Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar


Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar | Daftar pustakan bisa diartikan sebagai daftar yang tercantum secara spesifik dari berbagai buku yang dijadikan sumber referensi baik dari buku atau karya ilmuah yang bersangkutan. Daftar menjadi bagian penting dari sebuah karya tulis, entah itu sebuah makalah, skripsi, tesis ataupun karya tulis-karya tulis lainnya.

Bagi orang yang sudah terbiasa membuat sebuah karya tulis tentu membuat daftar pustaka bukanlah sesuatu yang sulit, tapi akan berbeda dengan orang yang baru menulis dan belum ada dasar pengetahuan tentang tata cara menulis daftar pustaka.

Daftar pustaka menjadi sangat penting, menjadi sebuah petanggung jawaban dari tulisan yang dibuat. Dengan melihat daftar pustakan orang menjadi tahu darimana seorang penulis mengambil sumber sebagai ide penulisannya. Dengan demikian tulisannya bisa dipertanggung jawabkan.

Secara umum daftar pustakan memiliki fungsi sebagai berikut :
Sebagai salah satu cara untuk memberikan berbagai referensi yang berhubungan bagi pembaca untuk melakukan sebuah kajian lanjutan maupun kajian ulang yang berhubungan dengan tema buku tersebut. Sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap penulis baik penulis buku maupun karya tulis atas karyanya yang telah memberikan manfaat dan peranan terhadap penulisan sebuah buku atau karya tulis. Daftar pustaka memiliki peranan penting dari sebuah tulisan, diantaranya sebagai berikut :
Sebagai penggambaran dari sumber tulisan yang diperoleh Sebagai peninjauan tentang pengetahuan, pengalaman, bahkan pertanggungjawaban penulis buku rujukan tersebut Untuk mengantisipasi tuduhan plagiasi intelektual Mengingat fungsi dan peranannya yang sangat penting maka penulisan daftar pustakan harus dilakukan dengan baik dan benar. Tata cara penulisan daftar pustakan harus memenuhi kaidah bahasa Indonesia serta sesuai dengan EYD (ejaan yang disempurnakan) yang berlaku, nah berikut adalah penjelasan tentang tata cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

Penulisan Daftar Pustaka yang diambil dari Buku Unsur-unsur yang digunakan adalah:

a. Nama Penulis diikuti tanda titik (.)
b. Tahun Terbit diikuti tanda titik (.)
c. Judul buku ditulis miring (italic) diikuti tanda titik (.)
d. Kota penerbit diikuti tanda titik dua (:)
e. Nama perusahaan penerbit diikuti tanda titik (.)

Contoh : Mustava Wijayakusuma. 2009. Mukjizat Air Putih. Yogjakarta: Data Media.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

a. Tulis nama penulis sesuai dengan huruf alfabet (A-Z).
b. Apabila nama penulis sama namun judul buku berbeda, maka dibawah nama diberi tanda garis panjang sebanyak 10 sekaligus mengurutkan tahun yang lama ketahun yang lebih baru.

Contoh: Mustava Wijayakusuma. 2009. Mukjizat Air Putih. Yogjakarta: Data Media.
__________. 2010. Khasiat Air Putih. Yogjakarta: Data Media.

c. Apabila mendapatkan buku dengan dua penulis, maka nama kedua penulis tersebut di tulis semua.

Contoh : Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

d. Jika nama penulis banyak (lebih dari satu orang), maka penulis utama yang dicantumkan kemudian diberi tanda koma dan diikuti dkk (dan kawan-kawan).

Contoh: Zuhdi, dkk. 2008. Cara Menulis Buku. Malang: Rena Press.

e. Jika penulis buku orang asing, maka penulisan namanya dibalik dan diikuti tanda koma. Hal ini dikarenakan nama asing meletakkan nama sendiri di belakang nama keluarga atau nama marga.

Contoh : Harrison, P. 1987. The Greening of Africa. Penguin Books: New York.

Penulisan Daftar Pustaka yang diambil dari Penelitian Dalam penulisan daftar pustaka yang diambil dari penelitian (jurnal, skripsi, tesis, dll) hampir sama dengan penulisan yang diambil dari buku. Namun letak perbedaannya hanya menambahkan jenis penelitian dengan diikuti tanda kurung.

Unsur-unsur yang digunakan adalah:
Nama Penulis diikuti tanda titik (.) Tahun Terbit diikuti tanda titik (.) Judul penelitian ditulis miring (italic) dan ditambah jenis penelitian diikuti tanda kurung kemudian tanda titik (.) Kota penerbit diikuti tanda titik dua (:) Nama Perguruan Tinggi diikuti tanda titik (.) Contoh : Iffah Mardiyati. 2011. Pengaruh Motivasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di Mediasi Komitmen Sekolah Studi Kasus di SMK Negeri se-Kecamatan Pati (Tesis). Semarang: Universitas STIKUBANK.

Penulisan Daftar Pustaka yang diambil dari Artikel Artikel yang dimaksud dapat diambil dari internet maupun majalah atau media cetak lainnya.

Untuk artikel dari Majalah unsur-unsur yang digunakan adalah:
a. Nama Penulis diikuti tanda titik (.)
b. Tahun Terbit diikuti tanda titik (.)
c. Judul artikel ditulis miring (italic) diikuti kata dalam majalah
d. Dilanjutkan nama Media Cetak ditulis miring (italic), edisi lengkap dengan tanggal, bulan dan tahun diikuti tanda titik (.)

Contoh : Djaali. 2007. Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Melalui Program Sertifikasi dalam majalah Buletin BSNP Edisi Mei 2007.

Untuk artikel dari Internet unsur-unsur yang digunakan adalah:
a. Nama Penulis diikuti tanda titik (.)
b. Tahun Terbit diikuti tanda titik (.)
c. Judul artikel ditulis miring (italic) diikuti tanda titik (.)
d. Alamat website lengkap dengan tanggal, bulan, tahun dan waktu mengakses atau mendownload diikuti tanda titik (.)

Contoh : Ahmad Syaifudin. 2015. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Makalah. www.tipspendidikan.site/2015/04/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html, 14 April 2015.

Tambahan:
a. Apabila daftar pustaka tidak ditemukan, maka
- Nama diganti dengan anonym
- Tahun diganti dengan tanpa tahun
b. Sebaiknya pisahkan daftar pustaka dari buku dan internet atau media cetak.
c. Gelar tidak diikutkan dalam penulisan daftar pustaka

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2020/03/tata-cara-penulisan-daftar-pustaka-yang.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Dua Hari Demam Tak Baik Baik Ibu Ini Cuba Cara Berurut Syukur Anak Sembuh Kembali Aktif

Dua Hari Demam Tak Baik Baik Ibu Ini Cuba Cara Berurut Syukur Anak Sembuh Kembali Aktif

papar berkaitan - pada 21/2/2020 - jumlah : 301 hits
Bila anak anak demam mak dengan ayah memang tak senang duduk Ye lah tengok anak yang tak bermaya tak aktif macam biasa Makan dan minum susu pun kurang lagilah tambah risau dengan keadaan anak yang dijangkiti demam Ubat dah bagi tapi demam t...
Myspr Daftar Cara Pendaftaran Pemilih Pengundi Baru Online

Myspr Daftar Cara Pendaftaran Pemilih Pengundi Baru Online

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 386 hits
Artikel ini disemak semula serta info terkini telah dikemaskini pd 20 Julai 2019 jam 01 54 AM Sebagai negara yg mengamalkan sistem Demokrasi pucuk kepemimpinan diputuskan
Word 219 Cara Menulis Yg Benar

Word 219 Cara Menulis Yg Benar

papar berkaitan - pada 4/3/2020 - jumlah : 157 hits
Word 219 CARA MENULIS YG BENARKredit Kredit Ahmad Kamal Ujang Whatsapp Group Geng Sungai SiputYAITU AAMIIN IN SYAA ALLAH HUSNUL KHOTIMAH Dalam bahasa Arab ada 4 kata amin yg berbeda makna Amin Aman Aamin Meminta perlindungan Amiin Jujur Aam...
Cara Membersihkan Ponsel Dengan Baik Agar Terhindar Dari Kuman Dan Bakteri

Cara Membersihkan Ponsel Dengan Baik Agar Terhindar Dari Kuman Dan Bakteri

papar berkaitan - pada 5/3/2020 - jumlah : 145 hits
Apalagi akhir akhir ini sedang berkembang wabah virus corona yang bisa mengancam siapa saja Munculnya fenomena ini kemudian membuat pemerintah mengimbau setiap masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dengan baik Salah satuny...
10 Minuman Elektrolit Ala Rumahan Yang Baik Bagi Tubuh

10 Minuman Elektrolit Ala Rumahan Yang Baik Bagi Tubuh

papar berkaitan - pada 3/3/2020 - jumlah : 290 hits
Elektrolit merupakan sebuah cairan dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam fungsi kesehatan yang tepat Secara alami bentuk dari elektrolit yang terkandung dalam tubuh kita berbentuk kalsium natrium dan kalium
Cara Dan Pengalaman Daftar Surat Beranak Anak Luar Nikah

Cara Dan Pengalaman Daftar Surat Beranak Anak Luar Nikah

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 1871 hits
Cara Dan Pengalaman Daftar Surat Beranak Anak Luar Nikah Beberapa tahun yang lepas Cik Neslo ada terserempak dengan salah seorang kenalan lama Dia pernah menceritakan pada saya yang dirinya pernah punya seorang Hamba Allah yang telahpun sel...
5 Cara Membuat Daftar Isi Bisa Jadi Referensi Saat Bikin Karya Tulis

5 Cara Membuat Daftar Isi Bisa Jadi Referensi Saat Bikin Karya Tulis

papar berkaitan - pada 21/2/2020 - jumlah : 276 hits
Daftar isi merupakan sebuah bagian penting dari sebuah karya tulis Tanpa adanya daftar isi orang akan kebingungan mencari halaman atau bab pada halaman yang mereka perlukan
Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap Dan Benar

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap Dan Benar

papar berkaitan - pada 7/3/2020 - jumlah : 629 hits
Makanya anda tidak boleh membuat kesalahan yang bisa berpengaruh besar pada penilaian pihak hrd Agar menjadi lebih jelas selanjutnya adalah contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar dalam berbagai bentuk dan versi anda da...
Cara Daftar Dan Panduan Lengkap Buat Duit Melalui Affiliate Lazada Malaysia 2020

Cara Daftar Dan Panduan Lengkap Buat Duit Melalui Affiliate Lazada Malaysia 2020

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 418 hits
Di Lazada sebenarya terdapat cara lain untuk buat duit sampingan selain daripada jual barang iaitu melalui program Affiliate Lazada Ya kita sedia maklum program affiliate ini anda memperoleh pendapatan melalui komisyen yang diperoleh melalu...
Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan

Airasia Santan Menu Baru Harga

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis

Pengukus Lubang Tepi



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Temui Onew Di Malaysia Dalam Guess Onew Fanmeeting 2024 Pada 27 Julai 2024

168slot 168slot Biz 13 Jun 2024 168slot 168 Top 35 By Christa

Puaka Cuti Semester

Apa Itu Kwsp Akaun 3

Sakit Tekak Yang Amat Sangat

Drama Mihrab Cinta Zulaikha Lakonan Elisya Sandha Azrel Ismail