Apakah Boleh Menggunakan Wig Bagaimana Cara Wudhu Dan Mandi Wajib Bagi Orang Yang Menggunakan Wig


Apakah Boleh Menggunakan Wig (Rambut Palsu)? Bagaimana Cara Wudhu dan Mandi Wajib Bagi Orang yang Menggunakan Wig? Pertanyaan:
Aku adalah seorang remaja wanita berumur 27 tahun. Aku tidak memiliki rambut kepala sama sekali karena suatu penyakit. Semoga Allah memberi kami dan kalian kesehatan. Karena hal ini aku merasa sangat berat ketika hendak keluar di hadapan orang-orang atau rekan kerjaku. Ini sangat mempengaruhi kejiwaanku. 
Aku ditawari pemasangan wig (rambut palsu) yang ditempel di kepala secara permanen dan bisa dilepas sebulan sekali. Bolehkan saya menggunakan wig jenis ini, termasuk ketika wudu dan salat? Karena menurutku, itu solusi tepat bagiku, karena pekerjaan dan hidupku menuntutku untuk selalu hadir di tengah manusia, sehingga aku selalu merasa sulit dan berat jika harus menyembunyikan aib ini. Beri fatwa untuk saya, mengingat ini adalah perkara penting, dan secara pribadi sangat bermasalah bagi saya.
Ringkasan Jawaban:
Sebagian ulama memberi keringanan menggunakan wig bagi yang tidak memiliki rambut sama sekali. Jika Anda menggunakan wig karena alasan tersebut, maka Anda wajib mengusapnya ketika wudu, karena mengusap di sini sifatnya ringan. Dan Anda wajib melepas wig tersebut ketika mandi wajib, karena air harus membasahi keseluruhan kulit. Baca lebih detail pada jawaban terperinci.
Jawaban Rinci:
Hukum Menggunakan Wig Hukum asalnya adalah haram menggunakan wig, karena ada riwayat dari Bukhari (5477) dan Muslim (2127) dari Humaid bin Abdurrahman bin Auf bahwa dia mendengar Muawiyah bin Abi Sufyan raḍiyallāhu ʿanhu di musim haji dia berkata di atas mimbar sambil memegang seikat rambut (sambungan rambut) yang didapat dari tangan pengawalnya:
 أَيْنَ عُلَمَاؤُكُمْ؟ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْ مِثْلِ هَذِهِ وَيَقُولُ إِنَّمَا هَلَكَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ حِينَ اتَّخَذَ هَذِهِ نِسَاؤُهُمْ
“Dimanakah ulama kalian!? Aku pernah mendengar Rasulullah sallallāhu ‘alaihi wa sallam melarang seperti ini, beliau bersabda: ‘Bani Israil binasa ketika wanita-wanita mereka memakai seperti ini.’”
Dan banyak ulama menganggap penggunaan wig, termasuk menyambung rambut, dan orang yang menyambung rambut, dan yang meminta disambung rambutnya, dilaknat oleh Allah, sebagaimana dalam riwayat Bukhari (5937) dan Muslim (2122) dari Ibnu Umar raḍiyallāhu ʿanhumā bahwa Rasulullah sallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَعَنَ اللَّهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ
“Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang meminta disambung rambutnya dan melaknat orang yang membuat tato dan yang minta ditato.” (Muttafaqun ʿalaihi)
Lihat Fatawa al-Lajnah ad-Daimah (5/191)
Namun sebagian mereka memberi keringanan dalam menggunakan wig bagi yang tidak memiliki rambut secara total.
Syeikh Ibnu Utsaimin raẖimahullahu taʿalā pernah ditanya tentang wanita yang mengonsumsi obat yang berakibat rontoknya sebagian besar rambutnya namun enggan menggunakan wig karena menganggap bahwa penggunaannya haram. Beliau menjawab, “Penggunaan wig dalam kondisi yang diceritakan ini, di mana rambutnya rontok dan tidak mungkin tumbuh lagi, tidaklah mengapa. Kami katakan bahwa penggunaan wig dalam kondisi seperti ini tidak mengapa, karena tujuan sebenarnya bukan untuk menambah kecantikan tapi menghilangkan aib. Hal ini tidak masuk dalam masalah menyambung rambut yang pelakunya dilaknat oleh Nabi sallallāhu ‘alaihi wa sallam. Beliau melaknat al-Wāṣilah dan al-Mustauṣilah. Al-Wāṣilah adalah orang yang menyambung rambutnya dengan sesuatu. 
Namun wanita penanya ini sebenarnya tidak seperti al-Wāṣilah karena tidak bertujuan untuk mempercantik diri atau menambah rambut yang telah Allah Tabāraka wa Ta’āla ciptakan untuknya, dan hanya untuk menghilang aib diri yang menimpanya. Ini tidak mengapa, karena untuk menghilang aib diri, bukan mempercantik diri, sedangkan dua hal ini berbeda.” Selesai kutipan dari situs beliau.
Beliau raẖimahullahu taʿalā berkata, “Jika ada yang bertanya, ‘Apa pendapat Anda tentang wanita yang botak yang tidak ada sedikit pun rambut di kepalanya, bolehkah menggunakan wig untuk menutup aibnya dan bukan untuk kecantikan atau memanjangkan rambut?'”
Jawabannya, Allāhua’lam: Boleh. Namun, ada kisah seorang wanita dan putrinya yang terkena campak sehingga rusak rambutnya, kemudian bertanya kepada Nabi sallallāhu ‘alaihi wa sallam untuk menyambung rambutnya dan beliau melarangnya.
Jawaban atas hadis ini, yang nampak bahwa rambutnya tidak hilang secara keseluruhan karena dia meminta disambung. Minta disambung menunjukkan bahwa akar rambutnya masih ada. Jika akar rambutnya masih ada artinya tujuannya adalah untuk memperbagus dan memperindahnya. Adapun jika tidak ada akar rambutnya, ini aib. Jadi, yang saya maksud botak adalah wanita yang kepalanya tidak ada rambutnya sama sekali, seperti pipinya. Ini ada, jangan sangka ini hanya pengandaian, ini nyata dan ada kejadiannya. Sehingga yang nampak bagiku bahwa seperti ini tidaklah mengapa karena perbedaan maksud dalam menyambung rambut yang terlarang dan terlaknat dengan menyambung rambut yang ini. Selesai kutipan dari Šarhu Ṣahīh al-Buẖāri (7 599,600)
Hukum Cangkok Rambut bagi yang Rontok Rambutnya Dibolehkan bagi orang yang mengalami kerontokan rambut untuk berobat, walaupun dengan cara cangkok rambut, dan ini bukan termasuk mengubah ciptaan Allah, namun mengobati penyakit yang Allah ciptakan.
Akademi Fikih Islam mengeluarkan sebuah resolusi tentang operasi plastik estetik dalam Muktamar Islamnya, dalam daurah yang ke 18 di Malaysia, dari 24-29 Jumadil Akhirah 1428 H atau 9-14 Juli 2007 M. Dalam penjelasan jenis operasi yang dibolehkan adalah: memperbaiki aib yang terjadi karena bekas luka bakar, kecelakan, penyakit dan lain sebagainya, seperti transplantasi dan penambalan kulit, rekonstruksi bentuk payudara setelah operasi pengangkatan baik keseluruhan atau sebagian, jika ukurannya baik besar atau kecil berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya, dan transplantasi rambut ketika rontok terutama untuk wanita. Selesai kutipan.
Bagaimana Cara Berwudu dan Mandi bagi yang Menggunakan Wig? Ketika seorang wanita menggunakan wig, Anda harus mengusapnya ketika wudu, karena mengusap di sini sifatnya ringan, dan Nabi sallallāhu ‘alaihi wa sallam pernah mengikat rambutnya ketika haji dan mengusapnya dengan menaruh semacam gel agar rambutnya saling rapat sehingga tidak kemasukan debu.
Namun wig wajib dilepas ketika mandi wajib, karena air harus menyentuh seluruh kulit.
Lihat jawaban tambahan pada jawaban soal nomor 141074
Tidak boleh menampakkan rambut palsu (wig) Anda di hadapan lelaki, karena termasuk perhiasan yang harus ditutupi, dan bisa menimbulkan fitnah. Kami berdoa kepada Allah untuk kesehatan dan kesembuhan Anda.
Allāhua’lam.
Sumber: 
ما حكم الوضوء والغسل مع لبس الباروكة الثابتة؟
https://islamqa.info/ar/downloads/answers/360625
PDF sumber artikel
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android. Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI: BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://konsultasisyariah.com/38689-apakah-boleh-menggunakan-wig-rambut-palsu-bagaimana-cara-wudhu-dan-mandi-wajib-bagi-orang-yang-menggunakan-wig.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
7 Cara Untuk Jadikan Diri Anda Kelihatan Boleh Dipercayai Penting Diketahui Oleh Jurujual

7 Cara Untuk Jadikan Diri Anda Kelihatan Boleh Dipercayai Penting Diketahui Oleh Jurujual

papar berkaitan - pada 1/7/2022 - jumlah : 320 hits
Dalam kajian berkenaan persepsi keboleh percayaan orang terhadap seseorang data menunjukkan ada orang yang memang dilahirkan punya kelebihan tersebut Contohnya orang yang mulutnya berbentuk U naik ke atas sikit dan bukannya berbentuk masam ...
Cara Nak Make Up Simple Tapi Cantik Dengan Slae Cosmetics Kosmetik Mesra Wuduk Serta Tahan Lama

Cara Nak Make Up Simple Tapi Cantik Dengan Slae Cosmetics Kosmetik Mesra Wuduk Serta Tahan Lama

papar berkaitan - pada 30/6/2022 - jumlah : 186 hits
Assalamualaikum Cantik nie subjektif sangat Ada yang tak pakai make up pun dah cantik dan kalau nak cantik lagi calit calit lipstick sikit bagi naik seri muka pun dah okay Macam Fiza sendiri lebih senang mengenakan make up yang simple Meman...
Cara Daftar Akaun Gsc Cinema Melalui Aplikasi Beli Tiket Wayang Gsc Secara Online

Cara Daftar Akaun Gsc Cinema Melalui Aplikasi Beli Tiket Wayang Gsc Secara Online

papar berkaitan - pada 30/6/2022 - jumlah : 277 hits
Melalui aplikasi Golden Screen Cinemas ia memudahkan anda untuk membuat pembelian tiket wayang di GSC secara online tanpa perlu ke kaunter mereka Ia dapat menjimatkan masa dan tenaga anda disamping dapat melihat senarai movie yang bakal dit...
Puasa Sunat Arafah Niat Tata Cara Waktu Keutamaan Kelebihan

Puasa Sunat Arafah Niat Tata Cara Waktu Keutamaan Kelebihan

papar berkaitan - pada 30/6/2022 - jumlah : 313 hits
TARIKH HARI ARAFAH 2022 KELEBIHAN NIAT PUASA SUNATEsok kita akan sampai ke bulan Zulhijjah iaitu bulan terakhir dalam kalendar Islam Terdapat beberapa amalan yang sunnah dapat kita lakukan di dalam bulan Zulhijjah yang istimewa ini Istimewa...
Cara Kira Loan Kereta Dengan Betul

Cara Kira Loan Kereta Dengan Betul

papar berkaitan - pada 30/6/2022 - jumlah : 326 hits
AssalamualaikumBismillahSejak berkahwin nie antara benda baru yang aku belajar dalam rumahtangga ialah pasal kereta Suami minat sangat dengan kereta Jadi banyak sangat term atau istilah pasal kereta yang aku baru dengar Aku kalau bab kereta...
Baby Sudah Ada Banyak Gigi Susu Buat Cara Ini Elak Gigi Cepat Reput

Baby Sudah Ada Banyak Gigi Susu Buat Cara Ini Elak Gigi Cepat Reput

papar berkaitan - pada 30/6/2022 - jumlah : 106 hits
Sebagai ibu bapa kita pasti rasa gembira apabila anak tumbuh gigi Terserlah kecomelan mereka apabila senyuman dibarisi gigi gigi kecil itu Walau bagaimanapun ibu bapa kini telah mempunyai 1 lagi tanggungjawab tambahan Inilah masanya untuk a...
Buat Kerabu Kerang Cara Orang Thailand Pedas Masam Memang Sedap

Buat Kerabu Kerang Cara Orang Thailand Pedas Masam Memang Sedap

papar berkaitan - pada 1/7/2022 - jumlah : 169 hits
Sedapnya Kerang ni Cukup rasa pedas masam masin dan manisnya Ditambah dengan ramuan bahan bahan segar menjadikan hidangan ini enak sekali Jika anda gemarkan kerabu kena cuba resipi Kerabu Kerang perkongsian saudari Fia Sofia Merecik rasa di...
Cara Claim Perkeso Jika Mc Atau Cuti Sakit

Cara Claim Perkeso Jika Mc Atau Cuti Sakit

papar berkaitan - pada 1/7/2022 - jumlah : 214 hits
Cara Claim Duit Bantuan Perkeso untuk sesiapa yang dapat MC atau Cuti Sakit Tahukah anda pencarum PERKESO yang layak boleh membuat tuntutan seperti berikut 80 peratus daripada gaji harian andaMaksimum boleh claim sehingga RM105 33 sehari Sy...
Cara Daftar Perniagaan Atas Talian Suruhanjaya Syarikat Malaysia

Cara Daftar Perniagaan Atas Talian Suruhanjaya Syarikat Malaysia

papar berkaitan - pada 2/7/2022 - jumlah : 261 hits
Pentingnya usahawan mendaftar entiti perniagaan mereka supaya ia lebih diyakini serta dapat memenuhi syarat dari segala aspek seperti pembiayaan Masih ada berfikiran berniaga sekadar suka suka tapi tahukah anda jika mempunyai entiti perniag...
Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Nak Rasa Cromboloni Sedap Boleh Ke Flour Crown Jitra

Nostalgia Bedak Sejuk

Adik Ipar Nak Tumpang Rumah Kemudian Datang Lagi Sorang Akhirnya Kami Laki Bini Dah Kurus Kering

Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Aku Ceraikan Isteri Ikut Kehendak Dia Sebab Dia Tak Pandai Buat Air Ikut Tekak Keturunan Kami

Kempen Pn Dijangka Menggila Selepas Usaha Serang Kerajaan Tak Berhasil

Stop The Drip Stay Warm A Guide To Oil Tank Replacement Services



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Unveiling The Efficiency Of Delta 8 Gummies An Extensive Guideline

Sayur Kucai Dan Taugeh Untuk Makan Tengah Hari

Adira Suhaimi Kasih Chord

Bila Duit Nak Masuk

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats