Skandal Beras Palsu Terungkap Di Cina



Sebuah skandal keamanan pangan khususnya mengenai beras palsu baru-baru ini mengguncang Cina. Berdasar dari laporan berita disebutkan bahwa beras palsu atau beras plastik itu dibuat dengan cara mencampur kentang dengan resin sintetik. Sebuah rumor mengatakan pula tentang beras 'murah tapi menguntungkan' yang di ekspor ke negara-negara Asia lainnya termasuk Singapura, Indonesia, Vietnam, dan India.
Keberadaan beras palsu memang agak sulit untuk dibedakan dengan beras alami saat ini. Satu-satunya cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memasaknya, karena beras plastik akan tetap keras atau bahkan hancur dan sulit untuk dicerna. Sebuah publikasi menjelaskan pula bahwa memasak sup yang dicampur dengan beras plastik akan menghasilkan lapisan plastik di bagian atasnya, yang mudah terbakar ketika dipanaskan.
Para ahli kesehatan memperingatkan pula bahwa beras palsu atau beras plastik ini jika dikonsumsi bisa mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan. Bahkan menurut salah seorang pejabat dari Asosiasi Restoran Cina, siapapun yang memakan tiga mangkuk nasi plastik akan sama hasilnya dengan mengkonsumsi satu kantong plastik!
Kabar mengenai adanya beras palsu atau beras plastik ternyata memang sudah lama beredar di media sosial seperti Facebook dan aplikasi mobile messaging Whatsapp dalam beberapa tahun terakhir. Dalam laporan tersebut ditunjukkan bahwa beras plastik tersebut awalnya dijual di pasar Cina, tepatnya di daerah Taiyuan, provinsi Shaanxi, Cina. Keberadaan beras palsu atau beras plastik tersebut memang hanya bisa didapatkan di toko-toko kecil, bukan di supermarket besar, hal inilah yang menyebabkan sulit di deteksi. Tak heran bila kini semakin banyak orang kuatir penjualan beras plastik tersebut akan semakin menyebar ke negara-negara lainnya di Asia.

Hasan Malek, Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Konsumerisme Malaysia, mengatakan bahwa orang-orang tidak perlu panik sebelum kabar tersebut resmi dikonfirmasi. "Kabar tersebut bisa benar atau salah," demikian penuturannya pada media Star Online. "Kami juga tidak tahu apakah beral palsu sudah memasuki negara ini, tapi kami takkan menyepelekan kabar ini dan akan melakukan investigasi secara nasional."

Hasan juga menegaskan bahwa tim investigasi akan fokus pada pengujian sampel beras yang di dapat dari toko-toko kecil. "Kami akan melakukan investigasi, tapi saya menghimbau untuk masyarakat pun ikut melaporkan kepada kementrian jika mereka menemukan keberadaan beras palsu tersebut di pasaran. Semua laporan akan diperlakukan secara rahasia." Dia juga menambahkan bahwa beras palsu atau beras plastik tersebut akan sulit untuk di deteksi jika telah dicampur dengan beras biasa.

Sementara itu, BPOM Singapura atau Agri-Food and Veterinary Authority (AVA) juga bereaksi terhadap kabar ini. "Merupakan bagian pengawasan rutin yang kami lakukan untuk memeriksa beras impor secara teratur dan memastikan sampel mengikuti kepatuhan terhadap standar keamanan pangan," kata juru bicara AVA kepada The Straits Times. "Hingga saat ini kami memang belum menemukan bukti adanya beras palsu."

Skandal beras palsu merupakan salah satu dari sekian banyak masalah keamanan pangan yang harus ditangani oleh pemerinyah Cina. Tercatat pada tahun 2010 lalu, sebuah perusahaan di Xi'an, provinsi Shaanxi juga terbukti mencampurkan semacam 'bumbu' pada beras yang mereka jual agar terasa seperti 'beras Wuchang' yang dikenal mahal. Sebelumnya pada 2008, ada pula skandal susu formula bayi yang bercampur dengan senyawa plastik atau melamin, hingga menyebabkan enam bayi meninggal dan 300.000 bayi lainnya menderita masalah ginjal yang parah.

Parahnya, ternyata tak hanya beras yang pernah dipalsukan di Cina, tapi juga ada daging babi yang diubah menjadi daging sapi serta kenari berisi beton. Ckckck .... aya aya wae ....!!!

Sumber: FMT, Shanghaiist, Asia News

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://adanyata.blogspot.com/2015/06/skandal-beras-palsu-terungkap-di-cina.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lagi Senang Daripada Rumi Pakcik Cina Dah Sebati Dengan Tulisan Jawi

Lagi Senang Daripada Rumi Pakcik Cina Dah Sebati Dengan Tulisan Jawi

papar berkaitan - pada 24/8/2019 - jumlah : 482 hits
Isu penggunaan tulisan jawi dan seni khat dalam kalangan murid dan pelajar menjadi topik perbincangan hangat sejak kebelakangan ini Namun bagi Owee Ching Iyu dia amat meminati tulisan jawi malah sering menggunakannya dalam kehidupan seharia...
Lukisan Tulang Ikan Karya Seniman Cina

Lukisan Tulang Ikan Karya Seniman Cina

papar berkaitan - pada 25/8/2019 - jumlah : 553 hits
Selama kurang lebih dua dekade terakhir seniman asal Cina Lin Hanbing telah memproduksi karya karya seni yang indah dibuat secara eksklusif dari limbah tulang ikan Dan tak hanya sekedar terfokus pada proses kreatif semata tapi ia juga ingin...
5 Sajian Cina Kesukaan Rakyat Malaysia Dari Crg Selera Satukan Kita

5 Sajian Cina Kesukaan Rakyat Malaysia Dari Crg Selera Satukan Kita

papar berkaitan - pada 26/8/2019 - jumlah : 303 hits
Min gerenti korang mesti gemar makan sajian Cina Setuju kan kalau Min kata sajian cina mendapat tempat di hati rakyat negara ini tanpa mengenal kaum Menu masakan laut tofu dan sajian kukus berasaskan resipi autentik cina telah menjadi sebah...
Coretan Bekas Pm Australia Tentang Cina Australia

Coretan Bekas Pm Australia Tentang Cina Australia

papar berkaitan - pada 20/8/2019 - jumlah : 422 hits
1 Orang Cina yang harus sesuaikan diri di negara ini bukan kami sebagai Australian Terima atau keluar sahaja dari sini Saya selaku bekas Perdana Menteri bosan dengan negara yang bimbang tentang sama ada kita menyinggung orang Cina yang ting...
Nenek Cina Juga Rakyat Malaysia Seperti Saya Permaisuri Johor

Nenek Cina Juga Rakyat Malaysia Seperti Saya Permaisuri Johor

papar berkaitan - pada 20/8/2019 - jumlah : 388 hits
Raja Zarith Sofia memberi penghormatan kepada nenda belah ayahandanya dalam satu catatan di Facebook
Halau Zakir Naik Atau Cina Keling Ph

Halau Zakir Naik Atau Cina Keling Ph

papar berkaitan - pada 19/8/2019 - jumlah : 764 hits
Akmal Sukeri menyeru Saya menyokong sepenuhnya Zakir Naik diusir dan dihalau balik ke India Banyak kenyataan beliau yang mengguris keharmonian kaum di Malaysia seperti1 Zakir Naik menggelarkan kerajaan Kelantan sebagai Taliban 2 Zakir Naik ...
Mahu Komunis Diiktiraf Dap Khianati Agama Orang Cina

Mahu Komunis Diiktiraf Dap Khianati Agama Orang Cina

papar berkaitan - pada 20/8/2019 - jumlah : 328 hits
Pemimpin DAP mahu Komunis diiktiraf dihargai BERITA YB Haji Razman Zakaria Pesuruhjaya PAS Perak merangkap ADUN Semanggul ini amat mengharukan Beliau mendedahkan Ciapan seorang pemimpin DAP di akaun Twitter beliau bahawa mendiang datuknya a...
Klia Airport Terbesar Di Dunia Bila Terima 3 Juta Warga Cina Dalam Tempuh Satu Hari

Klia Airport Terbesar Di Dunia Bila Terima 3 Juta Warga Cina Dalam Tempuh Satu Hari

papar berkaitan - pada 28/8/2019 - jumlah : 583 hits
Diviralkan berita kononnya sewaktu sistem di KLIA shutdown maka itu satu perancangan untuk bawa masuk 3 juta rakyat dari China ke negara ini Kita tahu sistem hanya shutdown tak sampai satu hari pun Waktu itu semua check in out guna manual s...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024