13 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Apa Saja Sih


Makanan yang megandung vitamin D. (Foto: iStock)
Jakarta - Vitamin D adalah salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk penyerapan kalsium, perkembangan tulang, untuk kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Kebutuhan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, sistem kekebalan yang melemah, peningkatan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk dan osteomalacia.
Selain itu, penelitian yang dilakukan di University of Chicago Medicine menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko COVID-19. Diketahui, kebutuhan vitamin D yang tercukupi dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan orang yang terjangkit virus Corona.
Lalu, apa saja makanan yang mengandung vitamin D? Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber.
Baca juga: Olahraga Saja Tak Cukup untuk Penuhi Vitamin D, Ini Saran Ahli1. Ikan salmonIkan salmon adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Dalam 100 gram ikan salmon, terkandung 526 IU vitamin D yang mana hampir memenuhi kebutuhan vitamin D harian orang dewasa yaitu 600 IU.
2. Ikan haring dan sardenMeskipun ikan haring dan sarden memiliki ukuran yang kecil, namun ikan jenis ini tergolong sebagai salah satu sumber vitamin D terbaik. Dalam satu porsi ikan haring Atlantik segar atau sekitar 3,5 ons (100 gram) terdapat 216 IU vitamin D. Sementara dalam satu kaleng ikan sarden atau sekitar 3,8 ons mengandung 177 IU vitamin D.
3. Tuna kalenganMenurut National Health Insurance (NHI), 3 ons tuna kalengan dalam air mengandung 154 IU vitamin D, yang artinya tuna kalengan sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Tuna kalengan juga merupakan sumber niasin dan vitamin K yang baik untuk tubuh.
4. Minyak ikanMinyak hati ikan kod termasuk makanan yang mengandung vitamin D. Mengonsumsi minyak ikan kod bisa menjadi pilihan agar tubuh mendapatkan nutrisi dari vitamin D, karena setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod mengandung 448 IU vitamin D.
Selain vitamin D, minyak ini juga menjadi sumber vitamin A dan asam lemak omega-3, seperti asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA).
5. Ikan rainbow troutIkan rainbow trout adalah jenis ikan trout dari spesies salmon yang berasal dari anak sungai air dingin di Samudra Pasifik di Asia dan Amerika Utara. Ikan ini juga menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin D tinggi.
Dalam 3 ons ikan rainbow trout yang dimasak, terdapat 645 IU vitamin D. Ikan rainbow trout juga merupakan sumber lemak omega-3 yang tinggi, dan mengandung berbagai vitamin, mineral, serta protein.
6. JamurJamur menjadi makanan yang mengandung vitamin D dan baik dikonsumsi demi menjaga kekebalan tubuh. Namun, jamur tidak secara alami memberikan jumlah vitamin D yang tinggi, beberapa diperlakukan dengan sinar UV agar memberikan dosis nutrisi yang lebih besar.
Menurut sebuah penelitian pertanian, jumlah vitamin D akan bervariasi tergantung pada jumlah sinar UV yang terpapar jamur. Satu porsi jamur sekitar 100 gram memiliki antara 124 hingga 1.022 IU vitamin D.
7. Kuning telurSalah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D paling mudah didapatkan adalah kuning telur. Jika putih telur merupakan sumber protein yang baik maka kuning telur merupakan sumber lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.
Bahkan dalam satu kuning telur bisa mengandung kurang lebih 37 IU vitamin D. Sumber makanan satu ini pun bisa menjadi bahan makanan yang dikombinasikan dengan makanan lain yang kaya akan nutrisi.
8. KejuMakanan lain yang menjadi sumber vitamin D adalah keju, namun hanya memberikan vitamin D dalam jumlah yang sangat kecil. Sebagian besar jenis keju mengandung 8-24 IU vitamin D per porsi 2 ons (50 gram). Kandungan vitamin D dalam keju sangat bervariasi, bergantung pada bagaimana cara keju diproduksi.
9. Sereal dan oatmealSereal maupun oatmeal instan ternyata bisa memberikan 40 IU vitamin D per porsi. Terlebih lagi jika mengonsumsi oatmeal tanpa pemanis dan menambahkan susu rendah lemak atau lemak yang diperkaya dengan tambahan 60 IU vitmin D per setengah cangkir. Meskipun sereal dan oatmeal hanya memberikan sedikit Vitamin D, namun asupan ini bisa menjadi cara yang baik untuk memenuhi nutrisi vitamin D.
10. Hati sapiDalam 3,5 ons hati sapi matang mengandung sekitar 50 IU vitamin D. Tak hanya itu, hati sapi juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, zat besi dan protein. Namun, untuk konsumsi perlu diperhatikan karena hati sapi juga kaya kolesterol jadi pastikan paham kondisi tubuh sebelum konsumsi ini.
11. Susu dan yoghurtDalam 8 ons susu mengandung sedikitnya 100 IU vitamin D dan 6 ons yogurt mengandung sebanyak 80 IU vitamin D. Tapi jumlah vitamin D-nya bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung berapa banyak jumlah vitamin D yang ditambahkan dalam susunya.
12. Jus jerukSumber vitamin D dari minuman dapat diperoleh dari jus jeruk. Dalam 8 ons jus jeruk yang diperkaya vitamin D biasanya sudah mengandung vitamin D sekitar 100 IU. Perlu dicatat bahwa tidak semua merk jus jeruk mengandung vitamin D jadi pastikan sebelum mengonsumsi periksa label kandungan nutrisi terlebih dahulu.
13. Tahu dan tempeMeskipun harganya murah dan mudah ditemukan, tahu dan tempe diketahui sebagai makanan yang mengandung vitamin D. Tahu dan tempe mengandung 26 persen vitamin untuk kebutuhan tubuh per 100gramnya.
Baca juga: 5 Makanan Kaya Vitamin D3, Pelengkap Berjemur Biar Tak Cuma Gosong Kepanasan

Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
vitamin dvitaminikanminyak ikantulang

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.casmair.com/2021/12/13-makanan-yang-mengandung-vitamin-d.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
6 Makanan Banyak Vitamin C Yang Boleh Menguatkan Daya Ketahanan Badan Jom Makan

6 Makanan Banyak Vitamin C Yang Boleh Menguatkan Daya Ketahanan Badan Jom Makan

papar berkaitan - pada 24/12/2021 - jumlah : 176 hits
Vitamin C memang diperlukan oleh tubuh tetapi pengambilannya perlu dititikberatkan Selain boleh didapati dari supplement vitamin C secara semulajadi turut ada pada beberapa makanan Kita memerlukan 200mg vitamin C pada setiap hari Adalah leb...
Nadma Mana Ada Nadma Tak Wujud Tentera Saja Ada Ambilalih

Nadma Mana Ada Nadma Tak Wujud Tentera Saja Ada Ambilalih

papar berkaitan - pada 22/12/2021 - jumlah : 166 hits
Geram NADMA lembab tentera turun sendiri bantu mangsa banjirDecember 21 2021 Ketika banjir besar melanda lima negeri pada hujung minggu lalu tentera bertindak pada Jumaat membantu memindahkan mangsa banjir tanpa menunggu arahan daripada Age...
Lirik Cukup Itu Saja Shaff Asran

Lirik Cukup Itu Saja Shaff Asran

papar berkaitan - pada 23/12/2021 - jumlah : 136 hits
berat bibir iniuntuk akumengungkapkan cintakaku tubuh iniuntuk akumulakan langkah kucinta dalam diamkekal jadi rahsiakurela cinta ini biarkan terpendamrela hati ini ku abaikanhanya dengan tahu dirimu bahagiacukup itu sajasanggup ku hanya me...
Menhub Imbau Masyarakat Tak Ke Luar Negeri Belanja Di Dalam Negeri Saja

Menhub Imbau Masyarakat Tak Ke Luar Negeri Belanja Di Dalam Negeri Saja

papar berkaitan - pada 21/12/2021 - jumlah : 119 hits
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk terus waspada akan hal itu Dia pun meminta masyarakat untuk tidak bepergian dan berbelanja ke luar negeri dulu untuk sementara waktu
Pak Long Depa Kata Jangan Dok Mai Melawat Saja

Pak Long Depa Kata Jangan Dok Mai Melawat Saja

papar berkaitan - pada 20/12/2021 - jumlah : 297 hits
December 19 2021 Perdana Menteri meninjau situasi banjir di pusat pemindahan sementara di SK Johan Setia SK Telok Gong dan Masjid Al Islah Kampung Nelayan Telok Gong Klang pagi tadi PETALING JAYA Seorang pemimpin pembangkang menuduh Perdana...
Menu Mudah Garlic Butter Cheese Prawn Guna Air Fryer Saja

Menu Mudah Garlic Butter Cheese Prawn Guna Air Fryer Saja

papar berkaitan - pada 25/12/2021 - jumlah : 169 hits
Kalau tak tahu nak masak apa untuk makan malam bolehlah cuba resipi garlic butter cheese prawn ini Sedap mudah dan cepat untuk disediakan Resipi yang dikongsi Shai Anne Ahemed ini hanya menggunakan air fryer untuk memasaknya GARLIC BUTTER C...
Saja Menulis Untuk Kesedaran

Saja Menulis Untuk Kesedaran

papar berkaitan - pada 25/12/2021 - jumlah : 102 hits
WARTAWAN SEDIH DULU PUN PERNAH JADI LIDAH SYAITON MASA LANGKAH SERATON Isteri aku tengok video Katanya wartawan sebak buat liputan tentang banjir Maaflah Kalau dah nama wartawan ni aku jadi skeptikal Memang tak semua tapi berapa ramai warta...
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Lunch Di Kedai Makan Os Gerik Perak

Diperlakukan Buruk Oleh Kerabat Tetap Balas Dengan Kebaikan

Meneladani 3 Nilai Semangat Ki Hajar Dewantara Sebagai Bapak Pendidikan Indonesia

Beyond The Buzz Exploring The Science Behind Mushroom Gummie

Senandung Buruh Kasar

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi