Dukung Umkm Perbatasan Ini Dalam Kompetisi Nasional Umkm Tahun 2020


Tulisan ini dimulai pada tahun lalu, tidak terasa setelah kurang lebih setahun berjibaku untuk mengikuti segala arahan dan bimbingan dari program pendampingan Badan Pengawas Obat dan Makanan Kalimantan Barat (BPOM Kalbar), di awal tahun 2020 ini salah satu UMKM Perbatasan yaitu Borneofood Indotama berhak untuk mengikuti Kompetisi Nasional UMKM Tahun 2020.
Masih cukup kuat terekam di kepala, bagaimana Bapak Taufik Muhyi, pemilik salah satu UMKM Perbatasan memulai langkah awal untuk mengembangkan usahanya di bidang olahan bakso daging dimana sebelumnya usaha ini merupakan usaha rintisan dari Bapak Mertuanya yaitu Bapak Mukramin, oleh masyarakat sekitar lebih dikenal sebagai Pak Min.
UMKM Perbatasan Dari Batas Negeri untuk Ibu Pertiwi, secara pribadi Blogger Borneo menjadikan kalimat ini sebagai salah satu jargon yang pantas setelah melihat bagaimana selama ini Borneofood Indotama telah berupaya keras dan maksimal mengangkat nama daerah perbatasan melalui produk unggulan yang dihasilkan.
Memang jika bicara mengenai jargon #UMKMNaikKelas, kita tidak hanya bicara mengenai KEINGINAN karena siapapun pemilik usaha yang ada di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia umumnya tentu saja berkeinginan usahanya bisa NAIK KELAS.
Akan tetapi, ketika kita bicara mengenai KEMAUAN ternyata untuk mendapatkan predikat ini tidaklah mudah. Butuh banyak pembenahan dan penyempurnaan di segala aspek usaha, meliputi: manajemen, keuangan, riset dan pengembangan, sumber daya manusia, dan infrastruktur.
From Zero to Hero Melihat apa yang telah dicapai sekarang, sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari peranan Pak Min ketika memulai usaha penggilingan baksonya 25 tahun lalu di Balai Karangan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Berbekal pengetahuan dasarnya dalam mengolah daging, lambat laun bakso hasil gilingannya mulai dikenal orang.
Siapa yang bakal mengira bahwa usaha yang telah dirintis selama ini, jika dikerjakan secara ulet, tekun dan ikhlas tetap akan menjadi berkah tersendiri di masa akan datang. Dan Alhamdulillah untuk pencapaian tertinggi saat ini, jumlah penjualan baksonya untuk kawasan Balai Karangan dan sekitarnya telah mencapai angka 7 ton per bulan.
Image: Dok. Pribadi Jadi teringat ucapan Ketua LPPOM MUI Kalbar, Pak Agus Wibowo ketika datang berkunjung untuk melakukan audit pengajuan sertifikasi halal MUI beberapa waktu lalu.
Pada saat itu Beliau mengatakan:
“Untuk mendapatkan sertifikat MUI tidak hanya bicara unsur Halal, melainkan juga harus dipertimbangkan unsur Thayyib nya. Menjalankan sebuah usaha harus didasari niat tulus dan ikhlas memberikan manfaat bagi umat. Tidak hanya memikirkan untung dan rugi sesaat”.
Produk Riskan Tapi Aman Memulai usaha olahan terutama bakso daging ternyata tidak mudah karena termasuk dalam kategori high risk product. Semua alur produksinya diperiksa secara ketat oleh LPPOM MUI dan BPOM dari proses awal penggunaan bahan baku ke tingkat operasional produksi hingga produk jadi.
Untuk bahan bakunya sendiri, harus jelas suplainya diperoleh dari mana, apakah langsung dari Rumah Pemotongan Hewan atau dari daging beku yang diimpor langsung secara resmi oleh Perusahaan Umum Milik Negara (PERUM) yang menangani urusan logistik pangan yaitu Badan Urusan Logistik (BULOG).
Alhamdulillah UMKM Perbatasan Borneofood Indotama sekarang telah terdaftar secara resmi sebagai salah satu distributor daging beku di Kalimantan Barat.
Image: Dok. Pribadi BPOM Mendampingi, Kami Mengeksekusi Sebelumnya atas nama manajemen dan segenap keluarga besar UMKM Perbatasan Borneofood Indotama mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak LPPOM MUI Kalbar dan BPOM Kalbar atas dukungan dan program pendampingannya selama ini.
Tidak lupa juga kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, dan beberapa kementerian terkait, kami turut mengucapkan terima kasih banyak.
Kami sadar bahwa sebagai salah satu UMKM Perbatasan yang secara perlahan sedang terus bergerak tumbuh kembang menjadi besar, masukan, kritikan, dan saran akan menjadi bahan motivasi kami untuk dapat berkembang lebih baik lagi.
Terpilih Ikut Kompetisi Nasional Di awal bulan Februari ini, kami mendapatkan kabar dari BPOM Kalbar bahwa akan diikutsertakan sebagai peserta dalam kompetisi nasional UMKM di tahun 2020. Dari setiap provinsi yang ada mengirimkan UMKM perwakilannya untuk turut serta dan Alhamdulillah UMKM Perbatasan Bornefood Indotama lolos seleksi dan terpilih menjadi perwakilan dari Kalimantan Barat.
Untuk segenap kawan-kawan dan masyarakat segenap Kalimantan Barat, mohon dukungannya dalam bentuk do’a. Jika ingin mengetahui secara garis besar mengenai Borneofood Indotama bisa langsung melihat video company profile dibawah ini:

Sekali lagi mohon dukungannya, semoga apa yang telah kami ikhtiarkan selama ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan perekonomian di kawasan perbatasan khususnya dan Kalimantan Barat umumnya. Sebagai salam penutup, dari perbatasan kami ucapkan sukses untuk semuanya… (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/umkm-perbatasan-borneofood-indotama/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Wapres Ma Ruf Amin Dukung Penuh Pesparani Nasional 2020 Di Ntt

Wapres Ma Ruf Amin Dukung Penuh Pesparani Nasional 2020 Di Ntt

papar berkaitan - pada 2/2/2020 - jumlah : 274 hits
Bahkan Wapres berjanji akan berkoordinasi dengan stakeholders terkait terutama Menteri Agama untuk memfasilitasi berbagai hal termasuk menyiapkan anggaran yang memadai sesuai kebutuhan panitia
305 Orang Di Riau Ditangkap Karena Kasus Narkoba Sejak Awal Tahun 2020

305 Orang Di Riau Ditangkap Karena Kasus Narkoba Sejak Awal Tahun 2020

papar berkaitan - pada 10/2/2020 - jumlah : 161 hits
Barang bukti yang diamankan berupa 98 21 kilogram sabu 901 butir ekstasi 5 48 kilogram ganja dan pil happy five sebanyak 9 804 butir
Salam Tahun 2020

Salam Tahun 2020

papar berkaitan - pada 27/1/2020 - jumlah : 244 hits
Azam Tahun 2020 Assalamualaikum semua Lambat pulak aku coretkan azam tahun baru aku dalam blog tahun ni hihi Sorry hangpa aku sibuk sangat Tahun ni sebenarnya takda azam weh Cukuplah kalau hidup ibadah diterima Allah Atau kalau ajal dah sam...
Perabot Flexihaus Tahun 2020 Cantikkan Bilik Kerja Mr Mafia

Perabot Flexihaus Tahun 2020 Cantikkan Bilik Kerja Mr Mafia

papar berkaitan - pada 5/2/2020 - jumlah : 528 hits
hai assalammualaikumPerabot Flexihaus Tahun 2020 Cantikkan Bilik Kerja Mr Mafia Tahun baru mestilah nak semangat baru Jadi bila nak naikkan semangat tu mestilah cantikkan suasana rumah kan Nak cantikkan rumah ni bukan boleh berdesup terus c...
Skim Pembiayaan Tekun Nasional 2020 Untuk Perniagaan Anda

Skim Pembiayaan Tekun Nasional 2020 Untuk Perniagaan Anda

papar berkaitan - pada 5/2/2020 - jumlah : 2110 hits
Tahukah anda bahawa Skim Pembiayaan TEKUN ini ada menyediakan pinjaman untuk memulakan perniagaan Anda berminat Rasa bersemangat dengan pinjaman Tekun Nasional ini Baca seterusnya artikel berkenaan Skim Pembiayaan dan pinjaman
Terus Melayani Indonesia Di Usia 65 Tahun Cimb Niaga Bikin Persembahan Istimewa Sepanjang 2020

Terus Melayani Indonesia Di Usia 65 Tahun Cimb Niaga Bikin Persembahan Istimewa Sepanjang 2020

papar berkaitan - pada 5/2/2020 - jumlah : 234 hits
Usia 65 tahun menjadi momentum CIMB Niaga untuk terus melayani Indonesia dan fokus melakukan tranformasi digital
2020 Tahun Sial Malaysia

2020 Tahun Sial Malaysia

papar berkaitan - pada 26/1/2020 - jumlah : 542 hits
Hong Kong dan China istihar darurat Filipina usir pelancong dari China Indonesia membatalkan semua perbangan keluar dan masuk dari wilayah Wuhan dan beberapa daerah lain di China yang berisiko tinggi Britian sedang memburu pelancong China y...
Tahun 2020 Permulaan Yang Baik

Tahun 2020 Permulaan Yang Baik

papar berkaitan - pada 26/1/2020 - jumlah : 238 hits
AssalamualaikumBismillahApa khabar Alhamdulillah syukur kepada Allah kerana diberi kesempatan untuk bernafas pada hari ini Alhamdulillah kerana diberi peluang untuk menaip lagi Rindunya dengan bunyi keyboard laptop Rindu nak baca entri blog...
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

Diabetes Bayi Pun Boleh Kena Jenis Penyakit Yang Tak Kenal Usia

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Memikirkan The Unknown

Produk Nestle Naik Harga Harga Milo Dan Nescafe Akan Meningkat Ikuti Senarai Produk Nestle Malaysia

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman



Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi


Warrant Woes In El Paso An Attorney Can Help You Get Back On The Road

Media Orang Ramai Diingatkan Tidak Sebar Video Nahas Helikopter Tldm

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Tak Perlis Lah Kalau Tak Makan Harumanis

Helikopter Terhempas 10 Dilaporkan Terkorban

Resepi Tortilla Wrap