Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Mengenai Pengelolaan Keuangan Desa 2019


PUSDIKLAT PEMENDAGRI merupakan singkatan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri. Pusdiklat Pemendagri menyediakan jasa bagi instansi pemerintah baik Eksekutif, Legislatif maupun swasta untuk beberapa bidang, antara lain: Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Workshop, Bimbingan Teknis (Bimtek), Pengadaan barang dan jasa pemerintah, Kaji Banding/Study Banding, In House Training dan Seminar.
Dalam aktivitas rutinnya, Pusdiklat Pemendagri didukung oleh para professional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu serta pengalaman dibidangnya masing-masing. Sesuai dengan visi misinya, Pusdiklat Pemendagri berusaha untuk mewujudkan peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional.
Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Secara keseluruhan, jadwal bimtek Pusdiklat Pemendagri Tahun 2019 dapat dilihat melalui website resminya di www.pusdiklatpemendagri.com. Bimtek dan Diklat diselenggarakan secara periodik dengan lokasi pelaksanaannya di beberapa kota, antara lain: Jakarta, Bali, Bandung, Batam, Makassar, Lombok, Malang, Manado, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.
Diantara Bimtek dan Diklat yang diselenggarakan oleh Pemendagri, bidang Pengelolaan Keuangan Desa termasuk sebagai salah satu yang paling dibutuhkan karena terkait langsung dengan penggunaan Dana Desa dimana untuk saat ini masih banyak para perangkat desa belum paham dengan aturan yang telah dibuat. Dalam Penyelenggaraan kewenangan desa yang dibiayai oleh 3 (tiga) sumber dana yakni  APBD dan APBN serta APBDesa.
Pelaksanaan kewenangan desa yang diberikan tugas oleh Pemerintah dalam hal ini didanai oleh APBN. Dana APBN tersebut dialokasikan ke bagian anggaran kementerian atau lembaga. Kemudian disalurkan melalui satuan kerja perangkat daerah kabupaten atau kota. Sedangkan untuk penyelenggaraan kewenangan desa yang ditugaskan oleh Pemda (pemerintah daerah) hal ini  didanai oleh APBD.
Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Semua pendapatan desa diterima dan disalurkan melalui rekening kas desa dan penggunaannya diatur dalam APBDesa. Selanjutnya untuk pencairan dana yang ada di dalam rekening kas desa ditandatangani oleh Kepala Desa dan Bendahara Desa. Dana tersebut kemudian dikelola oleh desa. Pengelolaan Keuangan Desa terdiri dari beberapa tahap diantaranya: Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan, dan Pertanggungjawaban.
Melihat kondisi dimana masih banyak para perangkat desa belum paham dengan mekanisme Pengelolaan Keuangan Desa, maka Bimtek Pusdiklat Pemendagri memasukkan materi ini dalam agenda bimtek dan diklat tahun 2019. Info Bimtek mengenai Pengelolaan Keuangan Desa dari Perencanaan Sampai Pelaporan bisa dilihat dibawah ini:
Jadwal Bimtek Bulan April 2019
Jadwal Bimtek Bulan Mei 2019 Jadwal Bimtek Bulan Juni 2019 Jadwal Bimtek Bulan Juli 2019 Jadwal Bimtek Bulan Agustus 2019 Jadwal Bimtek Bulan September 2019 Tahap Pengelolaan Keuangan Desa dari Perencanaan Sampai Pelaporan 1. Perencanaan Perencanaan keuangan jika dijabarkan secara umum merupakan kegiatan yang dilakukan untuk merancang pendapatan dan belanja desa dalam kurun waktu tertentu di masa yang akan datang. Perencanaan Keuangan Desa ini dilaksanakan setelah RPJM Desa dan RKPDesa tersusun. Karena RKPDesa dan RPJMDesa sebagai dasar untuk menyusun APBDesa yang merupakan hasil dari perencanaan keuangan desa.
2. Pelaksanaan Pelaksanaan dalam hal ini meliputi implementasi atau eksekusi dari dana APBD yang telah dirancang. Pelaksanaan ini adalah rangkaian kegiatan dalam menjalankan APBDesa. Kurun waktun per tahun anggaran dmulai dari tgl 1 Januari – 31 Desember. Kemudian kegiatan dari pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) tersebut disusun rencana anggaran biaya (RAB). Kegiatan pelaksanaan pengelolaan keuangan desa ini diantaranya pengadaan barang-barang atau jasa, penyusunan Buku Kas Pembantu Kegiatan yang semuanya untuk keperluan desa serta perubahan APBDesa.
3. Penatausahaan Penatausahaan pengertiannya adalah berbagai kegiatan dalam bidang keuangan pelaksanaannya  dilaksanakan secara teratur dan logis sesuai dengan prinsip, standar dan prosedur yang telah ditentukan sehingga informasi secara aktual yang berkenaan dengan penatausahaan keuangan diperoleh secara cepat. Kegiatan dimaksud di atas meliputi serangkaian proses pencatatan seluruh transaksi keuangan yang dilakukan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun anggaran.
Kegiatan pengelolaan keuangan ini berfungsi sebagai pengendali pelaksanaan APBDesa, sedangkan hasil yang diperoleh dari kegiatan penatausahaan tersebut berupa sebuah laporan yang selanjutnya diperuntukkan untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan penatausahaan keuangan desa.
4. Pelaporan Pelaporan yang dimaksud adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menyampaikan hal-hal penting yang mempunyai hubungan dengan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu periode anggaran. Pelaporan ini digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari tugas dan wewenang yang telah diberikan.
Pelaporan ini memberikan serangkaian data-data dan informasi penting mengenai kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan tanggung jawab yang dibebankan. Pada tahap pelaporan ini Pemerintah Desa menyusunkan laporan realisasi hasil dari pelaksanaan APBDes di setiap semester yang kemudian diserahkan kepada Bupati atau walikota.
Biaya Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa diselenggarakan secara swadana yang pembiayaannya dibebankan ke masing-masing peserta atau SKPD sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Adapun fasilitas yang akan didapatkan oleh setiap peserta, antara lain:
Pelatihan Selama 2 Hari / Pembahasan Materi sampai dengan Selesai Peserta Menginap (Twin-Sharing); Seminar Kit serta Tas Ekslusif; Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung); Sertifikat Pelatihan; Konfirmasi Pendaftaran Peserta Maksimal H-3. Keterangan:
City Tour Peserta (Peserta Wajib Konfirmasi). Peserta di Jemput di Bandara (Peserta Group Minimal 5 Orang) (Peserta Wajib Konfirmasi). Syarat & Ketentuan Berlaku. Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, (Syarat & Ketentuan Berlaku). Daftarkan Segera, Tempat Terbatas. Referensi:
https://pusdiklatpemendagri.com/profil-pusdiklat-pemendagri/ https://pusdiklatpemendagri.com/profil-pusdiklat-pemendagri/visi-dan-misi/ https://pusdiklatpemendagri.com/bimtek-pelatihan-pengelolaan-keuangan-desa-dari-perencanaan-sampai-pelaporan/

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/info-bimtek-pusdiklat-pemendagri/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sajian Buffet Ramadhan 2019 Di Restoran Rebung Bertemakan Nostalgia Sajian Desa

Sajian Buffet Ramadhan 2019 Di Restoran Rebung Bertemakan Nostalgia Sajian Desa

papar berkaitan - pada 14/4/2019 - jumlah : 718 hits
Kalau di tanya kepada saya sajian apa yang saya suka tak kala berbuka puasa semestinya pilihan saya sajian traditional atau ala kampung Hidangan lain bukan tak suka tapi tekak melayu saya ni kuat sangat kepada masakan warisan kita zaman ber...
Tema Malin Kondang Jadi Kampanye Literasi Keuangan 2019 Fwd Life Cara Baru Nikmati Asuransi Yang Beda

Tema Malin Kondang Jadi Kampanye Literasi Keuangan 2019 Fwd Life Cara Baru Nikmati Asuransi Yang Beda

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 210 hits
Memperkenalkan kampanye literasi keuangan yang menggambarkan kembali cerita rakyat populer dengan penambahan nilai asuransi yang segar dan positif
Sri Bestari International School Info Days On April 6 And May 11 2019

Sri Bestari International School Info Days On April 6 And May 11 2019

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 457 hits
Sri Bestari International School Info DaySri Bestari International School is having is Info Days on the following dates and time Saturday April 6 2019 from 9 00 am to 1 00 pmSaturday May 11 2019 from 11 00 am to 12 00 pmYou may have heard o...
Info Cpns 2019 Fokus Pada Tenaga Kesehatan Dan Guru

Info Cpns 2019 Fokus Pada Tenaga Kesehatan Dan Guru

papar berkaitan - pada 9/4/2019 - jumlah : 290 hits
Senyumperawat com Menurut info CPNS 2019 terbaru jadwal pendaftaran akan dimulai sekitar bulan Juni nanti Namun secara pasti akan dibuka setelah hiruk pikuk Pilpres dan Pileg usai Untuk formasi yang akan dibuka tahun ini fokus pada tenaga k...
Info Bmkg Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Mulai 10 13 April 2019 Dampak Siklon Wallace

Info Bmkg Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Mulai 10 13 April 2019 Dampak Siklon Wallace

papar berkaitan - pada 10/4/2019 - jumlah : 329 hits
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan informasi peringatan dini gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia Peringatan tersebut dikeluarkan BMKG pada Rabu melalui laman resmi bmkg go id Peringatan dini ini berla...
Coretan Merentas Desa Peringkat Ski 2019

Coretan Merentas Desa Peringkat Ski 2019

papar berkaitan - pada 15/4/2019 - jumlah : 345 hits
AssalamualaikumBertugas menjaga CP 110 4 2019 12 4 2019 bersama cikgu Huda cikgu zahara dan cikgu Asmira di bahagian CP1dan TAHNIAH Rumah sukan HIJAU menjuarai acara merentas desa 2019 danwajah ceria guru SKI diakhir program merentas desa 2...
Mengenai Musim Kemarau Bmkg Awal Musim Kemarau 2019 Mulai Di Bulan April

Mengenai Musim Kemarau Bmkg Awal Musim Kemarau 2019 Mulai Di Bulan April

papar berkaitan - pada 7/4/2019 - jumlah : 379 hits
Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika hasil pemantauan perkembangan musim hujan hingga akhir Februari 2019 menunjukkan bahwa seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan Hal ini disampaikan Deputi Bidang K...
Buffet Ramadan 2019 Citarasa Desa Buffet Holiday Inn Kuala Lumpur Glenmarie

Buffet Ramadan 2019 Citarasa Desa Buffet Holiday Inn Kuala Lumpur Glenmarie

papar berkaitan - pada 21/4/2019 - jumlah : 1108 hits
Assalamualaikum korang Tut tut tak lama lagi dah nak start berpuasa nampaknya ramai orang sekarang tengah survey pakej berbuka puasa kat hotel Dalam entri nie BBL nak suggest anda datang berbuka di Holiday Inn Kuala Lumpur Glenmarie Tak jau...
Nostalgia Sajian Desa Di Buffet Ramadan 2019 Restoran Rebung Kuala Lumpur

Nostalgia Sajian Desa Di Buffet Ramadan 2019 Restoran Rebung Kuala Lumpur

papar berkaitan - pada 13/4/2019 - jumlah : 709 hits
Dengan izinNya Ramadan 1440H bakal hadir menjelma dengan seribu keindahan dalam amalan dan ibadah Bermula dari waktu sahur sehinggalah tibanya saat berbuka puasa dilanjutkan pula dengan ibadah ibadah terawih dan sebagainya semua itu akan me...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Reaching Out

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq

Calon Pn Kuala Kubu Baru Ceo Syarikat Tutup



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Legoland Malaysia Resort Empowers Teachers And Students To Conquer The Legoland School Challenge 2024

Prk Kkb Pertandingan Parti Atau Pertandingan Kaum

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Piza Potato Gnocchi Di The Spot By Chinoz Tiada Tandingan