Cara Mengatasi Virus Ransomware Dengan Berbagai Alternatif


Kemunculan virus Ransomware sepat menciptakan kepanikan di Indonesia. Pasalnya, virus ini cukup berbahaya untuk data dalam suatu perangkat. Cara mengatasi virus Ransomware bisa dilakukan dengan beberapa cara. Simak penjelasan lengkap berikut ini!
Apa Itu Virus Ransomware?Mari kenali terlebih dahulu apa itu virus Ransomware. Salah satu jenis virus yang dikenal pula dengan istilah Wannacry. Virus ini menyerang bagian perangkat yang memiliki OS Windows.  Selain itu, proses penyebarannya melalui jaringan internet. Jadi, jika perangkat tidak terkoneksi dengan internet, akan aman dari virus tersebut.
Dampak dari serangan virus Ransomware bisa membuat data suatu perangkat tidak bisa dibuka. Setiap pengguna tidak bisa mengakses datanya sendiri, hal ini tentu sangat mengkhawatirkan.  Lebih tepatnya, file menjadi terkunci.
Cara Mengatasi Virus RansomwarePerangkat komputer menjadi salah satu media untuk menyimpan berbagai data. Jika terdapat data penting yang terkunci karena virus Ransomware, tentu akan sangat merepotkan. Hal ini harus segera diatasi secepat mungkin, alternatifnya bisa dilakukan dengan cara berikut:
1. Menggunakan AntivirusLangkah pertama, pengguna bisa menggunakan antivirus untuk melawan Ransomware. Banyak jenis antivirus yang bisa digunakan, mulai dari Smadav, hingga ESET. Cobalah untuk melakukan scan terhadap bagian hardisk pada perangkat. Caranya yaitu:

Melepaskan hardisk dari perangkat yang terkena virus.Menyiapkan perangkat lainnya yang tidak terserang virus dan sudah terpasang antivirus yang bisa menangkal Ransomware.Selanjutnya, pasang kembali hard disk pada perangkat yang sudah disediakan.Jika tersedia port tambahan, maka hard disk bisa dipasangkan pada portScan setiap data pada hardisk menggunakan antivirus yang terpasang.Kemudian, hapuslah setiap virus yang terdeteksi.Jika scanning sudah berhasil dilakukan, pengguna bisa melepas dan memasangkan kembali hard disk pada perangkat sebelumnya.
2. Menghapus Secara ManualSelain itu, pengguna juga bisa menghapus Ransomware secara manual. Untuk menerapkan cara yang satu ini dibutuhkan kejelian dan kesabaran. Pasalnya, cara ini dilakukan tidak semudah cara sebelumnya. Langkah-langkahnya yaitu:

Pastikan perangkat tidak terhubung dengan internet.Menghapus cookies dari browser yang digunakan.Memasuki Windows via safe mode.Tekan Ctrl+Shift+Esc pada menu Task Manager.Mematikan program mencurigakan pada menu Tab Process dengan mengklik End Process.Membuka registry editor dengan menekan Win+R dan mengetikkan regedit.Memeriksa setiap folder pada hard disk suatu perangkat.Jika ditemukan file berekstensi wnry, maka bisa langsung menghapus semua file-nya.
3. Menginstal UlangCara mengatasi virus Ransomware lainnya yaitu dengan menginstal ulang perangkat yang terserang virus. Instal ulang sistem operasi dengan menggunakan CD maupun USB yang berkaitan dengan windows. Hal ini memang mudah dilakukan, tapi jangan terlalu sering karena bisa membahayakan computer pengguna.
Jika proses penginstalan berhasil dilakukan, maka disarankan untuk menggunakan antivirus dan melakukan scanning secara  menyeluruh. Langkah ini patut dilakukan guna menemukan virus yang masih tertinggal.
4. Me-restore DataAlternatif lainnya bisa dengan melakukan restore pada data terkait. Proses restore ini bisa dilakukan dengan menggunakan suatu software berupa disk digger, recuva, ataupun yang lainnya. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

Menginstal software yang akan digunakan pada perangkat.Gunakan software dan memilih tipe data yang akan dikembalikan, misalnya berupa dokumen atau sebagainya.Pilih menu Next untuk melanjutkan prosesnya.Memilih part yang akan di-restore.Dikarenakan prosesnya cukup lama, maka disarankan untuk dilakukan secara bertahap.Klik Next à cheklist enable deep scanà start.Proses restore pun akan mulai dijalankan.
Demikianlah ulasan terkait cara mengatasi virus Ransomware dengan berbagai alternatif. Pilihlah cara yang paling mudah dipahami. Jika mengalami kesulitan, ada baiknya meminta bantuan ahli yang lebih berpengalaman.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ceritakin.blogspot.com/2022/01/cara-mengatasi-virus-ransomware-dengan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Mengatasi Play Store Error Dengan Menghapus Cache Data Pada Android

Cara Mengatasi Play Store Error Dengan Menghapus Cache Data Pada Android

papar berkaitan - pada 1/1/2022 - jumlah : 255 hits
Cache data ialah sebuah data yang disimpan sementara dengan tujuan untuk mengurangi proses loading atau muat suatu aplikasi maupun website Aplikasi Play Store pun juga menimbulkan cache data pada smartphone Namun seperti pada kebanyakan apl...
Ketahui Cara Mengatasi Facebook Lite Yang Tidak Bisa Dibuka Agar Tidak Force Close

Ketahui Cara Mengatasi Facebook Lite Yang Tidak Bisa Dibuka Agar Tidak Force Close

papar berkaitan - pada 13/1/2022 - jumlah : 204 hits
Banyak orang beralih menggunakan aplikasi ini sebab ukurannya yang ringan Benar seperti namanya aplikasi ini memang cukup lebih ringan Sayangnya seringkali Facebook Lite mendadak force close Yuk cek cara mengatasi Facebook Lite yang tidak b...
Cara Mengatasi Gambar Blur Buram Di Homepage Blogger Terbaru

Cara Mengatasi Gambar Blur Buram Di Homepage Blogger Terbaru

papar berkaitan - pada 30/12/2021 - jumlah : 258 hits
Gambar thumbnail di halaman depan CB tiba tiba blur atau buram Berikut ini Mengatasi Gambar Blur Buram di Homepage Blogger terbaru Sejak versi baru Blogger telah tiba mengubah ukuran thumbnail di Blogger Banyak blogger terganggu oleh masala...
Mengenal Insomnia Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi

Mengenal Insomnia Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasi

papar berkaitan - pada 8/1/2022 - jumlah : 159 hits
Foto Getty Images iStockphoto fizkes Jakarta Insomnia yakni gangguan atau keadaan seseorang mengalami kesusahan tidur Kondisi ini sanggup menghasilkan pengidapnya akan merasa letih ketika berdiri tidur dan sulit untuk beraktivitas pada kees...
Simak Cara Ampuh Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Ke Wifi Ini

Simak Cara Ampuh Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Ke Wifi Ini

papar berkaitan - pada 14/1/2022 - jumlah : 204 hits
Pada saat mendesak dan berhadapan dengan deadline laptop yang tidak bisa terhubung dengan Wifi tentu menjadi hal yang menyebalkan Ini membuat pengguna menjadi tidak bisa mendapatkan sambungan internet Sebenarnya beberapa hal dapat membuat i...
6 Resep Dan Cara Memasak Kepiting Sederhana Berbagai Olahan Rasa Bikin Nagih

6 Resep Dan Cara Memasak Kepiting Sederhana Berbagai Olahan Rasa Bikin Nagih

papar berkaitan - pada 2/1/2022 - jumlah : 108 hits
Wah nggak perlu lagi nih pergi ke restoran untuk makan masakan kepiting yang enak
Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Terbebas Dari Kuman Serta Virus Saat Pandemi

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Terbebas Dari Kuman Serta Virus Saat Pandemi

papar berkaitan - pada 29/12/2021 - jumlah : 226 hits
Semasa pandemi covid 19 ini pastinya Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bukan Apalagi dengan adanya aturan bekerja di rumah saja Bukan hal yang mengherankan jika seandainya banyak orang yang menjadi gencar gencarnya membersihkan ...
Punca Dan Cara Mengatasi Kucing Cirit Birit

Punca Dan Cara Mengatasi Kucing Cirit Birit

papar berkaitan - pada 5/1/2022 - jumlah : 316 hits
Punca dan cara mengatasi kucing cirit birit yang perlu anda tahu untuk menjaga kesihatan kucing anda dengan baik Kucing yang mengalami cirit birit sudah tentu membuatkan kita sangat risau Perkara yang sering terlintas di fikiran adalah untu...
Cara Menjadi Orang Yang Mudah Bangun Pagi Tips Bangun Pagi

Cara Menjadi Orang Yang Mudah Bangun Pagi Tips Bangun Pagi

papar berkaitan - pada 2/1/2022 - jumlah : 171 hits
Hohoho selamat malam sesi kali ini akan membahas mengenai tips bangun pagi Cara Menjadi Orang yang Mudah Bangun Pagi simak selengkapnya Dalam Artikel Ini Banyak anak buah akan bilang bahwa mereka membenci anak buah yang sanggup bangun pagi ...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Makanan Perlis Paling Popular

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Lyodra Tak Selalu Memiliki Chord

No Campaign Elements In Kkb Hari Raya Open House Selangor Mb Tells Bersih

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Essential Guide To Safe Well Water Maintenance

Drama Dia Pria Terhebat

Jambu Batu Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya Untuk Kesihatan