6 Fakta Persiapan Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan Nomor 5 Tak Diduga


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa ibu kota Jakarta akan pindah ke Pulau Kalimantan. Hal tersebut pun akan disampaikan langsung kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam Nota Keuangan, 16 Agustus 2019.
“Iya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah,” katanya.
Okezone merangkum sejumlah fakta-fakta menarik soal pemindahan ibu kota yang sudah bisa dipastikan akan terjadi, Miggu (4/8/2019):
1. Kalimantan, Tapi di Mananya Masih Rahasia?
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengemukakan, bahwa pemindahan ibukota negara dari Jakarta akan diumumkan oleh Presiden.
Menurut Bambang, lokasi pemindahan ibukota ada di Pulau Kalimantan. Namun ia enggan menyebutkan nama provinsinya.
“Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti (menyusul),” ujar Bambang.
Sebagaimana diketahui, pada Mei lalu, Presiden Jokowi telah mengunjungi 2 (dua) tempat di Pulau Kalimantan yang dinilai berpotensi sebagai lokasi ibukota negara.
Kedua lokasi itu adalah Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaltim), dan Kabupaten Gunung Mas (Kalteng).
2. Sarana dan Prasarana Ibu Kota Baru Disiapkan
Bappenas memaparkan beberapa sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan di ibu kota baru Indonesia.
“Sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibu kota negara yakni sarana utilitas, gedung perkantoran, dan fasilitas publik,” menurut keterangan tertulis Bappenas.
Sarana utilitas yang dibutuhkan terdiri atas saluran multifungsi, sarana penerangan, air bersih dan minum, listrik , jalan dan sejumlah sarana utilitas lainnya.
Sedangkan untuk gedung perkantoran yang dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibu kota negara antara lain gedung-gedung untuk lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.
Selain itu fasilitas publik yang juga dibutuhkan terdiri dari rumah sakit, sarana dan prasarana olahraga serta kesenian, perpustakaan, transportasi urban, pasar, rumah susun sewa (rusunawa) dan berbagai fasilitas publik lainnya.
3. 1 Juta PNS Akan Berkantor di Ibu Kota Baru
Pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa akan segera direalisasikan. Sebanyak 1 juta Pegawai Negeri Sipil dari Pemerintah Pusat akan turut dipindah ke lokasi ibu kota baru nantinya.
“Ya sudah kita putuskan. Di kementerian, lembaga di pusat ini jumlah ASN pusat 1 juta orang. Sudah direncanakan kalau ibu kota pindah ASN pindah,” ujar Menpan-RB Syafruddin.
4. Belum Diputuskan Lokasinya, Harga Tanah Sudah Naik di Kalimantan
Harga tanah di lokasi bakal calon Ibu Kota Indonesia yang baru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mulai naik hingga empat kali lipat dari harga sebelumnya.
“Masyarakat sekarang banyak berbondong-bondong ada yang menjual tanahnya, karena harganya sedang naik empat kali lipat,” kata Binartha salah satu masyarakat saat ditemui di Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas.
Binartha menjelaskan, bahwa kenaikan harga tanah di dekat lokasi pemukiman terjadi karena masyarakat banyak yang termakan tingginya harga tanah setelah isu pemindahan ibu kota.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara di Gunung Mas, satu kavling tanah biasanya dipatok ukuran 20×30 meter, dengan harga Rp10 juta jika jauh dari pemukiman. Sedangkan harga tanah yang dekat dengan pemukiman, biasanya dihargai Rp25 juta.
Dengan munculnya informasi akan dijadikan ibu kota, tanah melonjak menjadi Rp40 juta per kavling dan Rp100 juta per kavling bila dekat dengan pemukiman atau naik empat kali lipat.
5. Septic Tank di Ibu Kota Baru
Bambang memberi contoh penerapan sumur bor dan septic tank yang umum diaplikasikan pada rumah-rumah di Jakarta. Dengan diaplikasikannya sistem tersebut di Jakarta, meski jauh dari ideal, namun hal itu kemudian menjadi praktik yang berlaku umum di Indonesia.
Permasalahan Jakarta sebagai ibu kota saat ini terkait juga dengan kota-kota pendukungnya yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk di ibu kota baru, Bambang mengatakan pihaknya akan menerapkan perencanaan wilayah berbasis metropolitan.
Dengan sistem tersebut, akan ada satu kota induk yang didukung oleh kota-kota di sekitarnya. Kota-kota di sekitarnya ini nanti ada yang bersifat mandiri, namun ada pula yang bersifat pendukung semata.
6. Ibu Kota Baru Bebas Banjir
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjamin bahwa ibu kota yang baru akan bebas dari banjir.
“Kita sudah siapkan master plan dan desain kota,” katanya.
Dia menjelaskan saat ini pemerintah terkait sedang melakukan peninjauan secara detail terkait persoalan banjir yang sering melanda ibu kota DKI agar tidak terjadi kembali di ibu kota baru.
“Drainase akan jadi perhatian utama agar ibu kota baru tak banjir,” katanya.
Menurutnya, sebenarnya penyebab banjir di Indonesia bukan hanya diakibatkan oleh iklim, melainkan juga dari sisi sistem perancangan dan pembangunan infrastrukturnya.
Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/6-fakta-persiapan-ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-nomor-5-tak-diduga/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Presiden Jokowi Pastikan Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan

Presiden Jokowi Pastikan Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan

papar berkaitan - pada 31/7/2019 - jumlah : 162 hits
Presiden Joko Widodo mengakui Ibu Kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Kalimantan Pengumuman resmi tentang rencana ibu kota pindah ini akan dia sampaikan pada Agustus mendatang Kajian pemindah...
Ibu Kota Pindah Kalimantan Wapres Ingatkan Soal Lahan Gambut Hingga Galian Tambang

Ibu Kota Pindah Kalimantan Wapres Ingatkan Soal Lahan Gambut Hingga Galian Tambang

papar berkaitan - pada 31/7/2019 - jumlah : 186 hits
Wapres JK mengingatkan beberapa hal Pertama soal potensi rawan kebakaran hutan Kedua di wilayah Kalimantan Timur banyak lubang bekas tambang Ini harus diperhatikan agar tidak ada masalah di masa depan
Bappenas Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan Agar Seimbang Seluruh Wilayah Indonesia

Bappenas Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan Agar Seimbang Seluruh Wilayah Indonesia

papar berkaitan - pada 30/7/2019 - jumlah : 136 hits
Rencananya Kementerian PPN Bappenas akan membentuk sebuah badan otorita yang bertugas untuk mempermudah manajemen aset dan pendanaan bagi proyek proyek KPBU utilitas
5 Fakta Kalimantan Jadi Ibu Kota Baru Pemindahan Pns Hingga Harga Tanah Naik

5 Fakta Kalimantan Jadi Ibu Kota Baru Pemindahan Pns Hingga Harga Tanah Naik

papar berkaitan - pada 31/7/2019 - jumlah : 266 hits
Pemerintah akhirnya menyetujui lokasi pemindahan ibu kota jatuh di Kalimantan Selain lahannya yang luas dan diyakini aman dari bencana Kalimantan dipilih karena lokasinya berada di tengah tengah Indonesia
Pemerintah Targetkan Pembangunan Ibu Kota Baru Di Kalimantan Dimulai 2021

Pemerintah Targetkan Pembangunan Ibu Kota Baru Di Kalimantan Dimulai 2021

papar berkaitan - pada 2/8/2019 - jumlah : 213 hits
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengungkapkan pusat pemerintahan di IKN baru akan dimulai dari lahan seluas 2 000 hektar Pembangunan tahap awalnya akan dimulai pada 2021 2024
Bos Bappenas Pemindahan Ibu Kota Ke Kalimantan Terapkan Konsep Forest City

Bos Bappenas Pemindahan Ibu Kota Ke Kalimantan Terapkan Konsep Forest City

papar berkaitan - pada 24/7/2019 - jumlah : 197 hits
Bambang beralasan bahwa dipilihnya konsep forest city itu untuk menjaga agar Ibu Kota baru nantinya bersifat ramah lingkungan dan kebetulan Pulau Kalimantan merupakan daerah yang dianggap sebagai hutan dunia
Dibangun Di Kalimantan Ibu Kota Negara Akan Menyatu Dengan Hutan

Dibangun Di Kalimantan Ibu Kota Negara Akan Menyatu Dengan Hutan

papar berkaitan - pada 8/8/2019 - jumlah : 151 hits
Ibu Kota Negara baru telah resmi ditetapkan berada di Pulau Kalimantan Meski Presiden Joko Widodo telah berjanji bakal mengumumkannya pada bulan ini namun lokasi pasti pusat pemerintahan baru itu masih menjadi rahasia
Anggota Dpr Sebut Pemindahan Ibu Kota Ke Kalimantan Membuat Posisi Sulteng Strategis

Anggota Dpr Sebut Pemindahan Ibu Kota Ke Kalimantan Membuat Posisi Sulteng Strategis

papar berkaitan - pada 4/8/2019 - jumlah : 190 hits
Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Ahmad Ali mengingatkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk mempersiapkan infrastruktur transportasi cepat dan alternatif serta kantong logistik seiring menguatnya wacana pemindahan ibu kota negara ke ...
Bertemu Anies Anggota Dpd Dki Terpilih Tak Setuju Rencana Pemindahan Ibu Kota

Bertemu Anies Anggota Dpd Dki Terpilih Tak Setuju Rencana Pemindahan Ibu Kota

papar berkaitan - pada 26/7/2019 - jumlah : 170 hits
Fahira mengatakan rencana pemindahan Ibu Kota itu membutuhkan dana yang cukup besar Padahal anggaran tersebut dapat dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat salah satunya yakni untuk sektor kesehatan
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Di Masjid Muhammadiyah Nurul Yakin Paus Quran Dan Sains By Dr Hm Raki

Asan Lembu The Movie

Hospital Kuala Pilah

Wan Ji Najib Dapat Layanan Sangat Istimewa Di Penjara

Potong Ikan Keluar Api

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Doa Doa Dalam Bulan Ramadan Yang Boleh Kita Amalkan

Mangkuk Correle 2024

Diy Toy For Toddler

Peristiwa Nuzul Al Quran Dan Bekalan Air

Swaylin Bechuanka Nuan Chord

Sanusi Henti Retorik Kxp Tumpu Projek Loji Rawatan Air