Tak Siap Hadapi Audit Kades Di Tasik Dan Kakaknya Bakar Kantor Desa



Kebakaran yang melanda kantor Desa Neglasari, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya ternyata bukan kecelakaan biasa. Kantor desa tersebut ternyata dibakar oleh Kepala Desanya sendiri Wowon Gunawan bersama kakak kandungnya Budiman.
Mereka berdua nekat membakar karena Wowon Gunawan yang sempat didemo warga sebanyak dua kali itu tidak siap menghadapi audit laporan pertanggungjawaban dana desa tahun 2019 dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya. Dia akan menghadapi pemeriksaan itu pada Senin 20 Januari 2020 atau dua hari setelah kejadian kebakaran.

Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian Wowon memang tidak secara langsung membakar kantor tempanya bekerja. Namun dia ikut memfasilitasi aksi pembakaran yang dilakukan kakaknya Budiman sebagai pelaku utama dengan menyediakan sepeda motor hingga akses masuk ke dalam kantor desa.

"Jadi WG ini Kades aktif di Desa Negalsari, desa yang kantornya dibakar. Dia berperan walau tidak membakar kantor desa secara langsung. Pelaku Utamanya BD kakak kandung WG yang juga ASN sebagai guru olah raga sekolah dasar," ucap Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, Senin (17/2/2020).

Polisi mengungkap motif aksi pembakaran kantor desa karena WG selaku kepala desa tidak siap menghadapi audit Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa Tahun 2019 dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya.

"Tersangka BD dan WG telah merencanakan untuk melakukan pembakaran kantor desa karena diduga kuat bahwa tersangka W selaku Kepala Desa tidak siap menghadapi kedatangan, pemeriksaan dari inspektorat yang dijadwalkan pada hari Senin 20 Januari 2020 untuk dilakukan audit ke Desa Neglasari terkait dengan LPJ (laporan pertanggungjawaban) dana desa tahun 2019," katanya.

Sementara itu, Wawan mengaku tidak pernah meminta kakak kandungnya itu membakar kantor desa. Dirinya bahkan sempat melarang, namun sang kakak tetap menjalankan aksi pembakaran itu. Alasannya, untuk menghentikan aksi demo warga.

"Saya gak nyuruh pak, malah saya larang tapi dia keuekuh ajah. Alasanya untuk hentikan yang demo," kata Wawan di Kantor polisi senin (17/2/2020).

Menyusul ditetapkanya BD dan WG sebagai tersangka pembakaran kantor Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, warga Desa Neglasari serempak mengucapkan syukur dan ucapan terimakasih kepada pihak kepolisian.

Selain berterimakasih kepada Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK MH dan kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo Tarigan SIK, masyarakat juga apresiasi tindakan polisi yang dengan cepat mengungkap kasus memalukan ini.

"Saat ini kami warga Neglasari sangat bersyukur setelah mendapat informasi dari pihak kepolisian bahwa kasus pembakaran Desa Neglasari telah terungkap bahkan pelakunya ditangkap," kata Ketua Forum Masyarakat Neglasari (FMN), Sani Junan Hudaya, saat mendatangi Mapolres Tasikmalaya, Selasa (18/2/2020).

Ia dan sejumlah perwakilan warga Neglasari mengaku kaget saat mengetahui pelaku pembakaran yang kini diamankan polisi itu, adalah kakak beradik yang masing-masing merupakan pejabat negara dan abdi pemerintah.

"Jujur kami kaget jika pelakunya adalah seorang guru dan kadesnya sendiri. Kami memang sebelumnya ada kecurigaan bahwa kebakaran kantor desa itu karena ada yang membakar. Tetapi tidak mencurigai jika pelakunya orang dalam," ujar Sani.

Lebih lanjut, sejak akhir tahun 2016 lalu, warga sudah meminta pihak desa transparan menyampaikan laporan pengalokasian dana desa, namun tidak pernah diindahkan. "Hasil investigasi kami sejak tahun 2016 hingga 2019, dalam proses pelaksanaan proyek-proyek pembangunan di Desa Neglasari, ada sekitar Rp 2,1 milyar dana desa menguap tidak jelas ini yang kami demokan kami minta kejelasan dari Kades," kata Sani.

Akibat perbuatannya ,pelaku diancam Pasal 187 KUHPidana Jo Pasal 56 KUHPidana dengan ancaman kurungan empat hingga paling lama dua belas tahun penjara.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/02/tak-siap-hadapi-audit-kades-di-tasik.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Animal Malaysia Tawar Ganjaran Rm10 000 Pemberi Maklumat Kes Bakar Kucing Guna Minyak Petrol

Animal Malaysia Tawar Ganjaran Rm10 000 Pemberi Maklumat Kes Bakar Kucing Guna Minyak Petrol

papar berkaitan - pada 19/7/2020 - jumlah : 533 hits
Animal Malaysia menaikkan tawaran ganjaran daripada RM3 000 00 kepada RM10 000 00 untuk mana mana individu atau kumpulan yang boleh mengesahkan Aksi bakar anak kucing dengan mencurah minyak api lalu mencucuh api menggunakan pemetik api Anim...
Bakar Kucing Persatuan Tawar Rm10 000 Untuk Maklumat Tepat

Bakar Kucing Persatuan Tawar Rm10 000 Untuk Maklumat Tepat

papar berkaitan - pada 20/7/2020 - jumlah : 543 hits
Terdahulu persatuan terbabit memuat naik klip video berdurasi 45 saat yang memaparkan seekor anak kucing sedang dibakar dan perbuatan itu dirakam sendiri oleh pelakunya
Tiru Kelakuan Manusia Empat Ekor Anjing Ini Beratur Untuk Membeli Daging Bakar Bijak Betul

Tiru Kelakuan Manusia Empat Ekor Anjing Ini Beratur Untuk Membeli Daging Bakar Bijak Betul

papar berkaitan - pada 20/7/2020 - jumlah : 427 hits
Etika untuk beratur semasa menunggu untuk dilayan di mana mana lokasipun adalah salah satu etika sosial yang diamalkan di seluruh dunia Malahan etika ini akan menyebabkan sesebuah kelompok masyarakat itu menjadi lebih beradap dan bertatasus...
Rajin Buat Resepi Macaroni Bakar Simple Dan Sedap

Rajin Buat Resepi Macaroni Bakar Simple Dan Sedap

papar berkaitan - pada 20/7/2020 - jumlah : 399 hits
Cara Buat Macaroni Bakar Simple dan Sedap Haiiii sayang sayang semua Sihat ke Macam mana korang adapt life dengan
Tepergok Bakar Lahan 6 Petani Di Sumsel Ditangkap Polisi

Tepergok Bakar Lahan 6 Petani Di Sumsel Ditangkap Polisi

papar berkaitan - pada 17/7/2020 - jumlah : 168 hits
Pelaku BG membakar lahan untuk dijadikan kebun jagung Barang bukti diamankan minyak solar korek api dan sebilah pisau
Krisis Covid 19 Pn Umpama Lilin Bakar Diri Menerangi Rakyat Noh

Krisis Covid 19 Pn Umpama Lilin Bakar Diri Menerangi Rakyat Noh

papar berkaitan - pada 16/7/2020 - jumlah : 240 hits
15 JULAI Ahli ahli Parlimen yang menyertai Perikatan Nasional telah mengorbankan kepentingan politik masing masing bagi menyelamatkan negara dan rakyat ketika tercetus krisis yang disebabkan oleh Pakatan Harapan serta pandemik COVID 19 Ahli...
Bakar Obat Nyamuk 3 Warga Jatimurni Tewas Terbakar

Bakar Obat Nyamuk 3 Warga Jatimurni Tewas Terbakar

papar berkaitan - pada 13/7/2020 - jumlah : 209 hits
Kebakaran hebat menghanguskan rumah tinggal di Jalan Griya Jatimurni Blok D No 11 RT 4 5 Kelurahan Jatimurni Kecamatan Pondok Melati Kota Bekasi Senin dini hari Akibatnya tiga orang penghuni tewas terbakar dan satu orang dikabarkan selamat ...
Resepi Ikan Bakar Pari Bersambal Enak Dimakan Ketika Lunch

Resepi Ikan Bakar Pari Bersambal Enak Dimakan Ketika Lunch

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 403 hits
RESEPI IKAN BAKAR PARI BERSAMBAL ENAK DIMAKAN KETIKA LUNCHBAHAN BAHAN DIPERLUKAN 3 keping ikan bawal 5 6 helai daun limau purut hiris halus untuk taburkan di atas ikan 1 2 cawan minyak bawang putih Minyak bawang putih disediakan dengan pana...
Resipi Daging Bakar Danok Padu Rahsia Daging Cepat Lembut Perap Dengan Bahan Ni

Resipi Daging Bakar Danok Padu Rahsia Daging Cepat Lembut Perap Dengan Bahan Ni

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 288 hits
Bagi yang pertama kali mendengar tentang daging bakar danok pasti anda tertanya tanya bagaimana rasa daging tersebut kan Daging bakar danok yang berasal dari Thailand ni memang sangat famous dicicah pula dengan sos pedas pedas masam memang ...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Makanan Perlis Paling Popular

Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Panduan Produk Kesihatan

Tafsir Mimpi Gajah

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Lyodra Tak Selalu Memiliki Chord

No Campaign Elements In Kkb Hari Raya Open House Selangor Mb Tells Bersih

Should Stakeholders Sue Bloomberg To Prove 2nd Casino Licence Claim For Johor S Forest City Is Sheer Slander

Essential Guide To Safe Well Water Maintenance

Drama Dia Pria Terhebat

Jambu Batu Kandungan Nutrisi Dan Manfaatnya Untuk Kesihatan