Tak Siap Hadapi Audit Kades Di Tasik Dan Kakaknya Bakar Kantor Desa



Kebakaran yang melanda kantor Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya ternyata bukan kecelakaan biasa. Kantor desa tersebut ternyata dibakar oleh Kepala Desanya sendiri Wowon Gunawan bersama kakak kandungnya Budiman.
Mereka berdua nekat membakar karena Wowon Gunawan yang sempat didemo warga sebanyak dua kali itu tidak siap menghadapi audit laporan pertanggungjawaban dana desa tahun 2019 dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya. Dia akan menghadapi pemeriksaan itu pada Senin 20 Januari 2020 atau dua hari setelah kejadian kebakaran.

Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian Wowon memang tidak secara langsung membakar kantor tempanya bekerja. Namun dia ikut memfasilitasi aksi pembakaran yang dilakukan kakaknya Budiman sebagai pelaku utama dengan menyediakan sepeda motor hingga akses masuk ke dalam kantor desa.

"Jadi WG ini Kades aktif di Desa Negalsari, desa yang kantornya dibakar. Dia berperan walau tidak membakar kantor desa secara langsung. Pelaku Utamanya BD kakak kandung WG yang juga ASN sebagai guru olah raga sekolah dasar," ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, Senin (17/2/2020).

Polisi mengungkap motif aksi pembakaran kantor desa karena WG selaku kepala desa tidak siap menghadapi audit Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahun 2019 dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya.

"Tersangka BD dan WG telah merencanakan untuk melakukan pembakaran kantor desa karena diduga kuat bahwa tersangka W selaku Kepala Desa tidak siap menghadapi kedatangan, pemeriksaan dari inspektorat yang dijadwalkan pada hari Senin 20 Januari 2020 untuk dilakukan audit ke Desa Neglasari terkait dengan LPJ (laporan pertanggungjawaban) dana desa tahun 2019," katanya.

Sementara itu, Wawan mengaku tidak pernah meminta kakak kandungnya itu membakar kantor desa. Dirinya bahkan sempat melarang, namun sang kakak tetap menjalankan aksi pembakaran itu. Alasannya, untuk menghentikan aksi demo warga.

"Saya gak nyuruh pak, malah saya larang tapi dia keuekuh ajah. Alasanya untuk hentikan yang demo," kata Wawan di Kantor polisi senin (17/2/2020).

Menyusul ditetapkanya BD dan WG sebagai tersangka pembakaran kantor Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, warga Desa Neglasari serempak mengucapkan syukur dan ucapan terimakasih kepada pihak kepolisian.

Selain berterimakasih kepada Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK MH dan kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo Tarigan SIK, masyarakat juga apresiasi tindakan polisi yang dengan cepat mengungkap kasus memalukan ini.

"Saat ini kami warga Neglasari sangat bersyukur setelah mendapat informasi dari pihak kepolisian bahwa kasus pembakaran Desa Neglasari telah terungkap bahkan pelakunya ditangkap," kata Ketua Forum Masyarakat Neglasari (FMN), Sani Junan Hudaya, saat mendatangi Mapolres Tasikmalaya, Selasa (18/2/2020).

Ia dan sejumlah perwakilan warga Neglasari mengaku kaget saat mengetahui pelaku pembakaran yang kini diamankan polisi itu, adalah kakak beradik yang masing-masing merupakan pejabat negara dan abdi pemerintah.

"Jujur kami kaget jika pelakunya adalah seorang guru dan kadesnya sendiri. Kami memang sebelumnya ada kecurigaan bahwa kebakaran kantor desa itu karena ada yang membakar. Tetapi tidak mencurigai jika pelakunya orang dalam," ujar Sani.

Lebih lanjut, sejak akhir tahun 2016 lalu, warga sudah meminta pihak desa transparan menyampaikan laporan pengalokasian dana desa, namun tidak pernah diindahkan. "Hasil investigasi kami sejak tahun 2016 hingga 2019, dalam proses pelaksanaan proyek-proyek pembangunan di Desa Neglasari, ada sekitar Rp 2,1 milyar dana desa menguap tidak jelas ini yang kami demokan kami minta kejelasan dari Kades," kata Sani.

Akibat perbuatannya ,pelaku diancam Pasal 187 KUHPidana Jo Pasal 56 KUHPidana dengan ancaman kurungan empat hingga paling lama dua belas tahun penjara.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://terusterangid.blogspot.com/2020/02/tak-siap-hadapi-audit-kades-di-tasik.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kades Neglasari Bakar Kantor Desa Gara Gara Laporan Keuangan Takut Diaudit

Kades Neglasari Bakar Kantor Desa Gara Gara Laporan Keuangan Takut Diaudit

papar berkaitan - pada 19/2/2020 - jumlah : 144 hits
Hasil pemeriksaan sementara polisi tersangka sengaja membakar bangunan kantor desa untuk menghilangkan barang bukti berkas selama menjabat sebagai kepala desa sebelum Inspektorat memeriksa administrasi desa tersebut
Audit Kementerian Pertahanan Hampir Siap Mat Sabu Sindir Hisham

Audit Kementerian Pertahanan Hampir Siap Mat Sabu Sindir Hisham

papar berkaitan - pada 18/2/2020 - jumlah : 259 hits
Menteri Pertahanan Mohamad Sabu memilih untuk menyindir bekas Menteri Pertahanan Hishamuddin Hussein berhubung audit forensik pentadbiran terdahulu bagi menjawab sindiran Hisham sebelumnya kononnya menteri Malaysia berjenaka berkenaan Roti ...
Virus Corona Masuk Ke Indonesia Menteri Kesehatan Kami Siap Hadapi

Virus Corona Masuk Ke Indonesia Menteri Kesehatan Kami Siap Hadapi

papar berkaitan - pada 2/3/2020 - jumlah : 162 hits
Senin siang Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi bahwa ada dua orang Warga Negara Indonesia yang terjangkit virus corona Dua orang itu bisa terjangkit karena melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia
Motor Temannya Disita Peno Mengaku Anggota Tni Dan Ancam Bakar Kantor Polisi

Motor Temannya Disita Peno Mengaku Anggota Tni Dan Ancam Bakar Kantor Polisi

papar berkaitan - pada 21/2/2020 - jumlah : 139 hits
Pelaku melakukan ancamannya dengan menelepon salah satu anggota Polsek Curug dan akan menurunkan satu batalion untuk menyerang kantor Polsek
Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Hadapi Ancaman Wabah Virus Corona

Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Hadapi Ancaman Wabah Virus Corona

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 190 hits
Amerika Serikat siap membantu Korea Utara mengantisipasi dan mengatasi wabah virus corona kendati sampai saat ini belum ada kasus warga Korea Utara yang terjangkit virus tersebut
Seorang Pria Bakar Mobil Mantan Istri Gara Gara Cemburu Ditinggal Menikah

Seorang Pria Bakar Mobil Mantan Istri Gara Gara Cemburu Ditinggal Menikah

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 120 hits
Peristiwa itu terjadi Rabu malam lalu sekira subuh Mobil tersebut sempat terbakar ban belakang namun berhasil dipadamkan setelah mantan istrinya Dewi Irayati cepat mengetahuinya serta dibantu oleh warga Sedangkan pelaku langsung melarikan d...
Funfair Di Bandar Jengka Jangan Bakar Perasaan U Islam

Funfair Di Bandar Jengka Jangan Bakar Perasaan U Islam

papar berkaitan - pada 19/2/2020 - jumlah : 1045 hits
HALAMAN HIBURANPAS harap Pihak Berkuasa Tempatan batalkan funfair JengkaPAS Pahang berharap Majlis Daerah Maran segera membatalkan kelulusan operasi pusat hiburan di Bandar Jengka yang berpenduduk lebih 90 peratus orang Islam Timbalan Ketua...
Resepi Kek Coklat Kismis Moist Bakar Sedap

Resepi Kek Coklat Kismis Moist Bakar Sedap

papar berkaitan - pada 12/2/2020 - jumlah : 941 hits
Kek Coklat Kismis Moist SedapKek coklat kismis moist bakar topping Cadbury fuhhh memang sedap Sesekali makan sedap begini apa salahnya kan Buat ubat rasa sikit je Betul ke sikit je makannya heheheBaru baru ini tekak teringin sangat nak maka...
Tahap Empat Babitkan Keseluruhan Kulit Otot Dan Tulang Ini Gambaran Lecur Mengikut Tahap

Kenyataan Cukai Jalan Oleh Bjak

Kecewa Makanan Potluck Sekolah Anak Tak Disentuh Ikutlah Apa Budak Suka Makan Bukan Kita

Guideline Needed For Maintenance Of Old Trees In Kl Ft Minister

Pertumbuhan Berterusan Wall Street Hijau Untuk Hari Ketiga Berturut Turut

218 Fibonaci

Don T Let Renovations Ruin Your Home And Your Budget Or Some Tips For Choosing A Contractor

5 Tips And Ways That Can Help You To Reduce Body Fat



Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri


Apakah Surat Asy Syu Ara Disebut Juga Surat Pemusik

Terapkan Budaya Kemas Dan Susun Di Mana Saja Anda Berada

Selepas Bersara Setiap Ringgit Berguna

Laundry Day Woes Say Goodbye To Lost Socks With Inchbug

Astrazeneca Akhirnya Tarik Balik Vaksin Covid 19 Selepas Pengakuannya Yang Mengejutkan

Buat Ujian Darah Menjelang Usia Menua