Doa Agar Hati Tenang Dan Menghilangkan Perasaan Sedih Marah Dan Gelisah


Berikut ini kami himpun beberapa doa penenang hati daripada Al-Quran & hadist untuk meredakan perasaan sedih, marah, gelisah, stres, dan mengusir semua yang negatif.
Doa Ketenangan Hati
Doa penenang hati dan pikiran adalah bacaan yang di ucapkan ketika seseorang mengalami keresahan dalam jiwanya, baik itu karena karena di phk dari pekerjaan, keadaan ekonomi tidak terlalu baik atau yang lainnya.
Maka dengan selalu mengamalkan doa ini insyaallah semua kecemasan serta hati yang tak menentu akan segera di hilangkan.
Do’a dan Dzikir kepada Allah adalah ibadah yang sangat agung dan memiliki banyak faedah dan keutamaan bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat.
Oleh karenanya, seorang muslim sudah semestinya bersikap istiqomah (kontinue) dalam memperbanyak doa dan dzikir di saat senang maupun sedih, dalam keadaan lapang maupun sempit, dan sehat maupun sakit.
Doa penenang hati yang mana doa merupakan permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya.
Sedangkan sikap khusyu’ dan tadharru’ dalam menghadapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan.
Karena setiap orang islam senantiasa diuji dengan berbagai cobaan, merasakan kesedihan karena sesuatu menimpa anda seperti gagal dalam ujian, sulit mencari pekerjaan, harta hilang, kematian yang menimpa keluarga anda, tidak mendapatkan sesuatau yang anda cita-citakan, jodoh tidak kunjung datang dan musibah-musibah lain, maka ada do’a yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Doa dan amalan agar hati tentang, tidak gelsah, sabar serta ikhlas lengkap dengan artinya. Inilah bacaan doa agar hati tenang serta tidak gelisah;
1. Doa Agar Hati Tenang

2. Doa Menenangkan Hati
رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. al-Baqoroh : 250)
Hati adalah lentera yang terang bagi pemiliknya .cahayanya mudah redup ketika kita merasakan kegelisahan yang menjelma dan telah merasuki serta mengelabuhi hati kita.
Sahabat jangan biarkan cahaya hati semakin meredup berilah hati sarapan yang cukup karena sesugguhnya bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan tapi hati juga butuh akan hal-hal yang membangkitkan kebaikan di dalamnya.
Amalan Agar Hati Tenang Di samping doa-doa penenang hati di atas, amalan-alaman berikut ini juga akan membuat hati tenang dalam menghadapi segala masalah.
1. Hadapi Masalah Dengan Sabar
Saat mengalami suatu cobaan atau masalah yang sangat berat sehingga membuat hati menjadi tidak tenang, gelisah, dan lain sebagainya, maka cobalah untuk tetap bersabar.
Allah telah berfirman dalam surat Albaqarah ayat 153 yang artinya “Sesungguhnya Aku bersama orang-orang yang sabar”.
2. Membaca Atau Mendengarkan Ayat-ayat al-Qur’an
Salah satu obat penawar penyakit hati adalah membaca ayat-ayat Alquran atau mendengarkan baik-baik orang yang sedang membaca Alquran.
Membaca atau mendengarkan Alquran dengan hati yang khusyuk akan membuat batin menjadi tentram, jiwa menjadi tenang, pikiran menjadi segar kembali, dan hidup menjadi terasa damai.
3. Membaca Surat Yasin
Surat Yassin mempunyai aura yang dapat menenangkan hati dan pikiran yang gelisah. Bacalah surat Yassin dengan khusyuk selepas salat wajib.
InsyaAllah akan membuat hati Anda menjadi tenang.
4. Mendirikan Sholat Tahajud
Dengan mendirikan salat tahajud, jiwa akan menjadi kuat dan hati akan mendapat ketenangan dalam menghadapi cobaan.
Selain itu, doa mustajab adalah doa yang dilakukan pada malam hari, yaitu sesudah salat tahajud. Setelah salat tahajud, bacalah doa-doa penenang hati yang telah dituliskan di atas.
5. Memperbanyak Istighfar dan Dzikir Kepada Allah
Ada dua amalan wirid zikir yang mustajab untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, yaitu dengan berzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil” dan “La haula wala quwwata illa billah”.
6. Senantiasa Mengingat Allah
Senantiasa mengingat Allah akan menentramkan hati yang sedang gelisah. Apa pun yang membuat hati kita sedih, Allah lebih  Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita.
Bukankah Allah telah bersabda, “La tahzan, innallaha ma ana”. Janganlah bersedih, karena Allah bersama kita.
Doa Penenang Hati yang Untuk Menghilangkan Stres, Sedih, dan Gelisah Berikut adalah himpunan doa penenang hati dari Al-Quran dan hadis yang boleh diamalkan. Ianya pendek dan mudah dihafal.
Doa 1
اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ (Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’.)
Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan musuh” – [Shahih Bukhari]
Doa 2
يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث (Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.)
Artinya : “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.” –[Hadis Riwayat Tirmidzi]
Doa 3
اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا (Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla)
Artinya: “Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” – [Shahih Ibnu Hibban]
Doa 4
اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ
وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ (Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.)
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.” – [Shahih Bukhari]
Doa 5
لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ (Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin.)
Artinya: “Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri.” – [Surah Al-Anbiya’ Ayat 87]
Doa 6
رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي (Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli)
Artinya: “Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.” – [Surah Taha Ayat 25-28]
Doa 7
حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ (Hasbunallah wanikmal wakil)
Artinya: “Cukuplah Allah sebagai Pelindung kami” – [Surah al-Imran Ayat 173]
Sumber: wajibbaca.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/doa-agar-hati-tenang-dan-menghilangkan-perasaan-sedih-marah-dan-gelisah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Agar Selamat Biasakan Baca Doa Ini Sebelum Bekerja

Agar Selamat Biasakan Baca Doa Ini Sebelum Bekerja

papar berkaitan - pada 9/12/2018 - jumlah : 331 hits
Ada banyak hal yang menjadi tantangan orang dalam bekerja salah satunya resiko ditimpa musibah ataupun kematian Oleh karena itu dalam Islam bekerja juga termasuk dalam ibadah yang bernilai jihad karena mencari rezeki tersebut dilakukan sema...
Sedih Ayah Lapar Nak Nasi Goreng Tapi Anak Marah Marah Suruh Order Roti Canai

Sedih Ayah Lapar Nak Nasi Goreng Tapi Anak Marah Marah Suruh Order Roti Canai

papar berkaitan - pada 14/12/2018 - jumlah : 558 hits
SEDIH AYAH LAPAR NAK NASI GORENG TAPI ANAK MARAH MARAH SURUH ORDER ROTI CANAI Kasih ibu bawa ke syurga kasih ayah sepanjang masa Ia kedengaran biasa namun jika diteliti dengan mendalam ia membawa maksud yang sangat besar Dunia semakin maju ...
Allah Menguji Kita Dengan Sesuatu Yang Kita Cintai Maka Janganlah Berlebihan Mencintai Agar Sedih Pun Tidak Berlebihan

Allah Menguji Kita Dengan Sesuatu Yang Kita Cintai Maka Janganlah Berlebihan Mencintai Agar Sedih Pun Tidak Berlebihan

papar berkaitan - pada 19/12/2018 - jumlah : 745 hits
Assalamualaikum Waktu berjalan dengan cepat sesaat tak pernah terlambat sedetik tak pernah tercepat Beribu doa dihamparkan setiap insani tetapi tidak semua doa di angkat Kamulah yang terbaik dalam hidupku tetapi dia pergi jauh dari hidup ka...
Marah Anak Mudah Nak Jadi Tenang Susah Follow Tip Ini Boleh Cepat Redakan Kemarahan

Marah Anak Mudah Nak Jadi Tenang Susah Follow Tip Ini Boleh Cepat Redakan Kemarahan

papar berkaitan - pada 4/12/2018 - jumlah : 472 hits
Sebenarnya kita memang di beri pilihan untuk menjadi ibu bapa yang bagaimana Semuanya bergantung kepada kita mahu pilih jalan A atau jalan B Kerana ketahuilah hidup ini tidak selalunya indah langit tidak selalu cerah Itu semua kita tidak bo...
Doa Agar Dipermudahkan Segala Urusan

Doa Agar Dipermudahkan Segala Urusan

papar berkaitan - pada 4/12/2018 - jumlah : 6801 hits
Doa Agar Dipermudahkan Segala Urusan Sekarang ni musim cuti sekolah Mesti pelbagai rancangan dan agenda musim cuti ni kan Ada yang nak kahwin Ada yang nak khatan kan anakAda yang nak pergi bercutiAda yang nak pergi umrahAda juga yang nak sa...
Doa Agar Kerajaan Ph Pendek Umur Tutup Himpunan

Doa Agar Kerajaan Ph Pendek Umur Tutup Himpunan

papar berkaitan - pada 9/12/2018 - jumlah : 392 hits
LANGSUNG Ribuan orang membanjiri jalan jalan di Kuala Lumpur hari ini sebagai tanda kesyukuran keputusan kerajaan untuk tidak mengiktiraf Konvensyen Antarabangsa Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Kaum Perhimpunan ini anjuran N...
Baca Doa Ini Agar Terhindar Dari Segala Keburukan Dan Musibah

Baca Doa Ini Agar Terhindar Dari Segala Keburukan Dan Musibah

papar berkaitan - pada 5/12/2018 - jumlah : 537 hits
Setiap manusia tentu ingin terhindar dari segala keburukan yang bisa menjerumuskannya kepada kesesatan Keburukan tersebut bisa mendatangkan kerugian bagi diri sendiri bahkan bisa juga menjauhkan kita dari rida Allah SWT Oleh karena itu lind...
Tips Hati Jiwa Tenang

Tips Hati Jiwa Tenang

papar berkaitan - pada 7/12/2018 - jumlah : 540 hits
Bagaimana untuk kunci hati dan jiwa menjadi tenang Ikutlah tips di bawah Kunci Hati Dan Jiwa Menjadi TenangKunci Hati Dan Jiwa Menjadi Tenang Tidak Membenci Tidak Mengeluh Hidup Bersederhana Berprasangka Baik Selalu Tersenyum Selalu Memberi...
The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Fahmi Fadzil Perlu Beri Penjelasan Bukan Beri Alasan

Pm Akan Umum Sspa Terbaik Pernah Diperkenalkan Kerajaan

Prof As Dakwa Tak Selamat Kunjungi Malaysia Selepas Sebar Propaganda Sokong Zionis



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Brauninhas House By Pablo Lanza Arquitetura In Itu Brazil

Banteras Isu 3r Manivanan Cadang 10 Langkah Percepat Siasatan Polis

Analysis Harapan S Uphill Battle To Defend Kuala Kubu Baharu

Kkb By Election Will Be A Confidence Vote For The Anwar Administration

Azmin Pledges To Tell All On May 11