Tips Dan Trik Perawatan Mobil Matic Supaya Tetap Awet



Pada halaman ini saya akan membahas mengenai cara terbaik merawat mobil transmisi Metik agar lebih awet (tahan lama), Selain usia mobil yang lebih lama penggunaan mobil tetap dalam kondisi yang baik, perawatan yang tepat membuat mobil metic menjadi lebih terjamin dan performanya tetap prima saat mengemudinya di jalan.

Sebagian banyak pengguna mobil matik, beranggapan bahwa merawatnya jauh lebih rumit dan lebih teliti dibanding dengan mobil dengan transmisi manual.

Bukan maksud lain, transporter unggulan Sahabat Daihatsu seperti Terios, Xenia, Sirion dan lainnya, yang notabene bertransmisi otomatis sedikit khawatir akan hal itu. Padahal jika mengerti dan tepat perawatannya, umur pakai kendaraan bakal lebih lama ketimbang mobil manual sekalipun.

Secara keseluruhan, perawatan mobil jenis ini tidak begitu berbeda dengan transmisi manual. Hanya saja, ada beberapa fiture yang butuh perhatian ekstra seperti perseneling, girboks hingga oli khusus.

Selain usia penggunaan mobil yang lebih lama, perawatan yang tepat membuat mobil metic menjadi lebih terjamin dan performanya tetap prima saat beraksi di jalan.

Komponen matik yang krusial dan perlu perhatian khusus adalah girboks. Perangkat inilah yang menjadi prioritas dalam perawatan yang sesuai dengan prosedur, termasuk di dalamnya pelumas yang dibutuhkan, Automatic Transmission Fluid (ATF).

Baca Juga : Cara Melepaskan Stiker Mobil dan Menghilangkan Bekasnya Stiker pada bodi mobil memang sulit untuk dilepaskan karena jika sobat tidak mengetahui carananya maka salah salah akan meninggalkan bekas, bahkan cat mobil sobat bisa terkelupas. Bahan stiker biasanya menggunakan bahan vinyl atau plastik. 
Kegunaanya tidak hanya melumasi, tapi lebih dari itu. Prinsip kerja hidraulis dalam girboks matik butuh ATF untuk mengatur pindah gigi dan kerja pelat kopeling.

Umumnya, perawatan oli transmisi (ATF) rata-rata mencapai hingga 20 ribu kilometer. Malah, bila pemakaian mobil matik wajar dan benar, justru akan lebih tahan lama lagi, untuk beberapa kasus bisa mencapai hingga 40 ribu kilometer.

Sementara untuk jumlah (liter) tergantung dari masing-masing mobil bersangkutan. Jadi lakukan perawatan yang tepat dan ketahui karakteristik mobil matik sobat ya dan jangan lupa konsultasikan dengan teknisi langganan sobat.

Berikut Tips dan Trik Perawatan Mobil Matic Supaya Tetap Awet

1. Memanaskan Mesin Mobil Sebelum digunakan

Sebaiknya dalam perawatan mobil matic yang baru yang tidak boleh sobat lupakan adalah selalu memanaskan mobil sebelum akan dipergunakan. Hal ini pun juga berlaku pada mobil manual. Meskipun terdengar cukup sepele, namun bila sobat mengabaikan hal ini akan membuat mesin mobil matic menjadi sedikit terganggu. Sehingga penting untuk melakukan pemanasan setiap pagi hari sebelum akan digunakan. Saat memanaskan mobil, pastikan bila tuas transmisi pada mobil matic dalam posisi N.

Baca Juga : Penjualan Naik Drastis ~ Inilah Mobil Daihatsu Yang Laris Manis

2. Rutin Mengganti Oli Secara Teratur

Pastikan untuk melakukan penggantian oli secara teratur untuk mobil matic baru sobat. Oli memiliki fungsi yang cukup penting untuk membuat komponen-komponen di dalam mesin mobil tetap awet digunakan. Apalagi bila mobil matic tersebut sudah sering sobat gunakan ke luar kota, maka sudah seharusnya bila sobat selalu mengecek oli mobil.

Telat mengganti oli mobil dapat menyebabkan kerusakan pada bagian sistem transmisi mobil, sehingga jangan sampai sobat mengabaikan hal tersebut. Gunakan oli mobil terbaik yang khusus untuk mobil matic sobat . Biasanya oli yang khusus digunakan pada mobil matic dikenal dengan nama automatic transmission fluid. Untuk rekomendasi penggantiannya sendiri, lebih baik dilakukan penggantian oli ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 80.000-100.000 km. Sobat dapat mempelajari cara ganti oli mobil sendiri di rumah.

3. Mengecek Kondisi Valve dan Oli Transmisi

Mobil matic seringkali mengalami kebocoran dan kerusakan pada bagian gasket transmisi. Kendala mobil matic ini seringkali terjadi sehingga patut sobat waspadai sebagai pemilik mobil matic baru. Lakukan pengecekan secara rutin mulai dari saat ini. Bila sampai terjadi kerusakan pada bagian tersebut, maka akan menyebabkan sentakan gas serta kerasnya saat pemindahan tuas.

4. Teliti Menggunakan Persneling

Cara merawat mobil matic baru yang bisa sobat lakukan lainnya adalah dengan teliti ketika menggunakan persneling. Hindari untuk menggunakan persneling P ketika kondisi mobil matic belum berhenti.

Kebiasaan buruk ini akan menyebabkan terjadi kerusakan pada bagian persneling mobil. Selain itu hindari untuk memasukkan persneling D ketika sobat akan memarkirkan kendaraan, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada kopling mobil ketika dilakukan terus menerus. Pastikan bila posisi transmisi pada P ketika sobat memarkirkan kendaraan sobat .

5. Mengganti Oli Transmisi Setelah Berkendara Saat Banjir

Sebisa mungkin jangan mengendarai mobil matic sobat di kondisi jalanan yang sedang banjir ataupun diguyur hujan terlalu lama. Tetapi bila memang harus terpaksa berkendara di saat hujan, ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Mulai dari lakukan penggantian oli transmisi segera setelah sobat berkendara dalam kondisi banjir. Mengapa? hal ini karena kemungkinan besar air hujan tersebut dapat merembes di dalam gearbo yang mana dapat menyebabkan terjadi kemacetan pada transmisi mobil bila sobat mengabaikannya.

6. Melakukan Pengecekan Pada Sistem Transmisi

Pemilik mobil matic tentunya wajib untuk selalu mengecek kondisi sistem transmisi mobil. Tak perlu membawanya ke bengkel, sobat bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah dengan cara menempatkan posisi tuas transmisi pada posisi R maupun D. bila tidak terjadi masalah pada mobil sobat , maka mobil dapat langsung bergerak. Namun bila mobil sobat tidak bergerak, maka bisa jadi ada kerusakan pada sistem transmisi. Akan lebih baik bila sobat segera membawa mobil sobat ke bengkel.

Baca Juga : 12 Cara Jitu Perawatan Mobil Kesayangan Anda Enggak cuma mobil bekas, mobil baru pun perlu perawatan rutin. Akan tetapi terkadang banyak orang yang merawatnya kurang benar tanpa melihat dengan detail tentang cara merawat mesin mobil dengan betul.
7. Service Mobil Secara Rutin

Sama halnya dengan mobil transmisi manual, mobil matic juga membutuhkan service secara berkala sebagai salah satu cara merawat mobil matic baru yang wajib dilakukan. Sobat bisa mengikuti instruksi yang tertera pada buku manual. Selain itu, untuk terus memperbarui kondisi dari mobil matic yang sobat miliki jadi lakukan service rutin pada mesin mobil matic yang memang menjadi aturan dari garansi mesin yang mana diberikan produsen mobil.

8. Perawatan Mobil di Eksterior dan Interior

Karena mobil sobat masih baru, pastinya penting untuk terus menjaga penampilan mobil sobat . Untuk perawatan bodi mobil yang mudah sobat lakukan adalah dengan mencuci mobil sobat secara rutin, paling tidak seminggu sekali untuk perawatan. Hal tersebut sudah cukup untuk menjaga tampilan mobil agar tetap terjaga baru.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.a-dhea.com/2018/11/tips-dan-trik-perawatan-mobil-matic.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+adheaputra+(adheaputra)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tips Perawatan Dan Pemasteran Anakan Ciblek Agar Nantinya Lebih Ngebren

Tips Perawatan Dan Pemasteran Anakan Ciblek Agar Nantinya Lebih Ngebren

papar berkaitan - pada 29/11/2018 - jumlah : 291 hits
Perawatan dan pemasteran anakan Ciblek memang harus diperhatikan dengan benar Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan melatih performa burung Namun perawatan dan pasteran sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan Pasalnya hal ini akan...
7 Tips Dan Trik Bisnis Raup Untung Besar Saat Ikut Bazar

7 Tips Dan Trik Bisnis Raup Untung Besar Saat Ikut Bazar

papar berkaitan - pada 25/11/2018 - jumlah : 213 hits
Momen tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk mengeruk penghasilan tambahan Biasanya besarnya potensi untung berlipat tergantung dari besarnya event yang tengah berlangsung Daripada menganggur lumayan kan buat mengisi waktu luang sekaligus...
Tips Pengajuan Kredit Mobil Baru Agar Di Setujui Leasing

Tips Pengajuan Kredit Mobil Baru Agar Di Setujui Leasing

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 179 hits
Semua orang yang berniat mengajukan kredit mobil tentunya ingin pengajuannya kredit Mobil nya di setujui leasing agar waktu tidak terbuang sia sia sebelum pengajuan kredit mobil tentunya wajib dengan persiapan yang matang yaitu persiapan be...
6 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Yang Menguntungkan

6 Tips Memulai Usaha Rental Mobil Yang Menguntungkan

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 224 hits
Jika sobat mempunyai hobby traveling tidak ada salahnya mencoba usaha Rental Mobil usaha Rental Mobil di Bali merupakan salah satu usaha yang sangat menjamur dikarenakan selain profit yang didapatkan cukup besar siapapun bisa memulai usaha ...
Tips Dan Cara Mudah Supaya Sambal Tumis Lebih Sedap Dan Tahan Lama

Tips Dan Cara Mudah Supaya Sambal Tumis Lebih Sedap Dan Tahan Lama

papar berkaitan - pada 30/11/2018 - jumlah : 799 hits
As Salam Tips Dan Cara Mudah Supaya Sambal Tumis Lebih Sedap dan Tahan Lama Apa lagi yang mak mak akan buat time cuti sekolah ni kalau tak marathon kat dapur around the clock huhu Kadang tu siap sound kat anak anak mama dah masak sekali har...
Tips Perawatan Ciblek Yang Susah Ngalas Dan Ngeroll

Tips Perawatan Ciblek Yang Susah Ngalas Dan Ngeroll

papar berkaitan - pada 18/11/2018 - jumlah : 277 hits
Marawat Ciblek yang susah ngalas ngeroll terkadang jadi hal yang paling sulit dari semua perawatan yang ada Kendati banyak orang yang bilang kalau perawatan ini mudah Namun jika tidak tahu cara dan triknya orang tersebut juga akan kesulitan...
12 Cara Jitu Perawatan Mobil Kesayangan Anda

12 Cara Jitu Perawatan Mobil Kesayangan Anda

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 225 hits
Nggak cuma mobil bekas mobil baru pun perlu perawatan rutin Akan tetapi terkadang banyak orang yang merawatnya kurang benar tanpa melihat dengan detail tentang cara merawat mesin mobil dengan betul Salah salah bakal mengakibatkan kerusakan ...
Tips Supaya Gigi Anda Menjadi Putih Bersih

Tips Supaya Gigi Anda Menjadi Putih Bersih

papar berkaitan - pada 28/11/2018 - jumlah : 294 hits
Selain rambut gigi juga boleh diibaratkan sebagai mahkota kepada individu Gigi yang putih sihat sering menjadi impian semua orang kerana gigi yang sihat ini akan menambah seri wajah seseorang Namun begitu walaupun keinginan untuk bergigi pu...
Tips Cara Aman Membersihkan Jok Mobil

Tips Cara Aman Membersihkan Jok Mobil

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 283 hits
Sebaiknya sobat jangan anggap sepele apabila membersihkan jok mobil karena jika keliru sedikit dapat merusak kontur jok mobil sobat Jok mobil merupakan salah satu elemen yang wajib dijaga kebersihannya karena jok yang rapih dan bersih dapat...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Makanan Perlis Paling Popular

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Leha Leya Lawa Tonton

Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3


5 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Akuntansi Terbaru

Amang Seksual Inspektor Polis Ditahan Kerja

Lyodra Tak Selalu Memiliki Chord

No Campaign Elements In Kkb Hari Raya Open House Selangor Mb Tells Bersih

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Essential Guide To Safe Well Water Maintenance