5 Tips Aman Berkendara Motor Saat Mudik Lebaran


Mungkin diantara ke-lima jenis kendaraan diatas, mudik lebaran menggunakan kendaraan bermotor lebih banyak jumlah persentasenya ketimbang yang lain. Memang jika diperhatikan, penggunaan kendaraan jenis roda dua ini lebih irit biaya dan tentu saja lebih lincah menembus jalur mudik yang umumnya padat ketika musim mudik tiba.
Meskipun begitu, mudik menggunakan kendaraan bermotor juga tentu saja memiliki resiko yang cukup besar karena biasanya jarak tempuh yang harus dilalui sangat jauh sehingga pengendaranya sangat rentan untuk mengalami keletihan di jalan. Belum lagi keterbatasan kendaraan roda dua akan kapasitas barang bawaan menjadikan hal ini harus menjadi pertimbangan tersendiri nantinya.
Tips Aman Berkendara Motor saat Mudik Nah, pada tulisan kali ini Blogger Borneo ingin berbagi informasi mengenai Tips Aman Berkendara ketika Mudik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan perjalanan mudik lebaran demi menjaga dan tentu saja meminimalisir segala resiko yang dapat terjadi di sepanjang perjalanan nanti.
Berikut penjelasannya:
1. Cek Fisik Kondisi Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cek fisik kondisi motor dan tentu saja kondisi diri kita sendiri. Pastikan semua kelengkapan motor sudah tersedia dan kondisi motor prima. Lakukan servis dan pastikan oli sudah diganti. Perlu diperhatikan kondisi rem dan ban, jika sudah aus lakukan penggantian. Sedangkan untuk pengendaranya sendiri, harus dapat dipastikan kondisi kesehatannya cukup fit dan prima.
2. Sesuaikan Kapasitas Bawaan Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kendaraan roda dua memiliki keterbatasan dari segi kapasitas bawaan. Jadi kita jangan membawa perbekalan yang berlebihan karena akan menyulitkan nantinya. Pastikan pergerakan stang motor masih cukup leluasa dan jarak pandang tidak tertutupi oleh bawaan yang bentuknya besar. Ingat, ini adalah perjalanan mudik lebaran bukan pindahan rumah.
3. Membawa Teman Perjalanan Usahakan membawa teman perjalanan agar nanti dapat secara bergantian mengendarai motornya ketika salah seorang diantaranya merasa letih. Lagipula suasana melakukan perjalanan jauh secara sendiri tentu saja akan berbeda dengan membawa teman perjalanan. Jika mengendarai motor sendiri hanya angin yang terdengar, maka dengan adanya teman kita bisa saling bercerita sehingga lama perjalanan biasanya jadi tidak terasa.
4. Beristirahat di Tempat Aman Jika memang sama-sama merasa letih di tengah perjalanan, singgahlah di tempat-tempat yang dianggap aman, seperti: Pos Polisi, Posko Layanan, Masjid, dan lain sebagainya. Jangan paksakan diri untuk melanjutkan perjalanan dengan alasan ingin cepat sampai ke kota tujuan. Ingat kata pepatah, biar cepat asal selamat.
5. Siap dengan Segala Kemungkinan Nah, tips terakhir adalah siap dengan segala kemungkinan. Dalam perjalanan mudik lebaran segala kemungkinan bisa saja terjadi, seperti: kondisi jalan yang rusak, macet karena jumlah pemudik banyak, motor rusak di jalan, ban bocor, kehabisan bensin, sakit, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, sejak awal semua sudah harus dipersiapkan demi menjaga terjadinya segala kemungkinan ini. Jangan lupa sedia jenis obat-obatan yang bisa dikonsumsi, ban motor jika memungkinkan gunakan yang tubeless, gunakan jaket dan helm standar, pilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan. Biasanya para pemudik memilih waktu malam karena dianggap tidak padat dan tidak panas.
Oke, demikian tulisan Blogger Borneo mengenai Tips Berkendara Aman Saat Mudik Lebaran. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat posifit bagi siapa saja yang membacanya. Dan sebagai kalimat penutuh, Blogger Borneo turut mengucapkan selamat mudik bagi yang melaksanakannya dan semoga selamat sampai tujuan. Amin… (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/tips-aman-berkendara-motor-saat-mudik/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Garuda Indonesia Belum Ada Lonjakan Pembelian Tiket Saat Mudik Lebaran 2019

Garuda Indonesia Belum Ada Lonjakan Pembelian Tiket Saat Mudik Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 22/5/2019 - jumlah : 85 hits
Garuda Indonesia berharap dengan adanya kebijakan baru yaitu penurunan Tarif Batas Atas kisaran 12 16 persen maka bisa menarik para pemudik untuk kembali menggunakan pesawat
Bph Migas Jamin Ketersediaan Gas Hingga Listrik Tetap Aman Saat Lebaran 2019

Bph Migas Jamin Ketersediaan Gas Hingga Listrik Tetap Aman Saat Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 15/5/2019 - jumlah : 85 hits
Anggota Komite BPH Migas Sumihar Panjaitan mengatakan seluruh sektor pada dasarnya siap untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga masyarakat Indonesia selama periode Idul Fitri Namun pos ini dibentuk untuk mengantisipasi kelangkaan atau ...
Kemenhub Putuskan Terapkan Sistem Satu Arah Di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2019

Kemenhub Putuskan Terapkan Sistem Satu Arah Di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 128 hits
Keputusan tersebut berdasarkan kesepakatan antara Kakorlantas Polri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Badan Pengatur Jalan Tol Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek dan Jasa Marga
5 Trik Mudik Lebaran Saat Tiket Pesawat Mahal Nggak Ketulungan Selalu Ada Cara Kok

5 Trik Mudik Lebaran Saat Tiket Pesawat Mahal Nggak Ketulungan Selalu Ada Cara Kok

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 115 hits
Tiket pesawat mahal emang ngeselin Tapi masih ada beberapa cara berhemat kok Selamat mudik kawan kawan
Pertamina Jamin Pasokan Bbm Tol Trans Jawa Aman Jelang Mudik Lebaran

Pertamina Jamin Pasokan Bbm Tol Trans Jawa Aman Jelang Mudik Lebaran

papar berkaitan - pada 11/5/2019 - jumlah : 100 hits
Menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019 PT Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak sepanjang jalur tol Trans Jawa dalam kondisi aman Hal ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan disela meninjau SPBU...
Bus Akan Disediakan Jalur Khusus Saat Mudik Lebaran

Bus Akan Disediakan Jalur Khusus Saat Mudik Lebaran

papar berkaitan - pada 28/5/2019 - jumlah : 75 hits
Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk Subakti Syukur menjelaskan jalur khusus untuk bus tersebut nantinya akan tersedia di Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70 yang merupakan pintu tol pengganti GT Cikarang Utama
Jelang Mudik Lebaran Jalur Pemudik Sepeda Motor Di Karawang Rusak Berlubang

Jelang Mudik Lebaran Jalur Pemudik Sepeda Motor Di Karawang Rusak Berlubang

papar berkaitan - pada 14/5/2019 - jumlah : 108 hits
Pantauan di lapangan lubang di aspal banyak ditemukan di sepanjang jalur Bahkan ada ruas jalan yang terlihat sudah tak beraspal
Truk Melintas Di Pelabuhan Ketapang Akan Dibatasi Cegah Penumpukan Saat Mudik Lebaran

Truk Melintas Di Pelabuhan Ketapang Akan Dibatasi Cegah Penumpukan Saat Mudik Lebaran

papar berkaitan - pada 19/5/2019 - jumlah : 57 hits
Kakorlantas Polri menilai akses jalan menuju Pelabuhan Ketapang Kabupaten Banyuwangi kini nyaman dilalui pengendara Menurut dia sarana dan prasarana seperti rambu lalu lintas penunjuk jalan dan penerangan jalan umum telah lengkap
Ada 50 Titik Kemacetan Di Jawa Barat Saat Mudik Lebaran 2019

Ada 50 Titik Kemacetan Di Jawa Barat Saat Mudik Lebaran 2019

papar berkaitan - pada 28/5/2019 - jumlah : 82 hits
Dinas Perhubungan Jawa Barat memetakan 50 titik kemacetan yang berpotensi terjadi saat mudik Lebaran 2019 Terbanyak berada di kawasan Pantura akibat adanya aktivitas warga setempat di sebanyak 21 pasar tumpah
Wanita Pelempar Al Qur An Minta Maaf Saya Tak Niat Hina Umat Islam

Keliru Melihat Semua Pelajar Sekolah Pakai Topeng Muka Datuk Ini Guna Sepanduk Untuk Mencari Cucunya Comel Betul

Kisah Wanita Sales Rokok Jadi Pengganti Istri Mandul

Hiburan Harga Barang Terlalu Murah Netizen Bimbang Ramai Ambil Kesempatan Terhadap Pasaraya Ebit Lew

Diy Pasu Bunga Dari Bekas Axion Bekas Yogurt

Bulan Digegarkan Oleh Letupan Meteor Terbesar

Kemalangan Di Lpt Kereta Langgar Pembahagi Jalan Dua Maut

Malaysia Cartoon And Comic House Brings Back Nostalgia Of Past Cartoons



Resepi Kek Keju Tom Jerry Tom Jerry Cheesecake Tular

Info Dan Sinopsis Drama Adam Chempaka Slot Dahlia

Sejarah Hagia Sophia di Turki Gereja Yang Kini Kembali Bergelar Masjid

5 Spesis Haiwan Yang Menggunakan Malaya Pada Namanya

Akhirnya Sharifah Shahirah Buka Mulut Isu Sharifah Sakinah Bercerai Dengan Suami


Diana Rafar Bakal Timang Anak Lagi

Kongsi Stail Rambut Baru Ayden Ramai Puji Comel Handsome Bella Astillah

Wanita Diberitahu Hidap Kans3r Tahap 4 Ketika Hamil 8 Bulan Nota Rayuan Kepada Doktor Und4ng H1ba

Epsa 2020 Daftar Login Senarai Kursus

Biar Rasa Hambar Untuk Kita Tapi Sedap Untuk Anak Ini 3 Sebab Kenapa Tak Boleh Tambah Garam Gula Dalam Makanan Bayi

Bersalin Ikut Pintu Atau Tingkap Tak Boleh Pilih Pilih Semuanya Takdir Allah Mana Mana Tetap Sakit