Bantuan Umkm Rp 2 4 Juta Dibagikan Besok


Pemerintah akan membantu para pelaku usaha UMKM lewat program dana hibah atau bantuan langsung tunai (BLT). Skemanya yakni kucuran bantuan UMKM Rp 2,4 juta yang ditransfer lewat rekening.
Bantuan pemerintah ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha kecil dari dampak negatif pandemi virus corona. Total ada 12 juta UMKM yang akan menerima bantuan tersebut.
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan, penyaluran bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta itu akan mulai disalurkan pada Senin besok, 24 Agustus 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyalurkan dana BLT UMKM Rp 2,4 juta kepada 12 juta pelaku usaha mikro secara simbolis.
“Jadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Senin (24/8/2020) sekitar pukul 13.00 WIB akan membagikannya secara keseluruhan di Istana Kepresidenan langsung,” ujar Rully seperti dikutip pada Minggu (23/8/2020).
Pada tahap I, sekitar 742.422 total pelaku UMKM diberikan bantuan dana hibah tersebut. Hibah tersebut dicairkan lewat rekening pelaku usaha mikro masing-masing. Sementara untuk tahap II, kata dia, sedang dalam tahap pemrosesan (bantuan 2,4 juta).
Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan untuk cara mendapatkan bantuan UMKM Rp 2,4 juta, pelaku usaha kecil ini bisa mendaftarkan dirinya ke dinas koperasi yang berada di domisilinya.
“Pemerintah terus mengevaluasi program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Koperasi dan UMKM. Sekarang Presiden Joko Widodo mengeluarkan program baru, yakni Bantuan Sosial Presiden (Banpres) produktif untuk usaha mikro yang belum bankable, yang belum punya pinjaman dari perbankan,” ujar Teten dikutip dari Harian Kompas.
Mantan aktivis ICW ini menuturkan, skema dana bantuan pemerintah untuk pelaku usaha wong cilik ini akan lansung ditransfer ke rekening masing-masing pemilik usaha.
“Kami mengalokasikan kepada 12 juta pelaku usaha mikro. Saat ini DIPA (daftar isian penggunaan anggaran)-nya sudah disediakan, pada tahap awal untuk 9,1 juta unit usaha mikro,” kata Teten.
“Per unit usaha mikro memperoleh Rp 2,4 juta sekali bayar, ditransfer langsung ke rekening bersangkutan yang sudah terdata by name by address. Direncanakan diluncurkan pada 17 Agustus 2020,” kata dia lagi.
Teten berujar, dana bantuan pemerintah ini menyasar semua sektor UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di pelosok-pelosok daerah yang belum tersentuh perbankan.
“Mereka yang belum punya rekening dibuatkan rekening baru. Untuk pendataan calon penerima program ini, kami menjemput data dari daerah lewat kepala dinas, koperasi, bank perkreditan rakyat, bank pembangunan daerah, himpunan bank milik negara, pemodalan nasional madani, dan lainnya,” jelas Teten.
Menurut dia, program bantuan BLT Rp 2,4 juta untuk UMKM ini bisa membantu pelaku usaha mikro dan diharapkan memiliki dampak positif dalam jangka panjang.
“Evaluasi keberhasilan program, hibah diterima secara tepat oleh usaha mikro. Pengalaman dari banyak negara, UMKM yang berkembang adalah UMKM yang terhubung dengan lembaga pembiayaan dan perpajakan,” ungkap Teten.
Untuk cara mendapatkan bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta, pelaku usaha kecil ini bisa mendaftarkan dirinya ke dinas koperasi yang berada di domisilinya (bantuan 2,4 juta).
“Jadi kami ingin mengajak kepada pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk ikut aktif mendaftarkan diri melalui dinas koperasi terdekat,” ujar Teten.
“Supaya tidak menumpuk di kota besar saja. Karenanya dalam proses pengusulan calon penerima kami libatkan kantor kepala dinas koperasi di berbagai daerah selain kementerian dan lembaga. Saya kira ini memang berlaku untuk semua lah. Semua sektor,” kata dia lagi.
Berikut syarat UMKM mendapatkan bantuan Rp 2,4 juta dari pemerintah:
Para pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable). Pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) Mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya Bukan ASN. Bukan anggota TNI/POLRI Bukan pegawai BUMN/BUMD. Sumber: kompas.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/bantuan-umkm-rp-24-juta-dibagikan-besok/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pemerintah Bakal Kucurkan Bantuan Modal Kerja Rp 2 Juta Untuk Ibu Rumah Tangga

Pemerintah Bakal Kucurkan Bantuan Modal Kerja Rp 2 Juta Untuk Ibu Rumah Tangga

papar berkaitan - pada 14/8/2020 - jumlah : 250 hits
Pemerintah berencana memberikan stimulus usaha untuk ibu rumah tangga melalui kredit modal kerja tanpa bunga sebesar Rp 2 juta per debitur Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Si...
Robin Hood Asal Subang Gondol Uang Kades 200 Juta Lalu Dibagikan Ke Warga Miskin

Robin Hood Asal Subang Gondol Uang Kades 200 Juta Lalu Dibagikan Ke Warga Miskin

papar berkaitan - pada 30/8/2020 - jumlah : 285 hits
Kesejahteraan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 antara lain dalam Pasa 33 ayat 1 2 dan 3 sampai sekarang belum terwujud Ketimpangan ekonomi sosial masih terlihat jelas di banyak daerah Yang kaya semak...
Mas Menteri Ada 1 5 Juta Guru Honorer Belum Tersentuh Bantuan

Mas Menteri Ada 1 5 Juta Guru Honorer Belum Tersentuh Bantuan

papar berkaitan - pada 31/8/2020 - jumlah : 228 hits
Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 1 7 Triliun untuk tunjangan profesi guru tenaga kependidikan dosen dan guru besar Pemerintah pun diminta untuk juga memperhatikan nasib guru honorer yang juga kesulitan dimasa pandemi ini Wakil Ketu...
4 3 Juta Nasabah Bri Berpeluang Dapat Bantuan Rp 2 4 Juta

4 3 Juta Nasabah Bri Berpeluang Dapat Bantuan Rp 2 4 Juta

papar berkaitan - pada 13/8/2020 - jumlah : 361 hits
Pemerintah akan segera mencairkan bantuan Rp 2 4 juta untuk 12 juta pelaku UMKM melalui perbankan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau Sunarso mencatat 4 3 juta nasabahnya yang berpotensi menjadi calon penerima bantuan ini Sebel...
Bantuan Tekun Mobilepreneur Sudah Cecah Rm10 95 Juta Wan Junaidi

Bantuan Tekun Mobilepreneur Sudah Cecah Rm10 95 Juta Wan Junaidi

papar berkaitan - pada 31/8/2020 - jumlah : 258 hits
KOTA SAMARAHAN 29 Ogos Kementerian Pembangunan Usahawan dan Koperasi setakat ini sudah memberikan dana skim pembiayaan Tekun Mobilepreneur mencecah RM10 95 juta kepada 1 363 usahawan perkhidmatan penghantaran menggunakan motosikal atau ride...
Viral Polisi Di Bali Tilang Turis Jepang Karna Lampu Tidak Nyala Minta Uang Rp 1 Juta Langsung Beres

Viral Polisi Di Bali Tilang Turis Jepang Karna Lampu Tidak Nyala Minta Uang Rp 1 Juta Langsung Beres

papar berkaitan - pada 20/8/2020 - jumlah : 227 hits
Kepolisian Bali tengah dihebohkan dengan beredarnya video seorang turis Jepang yang diduga diperas oknum polisi di Bali yang beredar luas di channel Youtube Terlihat pada baju dinas yang dikenakannya oknum itu bernama MD Windia dari unit Sa...
Uang Pecahan Rp75 Ribu Dijual Hingga Rp50 Juta Ini Respons Bi

Uang Pecahan Rp75 Ribu Dijual Hingga Rp50 Juta Ini Respons Bi

papar berkaitan - pada 19/8/2020 - jumlah : 183 hits
Bank Indonesia merespons tingginya nilai jual uang rupiah khusus Kemerdekaan Indonesia ke 75 di situs situs perdagangan secara elektronik BI mengingatkan nilai uang itu hanya Rp75 ribu Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan ...
Umno Baling Ada Simpanan Rm20 Juta

Umno Baling Ada Simpanan Rm20 Juta

papar berkaitan - pada 19/8/2020 - jumlah : 249 hits
Via WhatsApp Ketika menjawab soalan semasa program Berani Semuka Sinar Harian pada 14 Ogos lalu DS Azeez telah mengatakan RM 500 000 duit zakat untuk UMNO Bahagian Baling yang dikeluarkan dari akaun UMNO Duit dimasukkan dalam envelop RM 20 ...
Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia

Uncover The Secrets Of Riversweeps The Online Casino That S Different

Meet Studio Your New Favorite Way To Develop Wordpress Locally

Vivo Malaysia Memperkenalkan Inisiatif Eksklusif Untuk Pengguna Celcomdigi Di Malaysia

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Le Clos Villa By Banca Architectes In Mouans Sartoux France

What You Should Know About New Construction Plumbing

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Kesarjanaan Yang Biasa Biasa Sahaja

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim