Kesan Penegakan Hukum Ri Sangat Jelek Diafirmasi Pejabat Dan Wakil Rakyat




 Soal penegakan hukum di Indonesia yang buruk, sering menjadi perbincangan di masyarakat. Masalah itu diamini oleh pejabat hingga anggota dewan.


Soal masalah penegakan hukum itu, disinggung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. Mahfud mengingatkan soal penegakan hukum saat rapat kerja dengan Jaksa Agung, ST Burhanuddin, dan jajaran Kejaksaan Agung pada Rabu (16/9). Rapat diselenggarakan virtual dan dihadiri 626 peserta rapat.


"Sudah sangat jelek kesan penegakan hukum kita di masyarakat, nanti diperas, nanti malah ditangkap, dan sebagainya. Saya tidak bisa melakukan apa-apa, Presiden tidak bisa melakukan apa-apa, karena semua punya batasan kewenangan. Karena itu, perlunya pembinaan dan moralitas," kata Mahfud dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (16/9).


Mahfud kemudian mengungkapkan keresahannya terkait adanya praktik industri hukum. Seperti membuat pasal untuk orang yang bersalah agar tidak terjerat hukum.


"Saya bisa membuat pasal ini untuk membuat orang yang salah jadi tidak salah, saya bisa menghukum orang ini padahal tidak salah, saya bisa cari buktinya," kata Mahfud.


Mahfud menegaskan bahwa masyarakat memiliki sifat yang kritis sehingga aparat penegak hukum harus transparan dan melakukan pembenahan.


"Itu adalah praktik industri hukum dan masyarakat sekarang sudah kritis. Sudah tidak bisa dibohongi, kita harus transparan dan akuntabel," jelasnya.


Ketua Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Herman Hery, setuju dengan pendapat Mahfud. Menurutnya, permasalahan penegakan hukum dirasakan oleh masyarakat.


"Tentunya ini juga mewakili seluruh aspirasi masyarakat," kata Herman kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).


Menurut Herman, kritik itu tidak hanya ditujukan kepada aparat Kejaksaan, tapi juga kepada seluruh aparat penegak hukum yang ada.


"Saya kira apa yang disampaikan Pak Mahfud Md sebagai Menko Polhukam sebagai masukan atau kritikan yang positif dan membangun tidak hanya bagi Kejaksaan, tapi bagi seluruh aparat penegak hukum kita," ucap Herman.


Tidak ada yang salah dengan menteri yang mengkritik pelaksanaan penegakan hukum di Indonesia. Kritik itu merupakan bentuk kepedulian dari Mahfud.


"Sebagai Menko, saya katakan masukan itu seperti orang tua yang sedang menasihati anaknya. Karena orangtua menasihati anaknya tidak hanya dengan sanjungan, tapi juga dengan kritikan yang membangun," ujar Herman.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/kesan-penegakan-hukum-ri-sangat-jelek.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Parlimen Dikuasai Wakil Parti Atau Wakil Rakyat

Parlimen Dikuasai Wakil Parti Atau Wakil Rakyat

papar berkaitan - pada 20/9/2020 - jumlah : 313 hits
Di negara ini Ahli parlimen sudah menjadi 1 simbol status bukan Kononnya amat berkuasa Kononnya amat eklusif Kononnya memiliki gaya mutu keunggulan Kononnya amat bijak dan hebat Mana tak Dengan mudah kita diumpan tuk sedekahkan undi tanpa s...
Isu Veveonah Bakar Semangat Rich Jadi Wakil Rakyat Bukan Sebab Duit Atau Kuasa

Isu Veveonah Bakar Semangat Rich Jadi Wakil Rakyat Bukan Sebab Duit Atau Kuasa

papar berkaitan - pada 15/9/2020 - jumlah : 192 hits
Saya ingin menjadi wakil rakyat bukan sebab duit atau pun kuasa Saya ingin berbakti kepada rakyat Tambunan yang banyak ketinggalan dari segi kemajuan dan pembangunan berbanding kawasan di negeri negeri lain di Malaysia source
Tak Nak Orang Undi Saya Sebab Artis 2 Tahun Buat Kerja Amal Rich Bersedia Jadi Wakil Rakyat

Tak Nak Orang Undi Saya Sebab Artis 2 Tahun Buat Kerja Amal Rich Bersedia Jadi Wakil Rakyat

papar berkaitan - pada 14/9/2020 - jumlah : 250 hits
Vokalis kumpulan Estranged iaitu Rich mengakui dia sudah bersedia untuk bertanding pada Pilihan Raya Umum ke 16 yang berkemungkinan akan diadakan dalam masa tiga tahun lagi Melangkah ke dunia politik bukan perkara baharu buat selebriti sour...
Dikatakan 15 Wakil Rakyat Umno Berpaling Tadah

Dikatakan 15 Wakil Rakyat Umno Berpaling Tadah

papar berkaitan - pada 24/9/2020 - jumlah : 397 hits
YANG DIPERTUAN AGONG PILIH MUHYIDDINTAKKAN PARTI CERDEK MASIH DAPAT DITIPU OLEH PEMIMPIN PKR LEMAH LEMAH INGATKAN TERER SANGAT HISHAM UMNO PERLU WASPADA SEDAR BAHAYA SOKONG ANUAR PKRANUAR BRAHIM KANTOI DAN SUSAHKAN RAKYAT TEMBELANG UMNO BOC...
Hutang Bila Nak Bayar Hukum Berhutang Kesan Negatif

Hutang Bila Nak Bayar Hukum Berhutang Kesan Negatif

papar berkaitan - pada 9/9/2020 - jumlah : 295 hits
Hutang Ramai di kalangan kita memiliki hutang samada terpaksa atau harus dibuat Tahukah anda bahawa di dalam Islam seseorang itu diharuskan berhutang jika untuk memenuhi keperluan hidup khususnya jika keperluan itu tersangat penting Dan ia ...
Bilang Tak Bisa Apa Apa Soal Penegakan Hukum Yang Buruk Mahfud Putus Asa

Bilang Tak Bisa Apa Apa Soal Penegakan Hukum Yang Buruk Mahfud Putus Asa

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 224 hits
Indonesia Police Watch mengkritik Menko Polhukam Mahfud Md yang menyinggung soal buruknya kesan penegakan hukum di Indonesia Pernyataan itu dinilai sebagai bentuk keputusasaan Mahfud Pernyataan Pak Mahfud itu sebagai gambaran adanya rasa pu...
Pembakaran Gedung Kejagung Untuk Rusak Moralitas Penegakan Hukum

Pembakaran Gedung Kejagung Untuk Rusak Moralitas Penegakan Hukum

papar berkaitan - pada 22/9/2020 - jumlah : 185 hits
Dugaan adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran gedung Kejaksaan Agung disebut untuk merusak moralitas penegakan hukum Langkah itu terkait dengan penanganan kasus kasus besar yang punya nilai politis maupun ekonomi Kalau memang be...
Sita Pejabat Dun Rakyat Gombak Tolak Pengkhianat Jangan Cari Simpati

Sita Pejabat Dun Rakyat Gombak Tolak Pengkhianat Jangan Cari Simpati

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 350 hits
Tindakan sitaan ke atas Pusat Khidmat Rakyat Parlimen Gombak dan DUN Gombak Setia disokong oleh pengundi di Parlimen dan DUN tersebut Bagi Timbalan Ketua Penerangan KEADILAN Cabang Gombak Mohd Razali Yusof sitaan oleh Majlis Perbandaran Sel...
Presiden Pks Sedih Jokowi Dan Mahfud Tak Bisa Perbaiki Penegakan Hukum Di Indonesia

Presiden Pks Sedih Jokowi Dan Mahfud Tak Bisa Perbaiki Penegakan Hukum Di Indonesia

papar berkaitan - pada 19/9/2020 - jumlah : 254 hits
Citra penegakan hukum di Indonesia buruk di mata masyarakat Parahnya Presiden Joko Widodo hingga Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD tak bisa memperbaikinya Presiden PKS Sohibul Iman mengapresiasi kejujuran yang ...
Pesanan Buat Sang Suami

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Rm232mil Road Project Awarded To Nepturis Witness Tells Wan Saiful Trial

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Pks Sebut Nama Wali Kota Depok Mohammad Idris Masuk Kandidat Pilkada Jabar

Masih Beraya

Drama Khilaf Yang Tertulis



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Continuous Learning

Maksud Gaji Bersih Gaji Kasar Gaji Pokok Perbezaannya

Pengumuman Gaji Penjawat Awam Naik 15 Peratus Dan Cara Kira Kenaikan Gaji Baharu Penjawat Awam

Hati Bersih Hidup Bahagia

Ai Team Talent Sementara Batch 3