6 Tanda Seseorang Benar Benar Mencintai Nabi Muhammad



Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Anas disebutkan, ada tiga hal yang menjadikan seorang Muslim bisa menemukan manisnya iman. Salah satunya adalah mencintai Allah dan rasul-Nya lebih dari siapapun.
Tidak ada seorang Muslim pun yang tidak mencintai Nabi Muhammad saw. Ketika ditanya, pasti semua umat Islam di seluruh dunia mengaku mencintai Nabi Muhammad SAW.



Meski mereka hidup ratusan bahkan ribuan tahun setelahnya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah mereka betul-betul mencintai Nabi Muhammad saw? Atau hanya sekedarnya saja? Atau ikut-ikutan saja?
Merujuk buku Hadratussyekh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keumatan, dan Kebangsaan, ada enam tanda seseorang betul-betul telah mencintai Nabi Muhammad saw. menurut Hadratussyekh.
Pertama, mengamalkan sunnah Nabi Muhammad saw. Simpelnya, sunnah adalah apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad, baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi Muhammad.
Orang yang benar-benar mencintai Nabi Muhammad saw. adalah orang yang melakukan apa-apa yang diperintah nabi dan menjauhi apa-apa yang dilarangnya.



Orang-orang seperti inilah yang cintanya sampai ke dalam hati, bukan hanya di bibir saja.
Kedua, banyak mengingat Nabi Muhammad saw. Ada banyak cara untuk mengingat Nabi Muhammad saw. diantaranya: membaca shalawat (allahumma shalli ala Muhammad), berzanjian, marhabanan, mengkaji riwayatnya, dan lainnya.
Bukankah ada sebuah ungkapan bahwa barang siapa yang mencintai sesuatu, maka ia akan banyak menyebutnya (man ahabba syai’an fakatsuro dzikruhu).
Di samping itu, orang yang benar-benar mencintai Nabi Muhammad saw. juga akan selalu berdoa untuk dipertemukan dengannya setelah wafat nanti.
Ketiga, mencintai orang yang dicintai Nabi Muhammad saw. Mulai dari keluarga, sahabat –baik Muhajirin atau pun Anshar, dan umatnya.
Cinta dan kasih sayang Nabi Muhammad kepada mereka begitu besar, maka sudah sewajarnya orang yang benar-benar mencintai nabi adalah mereka yang mencintai siapa-siapa yang dicintai nabi.
Keempat, menjauhi dan meninggalkan apa-apa yang dilarang Allah seperti berzina, membunuh, menyakiti makhluk Allah, dan berbuat maksiat lainnya. Kelima, gemar membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an.
Al-Qur’an adalah pedoman utama umat Islam agar selamat dunia akhirat. Pun, Nabi Muhammad saw. menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber etika.
Keenam, mencintai sesama umat manusia, terutama umat Islam. Sesama umat manusia adalah saudara, maka sudah sepantasnya manusia satu dengan yang lainnya saling mengasihi dan mencintai, bukan saling membenci karena perbedaan-perbedaan yang ada.
Nabi Muhammad saw. mengekspresikan cinta dan sayangnya kepada sesama dengan mewujudkan kemaslahatan dan menghilangkan bahaya.
Itulah beberapa indikasi seseorang benar-benar mencintai Nabi Muhammad yang digariskan oleh Hadratussyekh Hasyim Asy’ari.
Jika ada seseorang yang mengaku cinta Nabi Muhammad, tapi tidak melaksanakan enam hal di atas maka cintanya perlu dipertanyakan.
Sumber: baldatuna.com



The post 6 Tanda Seseorang Benar-benar Mencintai Nabi Muhammad appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/03/10/6-tanda-seseorang-benar-benar-mencintai-nabi-muhammad/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Bagaimana Mencintai Nabi Muhammad S A W Jika Tidak Mengenalinya

Bagaimana Mencintai Nabi Muhammad S A W Jika Tidak Mengenalinya

papar berkaitan - pada 1/3/2020 - jumlah : 340 hits
Keturunan baginda yang mulia adalah daripada Nabi Ibrahim dari jalur anaknya Nabi Ismail A s Ketika telaga Zam Zam mengeluarkan airnya semasa Nabi Ismail dan ibunya ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di Mekah Kabilah Jurhum yang hidup secara be...
Corona Masuk Indonesia Amalkan Doa Dari Nabi Muhammad Ini

Corona Masuk Indonesia Amalkan Doa Dari Nabi Muhammad Ini

papar berkaitan - pada 3/3/2020 - jumlah : 254 hits
Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa virus Corona yang berasal dari Wuhan China telah masuk Indonesia dan sudah mulai banyak memakan korban Sebagai umat Islam selain berusaha menghindari dan mencega penularannya kita juga dianjurkan un...
Alwi Assegaf Keturunan Ke 40 Nabi Muhammad Saw Ini Faktanya

Alwi Assegaf Keturunan Ke 40 Nabi Muhammad Saw Ini Faktanya

papar berkaitan - pada 28/2/2020 - jumlah : 3409 hits
Siapa sangka bila artis Alwi Assegaf memiliki garis keturunan langsung dengan Nabi Muhammad SAW Ia merupakan keturunan yang ke 40
Foto Dokumentasi Nasa Ini Buktikan Mukjizat Nabi Muhammad

Foto Dokumentasi Nasa Ini Buktikan Mukjizat Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 11/3/2020 - jumlah : 292 hits
Syaikh Dr Muhammad Al Arifi mencantumkan foto dokumentasi NASA ini dalam buku Niyahatul Alam Foto ini merupakan salah satu bukti mukjizat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam Foto dokumentasi NASA yang memperlihatkan bekas terbelahnya ...
40 Amalan Nabi Muhammad S A W

40 Amalan Nabi Muhammad S A W

papar berkaitan - pada 12/3/2020 - jumlah : 462 hits
1 Jangan tidur antara Fajr dan Ishraq Asr dan Maghrib Maghrib dan Isha 2 Hindarkan duduk dengan orang yang bau badan Contoh 3 Jangan tidur dekat orang yang bicara buruk sebelum tidur 4 Jangan makan dan minum dengan tangan kiri 5 Jangan maka...
Ternyata Bepergian Pada Malam Hari Sunah Nabi Muhammad

Ternyata Bepergian Pada Malam Hari Sunah Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 16/3/2020 - jumlah : 218 hits
Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam merupakan nabi yang diutus oleh Allah Ta ala untuk menyempurnakan keimanan dan ketaatan seorang hamba Sifatnya yang jujur adil cerdas dan amanah adalah contoh dari sifat yang patut kita teladani Sa...
Tanda Seseorang Itu Mempunyai Saka

Tanda Seseorang Itu Mempunyai Saka

papar berkaitan - pada 12/3/2020 - jumlah : 311 hits
Tanda Seseorang Itu Mempunyai SakaTanda Seseorang Itu Mempunyai Saka Sila Ambil Tahu Saka adalah jin yang telah berada dalam tubuh manusia yang sudah sekian lama sehingga sebati dengan diri manusia tersebut Ianya berlaku samada seseorang it...
Anjuran Nabi Muhammad Agar Rajin Mencuci Tangan

Anjuran Nabi Muhammad Agar Rajin Mencuci Tangan

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 232 hits
Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Dr dr Agus Dwi Susanto SpP mengatakan mencuci tangan menjadi hal yang paling efektif untuk mencegah penularan virus korona COVID 19 Dari mencuci tangan ini tingkat efektivitasnya cukup tinggi bis...
Tanda Tanda Jelas Anda Perlu Moveon Dari Seseorang Itu

Tanda Tanda Jelas Anda Perlu Moveon Dari Seseorang Itu

papar berkaitan - pada 14/3/2020 - jumlah : 252 hits
Adakah anda masih berharap dan masih menunggu seseorang agar menerima cinta anda Kata orang ada jodoh tak ke mana Namun bagaimana pula jika perasaan dan perhubungan itu tidak ke mana mana Tanda Tanda Jelas Anda Perlu Moveon Dari Seseorang I...
Kkb Polls Go Out To Vote With Peace Of Mind As Safety Assured Says Selangor Police

Kanak Kanak Usia 3 Tahun Sudah Boleh Diajar Berdikari Tahu Urus Diri Sudah Cukup Baik

Pharmaniaga Komited Pulih Kewangan Keluar Status Pn17

Sejarah Hitam Bola Sepak Berulang

Hukuman Masyarakat Sangat Berat Jika Anda Punya Pendapat Berbeza Dari Mereka

Takut Ditangkap Khalwat Pecut Kereta Hingga Terbabas

Crisis Management 101

Are Malaysian Consumers Missing The Target In Anti Israel Boycotts Of Western Brands



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Zim Zim Ala Kazim

Dalia Farhana Curang Chord

Cara Hilangkan Migrain

Untonglah Menantu Zahid Hamidi Dilantik Pengerusi Jiankun

Mad Science A Harley Sportster Grand Prix Racer By A Nuclear Chemist

Sa Tak Pernah Buat Muka