5 Ilmuan Muslim Penemu Alat Kecantikan Dan Kosmetik



Muslimah dan kecantikan, sepertinya dua sisi yang selalu beriringan. Tampil cantik dan menarik, adalah hasil akhir yang diinginkan dari penampilan kaum Hawaini. Untuk mendapatkan kecantikan tersebut, banyak cara dilakukan, baik secara tradisional maupun cara moderen.
Di era modern saat ini, tak dipungkiri kaum wanita yang melakukan perawatan kecantikandengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada seperti sulam alis, extension bulu mata, sedot lemak hingga operasi plastik.
Teknologi kecantikan ini sebenarnya memiliki biaya lebih besar ketimbang menggunakan cara alami. Tetapi karena hasilnya jauh lebih cepat dan praktis maka banyak perempuan yang merasa tidak keberatan dengan biaya yang akan dikeluarkan.
Oleh sebab itu teknologi kecantikan pada saat ini menjadi salah satu fenomena di era modern, terutama di kalangan wanita termasuk muslimah.



Pada dasarnya, Islam tidak melarang muslimah untuk mempercantik diri. Namun demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala melarang perbuatan yang berlebihan, terlebih sampai mencelakai diri sendiri.
Mempercantik diri boleh saja selama hal itu tidak ditujukan untuk dosa dan kemaksiatan serta tidak mendatangkan kemudharatan.
Bicara soal kesehatan kecantikan atau kosmetika kecantikan, ternyata banyak kontribusi ilmuwan Muslimdi sana. Parfum misalnya.
Parfum telah dikenal di Jazirah Arab sejak sebelum datangnya Islam, kemudian oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam disunnahkan dipakai oleh laki-laki setiap akan ke masjid, dan oleh wanita setiap akan bertemu suaminya.
Beberapa peletak ilmu dasar teknologi kecantikan:
Pertama, Parfum
Ahli kimia Jabir al-Hayan (lahir 722 M) dan Al-Kindi (lahir 801 M) mengembangkan banyak sekali teknik untuk membuat parfum dan kosmetik sebagaimana obat-obatan.
Mereka mengembangkan teknik destilasi, evaporasi dan filtrasi untuk mendapatkan koleksi bau harum berbagai jenis bunga, buah, kulit buah, kulit pohon, daun hingga akar dari ratusan jenis tumbuhan. Sebagian zat ini ada yang larut di air, ada pula yang di minyak.
Kedua, Sabun
Sebenarnya produk utama ilmu kimia adalah sabun. Sabun ini awalnya dibuat dari reaksi kimia yang melibatkan minyak sesam, potassium, alkali, kapur dan tanah lumpur. Namun sabun modern yang dibuat dari minyak nabati dan aromatik, resep awalnya juga ditemukan oleh ilmuwan Muslim.



Sabun ini berbeda dari sabun awal yang berubah menjadi deterjen. Al-Kindi menyediakan resep paling awal untuk memproduksi zat-zat ini dalam bukunya Kitab Kimiya’ al-‘Itr (Book of the Chemistry of Perfume). Pekerjaan al-Kindi ini dilanjutkan terus sampai ke masa Abu Ali ibn Sina di abad 11 M.
Ketiga, Lipstik
Pada 1000 M, Abu al-Qasim az-Zahrawi menemukan lipstik dalam bentuk yang bertahan hingga kini.
Keempat, Sekolah Kecantikan
Sekitar abad 8-9 M, seorang saintis dan musisi Andalusia Abu l-Hasan ‘Ali Ibn Nafi‘ – yang lebih dikenal dengan nama Ziryab, telah meletakkan dasar-dasar kosmetika dan estetika dengan membuka sekolah kecantikanpertama di Alcazar, Cordoba.
Di sana, Ziryab pertama-tama mengajari istrinya sendiri dan beberapa wanita – yang kemudian menjadi para asistennya untuk mengajari wanita-wanita lainnya – berbagai hal, dari mendesain mode pakaian hingga membentuk bulu mata dan bercelak.
Dia juga menemukan depilatori untuk menghilangkan bulu tubuh yang berlebihan, deodoran yang dioleskan di ketek dan menemukan pasta gigi, meskipun bahan-bahannya sekarang sudah tidak diketahui lagi.
Kala itu, Ziryab juga menyarankan untuk memakai jenis pakaian yang berbeda untuk pagi, siang dan malam hari, bahkan mode yang berbeda setiap pergantian musim.



Hal ini membuat seorang sejarawan Perancis Henri Terrace menyebut Ziryab “Bapak fashion”, yang mempengaruhi keseluruhan industri fashion hingga hari ini.
Sedangkan untuk memperkuat suasana indah, Ziryab juga memperkenalkan tata cara makan yang sekarang disebut sebagai table manner, di mana ada tiga tahap: soup, main course dan desert.
Dia juga memulai tradisi baru menggunakan tempat minum dari bahan gelas atau kristal, menggantikan cangkir logam, sehingga keindahan minuman dapat ditonjolkan untuk membangkitkan selera. Makanan yang halal dan baik adalah kunci kesehatan, dan kesehatan adalah kunci kecantikan.
Kelima, Kecantikan dan kesehatan gigi
Abulcasis menulis dalam kitab At-Tasyrif (sekitar tahun 1000 M) metode untuk menguatkan dan memutihkan gigi. Berbeda dengan bangsa Mesir atau Romawi kuno, pasta gigi ini dilaporkan memiliki baik fungsi maupun cita rasa.
Abulcasis merekomendasikan pasta gigi yang terbuat dari cinnamon, nutmeg, cardamom dan daun oriander. Selain itu Abulcasis juga menulis tentang isi dan manfaat hand-cream dan lotions dan teknik mewarnai rambut, seperti mengubahnya jadi pirang atau mengoreksi rambut rusak.
Itulah beberapailmuwan Muslim yang berperan besar dalam pengembangan teknologi kesehatan dan kecantikan modern saat ini.



Semua itu, menunjukkan bahwa kaum Muslim sebenarnya pernah memiliki peran besar dalam teknologi keindahan dan kecantikan. Hanya saja, peran itu terwujud ketika syariah Islam masih tegak di masyarakat, sehingga mengurus kecantikan tidak bercampur dengan melakukan maksiat.
Justru mengurus kecantikan dalam segala aspeknya bila dibingkai oleh kerangka kehidupan yang islami dapat menjadi sarana untuk lebih taat kepada Allah.
Sumber: sindonews.com
.
The post 5 Ilmuan Muslim Penemu Alat Kecantikan dan Kosmetik appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/07/05/5-ilmuan-muslim-penemu-alat-kecantikan-dan-kosmetik/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pemprov Jabar Pastikan Ketersediaan Alat Oksigen Masih Aman

Pemprov Jabar Pastikan Ketersediaan Alat Oksigen Masih Aman

papar berkaitan - pada 26/6/2020 - jumlah : 181 hits
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan kesediaan oksigen atau ventilator untuk alat bantu pernafasan bagi pasien Covid 19 maupun non Covid 19 masih aman Hal tersebut tidak terlepas dari tingkat keterisian rumah sakit khususnya yang menan...
Suka Sangat Bermekap Masa Mengandung Hati Hati Ada Kandungan Dalam Alat Solek Yang Bahaya

Suka Sangat Bermekap Masa Mengandung Hati Hati Ada Kandungan Dalam Alat Solek Yang Bahaya

papar berkaitan - pada 27/6/2020 - jumlah : 322 hits
Sesetengah wanita hamil akan menggunakan alat solek bagi menutupi wajah yang kusam Tapi bukan semua mekap sesuai digunakan ibu mengandung Penggunaan alat solek Sepanjang tempoh kehamilan pastinya anda akan cuba melakukan sebaik mungkin aspe...
Berapa Lama Agaknya Alat Solekan Kita Boleh Bertahan Ye

Berapa Lama Agaknya Alat Solekan Kita Boleh Bertahan Ye

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 335 hits
BERAPA LAMA AGAKNYA ALAT SOLEKAN KITA BOLEH BERTAHAN YE Memang tak dinafikan bukan semua alat solek tu ada tertulis bila tarikh luputnya kan Kadang kita main agak agak je kalau masih ok lagi takpelah Tapi kalau dah expired Tak memasal muka ...
Anak Selalu Conteng Dinding Ini Alat Magic Yang Perlu Ada Di Rumah Korang

Anak Selalu Conteng Dinding Ini Alat Magic Yang Perlu Ada Di Rumah Korang

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 323 hits
Tak dinafikan jika ada anak yang ramai dan usia yang sebaya rumah sukar untuk kelihatan cantik dan berkemas Pelbagai ragam yang ditunjuk mereka Tambah tambah lagi bila musim cuti sekolah ini anak anak berkumpul Jadi siap sedia saja lah deng...
Kpn Diharap Tidak Biarkan Polis Jadi Alat Kerajaan Ganggu Pemimpin Ph

Kpn Diharap Tidak Biarkan Polis Jadi Alat Kerajaan Ganggu Pemimpin Ph

papar berkaitan - pada 24/6/2020 - jumlah : 183 hits
Bekas Timbalan Menteri Pertahanan Senator Liew Chin Tong berharap dan percaya Ketua Polis Negara Tan Sri Hamid Bador tidak akan membenarkan pasukan polis dijadikan alat untuk menganggu pemimpin Pakatan Harapan setelah masuk lima bulan Perik...
Sakit Mata Tengok Dinding Sebab Anak Conteng Guna Alat Magic Ni Confirm Cantik Dinding Rumah

Sakit Mata Tengok Dinding Sebab Anak Conteng Guna Alat Magic Ni Confirm Cantik Dinding Rumah

papar berkaitan - pada 27/6/2020 - jumlah : 305 hits
Memang lumrah kanak kanak suka mencoteng suka berkarya Bagi mereka semua tempat adalah kawasan untuk mereka bermain Sedar sedar satu rumah dah berconteng dengan pelbagai jenis corak Nak sental guna air dan sabun memang susah nak hilang kesa...
Kejagung Periksa 2 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Pertanian Kementan

Kejagung Periksa 2 Saksi Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Alat Pertanian Kementan

papar berkaitan - pada 30/6/2020 - jumlah : 203 hits
Dua saksi tersebut adalah Manager PT Bina Pertiwi Bayu Kurniasyah dan Direktur Utama PT Tankarya Multi Sarana Palindungan Nasution
Samsung Kini Mempunyai Alat Pensteril Uv Dengan Pengecas Nirwayar Terbina

Samsung Kini Mempunyai Alat Pensteril Uv Dengan Pengecas Nirwayar Terbina

papar berkaitan - pada 3/7/2020 - jumlah : 188 hits
Covid 19 adalah virus merbahaya yang membunuh ramai orang Disebabkan virus ini perintah berkurung dilakukan pembatasan sosial banyak premis perniagaan tutup dan banyak perniagaan tergendala Kini di Malaysia kita berada di fasa PKPP iaitu pe...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Gsk Raya Open House Dan Minggu Imunisasi Sedunia

Malayia S Forex Trading Landscape Opportunities And Challenges

Tukar Kanta Mata Untuk Melihat Seni Politik Anwar

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

The Dab 1a A Limited Edition Electric Production Motorcycle From France



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Terkahwin Adik Beradik Sendiri Tanpa Sengaja Apa Status Anak Sumbang Mahram

6 Ciri Harimau Jadian

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Ukraine Approaching Total Collapse

Police Probe Chaos Incident Outside Mosque In Penang

Budaya Pot Luck Jimat Kos Makanan Lebih Banyak Pilihan