12 Cara Jitu Perawatan Mobil Kesayangan Anda



Nggak cuma mobil bekas, mobil baru pun perlu perawatan rutin. Akan tetapi terkadang banyak orang yang merawatnya kurang benar tanpa melihat dengan detail tentang cara merawat mesin mobil dengan betul. Salah salah bakal mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil. Tentunya hal tersebut enggak ingin terjadi pada mobil kesayangan sobat bukan?  biar enggak terjadi kesalahan saat merawat mesin mobil sobat. simak berikut ini penjelasan mengenai perawatan mobil :


1. Selalu Rutin Mengecek Starter Mobil
Hidupkan mesin mobil sobat, apabila enggak bisa di starter maka ada kerusakan di mobil sobat . Hal tersebut bisa kemungkinan karena adanya kekurangan suply udara pada mesin sobat . Maka segera periksa saringan (filter) nya dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas meskipun sikat gigi. Akan tetapi bila hal tersebut sudah sobat lakukan tetapi mobil sobat belum hidup juga, segera bawa mobil sobat ke bengkel terdekat.

2. Usahakan Radiator Mobil Tidak Kehabisan Cairan

Radiator Mobil
Enggak dianjurkan mengisi air radiator menggunakan air mineral meskipun air kemasan. Bukan hanya manusia saja, mobil juga memiliki beberapa jenis cairan seperti power steering, rem, coolant yang berfungsi sebagai pelumas, hidrolis, dan pendingin suhu mesin.

Luangkanlah waktu sejenak untuk memeriksa cairan-cairan tersebut, terutama coolant yang cepat habis di dalam tangki radiator.Pastikan bahwa mobil kesayangan selalu menggunakan coolant yang direkomendasikan, karena cairan ini memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator tetap bersih dan awet.
3. Mengganti Oli Dengan Rutin
Oli merupakan salah satu komponen pendukung yang sangat penting bagi peforma mobil. Untuk melindungi keadaan mesin mobil biar selalu maksimal sobat harus rutin melakukan penggantian oli. Ketentuan penggantian oli biasanya memang berbeda-beda setiap jenis mobil. Namun pada biasanya pergantian oli mobil dilakukan ketika sudah menempuh jarak 3000 kilometer sampai 5000 kilometer.

Ganti Oli Mobil
Salah satu bagian paling penting yang dimiliki oleh kendaraan adalah oli meskipun pelumas. Bagian ini bekerja ekstra untuk mengurangi gesekan antarkomponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran hingga antikarat di dalam mesin. Oli yang bekerja terus-menerus bakal terekspos oleh udara dan panas sehingga memotong daya pakainya.

Pastikan waktu penggantian sesuai dengan buku panduan perawatan mobil yang dikeluarkan oleh dealer. Umumnya, penggantian pelumas tersebut dihitung 10.000 km sekali sebagai batas amannya.

4. Membersihkan Filter Karburasi
Apabila mesin mobil sobat susah dinyalakan, itu pertanda bahwa filter karburasi sobat dalam keadaan kotor. sobat dapat membersihkan saringan karburasi anda dengan mudah. sobat hanya perlu menggunakan sikat gigi untuk melepas kotoran dan kerak yang menempel pada filter karburasi. Jangan menggunakan hairdryer meskipun compressor pada saat membersihkan filter karburasi karena hal tersebut dapat menyebabkan resiko kerusakan pada filter karburasi mobil sobat .

5.  Mengecek Timing Belt
Timing belt merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung meskipun bising ketika mobil sobat dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt. Kerusakan timing belt yang terus dibiarkan akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil dapat rusak. Selain itu suplay listrik pada akumulator enggak bakal bekerja secara maksimal.

6. Mengecek Kondisi pada Knalpot
Knalpot (saluran pembuangan) merupakan komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan gas sisa sisa kendaraan. Cek rutin kondisi knalpot pada mobil sobat dan pastikan enggak terdapat hal yang menyumbat sehingga aliran pembuangan gas mobil sobat bakal lancar.

7. Mengganti Spare Part yang Original
Apabila ternyata terdapat kerusakan komponen dalam mesin mobil sobat . Pastikan untuk segera memperbaikinya di bengkel-bengkel resmi karena mobil sobat bakal diperbaiki oleh mekanik yang handal disana. Selain itu, jika memang mengharuskan untuk mengganti komponen-komponen dalam mobil sobat . Pastikan untuk membeli yang original dan berkualitas biar mencegah kerusakan komponen kembali. Jangan tergiur dengan barang yang dijual murah namun enggak dapat dibuktikan kualitasnya karena bisa saja produk dapat merusak mesin mobil sobat.

8. Lakukan Penarikan Gas dengan Kuat Sesekali
Sesekali pacu mobil sobat dengan kecepatan tinggi. Mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerak pada bagian mesinnya. sobat dapat menghilangkan kerak-kerak pada bagian mesin mobil ini dengan cara memacu kendaraan mobil sobat sehingga menyebabkan kerak dapat keluar melalui knalpot. Namun tentu  saja tetap pastikan kondisi sekitar tempat sobat berkendara aman dan enggak membahayakan keselamatan sobat dan orang lainnya yang berada di jalan.

9. Kunjungi Dealer Resmi untuk Tune Up secara Berkala
Mobil yang mulai lelah dengan rutinitas sehari-hari, membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara berkala sehingga tetap bugar.

Jadi, mobil kamu juga membutuhkan Tune Up yang berarti melakukan servis ringan pada kendaraan untuk menjaga stabilitas performa mobil selalu prima.Percayakan mobil kesayangan kepada dealer resmi untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang menjamin standar kualitas pelayanannya.Bisa juga berkonsultasi dengan teknisi ahli tentang berbagai masalah pada mobil hingga waktu saat melakukan penggantian spare part.
10. Ganti Spare Part yang Telah Lama Umurnya
Lama pemakaian spare part harus diperhatikan untuk menjaga kondisi mobil selalu dalam kondisi baik. Setiap spare part memiliki umur tertentu tergantung fungsinya dan harus diganti segera ketika masa pakainya telah habis. Maka, periksa kembali buku panduan perawatan mobil dan ketahui kapan mobil harus segera mendapatkan penggantian spare part tersebut.

Semakin lama umur kendaraan, maka secara otomatis spare part harus banyak diganti. Konsultasikan dengan mekanik untuk detil jadwal dan konten penggantian spare part.

11. Bersihkan Mobil untuk Menghindari Karat
Cuci Mobil Bagian Kolong
Biar tetap kinclong bagian kolong mobil selalu dibersihkan. (schumakindia)
Mobil yang selalu terlihat bersih dan cantik pasti menjadi dambaan setiap orang. Untuk itulah, bersihkan mobil secara rutin untuk mencegah kerusakan contohnya karat di beberapa part mobil.

Karat pada mobil kesayangan sebenarnya merupakan kejadian yang alami terutama di bagian bawah bodi seperti disc brake meskipun tabung silencer knalpot.Perlu diketahui bahwa komponen-komponen tersebut secara alami mengalami proses oksidasi meskipun dikarenakan oleh kotoran yang menempel terlalu lama, sehingga memunculkan bercak seperti karatan. Namun, karat tersebut enggak memengaruhi performa mobil dan enggak mengurangi masa pakainya.Cara mengurangi proses oksidasi tersebut dengan selalu membersihkan mobil setelah bepergian. Apalagi yang memiliki mobilitas tinggi dan harus melewati jalanan rawan banjir, mencuci hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil adalah sebuah keharusan biar mobil tetap awet
12. Penuhi Tangki Bensin Mobil
Mungkin hal ini terlihat sepele karena banyak orang yang ternyata enggak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang enggak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil sobat biar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://feedproxy.google.com/~r/adheaputra/~3/nOsSfTgj0w8/12-cara-jitu-perawatan-mobil-kesayangan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Jitu Menghilangkan Bekas Goresan Atau Baretan Di Mobil

Cara Jitu Menghilangkan Bekas Goresan Atau Baretan Di Mobil

papar berkaitan - pada 25/11/2018 - jumlah : 362 hits
Apakah Mobil sobat mengalami lecet bekas gesekan atau goresan ringan sehingga menimbulkan bekas yang cukup menggangu penampilan mobil sobat Mungkin sobat sibuk di sela kesibukan sobat masih belum ada waktu senggang untuk membawanya ke bengk...
Cara Melepaskan Stiker Pada Bodi Mobil Dan Menghilangkan Bekasnya

Cara Melepaskan Stiker Pada Bodi Mobil Dan Menghilangkan Bekasnya

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 254 hits
Pada postingan kali ini saya adhea akan membahas mengenai cara menghilangkan stiker dan bekas stiker pada Body mobil Stiker pada bodi mobil memang sulit untuk dilepaskan karena jika anda tidak mengetahui carananya maka salah salah akan meni...
Tips Dan Trik Perawatan Mobil Matic Supaya Tetap Awet

Tips Dan Trik Perawatan Mobil Matic Supaya Tetap Awet

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 260 hits
Pada halaman ini saya akan membahas mengenai cara terbaik merawat mobil transmisi Metik agar lebih awet Selain usia mobil yang lebih lama penggunaan mobil tetap dalam kondisi yang baik perawatan yang tepat membuat mobil metic menjadi lebih ...
Cara Cerdas Memilih Asuransi Mobil Yang Benar Sesuai Kebutuhan

Cara Cerdas Memilih Asuransi Mobil Yang Benar Sesuai Kebutuhan

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 246 hits
Asuransi Mobil merupakan hal yang penting untuk Sobat miliki karena akan berguna pada suatu saat nanti sehingga biaya perawatan Mobil masih bisa kita pangkas Pada saat ini masih saja ada pengemudi yang belum menggunakan asuransi mobil sebag...
Tips Cara Aman Membersihkan Jok Mobil

Tips Cara Aman Membersihkan Jok Mobil

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 280 hits
Sebaiknya sobat jangan anggap sepele apabila membersihkan jok mobil karena jika keliru sedikit dapat merusak kontur jok mobil sobat Jok mobil merupakan salah satu elemen yang wajib dijaga kebersihannya karena jok yang rapih dan bersih dapat...
Cara Jitu Cepat Kaya Untuk Para Milenial

Cara Jitu Cepat Kaya Untuk Para Milenial

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 222 hits
Dari ulasan beberapa media massa generasi milenial itu memiliki kecenderungan suka menghabiskan gaji hanya untuk gaya hidup dari pada ditabung
Cara Membuat Cendol Beras Kenyal Dan Cendol Jelly Praktis

Cara Membuat Cendol Beras Kenyal Dan Cendol Jelly Praktis

papar berkaitan - pada 14/11/2018 - jumlah : 343 hits
Cara membuat cendol beras dan cendol jelly praktis Berikut ini kami sajikan resep cendol dari bahan tepung beras dan cendol jelly Silakan pilih resep yang paling sesuai dengan waktu dan ketersediaan bahan di rumah
Cara Mudah Deteksi Kehamilan Tanpa Test Pack

Cara Mudah Deteksi Kehamilan Tanpa Test Pack

papar berkaitan - pada 14/11/2018 - jumlah : 316 hits
Kehamilan merupakan salah satu saat saat membahagiakan dan mendebarkan dalam hidup seseorang Menanti kelahiran bayi mungil yang akan melengkapi hari hari Anda tentu akan sangat berarti Meskipun mengetahui kehamilan bisa dilakukan dengan tes...
Cara Saya Buat Ikan Sardin Homemade Paling Senang Guna Multicooker Menjadi Ke

Cara Saya Buat Ikan Sardin Homemade Paling Senang Guna Multicooker Menjadi Ke

papar berkaitan - pada 14/11/2018 - jumlah : 706 hits
Cara saya buat ikan sardin homemade paling senang guna multicooker Menjadi ke Assalamualaikum wbt Ikan sardin memang menjadi kegemaran cikla sejak dulu lagi Cikla ingat lagi dulu masa sekolah sekolah dulu kalau dapat lauk sardin memang tak ...
Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Hospital Kuala Pilah

Saya Dan Rafizi Tiada Isu Peribadi Kata Puad

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Hallway Wall Art Mockup For A Sophisticated Look

Patut Tak Boleh Daftar

Doa Agar Amalan Diiterima Allah Sepanjang Bulan Ramadan

Attacks On Govt By Minority Groups Need To Be Curbed Zahid



5 Masalah Sosial Yang Akan Timbul Akibat Penggunaan Kereta Elektrik

Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru


Akhirnya Berjaya Cara Betulkan Kalendar Hijrah Ramadan Di Iphone Untuk Tahun 2024

Pengalaman Masuk Hospital Kpj

Data Analytics In Business Decisions

Lirik Lagu Berdamai Ghea Inderawani

Drama Sebiru Hujung Borneo

Iddah Bercerai Panduan Pengiraan Tempoh Iddah Untuk Wanita Bercerai