Kisah Dongeng Lagenda Ikan Ajaib Dan Pohon Emas


KISAH DONGENG : LAGENDA IKAN AJAIB DAN POHON EMAS


Sumber: Si Leungli - Gramedia Pustaka Utama

Alkisah pada zaman dahulu kala, di sebuah desa hiduplah tujuh orang saudari yang yatim piatu. Dari ketujuh saudari itu, hanya sang gadis bungsu yang merupakan saudari tiri. Sifat putri bungsu sangat bertolak belakang dengan keenam kakak-kakaknya.
Putri bungsu adalah anak yang rajin, jujur, baik hati, dan rendah hati. Kebalikannya, keenam kakaknya sangat sombong, pemalas, dan mudah iri hati. Setiap hari, keenam kakak yang pemalas itu selalu menyuruh adik bungsunya untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Mulai dari mencuci baju, memasak, hingga membersihkan rumah dilakukan sang bungsu sendirian.
Seperti hari-hari sebelumnya, sang bungsu disuruh mencucikan baju milik kakak-kakaknya di pinggir sungai. Tanpa sengaja, salah satu pakaian milik kakaknya hanyut terbawa air sungai. Tak peduli seberapa keras ia berusaha menyelamatkan baju itu, tetap saja hanyut karena arus.
Sesampainya di rumah, sang kakak yang mengetahui kalau bajunya hanyut pun langsung marah-marah. “Bagaimana bisa kamu menghanyutkan bajuku?” ucap sang kakak dengan penuh amarah. Bahkan, ia sampai memukul dan menghukum adik bungsunya itu. “Kembali ke sungai sana! Kamu harus mencari bajuku sampai ketemu. Kalau tidak, kamu tak boleh pulang ke rumah!”
Dengan sedih, sang putri bungsu kemudian kembali ke tepi sungai tempatnya mencuci di siang hari. Sesampainya di sana, ia hanya bisa menangis meratapi nasibnya
Di tengah isak tangisnya, mendadak sang putri bungsu terkejut karena mendengar suara percik air. Ketika melihat ke arah permukaan sungai, sang bungsu melihat seekor ikan mas tengah melompat-lompat seolah berusaha menghiburnya.
“Siapa kamu?” tanya sang putri bungsu. “Apa yang sedang kamu lakukan di sini, Ikan Mas?”
“Namaku adalah Leungli,” jawab sang ikan, “kulihat kamu sedang bersedih, Putri. Adakah yang bisa kulakukan untuk membuatmu kembali tersenyum?”
Sang putri bungsu pun menceritakan tentang pakaian kakaknya yang tak sengaja hanyut terbawa arus sungai. Ia juga menceritakan tentang kakaknya yang tak membiarkannya pulang ke rumah jika tak menemukan pakaian itu.
“Tak perlu bersedih, putri! Aku akan membantumu mencari baju itu!” ucap Leungli yang langsung masuk ke dalam sungai. Awalnya, sang putri bungsu meragukan apakah Leungli akan sungguh-sungguh mencarikan pakaian kakaknya yang hanyut terbawa air itu. Untungnya, tak berapa lama kemudian, Leungli sungguhan kembali dengan membawa sebuah pakaian.
“Apakah ini adalah baju milik kakakmu, putri?” tanya Leungli. “Benar, Leungli! Terima kasih atas bantuanmu!” sang putri bungsu pun merasa bahagia atas bantuan itu. Tanpa menunggu lama, ia pun langsung pulang ke rumah dan menyerahkan baju itu pada kakaknya.
Persahabatan Putri Bungu dan LeungliSejak saat itu, Leungli dan sang putri bungsu menjadi sahabat baik. Ketika sang putri bungsu tengah bersedih atau baru saja dimarahi oleh salah satu kakaknya, ia akan datang ke tepi sungai dan menyanyikan pantun Sunda untuk memanggil nama Leungli. Sesudahnya, ia akan menceritakan setiap masalahnya dan berkeluh hati.
Sebaliknya, Leungli tak akan ragu menghibur dan menggembirakan hati sang putri. Ia juga mengajak sang putri bermain bersama. Sebagai gantinya, si bungsu akan menyisakan nasi jatah makannya untuk dibagikan dengan Leungli. Kini, sang bungsu tak lagi terlihat muram karena sering disuruh-suruh dan dimarahi oleh keenam kakaknya.
Tentu saja hal itu membuat keenam kakaknya penasaran. Apalagi, kini si bungsu jauh lebih menurut dan bersedia pergi ke sungai untuk mencuci. Wajah sang bungsu pun terlihat lebih gembira.
Karena penasaran, suatu hari setelah menyuruh putri bungsu mencuci baju, keenam kakaknya memutuskan untuk membuntuti. Diam-diam, mereka mengikuti sang adik dan menemukan keberadaan sang ikan ajaib bernama Leungli.
Kakak-kakak yang memiliki sifat iri dengki itu pun kemudian bersiasat untuk menangkap sang ikan ajaib. Mereka tak ingin sang bungsu mendapatkan kebahagiaan sedikitpun. Sesudahnya, mereka juga memperhatikan setiap hal yang dilakukan sang bungsu untuk memanggil Leungli.
Akal Muslihat Keenam Kakak Si Bungsu
Keesokan harinya, sebelum si bungsu mencuci baju, keenam kakak itu datang ke sungai dengan membawa sepincuk nasi hangat. Sesudahnya, salah satu kakaknya mencelupkan rambutnya ke dalam air sungai, sementara kakak yang lain menyanyikan tembang pantun untuk memanggil Leungli.
Tak berapa lama kemudian, Leungli tertipu dan keluar ke permukaan sungai. Di situ, rupanya para kakak sudah menyiapkan jaring untuk menangkapnya. Dan benar saja, Leungli langsung masuk ke dalam perangkap dan tak bisa melarikan diri meskipun berusaha memberontak. Sesudahnya, para kakak  membawanya pulang.
Siang harinya, saat akan mencuci baju, seperti biasanya Leungli membawa sisa nasinya ke pinggir sungai. Setelah sampai di pinggir sungai, ia pun meletakkan sisa nasinya ke dalam pinggir sungai dan mencelupkan ujung rambutnya ke dalam sungai. Namun, betapa terkejutnya ia ketika Leungli tak juga terlihat wujudnya setelah ia membacakan pantun Sunda.
Ia menunggu beberapa saat dan kembali membacakan pantun Sunda lalu memanggil nama Leungli berulang kali. Panggilan yang awalnya terdengar ceria itu lama kelamaan menjadi terdengar frustasi. Dengan penuh kesedihan, si bungsu pun kembali pulang ke rumahnya. Keceriaan dan kegembiraannya kini menghilang sudah.
Keterkejutan Si BungsuSesampainya di rumah, seperti biasa ia langsung menuju ke arah dapur untuk membantu memasak. Namun, tidak seperti biasanya, saat itu masakannya sudah matang. Bahkan kakak-kakaknya langsung menyuruh si bungsu untuk ke meja makan dan makan siang bersama. Awalnya, tak ada kecurigaan yang terlintas di pikiran si bungsu.
Namun, betapa terkejutnya ia ketika mendapati sisik ikan mas dan tulang ikan di salah satu piring. Si bungsu pun akhirnya menyadari kalau rupanya kakak-kakaknya yang jahat itu telah memasak sahabatnya untuk makan siang.
Sembari menangis sedih, si bungsu membawa sisa-sisa tulang dan sisik Leiungli untuk dikuburkan di kebun halaman belakang rumahnya. Kini, si bungsu tak lagi memiliki sahabat tempatnya berkeluh kesah dan kembali merasa ceria.
Anehnya, beberapa hari kemudian secara ajaib muncullah sebuah pohon emas di atas kuburan Leungli. Pohon tersebut memiliki batang emas, berdaun emas, dan berbuah intan permata.
Kakak-kakak si bungsu pun  ikut merasa senang. Beberapa kali mereka berusaha untuk mengumpulkan buahnya atau memetik daunnya. Menariknya, siapa pun kecuali si bungsu akan gagal saat berusaha memetiknya. Jika ada yang memaksa, nantinya daun atau buah yang dipetik pasti akan berubah menjadi debu dan musnah.
Kabar tentang Pohon EmasInformasi tentang keberadaan pohon emas ajaib itu pun sampai tersebar ke mana-mana, termasuk ke kerajaan. Bahkan, para pangeran sang putra mahkota yang berparas tampan pun penasaran dan ingin melihat pohon tersebut secara langsung.
Pada suatu hari yang cerah, dengan ditemani oleh para pengawalnya, salah satu putra mahkota datang ke rumah si bungsu. Tujuannya adalah untuk melihat pohon tersebut dan bertanya tentang asal usulnya.
Awalnya, para kakak yang melihat kedatangan sang pangeran langsung berebut ingin mengobrol. Namun, ketika pangeran bertanya tentang kebenaran pohon emas, tak ada satu pun dari para kakak itu yang bisa menjelaskan. Dengan tegas, sang pangeran meminta siapa saja yang mengetahui kebenaran dari pohon emas itu untuk memberitahunya.
Si bungsu pun akhirnya mengajukan diri dan menceritakan tentang kisah Leungli yang sesungguhnya. Tak hanya itu, sang pangeran pun kagum akan keluhuran budi, kebaikan, dan juga paras rupawan si bungsu.
Tanpa menunggu lama, pangeran memboyong si bungsu ke kerajaan. Sesudahnya, pangeran menikahi si bungsu dan mereka pun hidup dalam kebahagiaan selamanya.
KISAH DONGENG : LAGENDA IKAN AJAIB DAN POHON EMAS

 poskata

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://belogsjm.blogspot.com/2021/02/kisah-dongeng-lagenda-ikan-ajaib-dan.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+blogspot%2FbXzFd+%28%23JMBELOG%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Myanmar Kisah Batu Emas Tergantung Dan Sehelai Rambut Buddha

Myanmar Kisah Batu Emas Tergantung Dan Sehelai Rambut Buddha

papar berkaitan - pada 5/2/2021 - jumlah : 410 hits
MYANMAR KISAH BATU EMAS TERGANTUNG DAN SEHELAI RAMBUT BUDDHA KITA semua tentu dah tahu bagaimana Presiden Myanmar Win Myint dan Aung San Suu Kyi ditahan dalam plot terbaharu rampasan kuasa di Myanmar Isnin lalu apabila pihak tentera di sana...
Resepi Ikan Siakap Goreng Berlada Versi Sa

Resepi Ikan Siakap Goreng Berlada Versi Sa

papar berkaitan - pada 25/1/2021 - jumlah : 728 hits
Hi korang Lama dah SA tak share resepi dalam blog kan asyik letak gambar makanan jer dan sememangnya dalam draft banyak entry makanan yang SA masak setiap hari memandangkan PKP ni takde apa pun aktiviti selain dari tidur dan jogging hahaha ...
Resepi Ikan Siakap 3 Rasa Cara Mudah

Resepi Ikan Siakap 3 Rasa Cara Mudah

papar berkaitan - pada 25/1/2021 - jumlah : 379 hits
RESEPI IKAN SIAKAP 3 RASA CARA MUDAH Lamanya tak update Blog pun dah berhabuk Bukan tak ada idea nak update cuma malas hehe Ini post pertama untuk tahun 2021 Alhamdulillah ada semangat sikit nak menaip Harini busyra lunch ikan siakap 3 rasa...
Sambal Tempe Ikan Bilis Campur Kentang Dan Suhun

Sambal Tempe Ikan Bilis Campur Kentang Dan Suhun

papar berkaitan - pada 25/1/2021 - jumlah : 417 hits
Tekak masih belum boleh terima ayam lagi Ada stok tempe maka kita buat sambal tempe ikan bilis campur kentang dan suhun Saja tambahkan suhun sebab ada lebihan buat haritu tak habis Suhun dah rebus simpan dalam peti ais Nak buat vietnam roll...
Resepi Sambal Toku A Tauhu Ikan Bilis Sesuai Citarasa

Resepi Sambal Toku A Tauhu Ikan Bilis Sesuai Citarasa

papar berkaitan - pada 24/1/2021 - jumlah : 774 hits
Resepi Sambal Toku a tauhu Ikan bilis Sesuai CitarasaKepada peminat tauhu resepi kali ini datang lagi dengan masakan tauhu yang sesuai dengan citarasa anda
Harga Ikan Sayur Dijangka Akan Jatuh Dalam 2 3 Minggu

Harga Ikan Sayur Dijangka Akan Jatuh Dalam 2 3 Minggu

papar berkaitan - pada 26/1/2021 - jumlah : 256 hits
Robin AugustinPETALING JAYA Bos rangkaian pasar raya besar Mydin berkata kenaikan harga makanan antara 30 hingga 250 baru baru ini dijangka kembali normal dalam tiga minggu Pengarah Urusan Mydin Ameer Ali Mydin berkata kenaikan harga baru b...
Resipi Gulai Rebung Cili Api Ikan Tenggiri Negeri Sembilan

Resipi Gulai Rebung Cili Api Ikan Tenggiri Negeri Sembilan

papar berkaitan - pada 26/1/2021 - jumlah : 571 hits
Resipi Gulai Rebung Cili Api Ikan Tenggiri Negeri SembilanMleleh air liur dibuatnyaResepinya
Cara Goreng Ikan Keli Campur Eno Elak Meletup

Cara Goreng Ikan Keli Campur Eno Elak Meletup

papar berkaitan - pada 26/1/2021 - jumlah : 385 hits
Salam PKP semua Macam mana pkp fasa 2 ni Dah serasi ke belum Kalau rasa stress pergerakan terbatas maka duduk rumah bagi yang tiads keperluan untuk keluar Sekarang dah ada ura ura jika statistik kes masih tinggi febuari akan di kenakan lock...
Lauk Ikan Bilis Bawang Cili Api Goreng

Lauk Ikan Bilis Bawang Cili Api Goreng

papar berkaitan - pada 26/1/2021 - jumlah : 563 hits
Lately suka masak masakan yang simple Mudah dan enak dimakan Ayam tolak tepi dulu Selera makan ayam tak datang lagi Seentara ni amalkan konsep masak apa yang ada je Bawang dah last kopek baru beli barang dapur Nak elakkan keluar rumah buat ...
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Wan Ji Najib Dapat Layanan Sangat Istimewa Di Penjara

Asan Lembu The Movie

Hospital Kuala Pilah

Potong Ikan Keluar Api

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Doa Doa Dalam Bulan Ramadan Yang Boleh Kita Amalkan

Mangkuk Correle 2024

Diy Toy For Toddler

Peristiwa Nuzul Al Quran Dan Bekalan Air

Swaylin Bechuanka Nuan Chord

Sanusi Henti Retorik Kxp Tumpu Projek Loji Rawatan Air