 135 Ribu Warga Hilang

Doni Monardo Gugur Satu Dokter Pelayanan Kesehatan 135 Ribu Warga Hilang

papar berkaitan - pada 21/9/2020 - jumlah : 183 hits
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Doni Monardo mengatakan saat ini dokter merupakan profesi yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia sebab pandemi Covid 19 belum berakhir Menurut Doni dokter merupakan garda terdepan dalam pe...
Agar Warga Bisa Tes Swab Gratis Dokter Di Sumbar Bangun Lab Pakai Dana Pribadi

Agar Warga Bisa Tes Swab Gratis Dokter Di Sumbar Bangun Lab Pakai Dana Pribadi

papar berkaitan - pada 17/9/2020 - jumlah : 220 hits
Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK Universitas Andalas Sumatera Barat dr Andani Eka Putra membangun laboratorium layanan tes swab corona Dengan dana pribadi demi tes gratis kepada masyarakat Jadi saya selalu bercit...
Ops Durian Di Raub Jabatan Imigresen Berjaya Memberkas 110 Orang Pekerja Warga Asing

Ops Durian Di Raub Jabatan Imigresen Berjaya Memberkas 110 Orang Pekerja Warga Asing

papar berkaitan - pada 30/9/2020 - jumlah : 300 hits
RAUB Sebanyak 11 buah kebun durian Musang King dan tiga kilang memproses raja buah di daerah ini diserbu dalam empat siri Ops Durian setakat ini Dalam operasi Jabatan Imigresen Malaysia bermula 13 Ogos lalu seramai 110 warga asing termasuk ...
Imigresen Serbu Kebun Durian Tahan 110 Pendatang Asing

Imigresen Serbu Kebun Durian Tahan 110 Pendatang Asing

papar berkaitan - pada 1/10/2020 - jumlah : 239 hits
Jabatan Imigresen menahan 110 pendatang asing tanpa izin atas pelbagai kesalahan menerusi Ops Durian selepas menggempur tiga kilang dan 11 kebun durian di sekitar kawasan Raub Ketua Pengarah Imigresen Datuk Khairul Dzaimee Daud berkata mene...
Imigresen Tangguh Kemasukan Pelajar Asing

Imigresen Tangguh Kemasukan Pelajar Asing

papar berkaitan - pada 4/10/2020 - jumlah : 357 hits
Imigresen menangguhkan kemasukan pelajar asing untuk mendaftar di institut pengajian tinggi selaras keputusan dibuat Kementerian Pengajian Tinggi PETALING JAYA Keputusan membenarkan kemasukan pelajar asing baharu dan sedia ada termasuk yang...
Masker N95 Buatan China Tak Mampu Lindungi Dokter Dan Tim Medis Dari Corona

Masker N95 Buatan China Tak Mampu Lindungi Dokter Dan Tim Medis Dari Corona

papar berkaitan - pada 28/9/2020 - jumlah : 221 hits
Organisasi keselamatan pasien terbesar di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa hampir 70 masker N95 buatan China tidak memenuhi standar minimum AS Tak ayal banyak dokter dan perawat ikut terinfeksi virus corona Seperti dilansir dari Newyork ...
Buasir Otak Tv Hadiah Hari Guru Ikut Kerja Bapa Be Like

Nepal Haram Produk Rempah Dari India Selepas Hong Kong Singapura

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju

Gulai Udang Nenas

Govt To Continue Using E Jamin Bail System

Harris Alif Dari Idola Kecil Ke Selebriti Serba Boleh

Road And Track A Lithe Bmw R80 Restomod By 46works

2 Pegawai Polis Johor Terbunuh Suspek Dikaitkan Dengan Kumpulan Pengganas Jemaah Islamiyah



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Spring Harbor House By Johnsen Schmaling Architects In Madison Wisconsin

Pengukus Lubang Tepi

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Pekerjaan Firma Prop Dalam Mencari Pedagang Terbaik

New Environment