Bolehkah Menggabungkan Puasa Senin Kamis Dengan Puasa Dzulhijjah Dalam Satu Hari


Salah satu keistimewaan hari Senin Kamis adalah diperlihatkannya amal kita kepada Allah SWT, oleh karena itu Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berpuasa pada dua hari ini.
Dalam sebuah hadis riwayat Imam at-Tirmidzi dijelaskan bahwa Rasul SAW sangat senang ketika amalnya diperlihatkan dalam keadaan beliau sedang berpuasa.
قال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم “Rasulullah SAW bersabda: Amal-amal diperlihatkan kepada Allah SWT pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka amalku diperlihatkan sedangkan aku dalam keadaan puasa.” (HR. At-Tirmidzi dan beberapa imam hadis lain)
Bagaimana jika hari Senin dan Kamis ini menjadi salah satu hari dari sepuluh hari bulan Dzulhijjah, hari disunnahkan untuk berpuasa juga? Bolehkah kita menggabung niat kita agar mendapatkan pahala dua puasa, yaitu puasa Senin Kamis dan puasa Dzulhijjah?
Syekh Yasin bin Isa al-Fadani, salah satu ulama Nusantara dalam kitabnya, al-Fawaid al-Janiyah menjelaskan bahwa ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan dengan bersamaan dengan menggabungkan niatnya. Syekh Yasin al-Fadani membagi hal ini menjadi empat bagian.
Pertama, menggabungkan amalan yang berupa ibadah dengan hal yang tidak bernilai ibadah dalam satu kali niat, seperti meniatkan bacaan Al-Quran dalam shalat sebagai ibadah membaca Al-Quran, hal ini diperbolehkan dan tidak membatalkan shalat.
Kedua, menggabungkan amalan ibadah yang fardhu dengan ibadah yang sunnah. Hal ini bisa bermacam-macam, terkadang sah keduanya, terkadang hanya sah salah satunya. Penjelasan kategori kedua ini akan penulis jelaskan dalam kesempatan yang lain.
Ketiga, menggabungkan dua ibadah fardhu, seperti menggabung niat wudhu dengan mandi jinabat. Menurut Syekh Yasin al-Fadani, kedua ibadah fardhu tetap sah berdasarkan kaul yang paling sahih.
Keempat, menggabungkan niat ibadah sunnah dengan ibadah sunnah yang lain. Syekh Yasin mencontohkan menggabungkan mandi shalat Idul Fitri dengan mandi shalat Jumat. Keduanya sama-sama sah.
Lalu, manakah di antara empat kategori yang diberikan Syekh Yasin di atas yang sesuai dengan penggabungan puasa Senin Kamis dengan puasa Dzulhijjah? Tentu jawabannya adalah kategori keempat.
Puasa Senin Kamis termasuk ibadah sunnah, begitu juga dengan puasa Dzulhijjah. Oleh karena itu, bagi segenap pembaca yang ingin mendapatkan dua pahala puasa sunnah ini dalam satu kali puasa, maka cukup niatkan dua puasa tersebut bersamaan dalam hati, misalnya, “Saya niat puasa hari Senin (kamis) dan puasa Dzulhijjah sunnah karena Allah Ta’la.“
Atau bisa dengan lafaz berbahasa Arab berikut:
Adapun niat puasa hari Senin adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ (يَوْمَ الْخَمِيْسِ) وَشَهْرِ ذِيْ الحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى  Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini (yaumil khamis) wa syahri Dzilhijjah Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa
Saya niat puasa pada hari Senin (hari Kamis: jika kebetulan hari Kamis) dan puasa bulan Dzulhijjah, sunah karena Allah Ta’aala.
Walaupun lafaz berbahasa Arab tersebut diucapkan melalui lisan, jangan lupa untuk melafalkannya dalam hati, karena hakekat niat itu berada dalam hati.
Semoga amal ibadah puasa sunnah kita, baik puasa sunnah Senin Kamis dan puasa sunnah Dzulhijjah diterima oleh Allah SWT. Amin.
Wallahu a’lam.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/bolehkah-menggabungkan-puasa-senin-kamis-dengan-puasa-dzulhijjah-dalam-satu-hari/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Cara Niat Puasa 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Ini Cara Niat Puasa 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

papar berkaitan - pada 2/8/2019 - jumlah : 407 hits
Niat merupakan aktivitas pertama dan utama dalam memulai sebuah ibadah Bahkan keabsahan dan kesempurnaan sebuah ibadah tergantung pada niat Tak terkecuali dalam melakukan puasa di sepuluh hari pertama Dzulhijjah harus dimulai dengan niat te...
Puasa Sunat Senarai Doa Hari Arafah

Puasa Sunat Senarai Doa Hari Arafah

papar berkaitan - pada 10/8/2019 - jumlah : 690 hits
Puasa Sunat Senarai Doa Hari Arafah Hari Wukuf atau Hari Arafah adalah kemuncak bagi ibadat Haji Disyariatkan bagi kita yang tidak melakukan Wukuf supaya berpuasa kerana banyak manfaat yang bakal diperoleh bagi mereka yang mengerjakanya Har...
Satu Permintaan Salmafina Sunan Di Hari Ulang Tahunnya

Satu Permintaan Salmafina Sunan Di Hari Ulang Tahunnya

papar berkaitan - pada 30/7/2019 - jumlah : 161 hits
Pada hari ulang tahunnya Salmafina Sunan punya satu permintaan Apa ya
Ristech Cafe Satu Satunya Di Enstek Nilai Menggabungkan Tiga Benua Masakkan

Ristech Cafe Satu Satunya Di Enstek Nilai Menggabungkan Tiga Benua Masakkan

papar berkaitan - pada 23/7/2019 - jumlah : 408 hits
Salam sejahtera kepada semua pembaca setia blog makan Mahamahu dan juga rakan rakan sekalian Kali ini Maha dan kawan kawan merantau jauh sikit untuk mencari tempat makan yang best dan cuba sendiri makanan mereka Tak adalah jauh mana sangat ...
Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Puasa Tanggal 8 Dan 9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Puasa Tanggal 8 Dan 9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

papar berkaitan - pada 9/8/2019 - jumlah : 255 hits
Puasa Dzulhijjah sebenarnya bermacam macam mulai puasa sunnah dari tanggal 1 7 dan juga puasa Tarwiyah dan puasa Arafah Semua puasa tersebut tergabung dalam puasa sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah Niat puasa Arafah Ibnu Abbas pernah men...
Kelebihan Puasa Hari Arafah

Kelebihan Puasa Hari Arafah

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 358 hits
Puasa hari Arafah jatuh pada 9 Dzulhijjah Ia disunatkan kepada orang yang tidak menunaikan haji iaitu bagi bukan jemaah haji Antara kelebihan puasa sunat hari Arafah ialah 1 Diampuni dosa setahun yang lepas dan setahun yang akan datang Dari...
Niat Puasa Hari Arafah

Niat Puasa Hari Arafah

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 434 hits
Bagaimana niat puasa hari arafah Artikel ini akan memberi panduan tentang niat puasa hari Arafah secara lengkap dan mudah Panduan ini juga menyenaraikan zikir yang digalakkan doa yang disunatkan kelebihan kelebihan yang terdapat pada hari A...
Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus Inilah Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah Pada 8 9 Dzulhijjah

Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus Inilah Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Dan Arafah Pada 8 9 Dzulhijjah

papar berkaitan - pada 8/8/2019 - jumlah : 310 hits
Hari Raya Idul Adha diperkirakan jatuh pada Minggu yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1440 H Ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan dalam bulan Dzulhijjah antara lain ibadah kurban dan juga puasa sunnah arafah serta Puasa Tarwiyah Puasa ...
Takbiran Di Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah

Takbiran Di Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah

papar berkaitan - pada 2/8/2019 - jumlah : 248 hits
Bolehkah Takbiran Di Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah Ustadz mau tny apakah yg dimaksud perbanyak takbir di bln dzulhijah itu takbir sprti idul fitri itu ya Apakah boleh dimulai sejak skrg Dari Ibu Farida di Batam Jawaban Bismillah walhamdul...
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Bukan Ulama Lantikan Politik Sendiri Tu Ular Dalam Semak

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

April 18 2024 Pesan Orang Alim

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Amalan Paling Minima Mendapatkan Lailatul Qadar

Yang Nilai Baik Dan Buruk Itu Dari Allah Bukan Dari Manusia

Oh Baju Melayu

First Blog Post

Pra Pesanan Samsung Ai Tv Berpeluang Memenangi Hadiah Bernilai Rm140 000

Insider Tricks Stylists Use To Make Clothes Fit Perfectly