Bukti Kegagalan Nasionalisme Indonesia Di West Papua


TNI mengajar di sekolah? Itu sebenarnya bukti kegagalan nasionalisme Indonesia di West Papua. Negara sadar, tra bisa pertahankan Papua dengan senjata (represi fisik). Maka, represi psikis (represi ideologi) dilancarkan, dengan target usia dini (SD).

Kenapa target usia dini? Indonesia sadar atas peningkatan kesadaran perjuangan kemerdekaan Papua dalam generasi muda Papua. Maka walau guru bukan profesi TNI, mereka akan paksa mengajar sambil buat propaganda humanis, dan menyalahkan pegawai guru yang tidak aktif.

Kenapa guru tidak aktif? Bagaimana bisa guru mengajar ditengah ancaman teror operasi militer besar-besaran? Bagaimana mungkin murid mau masuk belajar sementara gedung2 sekolah dijadikan pos penginapan TNI yang sedang operasi?

Ini persis tahun 1980an di Kebo, Paniai. Yang satu generasi dengan saya lihat dan alami kelakuan TNI. Saya saksikan bagaimana represi TNI di sekolah tempat kedua orang tua saya mengajar. Mereka masuk kelas ambil alih peran guru dan ajari sejarah dan nasionalisme Indonesia.

Di sebelah sekolah, SD Inpres Kebo I (dulunya), banyak rakyat direndam di kolam berminggu-minggu sambil ditembaki bak kelinci percobaan, kami saksikan sendiri. Ditengah jalan, rakyat dipalang dan dipaksa menyanyi lagu perjuangan Indonesia, bila tidak dipukul/ditikam.

Baca juga: Begini Isi Surat Guru Dipedalaman Untuk Gubernur Papua

Tidak hanya disitu, gadis-gadis desa yang cantik dijadikan pekerja sex melayani TNI di Pos Militer. Saya ingat, anak perempuan dari Pak guru marga Kayame (saya lupa namanya) meninggal akibat melayani TNI. Sementara ternak piaraan ditembak dan pemiliknya diminta denda ganti uang peluru, dll.

Lalu apakah mereka berhasil tumbuhkan nasionalisme NKRI? Tidak! saya justru dilahirkan dan dididik untuk mengerti apa itu penjajahan. Jadi, TNI masuk sekolah, justru hanya akan melahirkan trauma (kekerasan psikologi) pada murid2 SD, dan mereka kelak akan menjadi pejuang kemerdekaan!

Pertanyaan berikut, apakah benar Papua minim guru? Jawabannya, ya! Alasannya jelas, guru-guru banyak yang tersedot masuk menjabat di daerah2 pemekaran kabupaten, distrik, dll, yang pendapatannya lebih tinggi dibanding guru. Karena SDM bukan prioritas Indonesia membangun orang Papua.

Jadi mau bilang guru pemalas? Tidak! itu adalah dampak dari sistem dan praktek penyelenggaraan pemerintahan di Papua yang bias dengan kepentingan kolonialisme dan kapitalisme (penguasaan SDA). Jadi semua aktivitas pemerintahaan dan programnya di Papua itu bobrok sebenarnya, karena orientasi kekuasaan bukan orientasi pembangunan rakyat secara sungguh-sungguh.

Trada grand design pembangunan berkelanjutan, karena tujuan negara hanya memantapkan penguasaannya terhadap sumber daya alam Papua. Jadi kalau bilang guru pemalas, lalu bagaimana dengan banyak regulasi kekhususan dalam Otsus yang terus dikandaskan Jakarta? Jadi jangankan kelas SD yang dimasuki TNI secara arogan, di pemerintahan provinsi, kabupaten hingga di semua sektor dimasuki TNI yang memainkan peran invisible hands.

Makanya, kalau mau Papua ini sejahtera? termasuk bila ingin pendidikan terpenuhi baik, contohilah Timor Leste yang prioritas bangun SDM setelah merdeka, atau Kuba, atau Vanuatu, atau jepang yang bangkit dari puing-puing kehancuran, dll. Karena pendidikan tanpa kebebasan/kemerdekaan itu seperti makan sayur tanpa garam, yang terpaksa makan karena lapar! Eh?

Victor Yeimo,
Anak guru tratau skolah!

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/02/bukti-kegagalan-nasionalisme-indonesia.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
West Papua Tidak Memiliki Masa Depan Di Indonesia Isi Pidato Ketua Ulmwp

West Papua Tidak Memiliki Masa Depan Di Indonesia Isi Pidato Ketua Ulmwp

papar berkaitan - pada 13/2/2020 - jumlah : 237 hits
Papua Barat tidak memiliki masa depan di Indonesia Pidato Ketua Wenda kepada Menteri Luar Negeri MSG12 Februari 2020 Pernyataan Pidato yang disampaikan oleh Ketua ULMWP Benny Wenda selama pertemuan Menteri Luar Negeri Pejabat Senior Melanes...
Syarat Papua Sejahtera Adalah Kemerdekaan Dari Penjajahan Lepas Dari Kendali System Kolonialisme Indonesia

Syarat Papua Sejahtera Adalah Kemerdekaan Dari Penjajahan Lepas Dari Kendali System Kolonialisme Indonesia

papar berkaitan - pada 28/1/2020 - jumlah : 266 hits
PASTI 2 Kesejahteraan Dalam Penjajahan Omong Kosong Syarat Papua sejahtera adalah kemerdekaan dari penjajahan Lepas dari kendali system kolonialisme Indonesia Selama bangsa Papua masih terkungkung di bawah kolonialisme Indonesia tidak akan ...
Imbas Virus Corona Hotel Indonesia Diperkirakan Kehilangan Pendapatan Rp109 Juta

Imbas Virus Corona Hotel Indonesia Diperkirakan Kehilangan Pendapatan Rp109 Juta

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 154 hits
Direktur Utama HIN Iswandi Said menyatakan sebanyak 109 reservasi kamar per malam dibatalkan karena turis dari Wuhan juga membatalkan penerbangannya ke Indonesia
Bos Hotel Indonesia Harap Bisa Jadi Induk Konsolidasi Bumn Perhotelan

Bos Hotel Indonesia Harap Bisa Jadi Induk Konsolidasi Bumn Perhotelan

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 147 hits
Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said angkat bicara soal rencana konsolidasi Badan Usaha Milik Negara perhotelan Menurutnya keputusan tersebut merupakan kepentingan pemegang saham mayoritas dalam hal ini Kementerian BUMN Beg...
Udang Kara Indonesia Antara Tercantik Di Dunia

Udang Kara Indonesia Antara Tercantik Di Dunia

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 1254 hits
JAKARTA Sejenis udang kara air tawar atau crayfish lobster dari perairan wilayah Indonesia diisytiharkan sebagai spesies baharu dan diiktiraf salah satu yang tercantik di dunia lapor media tempatan pada Rabu Udang itu sebenarnya sudah menja...
12 Pulau Di Indonesia Ini Rawan Tenggelam Kalau Nggak Ditangani Ya Tinggal Tunggu Waktu Aja

12 Pulau Di Indonesia Ini Rawan Tenggelam Kalau Nggak Ditangani Ya Tinggal Tunggu Waktu Aja

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 325 hits
Walau nggak tenggelam sepenuhnya sebagian wilayah Pulau Bali diprediksi akan terendam tahun 2050 Duh gimana ya jadi nggak bisa liburan ke sana lagi dong
Ketua Mpr Minta Pemerintah Larang Wisman China Datang Ke Indonesia

Ketua Mpr Minta Pemerintah Larang Wisman China Datang Ke Indonesia

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 133 hits
Kementerian Luar Negeri sudah mengeluarkan travel advice kepada warga Indonesia yang hendak bepergian ke China untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona Kendati demikian menurut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo itu belumlah cukup Menurutnya...
Ketua Ormas Indonesia Mercusuar Dunia Merupakan Asn Pemkab Karawang

Ketua Ormas Indonesia Mercusuar Dunia Merupakan Asn Pemkab Karawang

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 182 hits
Dalam video berdurasi 14 menit Juanda mengaku sebagai Ketum IMD Dalam pernyataannya dia mengaku kuasa oleh Presiden King of The King sebagai Ketua Umum IMD yang mempunyai dana sekitar ribuan triliun untuk membayar utang Indonesia
Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jadilah Wanita Yang Mahal Thalia Baiduri Harap Wanita Jaga Darjat Jangan Bergaduh Kerana Buaya

Jpsm Mengesahkan Kegiatan Pembalakan Di Bukit Beserah Berlaku Dalam Kawasan Tanah Persendirian

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tips Mudah Jadi Miskin

Baby Car Seat Malaysia Safety Standards What Parents Need To Know

Antara Momen Yang Umi Akan Rindu

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Leave Pang Alone Skjcs Aren T Illegal Umno Man Tells Fadhli