Kisah Isra Miraj Langit Cemburu Pada Bumi Lalu Merayu Tuhan Agar Dikunjungi Nabi Muhammad



Isra Miraj merupakan satu di antara mukjizat Nabi Muhammad SAW, sekaligus sebagai bukti kenabian dan kerasulan beliau.
Isra Miraj sendiri dimengerti sebagai perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram yang ada di Mekah ke Masjid al-Aqsha (Baitul Maqdis).



Dengan menunggangi Buraq dan ditemani malaikat Jibril, Nabi Muhammad naik ke langit hingga lapis ketujuh, yaitu Sidratul Muntaha.
Ini dilakukan dalam waktu satu malam, tepatnya pada Senin  27 Rajab tahun 621 M.
Sebagai catatan, Isra Miraj terjadi setahun sebelum beliau hijrah dari Mekkah ke Madinah. Dalam peristiwa fenomenal ini, dikisahkan bahwa Rasulullah SAW bertemu dengan para Nabi pendahulunya, sekaligus mendapatkan wahyu berupa perintah melaksanakan shalat lima waktu.
Perjalanan tersebut diawali dengan melakukan perjalanan dari Mekkah ke Madinah yang dikenal dengan istilah Isra, kemudian dilanjutkan perjalanan ke langit sampai pada langit ketujuh yang dikenal dengan istilah Miraj.
Menariknya, tidak saja sebatas perjalan Sang Nabi dalam tempo semalaman–dari Mekkah ke Baitul Maqdis kemudian ke langit sampai ke langit ketujuh–, tetapi peristiwa Isra Miraj juga melibatkan “dialog” antara langit dan bumi.



Ya, ada sebuah kisah atau penjelasan lain, bahwasanya dalam peristiwa tersebut juga terjadi dialog antara langit dan bumi yang mengklaim paling mulia, sehingga berharap agar dikunjungi oleh ciptaan Allah SWT yang paling mulia pula, yaitu Nabi Muhammad SAW.
Dialog antara langit dan bumi ini, seperti dikatakan oleh Syekh Utsman Ibn Hasan al-Khoubawy dalam kitabnya Durrotun Nasihin, merupakan musabab terjadinya Miraj Nabi SAW.
Dalam kitab tersebut dijelaskan dialog antara langit dan bumi yang saling mengklaim paling mulia sebagaimana berikut:
“Aku lebih baik darimu (langit), karena Allah SWT telah menghiasiku dengan hamparan pulau, lautan, sungai, pepohonan, pegunungan dan lain sebagainya,” kata Bumi.
Maka, berkatalah langit, “aku lebih baik darimu (bumi), karena matahari, bulan, bintang, falaq (garis edar), buruj (gugusan bintang), arsy (singgasana-Nya), kursy (kekuasaan-Nya) dan surga berada padaku.”
Seolah tak mau kalah, Bumi kemudian membalas, “dan padaku ada Baitullah (Ka’bah) yang selalu diziarahi dan digunakan untuk melaksanakan ibadah thawaf oleh seluruh para Nabi dan Rasul, ulama, ahli hukum, para pembesar dan orang-orang yang beriman.”
Sejurus kemudian, Langit berkata, “dan padaku ada Baitil Ma’mur, yang digunakan thawaf oleh seluruh malaikat, dan padaku ada surga yang menjadi tempat para arwah Nabi dan Rasul, ulama yang mengamalkan ilmunya, para hukama, para pembesar dan orang-orang saleh.”
Maka bumi pun menjawab, “sesungguhnya pemimpin para Rasul dan penutup para Nabi, kekasih rabbil alamin berada padaku, dan syari’atnya berjalan di atasku.”
Ketika mendengar jawaban tersebut, Langit terdiam dan tidak mampu menjawab. Ia lantas mengadu kepada Allah SWT,
“Ya Allah, Engkau Maha mengijabah doa hamba yang butuh ketika berdoa, kini aku tak mampu menjawab bumi. Maka aku mohon agar Engkau sudi menaikkan Nabi Muhammad SAW padaku, sehingga aku bisa berbangga kepada bumi dengan Mi’rajnya Nabi SAW.”
Allah SWT kemudian mengabulkan permintaan langit dan memberikan wahyu kepada malaikat Jibril, tertanggal malam 27 Rajab. Allah SWT memerintahkan kepada malaikat Jibril, “wahai Jibril, bawalah padaku Nabi Muhammad SAW.”
Jibril lalu bergegas bersama Mikail ke Surga. Sewaktu tiba di surga, keduanya melihat 40.000 Buraq sedang memakan rumput surga, tetapi Jibril dan Mikail melihat satu Buraq yang selalu menundukkan kepalanya dan menangis dengan air mata yang deras.
Malaikat Jibril kemudian bertanya kepada Buraq tersebut, “wahai Buraq, ada apa denganmu?”
“Wahai Jibril, aku telah mendengar seorang hamba yang bernama Muhammad SAW selama 40.000 tahun. Entah mengapa aku jatuh cinta dan merindukan pemilik nama ini. Sejak itulah, aku butuh makanan dan minuman karena aku telah terbakar api kerinduan”, terang Buraq.
Jibril kemudian berkata, “aku akan mempertemukanmu dengan orang yang kau rindukan tersebut.”
Malaikat Jibril kemudian membawanya bertemu dengan Nabi Muhammad SAW, untuk melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj dari bumi (Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsha) ke langit, hingga menembus sidratul muntaha.
Begitu agung dan mulianya manusia yang bernama Muhammad SAW, sampai-sampai langit dan bumi-pun mengklaim paling mulia satu sama lain, semata agar dikunjungi oleh Rasulullah SAW.
Bahkan, seperti dikabarkan riwayat di atas, Buraq-pun telah merindukan berpuluh-puluh ribu tahun momentum tersebut.
Oleh karena itu, mari kita selalu mendengungkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW supaya, kelak, mendapatkan syafa’atnya di akhirat dan selalu dijaga oleh Allah SWT.
Allahumma Sholli ala Sayyidina Muhammad…
Sumber: islami.co



The post Kisah Isra Miraj: Langit Cemburu Pada Bumi Lalu Merayu Tuhan Agar Dikunjungi Nabi Muhammad appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/03/22/kisah-isra-miraj-langit-cemburu-pada-bumi-lalu-merayu-tuhan-agar-dikunjungi-nabi-muhammad/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ketika Isra Mir Aj Ini Kejadian Mengerikan Yang Dijumpai Nabi Muhammad

Ketika Isra Mir Aj Ini Kejadian Mengerikan Yang Dijumpai Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 23/3/2020 - jumlah : 269 hits
Isra Miraj merupakan kejadian agung yang dilalui oleh Rasulullah SAW Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 10 kenabian Ketika Isra Miraj akan terjadi Nabi Muhammad SAW berbaring di kamarnya kemudian datang Malaikat Jibril dan Mi...
Anjuran Nabi Muhammad Agar Rajin Mencuci Tangan

Anjuran Nabi Muhammad Agar Rajin Mencuci Tangan

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 229 hits
Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Dr dr Agus Dwi Susanto SpP mengatakan mencuci tangan menjadi hal yang paling efektif untuk mencegah penularan virus korona COVID 19 Dari mencuci tangan ini tingkat efektivitasnya cukup tinggi bis...
Ternyata Bepergian Pada Malam Hari Sunah Nabi Muhammad

Ternyata Bepergian Pada Malam Hari Sunah Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 16/3/2020 - jumlah : 216 hits
Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam merupakan nabi yang diutus oleh Allah Ta ala untuk menyempurnakan keimanan dan ketaatan seorang hamba Sifatnya yang jujur adil cerdas dan amanah adalah contoh dari sifat yang patut kita teladani Sa...
40 Amalan Nabi Muhammad S A W

40 Amalan Nabi Muhammad S A W

papar berkaitan - pada 12/3/2020 - jumlah : 455 hits
1 Jangan tidur antara Fajr dan Ishraq Asr dan Maghrib Maghrib dan Isha 2 Hindarkan duduk dengan orang yang bau badan Contoh 3 Jangan tidur dekat orang yang bicara buruk sebelum tidur 4 Jangan makan dan minum dengan tangan kiri 5 Jangan maka...
Ini Perincian Silsilah Nabi Muhammad Yang Nyambung Hingga Ke Nabi Adam

Ini Perincian Silsilah Nabi Muhammad Yang Nyambung Hingga Ke Nabi Adam

papar berkaitan - pada 18/3/2020 - jumlah : 2717 hits
Kelahiran Nabi Muhammad SAW harus dikenang dalam hati seorang muslim yaitu dengan cara mengikuti ajaran yang dibawah Nya dan mengetahui silsilah nabi Silsilah Nabi Muhammad SAW Yang Wajib Diketahui Oleh Setiap Muslim adalah sebagai berikut ...
Mendakwa Kisah Isra Mikraj Palsu Kerana Zahir Kelemahan Rasulullah

Mendakwa Kisah Isra Mikraj Palsu Kerana Zahir Kelemahan Rasulullah

papar berkaitan - pada 25/3/2020 - jumlah : 163 hits
SOALAN Saya ada satu kemusykilan yang saya rasa perlu juga untuk dikemukakan dan ditanyakan Saya ada terdengar dari seorang hamba Allah yang sebut bahawa kisah Isra Mikraj ni sebenarnya palsu Dia kata kisah ini palsu sebab menzahirkan kelem...
Suamiku Nabi Muhammad Datukku Nabi Harun Dan Bapa Saudaraku Nabi Musa

Suamiku Nabi Muhammad Datukku Nabi Harun Dan Bapa Saudaraku Nabi Musa

papar berkaitan - pada 24/3/2020 - jumlah : 401 hits
Malam itu selepas berkahwin si isteri melihat bulan purnama jatuh ke ribaannya Apabila terjaga si isteri lantas menceritakan mimpi itu kepada suaminya Si suami lantas naik berang sambil berkata Apakah benar mimpimu ini Shafiyah Barangkali e...
Foto Dokumentasi Nasa Ini Buktikan Mukjizat Nabi Muhammad

Foto Dokumentasi Nasa Ini Buktikan Mukjizat Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 11/3/2020 - jumlah : 289 hits
Syaikh Dr Muhammad Al Arifi mencantumkan foto dokumentasi NASA ini dalam buku Niyahatul Alam Foto ini merupakan salah satu bukti mukjizat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam Foto dokumentasi NASA yang memperlihatkan bekas terbelahnya ...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Honor Pad 9 Tablet Terbaik Untuk Berhibur Dan Kerja Mula Dijual Seluruh Negara Pada 28 Mac

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Senarai Cerita Filem Terbaru 2024 Di Pawagam

Habiskan Duit Bayar Kepada Pakar Yang Pandai Beri Penjelasan Cara Dia Hilangkan Masalah

Restoran Rebung 2 Di Putrajaya

Effective Email Marketing Strategies

Konsert Melly Friends Kuala Lumpur 2024