13 Obat Sakit Gigi Ampuh Atasi Gigi Berlubang Dengan Cepat


Obat sakit gigi bahan rumahan dan apotek. (Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik)
Jakarta - Setiap orang pasti pernah mengalami rasanya sakit gigi. Umumnya, kondisi ini memang sangat menyebalkan dan membuat kita sulit untuk mengonsumsi makanan.
Bahkan sakit gigi juga dapat menyebabkan sakit di bagian kepala, nyeri pada gusi, dan sakit di bagian pipi.
Baca juga: 13 Obat Sakit Gigi Untuk Mengatasi Gigi BerlubangJika sudah seperti ini, tentu obat sakit gigi menjadi salah satu upaya terbaik untuk mengurangi sakit dan meredakan nyeri yang dialami. Baik itu menggunakan obat gigi alami ataupun obat yang bisa dibeli di apotek.
Sakit gigi sendiri bisa terjadi akibat beberapa faktor, baik itu gigi berlubang, gigi yang sensitif, tumbuhnya gigi bungsu geraham, gigi retak, hingga masalah kesehatan gigi lainnya.
Namun tidak perlu khawatir, berikut beberapa obat alami dan medis yang telah detikcom rangkum untuk menghilangkan sakit gigi.
Obat Sakit Gigi Alami1. GaramGaram memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang mampu menjadikan obat gigi paling ampuh untuk menghilangkan sakit gigi dan merawat gigi berlubang. Bahkan, garam juga berguna untuk menghilangkan bakteri di mulut loh. Selain untuk orang dewasa, cara ini juga bisa digunakan oleh anak-anak yang sakit gigi.
Cara menggunakan garam sebagai obat gigiLarutkan satu sendok makan garam ke dalam 1 gelas airGunakanlah air tersebut untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang2. Bawang merahObat sakit gigi berikutnya adalah bawang merah. Kandungan antimikroba dan antiseptik yang terdapat dalam bawang merah mampu mengendalikan rasa nyeri di gusi atau gigi berlubang.
Cara menggunakan bawang merah sebagai obat gigiKunyah bawang merah di bagian gigi yang sakitAtau dapat menghaluskan bawang merah untuk ditempelkan ke bagian gigi yang sakit.3. Bawang putihSelain bawang merah, bawang putih dipercaya memiliki kandungan antiseptik yang ampuh mengobati sakit gigi.
Cara menggunakan bawang putih sebagai obat gigiKunyah bawang putih di bagian gigi yang sakitAtau menghaluskannya dan menempelkan di bagian gigi yang sakit.4. Es batuObat sakit gigi berikutnya adalah es batu. Suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyerinya.
Cara menggunakan es batu sebagai obat gigiKompres bagian gigi yang sakit menggunakan es batu selama 15 menit.5. Minyak cengkehMinyak cengkeh menjadi salah satu obat gigi tradisional yang digunakan sejak dulu. Minyak ini mengandung eugenol yang memiliki fungsi sebagai anestesi alami untuk menghilangkan rasa sakit gigi.
Penderita dapat menggunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh, lalu tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.
6. Cuka apelCuka apel dipercaya dengan khasiatnya yang ampuh menyembuhkan gigi. Kandungan antimikrobal dan antibakterinya, mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.
Cara menggunakan cuka apel sebagai obat gigiLarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas airGunakan dengan cara berkumur-kumurBisa gunakan kapas kecil yang kemudian ditempelkan kebagian gigi yang sakitDiamkan selama beberapa menit sampai rasa sakitnya berkurang7. Daun jambu bijiObat sakit gigi berikutnya adalah daun jambu biji. Sebagai informasi, daun jambu biji mengandung analgesik, anti radang, dan anti mikroba yang mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang.
Cara menggunakan daun jambu biji sebagai obat gigiTumbuk daun jambu biji secukupnyaTambahkan air dan rebus hingga mendidihDiamkan sampai dingin, lalu gunakan dengan cara berkumur-kumur.8. JaheJahe dikenal sebagai tanaman yang efektif menyembuhkan segala penyakit, terutama sakit gigi. Tumbuhan ini memiliki kandungan antibiotik yang mampu membunuh kuman di dalam mulut terutama pada gigi yang berlubang.
Cara menggunakan jahe sebagai obat gigiTumpuk 1 siung jahe sampai halusTempelkan pada bagian gigi yang sakitTunggu beberapa menit sampai sakitnya hilangObat Sakit Gigi di ApotekSelain menggunakan obat alami, berikut obat sakit gigi yang bisa ditemukan di apotek. Berikut daftarnya:
9. AcetaminophenObat sakit gigi acetaminophen dipercaya dapat meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang.
Dengan nama lain, obat ini adalah paracetamol yang memiliki kandungan untuk meredakan dan menghilangkan rasa nyeri saat sakit gigi.
10. IbuprofenIbuprofen bisa menjadi salah satu pilihan obat untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet dan sirup.
Meski layak digunakan, sebaiknya gunakan resep dokter untuk mengetahui takaran dosis yang tepat.
11. NaproxenObat sakit gigi berikutnya adalah naproxen. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet yang bisa dibeli di apotek terdekat.
Akan tetapi, selain dapat meredakan sakit gigi, obat ini memiliki efek samping, seperti perut kembung, penglihatan kabur, perut terasa mulas, diare, dan lain-lainnya.
Untuk itu, penggunaannya pun patut diwaspadai atau gunakan resep dari dokter.
12. DentasolDentasol adalah salah satu obat gigi berbentuk gel atau cairan yang ampuh menghilangkan sakit gigi.
Obat ini digunakan dengan cara mengoleskannya langsung ke bagian gigi yang sakit.
13. AsamefenamatAsemefenamat kerap kali digunakan sebagai andalan sakit gigi. Obat ini memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu menghentikan rasa nyeri dengan cepat, sehingga dapat menjadi pilihan bagi penderita yang kerap mengalami sakit gigi secara tiba-tiba.
Risiko Sakit Gigi Tidak DiobatiJika sakit gigi tidak diobati secara cepat, beberapa risiko ini mungkin akan dirasakan oleh penderita. Dikutip dari Healthline, berikut risikonya:
Sakit gigi berdenyutNyeri di tulang rahang, telinga, atau leherBengkakDemamBau mulutDehidrasiDiareMual dan muntahBaca juga: 5 Obat Sakit Gigi yang Ampuh Redakan Nyeri dalam Sehari

Simak Video "Demi Vaksinasi 100 Persen, Epidemiolog Minta Pemerintah Ubah Strategi"
[Gambas:Video 20detik]
obat sakit gigiobat sakit gigi apotiksakit gigi berlubang parahobat sakit gigi berlubang dan ngiluobat sakit gigi berlubang dan ngilu di apotik

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.casmair.com/2021/12/13-obat-sakit-gigi-ampuh-atasi-gigi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Khasiat Cengkih Untuk Masalah Bau Mulut Dan Sakit Gigi

Khasiat Cengkih Untuk Masalah Bau Mulut Dan Sakit Gigi

papar berkaitan - pada 20/12/2021 - jumlah : 259 hits
Cengkih atau nama saintifiknya Syzygium aromaticum merupakan sejenis tumbuhan yang bunganya digunakan sebagai rempah sejak zaman dahulu lagi Rempah cengkih merupakan kuntum bunga pokok cengkih yang dikeringkan Info menarik Bunga cengkih men...
Aturan Operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung Ditargetkan Rampung Awal 2022

Aturan Operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung Ditargetkan Rampung Awal 2022

papar berkaitan - pada 21/12/2021 - jumlah : 244 hits
Kementerian Perhubungan menargetkan aturan mengenai pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung dapat rampung pada awal 2022 mendatang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya telah mengerahkan sejumlah tenaga di lapangan unt...
Cepat La Tukar Pm Ni Teruk Sangat Dah Dia Ni

Cepat La Tukar Pm Ni Teruk Sangat Dah Dia Ni

papar berkaitan - pada 22/12/2021 - jumlah : 138 hits
HAMZAH RIE NAYang berkhidmat dengan cemerlang diletakkan ditempat yang tidak sepatutnya Menteri2 yang akal separuh tiang diketengahkan Tak tahulah apa nak jadi dgn kepimpinan ni Tolong buat PRU cepat2lah dan diharap rakyat cerdik dan tukar ...
Cepat Atau Lewat Bn Akan Hadapi Risiko Yang Sama Cuma Mood Rakyat Belum Sampai Ketika

Cepat Atau Lewat Bn Akan Hadapi Risiko Yang Sama Cuma Mood Rakyat Belum Sampai Ketika

papar berkaitan - pada 19/12/2021 - jumlah : 159 hits
BN berisiko kalah lagi jika PRU lewat diadakan kata Zahid December 18 2021 Mengulas peluang BN dan Umno pada PRU15 Ahmad Zahid Hamidi berpendapat mana mana kerajaan biasanya akan mengadakan PRU ketika rakyat berada dalam keadaan feel good f...
Bila Gajet Jadi Sahabat Anak Tu Puncanya Cepat Mengamuk Kalau Tak Dapat

Bila Gajet Jadi Sahabat Anak Tu Puncanya Cepat Mengamuk Kalau Tak Dapat

papar berkaitan - pada 25/12/2021 - jumlah : 141 hits
Kanak kanak yang addicted dengan gajet biasanya akan mengamuk kalau tak dapat Betul tak Melalui apa yang dikongsikan oleh Patalogis Pertuturan Bahasa Aishah Kassim ramai sudah sedia maklum yang pendedahan kepada gajet terlalu lama dan mula ...
Anak Lagi Cepat Tangkap Belajar Dengan Mak Ayah Ni Tip Jadi Learning Coach Di Rumah

Anak Lagi Cepat Tangkap Belajar Dengan Mak Ayah Ni Tip Jadi Learning Coach Di Rumah

papar berkaitan - pada 29/12/2021 - jumlah : 200 hits
Didikan awal sememangnya bermula dari rumah bukan di sekolah bersama guru guru Maka jadilah ibu ayah yang sentiasa mendidik malah sentiasa kreatif merangsang minda anak Pun begitu ada waktunya dek kerana hambatan tugas yang tak pernah habis...
6125 Kerajaan Perlu Atur Langkah Efektif Atasi Banjir Ppim Getaran 21 12 2021

6125 Kerajaan Perlu Atur Langkah Efektif Atasi Banjir Ppim Getaran 21 12 2021

papar berkaitan - pada 22/12/2021 - jumlah : 282 hits
KUALA LUMPUR Kerajaan harus mengatur langkah yang lebih efektif bagi menangani masalah banjir berbanding menumpukan kepada meningkatkan kesedaran mengenai kepentingan pengambilan dos penggalak Ketua Aktivis Persatuan Pengguna Islam Malaysia...
Abang Jo Atasi Rekod Adenan Satem

Abang Jo Atasi Rekod Adenan Satem

papar berkaitan - pada 22/12/2021 - jumlah : 161 hits
PILIHAN Raya Negeri Sarawak ke 12 yang dinanti nantikan menutup tirai dengan beberapa lembaran bersejarah Beberapa parti utama tidak bertanding di Sarawak Barisan Nasional yang bertapak di Bumi Kenyalang sejak pembentukan Malaysia juga tida...
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Diperlakukan Buruk Oleh Kerabat Tetap Balas Dengan Kebaikan

Meneladani 3 Nilai Semangat Ki Hajar Dewantara Sebagai Bapak Pendidikan Indonesia

Beyond The Buzz Exploring The Science Behind Mushroom Gummie

Senandung Buruh Kasar

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi

Pertahan Keharmonian Bagi Mengukuhkan Ekonomi Negara Mohamad Sabu