Mengenai Musim Kemarau Bmkg Awal Musim Kemarau 2019 Mulai Di Bulan April


Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hasil pemantauan perkembangan musim hujan hingga akhir Februari 2019 menunjukkan bahwa seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.
Hal ini disampaikan Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dihadapan wartawan pada saat jumpa pers Prakiraan Musim Kemarau 2019 di Media Center BMKG, Rabu (6/3/2019).
Herizal mengatakan, dari pantauan BMKG, El-Nino telah berlangsung di Samudera Pasifik, namun masih bersifat lemah.
“El-Nino kategori Lemah, berlangsung di Samudera Pasifik Ekuator, Samudera Hindia dalam kondisi Netral,” ujar Herizal, dikutip dari laman resmi BMKG.
“El-Nino kategori lemah ini ditandai oleh kondisi lebih panasnya suhu muka laut di wilayah Pasifik ekuator bagian tengah diikuti oleh melemahnya Sirkulasi Walker (Angin Pasat Samudera Pasifik Tropis) dari kondisi normalnya,” ungkap Herizal.
“Kondisi El-Nino lemah diprediksi bertahan hingga Juni – Juli 2019 dan berpeluang melemah hanya 50% setelah pertengahan tahun,” lanjutnya.
Herizal menambahkan, bahwa tidak terdapat indikasi kejadian anomali iklim Samudera Hindia, IOD (Indian Ocean Dipole) dan diprediksi tetap dalam status netral hingga pertengahan tahun 2019.
Aktifnya El-Nino Lemah diperkirakan tidak akan berdampak signifikan terhadap Sirkulasi Monsun.
Kajian historis pengaruh El-Nino Lemah terhadap curah hujan menunjukkan dampak yang tidak nyata terhadap sebaran curah hujan di Indonesia.
Apalagi pada saat periode Maret-April-Mei, yang mana pada umumnya dampak El-Nino tidak seragam di Indonesia, sehingga dimungkinkan pula tidak memengaruhi peralihan musim hujan menuju musim kemarau.
Sementara itu, terkait awal musim kemarau 2019, Herizal juga menyampaikan bahwa datangnya musim kemarau berkaitan erat dengan peralihan Angin Baratan (Monsun Asia) menjadi angin Timuran (Monsun Australia).
Peralihan peredaran angin monsun itu akan dimulai dari wilayah Nusa Tenggara pada Maret 2019, lalu wilayah Bali dan Jawa pada April 2019, kemudian sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei 2019 dan akhirnya Monsun Australia sepenuhnya dominan di wilayah Indonesia pada bulan Juni hingga Agustus 2019.
Mengingat El-Nino Lemah dan IOD tidak akan banyak memengaruhi peralihan musim kali ini, maka kondisi musim kemarau 2019 nanti diperkirakan akan lebih banyak dipengaruhi oleh kekuatan Monsun Australia dan gangguan cuaca berupa gelombang atmosfer tropis skala sub-musiman yaitu MJO (madden julian oscillation).
BMKG mengingatkan masyarakat bahwa perlu diwaspadai wilayah-wilayah yang akan mengalami musim kemarau lebih awal.
Wilayah-wilayah tersebut yaitu di sebagian wilayah NTT, NTB, Jawa Timur bagian Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat bagian tengah dan Selatan, Sebagian Lampung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Riau serta Kalimantan Timur dan Selatan.
Kewaspadaan dan antisipasi dini juga diperlukan untuk wilayah-wilayah yang diprediksi akan mengalami musim kemarau lebih kering dari normalnya.
Wilyah tersebut yaitu di wilayah NTT, NTB, Bali, Jawa bagian Selatan dan Utara, Sebagian Sumatera, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Merauke.
Secara umum, puncak musim kemarau 2019 diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus hingga September 2019.
Himbauan disampaikan kepada Institusi terkait, Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat untuk waspada dan bersiap terhadap kemungkinan dampak musim kemarau terutama wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan ketersediaan air bersih.
 Sumber: tribunnews.com

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/mengenai-musim-kemarau-bmkg-awal-musim-kemarau-2019-mulai-di-bulan-april/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Info Bmkg Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Mulai 10 13 April 2019 Dampak Siklon Wallace

Info Bmkg Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Mulai 10 13 April 2019 Dampak Siklon Wallace

papar berkaitan - pada 10/4/2019 - jumlah : 326 hits
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan informasi peringatan dini gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia Peringatan tersebut dikeluarkan BMKG pada Rabu melalui laman resmi bmkg go id Peringatan dini ini berla...
Bulan April Tahun 2019 Dah

Bulan April Tahun 2019 Dah

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 504 hits
Bulan April Tahun 2019 Dah Dah bulan baru di tahun 2019 4 bulan dah kita berada di tahun 2019 sekejap jer rasa kan tak lama akan menyambut bulan ramadan Pantas berjalan masa Bulan April Tahun 2019 DahBulan Mac aritu Cik Ash agak kurang menu...
Harga Minyak Petrol Dan Diesel Bulan April 2019

Harga Minyak Petrol Dan Diesel Bulan April 2019

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 364 hits
Harga minyak petrol dan diesel bulan April 2019 Disini ada perkongsian mengenai harga minyak petrol RON95 RON97 dan diesel terkini bagi setiap minggu pada bulan April 2019 Untuk info harga runcit minyak petrol dan diesel akan ditetapkan sem...
Jpj Perkenal E Bidding Sistem Bidaan Nombor Plat Online Mulai 15 April 2019

Jpj Perkenal E Bidding Sistem Bidaan Nombor Plat Online Mulai 15 April 2019

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 416 hits
Jabatan Pengangkutan Jalan akan melaksanakan sistem bidaan nombor pendaftaran kenderaan dalam talian bermula 15 April ini bagi membolehkan pemilik kenderaan membida nombor plat pilihan tanpa perlu ke pejabat JPJ Sistem ini diperkenalkan ber...
Virgin Australia Buka Rute Darwin Denpasar Mulai 10 April 2019

Virgin Australia Buka Rute Darwin Denpasar Mulai 10 April 2019

papar berkaitan - pada 6/4/2019 - jumlah : 327 hits
Pelancong dari Darwin Australia yang akan menuju ke Bali sebentar lagi bisa lebih berbahagia Sebab Maskapai Virgin Air Australia akan membuka rute penerbangannya dari Darwin Northern Territory menuju Denpasar Bali Penerbangan tersebut akan ...
Drama Nur 2 Bersiaran Mulai 02 April 2019

Drama Nur 2 Bersiaran Mulai 02 April 2019

papar berkaitan - pada 25/3/2019 - jumlah : 340 hits
Drama Nur 2 Bersiaran Mulai 02 April 2019 Drama Nur kembali lagi Kali ini dengan judul Nur 2 Bersiaran menerusi slot samarinda mulai 02 April 2019 akan datang Pelakon masih gandingan Syafiq Kyle dan Amyra Rosli Watak Juwita dihidupkan untuk...
Dua Musim Serentak Salji Di Bulan April Cipta Pemandangan Luar Biasa Tembok Besar China

Dua Musim Serentak Salji Di Bulan April Cipta Pemandangan Luar Biasa Tembok Besar China

papar berkaitan - pada 11/4/2019 - jumlah : 662 hits
Pada kebiasaannya negara yang mempunyai empat musim akan mengalami salji pada bulan Disember sehingga Februari Namun di China untuk pertama kalinya selepas 30 tahun negara tersebut dituruni salji pada bulan April tahun 2018 Dan tahun ini ia...
Top Commentator Bulan April 2019 Tahniah

Top Commentator Bulan April 2019 Tahniah

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 337 hits
Assalamualaikum wbt Alhamdulillah saya masih lagi konsisten untuk beri penghargaan pada rakan rakan yang rajin tinggalkan nota bermakna dalam jurnal saya Terima kasih banyak banyak saya ucapkan kerana awak suma selalu tinggalkan nota nota y...
Filem Dan Drama Bulan Februari Hingga Mac 2019

Filem Dan Drama Bulan Februari Hingga Mac 2019

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 651 hits
Filem dan Drama Bulan Februari Hingga Mac 2019Okey hari ini aku nak kongsikan senarai filem dan drama yang aku tonton sepanjang bulan Februari hingga Mac 2019 ini Patutnya aku asingkan entry untuk bulan Feb dan Mac tapi tak sempat buat jadi...
Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Resepi Char Kuew Teow Udang

Kuih Lopes

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

Panduan Menjalankan Sujud Sahwi Dalam Solat Dan Sebab Sebab Perlu Sujud Sahwi

April 18 2024 Pesan Orang Alim