Wabak Makin Menyebar Disebabkan Enggan Berdamai Dengan Takdir Allah 10076



Yang kelihatan orang langgar PKP arahan kerajaan - Bila diperhalusi kan semua tuu takdir Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā) Muhasabah diri kerana Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā)

Wabah Makin Menyebar Karena Salah Jalan dalam Beragama
By  Muhammad Abduh Tuasikal, MSc -  March 26, 2020 
Coba baca dulu kisah ini disebutkan kejadian nyata yang terjadi di masa Ibnu Hajar Al-Asqalani dan pada masa sebelum beliau, sama-sama dulu pernah terjadi wabah. Namun salah dalam penyikapan karena berbuat hal yang tidak diizinkan dalam agama. 

Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah menceritakan dalam Badzlu Al-Maa’uun fii Fadhli Ath-Thaa’uun (hlm. 329), “Aku coba ceritakan, telah terjadi di masa kami ketika terjadi wabah ath-tha’un di Kairo pada 27 Rabiul Akhir 833 Hijriyah. 

Awalnya baru jatuh korban meninggal di bawah empat puluh. Kemudian orang-orang pada keluar menuju tanah lapang pada 4 Jumadal Ula, setelah sebelumnya orang-orang diajak untuk berpuasa tiga hari sebagaimana dilakukan untuk shalat istisqa’ (shalat minta hujan). 

Mereka semua berkumpul, mereka berdoa, kemudian mereka berdiri, dalam durasi satu jam lalu mereka pulang. Setelah acara itu selesai, berubahlah korban yang meninggal dunia menjadi 1.000 orang di Kairo setiap hari. Kemudian jumlah yang jatuh korban pun terus bertambah.” 

Di halaman sebelumnya, Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullah mengatakan, “Adapun kumpul-kumpul (untuk mengatasi wabah) sebagaimana dilakukan, maka seperti itu termasuk bidah. 

Hal ini pernah terjadi saat wabah ath-tha’un yang begitu dahsyat pada tahun 749 Hijriyah di Damaskus. Aku membacanya dalam Juz Al-Munbijy setelah ia mengingkari pada orang yang mengumpulkan khalayak ramai di suatu tempat. 

Di situ mereka berdoa, mereka berteriak keras. Ini terjadi pada tahun 764 H, ketika itu juga tersebar wabah ath-tha’un di Damaskus. Ada yang menyebutkan bahwa hal itu terjadi pada tahun 749 H, di mana orang-orang keluar ke tanah lapang, masa jumlah banyak ketika itu keluar di negeri tersebut, lantas mereka beristighatsah (minta dihilangkan bala). 

Ternyata setelah itu wabah tadi makin menyebar dan makin jatuh banyak korban, padahal sebelumnya korban tidak begitu banyak.”

Pelajaran penting:
segala sesuatu berdasarkan ilmu, bukan berdasarkan semangat.kadang maslahat kemanusiaan lebih didahulukan dari maslahat keagamaan.harusnya yang ditimbang-timbang dalam ibadah adalah kaidah:دَرْأُ المَفَاسِدِ مُقَدَّمٌ عَلَى جَلْبِ المَصَالِحِ
“Menolak bahaya lebih didahulukan daripada meraih maslahat.”
Renungkanlah!
Maka silakan Anda timbang-timbang yang sama-sama terjadi di negeri lain bahkan di negeri kita sendiri ada yang karena kebodohan dan salah strategi. Ada juga amalan khurafat yang diamalkan masyarakat.Di Malaysia, jumlah korban terinfeksi corona bertambah drastis dalam sehari gegara ulah jamaah yang mengundang ribuan orang dari berbagai negara untuk berkumpul. Jamaah ini juga nyaris membuat hal yang sama dengan mengadakan ijtimak dunia di Gowa, Sulawesi Selatan.Di Iran, virus corona makin menyebar karena pengkultusan kaum syiah dengan mencium kuburan orang-orang saleh mereka.Di Korea Selatan, virus corona makin menyebar karena ada satu pasien positif corona yang tidak mengindahkan keadaannya lalu menyebarkan virus pada saat misa gereja.Ada lagi seorang tokoh panutan menyarankan makan bawang ditambah shalawat 1616 kali untuk mencegah wabah.Ada juga yang meyakini dengan memajang foto seorang tokoh, wabah akan sulit masuk dalam rumah.Ada lagi ritual tolak bala dengan mengumpulkan masa dalam jumlah besar di beberapa daerah di negeri kita.Maka cerdaslah dalam beragama dalam menyikapi wabah.
Lebih jelasnya tentang kisah pada masa Ibnu Hajar, silakan kaji lebih jauh dari buku:
20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda
Sumber:

Wabah Makin Menyebar Karena Salah Jalan dalam Beragama | Rumaysho.Com

Muhasabah diri kerana Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā),
Allah سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى‎‎ (Subḥānahu Wa Taʿālā) - Allah ﷻ dan Rasulullah ﷺ,

Khurafat Saat Wabah Corona: Buat Sayur Lodeh Tujuh Macam
By Muhammad Abduh Tuasikal, MSc - March 21, 2020 

Buat sayur lodeh tujuh macam dan siapkan batok kelapa bermata tiga untuk TOLAK BALA. Inilah khurafat masyarakat kita di negeri +62. 

Ayo pelajari dari kultwit berikut ini: 

1/12 Di saat musibah #viruscorona melanda karena kurangnya ilmu, warga awam melakukan segala cara. Yang penting selamat menurut mereka. Walau dapat berita yang gak jelas pun (HOAX), pokoknya dilakukan. Di antara mereka ada yang membuat SAYUR LODEH TUJUH MACAM untuk tolak bala.

2/12 Perlu dipahami bahwa kelakuan seperti ini untuk menolak bala sama dengan kelakuan orang musyrik di masa silam. Dulu ada yang pakai gelang untuk tolak bala agar tidak kena penyakit wahinah (penyakit pada lengan atas), nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suruh melepasnya.

3/12 Kenapa jimat gelang itu disuruh dilepas? Karena memang cuma buat tambah lemah, bukan tambah kuat, bukan jadi sehat. Jimat gelang itu jika masih dipakai, akan membuat kita lepas dari pertolongan Allah, bukan ditolong Allah. Karena Allah berlepas diri dari SYIRIK.

4/12 Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun ingatkan: “Barangsiapa yang menggantungkan (hati) pada tamimah (jimat), maka Allah tidak akan menyelesaikan urusannya.” Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

5/12 Ayolah berpikir logis. Mana “nyambungnya” antara gelang untuk mengatasi penyakitx padahal tidak ada pembuktian dari dalil, juga secara penelitian pun tidak ada. Itu kan hanya mitos dan khurafat saja.

6/12 Sama halnya dengan sayur lodeh tujuh macam, hingga cari batok kelapa yang bermata tiga, ini kan TIDAK LOGIS DAN TIDAK ILMIAH untuk menangkal #viruscorona. Apa ada saran dari pakar kesehatan seperti itu? Saran dari pakar kesehatan hanyalah “ayo hidup sehat”, dengan makanan apa pun.

7/12 Jika meyakini sayur lodeh tadi jadi penolak bala satu-satunya, bukan Allah yang menolak, ini SYIRIK AKBAR. Namun jika hanya meyakini sebab datangnya pertolongan Allah, ini syirik ashgor.

8/12 Intinya saat ini warga Indonesia, tak usahlah lakukan ritual aneh-aneh, atau sampai lakukan labuhan, sesajian, dan hal yang melanggar tuntunan Islam. Ayo tawakkal pada Allah saja bukan pada mitos-mitos dan berbagai khurafat di saat susah seperti ini.

9/12 Sekarang perbanyak doa. Banyak doa dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sudah diajarkan pada kita, di samping bacaan dzikir pagi petang. Jangan sampai sudah datang musibah, kita datangkan lagi musibah berikutnya yang renggut akidah kita yaitu dengan berbuat SYIRIK.

10/12 Yuk amalkan dan hafalkan doa dari Nabi ﷺ berikut agar terus sehat dan dihilangkan dari penyakit:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوالِ نِعْمَتِكَ، وتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وفُجَاءةِ نِقْمَتِكَ ، وَجَميْعِ سَخَطِكَ
ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN ZAWAALI NI’MATIK, WA TAHAWWULI ‘AAFIYATIK, WA FUJAA’ATI NIQMATIK, WA JAMII’I SAKHOTHIK.

11/12 Arti doa tadi: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu). (HR. Muslim, no. 2739)

12/12 Moga Allah segera angkat musibah corona dari negeri ini dengan kita mentauhidkan Allah terlebih dahulu dan jauhi kesyirikan. Jangan lupa dishare yah apalagi ke masyarakat awam yang masih mudah termakan khurafat dan syirik karena kurang ngaji. Moga mereka dapat hidayah.

Baca Juga:
Faedah Surat Yasin: Syirik itu Jalan KesesatanTsalatsatul Ushul: Allah Tidak Ridha pada SyirikDiselesaikan di Saptosari Gunungkidul, 26 Rajab 1441 H, 21 Maret 2020Muhammad Abduh TuasikalArtikel Rumaysho.Com
Sumber:

Khurafat Saat Wabah Corona: Buat Sayur Lodeh Tujuh Macam | Rumaysho.Com
https://bisaquran.com/?ref=om-desktop-v1
Lain-lain siaran 
Baiknya Kalau Mengantuk Berat, Tidak Shalat MalamMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 hour agoNabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sarankan sendiri kalau merasa kantuk berat, tidak shalat malam (shalat tahajud). Berikut dalilnya dalam bahasan Riyadhus Sholihin. Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Kitab Al-Fadhail 212. Bab Keutamaan Qiyamul Lail Hadits #1185 وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ […] Posting Baiknya Kalau Mengantuk Berat, Tidak Shalat Malam ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Manhajus Salikin: Sujud Sahwi Sebelum ataukah Sesudah Salam?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 13 hours agoMana yang dipilih, sujud sahwi sebelum ataukah sesudah salam? Posting Manhajus Salikin: Sujud Sahwi Sebelum ataukah Sesudah Salam? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tafsir Jalalain: Memahami Ar-Rahman dan Ar-RahiimMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 21 hours agoApa makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim. Kali ini, kita kaji lagi dari Tafsir Jalalain. Posting Tafsir Jalalain: Memahami Ar-Rahman dan Ar-Rahiim ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Keutamaan Sedekah Saat Wabah Corona MelandaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 days agoAyat berikut menunjukkan keutamaan bersedekah saat masa krisis, bencana, dan kebutuhan hidup melilit. Itulah yang dimaksud dengan memberi makan pada saat dzi mas-ghabah. Posting Keutamaan Sedekah Saat Wabah Corona Melanda ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Hukum Shalat Berjamaah dengan Jarak Antara Jamaah Satu MeterMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 days agoBagaimana hukum shalat berjamah dengan jarak antar jamaah satu meter seperti saat wabah virus covid-19 (virus corona) melanda negeri kita ini? Beberapa masjid masih menyelenggarakan shalat, baris shaf antar jamaah dibuat dengan selisih jarak satu meter. Posting Hukum Shalat Berjamaah dengan Jarak Antara Jamaah Satu Meter ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Sirah Nabi: Perjanjian dengan Orang YahudiMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 days agoSetelah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam membangun masjid, beliau mempersaudarakan Muhajirin dan Anshar, lalu mengadakan perjanjian dengan orang Yahudi. Posting Faedah Sirah Nabi: Perjanjian dengan Orang Yahudi ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.8 Amalan pada Hari Jumat Walau Shalat Jumat DitiadakanMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 days agoWalau shalat Jumat ditiadakan karena wabah corona (diganti shalat Zhuhur di rumah), tetap ada amalan-amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat. Di antaranya sebagai berikut disertai dalil. Pertama: Membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat Dalam hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu disebutkan, مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ […] Posting 8 Amalan pada Hari Jumat Walau Shalat Jumat Ditiadakan ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Wabah Makin Menyebar Karena Salah Jalan dalam BeragamaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 5 days agoCoba baca dulu kisah ini disebutkan kejadian nyata yang terjadi di masa Ibnu Hajar Al-Asqalani dan pada masa sebelum beliau, sama-sama dulu pernah terjadi wabah. Namun salah dalam penyikapan karena berbuat hal yang tidak diizinkan dalam agama. Posting Wabah Makin Menyebar Karena Salah Jalan dalam Beragama ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Apa yang Dilakukan di Bulan Syakban?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 5 days agoApa saja yang dilakukan di bulan Syakban? Apa saja amalannya? Posting Apa yang Dilakukan di Bulan Syakban? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tafsir Jalalain: Alhamdulillah dalam Surah Al-FatihahMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 6 days agoYuk pahami surah Al-Fatihah, saat ini tentang arti Alhamdulillah. Posting Tafsir Jalalain: Alhamdulillah dalam Surah Al-Fatihah ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Buku Gratis: 20 Doa dan Dzikir Saat Wabah MelandaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 6 days ago20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kepanikan dan ketakutan saat wabah corona melanda negeri kita. Yuk sebar bareng-bareng buku ini. Posting Buku Gratis: 20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Melanda ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Di Rumah Saja Saat Wabah Tetap Dapat Pahala SyahidMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 6 days agoDi rumah saja saat wabah itu pun sudah dapat pahala syahid. Tak percaya? Coba baca hadits berikut ini. Posting Di Rumah Saja Saat Wabah Tetap Dapat Pahala Syahid ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Cara Shalat bagi Tenaga Medis yang Menangani CoronaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoBagaimana cara shalat bagi tenaga medis yang menangani corona? Posting Cara Shalat bagi Tenaga Medis yang Menangani Corona ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Corona MelandaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoDoa dan dzikir saat wabah corona melanda, silakan diamalkan, disebarkan, jangan lupa dihafalkan. Posting 20 Doa dan Dzikir Saat Wabah Corona Melanda ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tiga Nasihat Nabi Agar Selamat (Manfaat Pula Menghadapi Wabah Corona)Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoIni wasiat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kalau diamalkan, kita akan selamat, dan manfaat sekali diamalkan di zaman virus melanda saat ini. Posting Tiga Nasihat Nabi Agar Selamat (Manfaat Pula Menghadapi Wabah Corona) ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Khurafat Saat Wabah Corona: Buat Sayur Lodeh Tujuh MacamMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoInilah salah satu khurafat saat virus corona ini semakin merebak. Mereka buat sayur lodeh tujuh macam untuk tolak bala. Posting Khurafat Saat Wabah Corona: Buat Sayur Lodeh Tujuh Macam ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Cara Shalat di Rumah Karena Wabah CoronaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoIni cara yang dijelaskan oleh ulama ketika wabah corona melanda seperti saat ini. Moga bermanfaat. Posting Cara Shalat di Rumah Karena Wabah Corona ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Bulughul Maram – Shalat: Tempat yang Dilarang Shalat, Hukum Shalat Menghadap KuburMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoMana sajakah tempat yang dilarang shalat dan bagaimana hukum shalat menghadap kubur, shalat di dalam toilet, shalat di tengah jalan, shalat di tempat pemandian, sampai shalat lebih tinggi dari Kabah. Yuk pelajari dari bahasan Bulughul Maram kali ini, moga temukan jawabannya. Posting Bulughul Maram – Shalat: Tempat yang Dilarang Shalat, Hukum Shalat Menghadap Kubur ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Bulughul Maram – Shalat: Shalat Sunnah di KendaraanMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoBolehkah shalat di kendaraan? Jawabannya boleh, namun anjurannya untuk shalat sunnah. Namun baiknya simak bahasan berikut ini. Posting Bulughul Maram – Shalat: Shalat Sunnah di Kendaraan ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Khutbah Jumat: Corona itu Ciptaan Allah, Tak Perlu Takut pada Corona?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoCorona itu ciptaan Allah, tak perlu takut pada corona, benarkah pernyataan ini? Coba renungkan Khutbah Jumat kali ini. Posting Khutbah Jumat: Corona itu Ciptaan Allah, Tak Perlu Takut pada Corona? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tsalatsatul Ushul: Ibadah dan Macamnya, Kapan Disebut SyirikMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoApa maksud ibadah, apa saja macamnya? Kapan disebut syirik? Posting Tsalatsatul Ushul: Ibadah dan Macamnya, Kapan Disebut Syirik ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Shalat Malam Bersama KeluargaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 week agoBagaimana hukum shalat malam bersama keluarga, bersama istri dan anak? Posting Shalat Malam Bersama Keluarga ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com .Hukum Shalat Jumat dan Shalat Berjamaah Saat Wabah Corona MelandaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 weeks agoBagaimana hukum meninggalkan shalat Jumat dan shalat berjamaah saat wabah Corona melanda? Berikut tinjauan hukumnya. Posting Hukum Shalat Jumat dan Shalat Berjamaah Saat Wabah Corona Melanda ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Mati Karena Virus Corona, Apakah Mati Syahid?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 weeks agoApakah mati karena virus corona tergolong mati syahid? Pertama kali akan dikaji lebih dahulu, apakah virus corona masuk kategori ath-tha’un (wabah yang mematikan) ataukah tidak? Baru nanti akan dibahas apakah dapat dikatakan mati syahid jika ada yang mati karena corona? Lalu syarat disebut syahid apakah sama dengan syahid di medan perang? Apakah virus corona […] Posting Mati Karena Virus Corona, Apakah Mati Syahid? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Sirah Nabi: Pelajaran dari Persaudaraan Muhajirin dan AnsharMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 weeks agoApa saja pelajaran yang bisa diambil dari persaudaraan antara Muhajirin dan Anshar? Posting Faedah Sirah Nabi: Pelajaran dari Persaudaraan Muhajirin dan Anshar ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tafsir Jalalain: Basmalah dalam Surah Al-FatihahMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 weeks agoSekarang kita pelajari dari Tafsir Jalalain mengenai ayat pertama dari surah Al-Fatihah yaitu Basmalah. Posting Tafsir Jalalain: Basmalah dalam Surah Al-Fatihah ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Syarhus Sunnah: Sikap pada Sahabat NabiMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 weeks agoBagaimana sikap seorang muslim pada sahabat nabi shallallahu 'alaihi wa sallam? Posting Syarhus Sunnah: Sikap pada Sahabat Nabi ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Yang Lebih Bahaya dari CoronaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 weeks agoApa sih yang lebih bahaya dari Corona? Posting Yang Lebih Bahaya dari Corona ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com .Harta Haram itu Sumbernya dari Zalim, Riba, dan GhararMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 weeks agoHarta haram itu bersumber dari zalim, riba, dan gharar. Tulisan ini akan menjelaskannya. Posting Harta Haram itu Sumbernya dari Zalim, Riba, dan Gharar ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tsalatsatul Ushul: Kenalilah Sang KhaliqMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 weeks agoAllah yang menciptakan kita, Dialah yang pantas disembah dan ditujukan setiap ibadah. Posting Tsalatsatul Ushul: Kenalilah Sang Khaliq ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Dua Buku Gratis: Ramadhan Bersama Nabi dan 24 Jam di Bulan RamadhanMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 weeks agoYuk download dua buku dan bisa dicetak dan silakan sebarkan! Posting Dua Buku Gratis: Ramadhan Bersama Nabi dan 24 Jam di Bulan Ramadhan ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Sirah Nabi: Bersaudaranya Muhajirin dan AnsharMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 weeks agoSekarang kita masuk cerita bersaudaranya kaum Muhajirin dan Anshar. Posting Faedah Sirah Nabi: Bersaudaranya Muhajirin dan Anshar ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Adab Ketika Bersin dan MenguapMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 weeks agoBagaimana adab ketika bersin? Bagus sekali jika kita mau pelajari dari Riyadhus Sholihin kali ini. Posting Adab Ketika Bersin dan Menguap ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Buku Gratis: Siap Naik PelaminanMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 weeks agoBuku ini berisi bahasan pertimbangan untuk menikah, dan kelanjutannya. Yuk segera download. Posting Buku Gratis: Siap Naik Pelaminan ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Kisah Maryam Hingga Nabi Isa LahirMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 weeks agoBagaimana kisah Maryam hingga Nabi Isa lahir? Sudah pernah baca apa belum. Postingan kali ini insya Allah akan membahas tuntas. Posting Kisah Maryam Hingga Nabi Isa Lahir ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Luput dari Shalat Malam, Apa yang Mesti Dilakukan?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 weeks agoJika ada yang luput dari shalat malam, apa yang mesti ia lakukan? Posting Luput dari Shalat Malam, Apa yang Mesti Dilakukan? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Mengenal Tafsir JalalainMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 4 weeks agoAnda barangkali sudah pernah dengar kitab tafsir Al-Jalalain. Kenapa disebut Jalalain? Apa keunggulan dan kelemahan kitab tafsir ini? Posting Mengenal Tafsir Jalalain ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tsalatsatul Ushul: Allah itu Robbul ‘AlaminMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 5 weeks agoAllah itu Robbul 'alamin, Rabb semesta alam. Ini yang seorang muslim mesti yakini terkait tentang Allah. Posting Tsalatsatul Ushul: Allah itu Robbul ‘Alamin ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tiga Cara Allah Kabulkan DoaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 5 weeks agoKadang kita berdoa lantas berputus asa dari doa kita. Ketahuilah, Allah itu amatlah baik. Doa yang kita panjatkan pasti diwujudkan namun dalam tiga hal. Posting Tiga Cara Allah Kabulkan Doa ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Shalat Malam Dibuka dengan Dua Rakaat RinganMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 5 weeks agoShalat malam itu dibuka dengan dua rakaat ringan, sebagian orang menyebut dengan shalat iftitah. Berikut disinggung oleh Imam Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus Sholihin. Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Kitab Al-Fadhail 212. Bab Keutamaan Qiyamul Lail Hadits #1179 وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – […] Posting Shalat Malam Dibuka dengan Dua Rakaat Ringan ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Waktu Berdoa yang Paling DidengarMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoKapan waktu berdoa yang paling didengar? Posting Waktu Berdoa yang Paling Didengar ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Doa Dikabulkan pada Malam HariMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoDoa dikabulkan pada malam hari, bahkan seluruh malamnya. Namun ada dari malam tersebut yang lebih dikabulkan doa. Posting Doa Dikabulkan pada Malam Hari ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Bagaimana Shalat Malamnya Nabi Daud?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoBagaimana shalat malamnya Nabi Daud 'alaihis salam? Yang jelas mereka orang-orang saleh punya semangat untuk beribadah. Posting Bagaimana Shalat Malamnya Nabi Daud? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Syarhus Sunnah: Tidak Mudah Mengafirkan Orang dan Menjauhi Ahli Bi’dahMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoSeorang muslim tidak boleh mudah mengafirkan orang lain. Namun mereka tetap disuruh menjauhi ahli bid'ah. Posting Syarhus Sunnah: Tidak Mudah Mengafirkan Orang dan Menjauhi Ahli Bi’dah ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Buku Gratis: Dajjal, Fitnah Besar Akhir ZamanMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoAnda sudah tahu Dajjal? Atau jangan-jangan salah paham tentang Dajjal, sehingga lebih mempercayai isu-isu yang tidak benar dibanding mempercayai hadits Nabi? Sudah sepatutnya Anda mendownload buku Dajjal ini lalu sebarkan ke kaum muslimin lainnya. Posting Buku Gratis: Dajjal, Fitnah Besar Akhir Zaman ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Status Anak Hasil Zina dengan Ayah BiologisnyaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoBagaimana status anak hasil zina dengan ayah biologisnya? Posting Status Anak Hasil Zina dengan Ayah Biologisnya ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Kita Sendiri yang Terlalu Tergesa-Gesa Sehingga Doa Sulit TerkabulMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoBarangkali kesalahan kita karena terlalu tergesa-gesa dalam meminta terkabulnya doa. Posting Kita Sendiri yang Terlalu Tergesa-Gesa Sehingga Doa Sulit Terkabul ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Berapa Jam Shalat Malam Nabi Muhammad?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoKalau kita bahas tiga hadits berikut, kita akan tahu bagaimana shalat malam Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang begitu lama. Silakan hitung sendiri berapa lama shalat malam beliau shallallahu 'alaihi wa sallam. Posting Berapa Jam Shalat Malam Nabi Muhammad? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Safinatun Najah: Hadats dan Macam AuratMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoPembahasan kali ini sangat penting yaitu tentang hadats dan macam aurat. Posting Safinatun Najah: Hadats dan Macam Aurat ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Syarhus Sunnah: Bolehkah Memberontak dan Apakah Demonstrasi itu Jihad?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoApakah boleh kita memberontak pada penguasa yang zalim? Ada yang menganggap pula bahwa berdemo atau demontrasi termasuk jihad di jalan Allah? Benarkah ini? Bahasan Syarhus Sunnah dari Imam Al-Muzani kali ini moga bisa menjawabnya. Posting Syarhus Sunnah: Bolehkah Memberontak dan Apakah Demonstrasi itu Jihad? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Manhajus Salikin: Sujud SahwiMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 1 month agoApa pengertian sujud sahwi, apa fungsinya, kenapa sampai kita diperintahkan sujud sahwi. Kita akan lihat dari perkataan Syaikh As-Sa'di dalam Manhajus Salikin berikut ini. Posting Manhajus Salikin: Sujud Sahwi ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com .Khutbah Jumat: Menyikapi Virus CoronaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoBagaimana kita menghadapi virus vorona? Posting Khutbah Jumat: Menyikapi Virus Corona ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Doa Saat Sujud, Doa Luar BiasaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoDoa saat sujud adalah doa luar biasa. Silakan diamalkan namun ada beberapa aturan terkait hal ini. Posting Doa Saat Sujud, Doa Luar Biasa ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Khutbah Jumat: Malaikat yang Selalu PatuhMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoMalaikat itu selalu patuh kepada Allah dan tidak pernah durhaka sedikit pun. Kita punya kewajiban untuk beriman kepada makhluk ghaib yang satu ini. Posting Khutbah Jumat: Malaikat yang Selalu Patuh ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Nabi Muhammad Tidur Malam Jam Berapa?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoNabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidur jam berapa? Yang jelas beliau tidur pada awal malam. Posting Nabi Muhammad Tidur Malam Jam Berapa? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Tsalatsatul Ushul: Mengenal Tiga Landasan Utama (Mengenal Allah, Islam, Nabi Muhammad)Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoKita biasa mendengar tiga landasan utama atau tsalatsatul ushul. Apa sih yang dimaksud? Posting Tsalatsatul Ushul: Mengenal Tiga Landasan Utama (Mengenal Allah, Islam, Nabi Muhammad) ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Surat An-Nuur #39: Mencari Jalan yang LurusMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoSekarang kita lanjutkan pelajaran berharga dari surah An-Nuur ayat 46. Kali ini bahasan menarik yaitu tentang jalan yang lurus. Posting Faedah Surat An-Nuur #39: Mencari Jalan yang Lurus ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Bulughul Maram – Shalat: Salah Menghadap KiblatMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoBagaimana hukum menghadap kiblat? Kali ini kita lihat hadits ahkam mengenai hal tersebut terutama ketika salah menghadap kiblat, apakah shalatnya sah. Bulughul Maram karya Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani Kitab Shalat – Bab Syarat-Syarat Shalat Syarat menghadap kiblat saat shalat Hadits #211 وَعَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ ( قَالَ : { كُنَّا مَعَ اَلنَّبِيِّ ( فِي […] Posting Bulughul Maram – Shalat: Salah Menghadap Kiblat ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Sirah Nabi: Pelajaran dari Peristiwa Sesampainya Nabi di MadinahMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoSesudah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sampai di Madinah, banyak pelajaran penting yang bisa diambil. Kami sarikan dari Fiqh As-Sirah sebagai berikut. Posting Faedah Sirah Nabi: Pelajaran dari Peristiwa Sesampainya Nabi di Madinah ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Manhajus Salikin: 10 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib dalam SehariMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoKali ini kita lihat kajian Syaikh As-Sa'di tentang shalat Sunnah Rawatib dari Manhajus Salikin. Posting Manhajus Salikin: 10 Rakaat Shalat Sunnah Rawatib dalam Sehari ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Jangan Doakan Jelek Anakmu Karena Bisa Jadi TerkabulMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoJangan doakan jelek anakmu dan hartamu karena bisa jadi doa tersebut terkabul, bertepatan dengan waktu ijabahnya doa. Posting Jangan Doakan Jelek Anakmu Karena Bisa Jadi Terkabul ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Syarhus Sunnah: Menaati Penguasa dalam Hal yang MakrufMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoIni adalah landasan penting dari prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah, yaitu wajib taat kepada ulil amri jika mereka memerintahkan untuk taat kepada Allah atau mereka melarang dari bermaksiat kepada Allah. Prinsip ini menyelisihi prinsip Khawarij dan Muktazilah yang menganggap bolehnya keluar dari ketaatan. Posting Syarhus Sunnah: Menaati Penguasa dalam Hal yang Makruf ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Shalat Malam (Tarawih) Nabi Tidak Pernah Lebih Dari Sebelas RakaatMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoShalat malam Nabi benar sekali tidak pernah lebih dari 11 rakaat. Berarti kita tidak boleh shalat malam lebih dari sebelas rakaat? Baiknya ulasan Riyadhus Sholihin berikut ini Anda baca hingga tuntas biar tak salah paham. Posting Shalat Malam (Tarawih) Nabi Tidak Pernah Lebih Dari Sebelas Rakaat ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Kiat Shalat Khusyuk #08Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoDi antara kiat shalat khusyuk lainnya adalah merenungkan Alquran yang dibaca disebut dengan tadabbur. Ada kiat-kiat menarik ada Ibnul Qayyim yang disebutkan dalam tulisan kali ini. Posting Kiat Shalat Khusyuk #08 ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Jazakallah Khairan, Kapan Diucapkan?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoKapan Anda mengucapkan jazakallah khairan? Posting Jazakallah Khairan, Kapan Diucapkan? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Lamanya Sujud Nabi dalam Shalat MalamMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoBagaimana lamanya sujud Nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam dalam shalat malam? Posting Lamanya Sujud Nabi dalam Shalat Malam ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Apakah Nabi Shalat Malam dan Puasa Sunnah Terus Menerus?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoApakah nabi shalat malam dan puasa terus menerus? Posting Apakah Nabi Shalat Malam dan Puasa Sunnah Terus Menerus? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Cara Umrah dari Tinjauan Fikih SyafiiMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoBagaimana sih cara berumrah? Kalau baru pertama kali, bagaimana tahu cara melakukannya? Posting Cara Umrah dari Tinjauan Fikih Syafii ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Sirah Nabi: Mulai dari Membangun Masjid QubaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoKali ini kita melihat bagaimana sejarah dibangunnya masjid Quba di kota Madinah. Posting Faedah Sirah Nabi: Mulai dari Membangun Masjid Quba ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Hadits Wakaf (03): Wakaf Bisa dengan Harta Milik yang BergerakMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 2 months agoSatu lagi hadits yang membicarakan wakaf. Dari hadits ini akan dibuktikan bahwa wakaf bisa saja dari harta milik yang bergerak seperti senjata, baju besi, buku, peralatan elektronik, dan semacamnya. Posting Hadits Wakaf (03): Wakaf Bisa dengan Harta Milik yang Bergerak ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Buku Gratis: Turunnya Nabi IsaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoYuk download buku gratis "Turunnya Nabi Isa di Akhir Zaman". Posting Buku Gratis: Turunnya Nabi Isa ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Umur Umat Islam Hanya 1500 Tahun?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoApakah benar umur umat Islam tidak melebihi 1500 tahun? Benarkah itu sebagaimana berbagai isu yang disebar saat ini? Posting Umur Umat Islam Hanya 1500 Tahun? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Bulughul Maram – Shalat: Wajibkah Wanita Menutupi Kakinya Saat Shalat?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoBagaimana jika wanita shalat, lantas kakinya terlihat apakah shalatnya itu sah? Posting Bulughul Maram – Shalat: Wajibkah Wanita Menutupi Kakinya Saat Shalat? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Kaedah Fikih (25): Pengharaman dalam Zat dan Syarat IbadahMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoPengharaman jika kaitannya pada zat dan syarat ibadah, maka akan merusak ibadah. Posting Kaedah Fikih (25): Pengharaman dalam Zat dan Syarat Ibadah ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Buku Gratis: Belajar LoyalMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoIsi bahasan buku kecil ini adalah seputar tujuan diciptakan manusia, Allah tidak ridha pada syirik, serta prinsip wala’ dan bara’ (loyal dan tidak loyal). Tiga prinsip yang dijelaskan dalam buku ini, itulah yang banyak disalahi kaum muslimin. Terutama prinsip lakum diinukum wa liyadiin yang sering disalahi menjelang perayaan Natal kaum Nashrani. Posting Buku Gratis: Belajar Loyal ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Sudah Doakan Saudaramu di Saat Ia Tidak di Hadapanmu?Muhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoDoa bi zhahril ghaib, ini punya keutamaan luar biasa. Coba Anda amalkan dan tahu khasiatnya seperti apa. Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, Kitab Ad-Da’awaaat (16. Kitab Kumpulan Doa) بَابُ فَضْلِ الدُّعَاءِ بِظَهْرِ الغَيْبِ Bab 251. Keutamaan doa bi zhahril ghaib Ayat #01 قَالَ تَعَالَى : { والَّذِينَ جَاءوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ […] Posting Sudah Doakan Saudaramu di Saat Ia Tidak di Hadapanmu? ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Doa Meminta Rahmat, Ampunan, Selamat dari DosaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoDoa ini berisi meminta rahmat, ampunan, selamat dari dosa. Walaupun haditsnya dhaif, namun secara makna bisa diamalkan. Posting Doa Meminta Rahmat, Ampunan, Selamat dari Dosa ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Bulughul Maram – Shalat: Pria Shalat Hanya Memakai Sarung, Telanjang DadaMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoBagaimana jika ada pria yang shalat cuma pakai sarung saja, telanjang bagian atasnya? Sahkah shalatnya? Silakan temukan jawabannya dalam artikel berikut ini. Posting Bulughul Maram – Shalat: Pria Shalat Hanya Memakai Sarung, Telanjang Dada ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Faedah Sirah Nabi: Tiba di Madinah, Mulai Membangun Daulah IslamiyyahMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoSetelah perjananan hijrah dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sampai di Madinah, beliau mulai dengan membangun masjid, mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ashar, serta membangun Daulah Islamiyyah. Posting Faedah Sirah Nabi: Tiba di Madinah, Mulai Membangun Daulah Islamiyyah ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.Doa Meminta Kebaikan Sebagaimana yang Diminta NabiMuhammad Abduh Tuasikal, MSc, Rumaysho.Com - 3 months agoAmalkan doa berikut yang secara makna sahih, walaupun sisi riwayatnya dhaif. Doa ini berisi meminta segala kebaikan yang diminta Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Moga bisa diamalkan. Posting Doa Meminta Kebaikan Sebagaimana yang Diminta Nabi ditampilkan lebih awal di Rumaysho.Com.



Daftar Isi Al-Quran dan Terjemahan - Silakan Klik untuk membacanya:Surat Al Fatihah (Pembukaan)Surat Al Baqarah (Sapi Betina)Surat Ali 'Imran (Keluarga 'Imran)Surat An Nisa' (Wanita)Surat Al Ma'idah (Hidangan)Surat Al An'am (Binatang Ternak)Surat Al A'raf  (Tempat Tertinggi)Surat Al Anfal (Rampasan Perang)Surat At Taubah (Pengampunan)Surat Yunus (Nabi Yunus A.S.)Surat Hud (Nabi Huud A.S.)Surat Yusuf (Nabi Yusuf A.S.)Surat Ar Ra'd (Guruh)Surat Ibrahim (Nabi Ibrahim A.S.)Surat Al Hijr (Daerah Pegunungan)Surat An Nahl (Lebah)Surat Al Israa' (Memperjalankan Di Malam Hari)Surat Al Kahfi (Gua)Surat Maryam (Maryam)Surat Thaha (Thaahaa)Surat Al Anbiya' (Kisah Para Nabi)Surat Al Hajj (Ibadah Haji)Surat Al Mu'minun (Orang Mukmin)Surat An Nur (Cahaya)Surat Al Furqaan (Pembeda)Surat Asy Syu'ara' (Penyair)Surat An Naml (Semut)Surat Al Qashash (Cerita)Surat Al 'Ankabuut (Laba-Laba)Surat Ar Ruum (Bangsa Rumawi)Surat Luqman (Luqman)Surat As Sajdah ((Sujud)Surat Al Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)Surat Saba' (Kaum Saba')Surat Fathir (Pencipta)Surat YaasiinSurat Ash Shaffat (Yang Bershaf-Shaf)Surat ShaadSurat Az Zumar (Rombongan-Rombongan)Surat Al Mu'min (Orang Yang Beriman)Surat Fushshilat (Yang Dijelaskan)Surat Asy Syuura (Musyawarah)Surat Az Zukhruf (Perhiasan)Surat Ad Dukhaan (Kabut)Surat Al Jaatsiyah (Yang Berlutut)Surat Al Ahqaaf (Bukit Pasir)Surat Muhammad (Nabi Muhammad SAW)Surat Al Fath (Kemenangan)Surat Al Hujuraat (Kamar-Kamar)Surat QaafSurat Adz Dzaariyaat (Angin Yang Menerbangkan)Surat Ath Thuur (Bukit)Surat An Najm (Bintang)Surat Al Qamar (Bulan)Surat Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)Surat Al Waaqi'ah (Hari Kiamat)Surat Al Hadid (Besi)Surat Al Mujadilah (Wanita Yang Mengajukan Gugatan)Surat Al Hasyr (Pengusiran)Surat Al Mumtahanah (Wanita Yang Diuji)Surat Ash Shaff (Barisan)Surat Al Jumu'ah (Hari Jum'at)Surat Al-Munafiqun (Orang-Orang Munafik)Surat At Taghabun (Hari Ditampakkan Kesalahan-Kesalahan)Surat Ath Thalaaq (Talak)Surat At Tahrim (Mengharamkan)Surat Al Mulk (Kerajaan)Surat Al Qalam (Pena)Surat Al Haqqah (Kiamat)Surat Al Ma'arij (Tempat-Tempat Naik)Surat Nuh (Nabi Nuh A.S)Surat Al Jin (Jin)Surat Al Muzzammil (Orang Yang Berselimut)Surat Al Muddatstsir (Orang Yang Berselimut)Surat Al Qiyamah (Hari Kiamat)Surat Al Insaan (Manusia)Surat Al Mursalat (Malaikat-Malaikat Yang Diutus)Surat An Naba´ (Berita Besar)Surat An Naazi´ (Malaikat-Malaikat Yang Mencabut)Surat 'Abasa (Bermuka Masam)Surat At Takwir (Menggulung)Surat Al Infithar (Terbelah)Surat Al Muthaffifiin (Orang-Orang Yang Curang)Surat Al Insyiqaaq (Terbelah)Surat Al Buruuj (Gugusan Bintang)Surat Ath Thaariq (Yang Datang Di Malam Hari)Surat Al A´Laa (Yang Paling Tinggi)Surat Al Ghaasyiyah (Hari Kiamat)Surat Al Fajr (Fajar)Surat Al Balad (Negeri)Surat Asy Syams (Matahari)Surat Al Lail (Malam)Surat Adh Dhuhaa (Waktu Dhuha)Surat Alam Nasyrah /Al Insyirah (Bukankah Kami Telah Melapangkan)Surat At Tiin (Buah Tin)Surat Al 'Alaq (Segumpal Darah)Surat Al Qadr (Kemuliaan)Surat Al Bayyinah (Bukti Yang Nyata)Surat Al Zalzalah (Goncangan)Surat Al 'Adiyat (Kuda Perang Yang Berlari Kencang)Surat Al Qari'ah (Hari Kiamat)Surat At Takatsur (Bermegah-Megahan)Surat Al 'Ashr (Masa)Surat Al Humazah (Pengumpat)Surat Al Fiil (Gajah)Surat Quraisy (Suku Quraisy)Surat Al Ma'un (Barang-Barang Yang Berguna)Surat Al Kautsar (Nikmat Yang Banyak)Surat Al Kafirun (Orang-Orang Kafir)Surat An Nashr (Pertolongan)Surat Al Lahab (Gejolak Api)Surat Al Ikhlas (Memurnikan Keesaan Allah)Surat Al Falaq (Waktu Subuh)Surat An Naas (Manusia)



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://peceq.blogspot.com/2020/03/wabak-makin-menyebar-disebabkan-enggan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Berlapang Dada Satu Cara Hidup Berdamai Dengan Takdir Allah 10120

Berlapang Dada Satu Cara Hidup Berdamai Dengan Takdir Allah 10120

papar berkaitan - pada 5/4/2020 - jumlah : 366 hits
Tidak lagi timbul bila di desa teringin tinggal di kota bila di bandar nak duduk kampung Sekadar contoh Bila berkuasa lupa diri Bila dah tersingkir tak segan nak berkuasa semula Semua tuu sebab xjujur kepada diri sendiri apa lagi kepada ora...
Terus Berdamai Dengan Takdir Allah Usah Terikut Dengan Manusia Yang Saling Bercakaran Tuduh Menuduh Bagai 10043

Terus Berdamai Dengan Takdir Allah Usah Terikut Dengan Manusia Yang Saling Bercakaran Tuduh Menuduh Bagai 10043

papar berkaitan - pada 27/3/2020 - jumlah : 367 hits
S O P PEMBELIAN BARANGAN KEPERLUAN HARIAN Sebelum Keluar Lantik 1 orang wakil tetap sahaja Senaraikan barang yang hendak dibeli Pakai mask Keluar sekitar jam 10pagi 3ptg Bawak 1 plastik untk isi duit baki Semasa Di Luar Keluar tidak lebih 4...
Info Berkaitan Tangguh Bayar Hutang Bank Disebabkan Wabak Covid 19

Info Berkaitan Tangguh Bayar Hutang Bank Disebabkan Wabak Covid 19

papar berkaitan - pada 26/3/2020 - jumlah : 199 hits
Ramai rakyat Malaysia yang masih tertanya tanya dan terkial kial mengenai pengumuman terkini Bank Negara Malaysia mengenai penangguhan bayaran balik pinjaman atau pembiayaan kepada bank disebabkan oleh arahan Perintah Kawalan Pergerakan dan...
Syukur Alhamdulillah Allah Lindung Mereka 274 Pelajar Tahfiz Disahkan Bebas Wabak Covid 19

Syukur Alhamdulillah Allah Lindung Mereka 274 Pelajar Tahfiz Disahkan Bebas Wabak Covid 19

papar berkaitan - pada 7/4/2020 - jumlah : 266 hits
SERAMAI 274 daripada 330 pelajar Madrasatul Quran Kubang Bujuk Manir di Kuala Terengganu disahkan bebas Covid 19 dan dibenarkan pulang semalam Pelajar terbabit menjalani proses kuarantin selama dua minggu selepas madrasah itu ditutup diperc...
Wabah Makin Menyebar Karena Salah Jalan Dalam Beragama

Wabah Makin Menyebar Karena Salah Jalan Dalam Beragama

papar berkaitan - pada 26/3/2020 - jumlah : 196 hits
Coba baca dulu kisah ini disebutkan kejadian nyata yang terjadi di masa Ibnu Hajar Al Asqalani dan pada masa sebelum beliau sama sama dulu pernah terjadi wabah Namun salah dalam penyikapan karena berbuat hal yang tidak diizinkan dalam agama...
Aliff Syukri Ali Puteh Akhirnya Berdamai

Aliff Syukri Ali Puteh Akhirnya Berdamai

papar berkaitan - pada 21/3/2020 - jumlah : 197 hits
Kemelut antara ushawan kosmetik Datuk Seri Aliff Syukri dan pelawak Ali Puteh berakhir jua apabila kedua keduanya memutuskan untuk bertemu dan berdamai Perkhabaran The post appeared first on
Kalau Nak Saman Boleh Tapi Saya Percaya Pada Takdir Kisah Ini Dikongsi Untuk Beri Peringatan Buat Semua

Kalau Nak Saman Boleh Tapi Saya Percaya Pada Takdir Kisah Ini Dikongsi Untuk Beri Peringatan Buat Semua

papar berkaitan - pada 31/3/2020 - jumlah : 150 hits
KALAU NAK SAMAN BOLEH TAPI SAYA PERCAYA PADA TAKDIR Kisah Ini Dikongsi Untuk Beri Peringatan Buat Semua bukannya menghentam mana mana pihak Nama hospital tidak akan didedahkan sama sekali agar setiap wanita bersedia berdepan pelbagai kebara...
Ujian Allah Sabar Maksimum

Ujian Allah Sabar Maksimum

papar berkaitan - pada 7/4/2020 - jumlah : 349 hits
UJIAN ALLAH SABAR MAKSIMUM https wa me 60162244999 https t me johortimes
Hubungan Manusia Dengan Takdir

Hubungan Manusia Dengan Takdir

papar berkaitan - pada 1/4/2020 - jumlah : 719 hits
Berdamai Dengan Takdir Muslimah Interest Zone Berdamai dengan Takdir IMAN Shoppe Bookstore Berdamai Dengan Takdir MPHONLINE Berdamai Dengan Takdir Radio IKIM Berdamai Dengan Takdir by Rohamiah Muda Goodreads Berdamai Dengan Takdir Galeri Il...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

Sesi Tukar Duit Raya Di Maybank

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


5 Hidden Features Of Wordpress Com

Hospital Kuala Pilah

From Gear To Gear Exploring The Mechanics Of Ram And Dodge Transmissions

Satisfy Your Pup S Cravings Exploring The World Of Natural Dog Treats

Semua Pm Setuju Isu Subsidi Bersasar

Rancangan Televisyen Itali Menjemput Bayi Kembar Sembilan