Siaga Virus Korona


Virus korona yang sedang mewabah di China menuntut kewaspadaan dan langkah sigap dari pemerintah. Jangan sampai terlambat melakukan langkah antisi­pa­si terhadap penyebaran virus penyebab pneumonia be­rat ini. Caranya, pastikan seluruh pintu masuk ke Indo­esia, terutama di bandara internasional dan pe­la­buh­an, dilakukan pemeriksaan dengan menyasar penum­pang yang datang dari China, negara tempat virus ini mewabah.

Cukup melegakan apa yang disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto pada Jumat (17/1) lalu bahwa pihaknya kini telah menyiagakan seluruh satuan kesehatan di bandara internasional dan pelabuhan. Sebagaimana antisipasi penyebaran virus sebelum-sebelumnya, hal paling utama yang dilakukan adalah memasang alat thermal detector.

Langkah antisipasi oleh Kementerian Kesehatan ini penting demi memberi rasa aman dan tenang bagi warga Indonesia di tengah ramainya pemberitaan mengenai penyebaran virus yang bisa memicu kematian ini. Sejauh ini memang belum ada bukti yang menunjukkan bahwa virus korona ini bisa menular dari manusia ke manusia. Penyebaran ke manusia ditengarai berasal dari hewan. Namun langkah antisipasi dini tetap diperlukan.

Tidak hanya Indonesia, negara seperti Amerika Serikat pun su­dah melakukan pemeriksaan ketat di bandara demi mencegah ma­suknya vi­rus ini. Kekhawatiran negara-negara di dunia semakin be­sar karena da­lam waktu dekat akan berlangsung perayaan Tahun Ba­ru China, yak­ni pada akhir Januari.

Pada saat itu diperkirakan jutaan warga Chi­na akan bepergian pulang atau ke luar negeri. Pergerakan ma­nusia dari China dalam jumlah besar ini tentu memerlukan lang­kah antisipasi oleh setiap negara, termasuk Indonesia.

Bahkan, khu­sus Indonesia, tanpa momentum Tahun Baru Imlek pun tetap harus me­masang kewaspadaan tinggi. Hal itu tak lepas dari fakta ba­nyak­nya turis dari Negeri Tirai Bambu yang berkunjung ke Indonesia se­tiap waktu. Jumlah turis China merupakan yang terbesar kedua ke Indo­nesia setelah Malaysia.

Sebagai gambaran, Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) pada Januari-Agustus 2019 menyebut turis China yang ber­wi­sata ke Tanah Air mencapai 193.400 kunjungan. Ini mencakup 12,43% dari total kunjungan turis mancanegara ke Indonesia pada periode tersebut.

Perkembangan penyebaran virus ini memang kian meng­kha­wa­tir­kan sejak pertama kali terungkap di Wuhan, China bagian timur, pa­da awal Desember 2019. Sejauh ini sudah dua korban yang di­nya­ta­kan meninggal dunia setelah terinfeksi.

Ada lebih dari 60 kasus yang sudah terkonfirmasi, tetapi angka tersebut bisa jadi jauh lebih be­sar. Tiga kasus telah terdeteksi di luar China, dua di Thailand dan sa­tu di Jepang. Para pejabat kesehatan di Thailand dan Jepang me­nga­takan kedua korban mengunjungi Wuhan sebelum jatuh sakit.

Jenis virus baru yang menggemparkan ini adalah 2019-nCoV. Ini diketahui sebagai virus dari jenis korona dan merupakan keluarga virus yang dapat menyebabkan gejala seperti pilek hingga severe acute respiratory syndrome (SARS).

Jika terinfeksi virus korona akan timbul demam, batuk, dan sesak napas sehingga sangat berbahaya pada lansia atau orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah atau sedang terinfeksi jenis penyakit lain. Dalam kasus yang parah, infeksi ini dapat berakibat pada gagal pernapasan dan gagal ginjal.

Pemeriksaan terhadap warga yang datang dari China tentu tidak cukup. Perlu langkah lain, termasuk mengingatkan WNI yang akan ber­kunjung ke China agar waspada. Sedapat mungkin aktivitas se­lama berada di negara tersebut tidak mendekati pasar hewan. Ji­kapun sulit dihindari seyogianya tetap memakai alat perlindung­an diri, misalnya masker, kacamata, sarung tangan.

Di dalam negeri juga perlu ada pengumuman melalui media atau saluran lain yang dianggap efektif. Papan peringatan terutama perlu dipasang di bandara. Tak kalah penting, masyarakat perlu diimbau agar tidak segan memeriksakan diri jika mendapati gejala yang mengarah ke penyakit ini. Petugas kesehatan di rumah sakit di daerah juga perlu disiapkan jika sewaktu-waktu ditemukan kasus.

Kewaspadaan tinggi dengan memeriksa setiap pendatang dari negara yang terjangkit virus sebenarnya bukan hal yang baru dilakukan. Di antaranya ketika menyebar virus SARS pada 2002-2003. Waktu itu tidak kurang dari 774 orang yang meninggal akibat terjangkit virus ini di puluhan negara berbeda. Sementara itu sejak 2012 ada 858 orang yang meninggal akibat terjangkit virus MERS, yang sebagian besar kasusnya terjadi di Arab Saudi.

Namun, kendati perlu kewaspadaan tinggi, masyarakat tetap perlu tenang dan tidak khawatir berlebihan dalam merespons ramainya berita tentang penyebaran virus korona. Hal terpenting adalah tetap waspada dan melakukan persiapan ketika hendak bepergian ke luar negeri, terutama ke China.
(nag)

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1501525/16/siaga-virus-korona-1579474453

Gambar: Virus korona yang sedang mewabah di China menuntut kewaspadaan dan langkah sigap dari pemerintah. Dokumen/SINDOnews

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/01/siaga-virus-korona.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
4 Disyaki Telah Dijangkiti Virus Korona

4 Disyaki Telah Dijangkiti Virus Korona

papar berkaitan - pada 25/1/2020 - jumlah : 75 hits
KUALA LUMPUR Kementerian Kesihatan hari ini berkata empat kes disyaki Conovirus wabak jangkitan 2019 novel coronavirus dicatatkan di dua negeri hari ini Bagaimanapun menurut Ketua Pengarah Kesihatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah tiga daripa...
Kematian Meningkat China Beri Amaran Penularan Virus Korona

Kematian Meningkat China Beri Amaran Penularan Virus Korona

papar berkaitan - pada 23/1/2020 - jumlah : 60 hits
BEIJING China hari ini memberi amaran virus korona baharu seperti SARS yang telah meragut sembilan nyawa dan menjangkiti ratusan individu serta kini merebak ke negara lain mungkin boleh mengalami mutasi Timbalan Menteri Suruhanjaya Kesihata...
Wabah Virus Korona Di China Jangkiti 200 Orang

Wabah Virus Korona Di China Jangkiti 200 Orang

papar berkaitan - pada 21/1/2020 - jumlah : 61 hits
Jumlah warga China yang terjangkit jenis baru virus Corona meningkat menjadi 200 orang
Politisasi Virus Korona

Politisasi Virus Korona

papar berkaitan - pada 31/1/2020 - jumlah : 73 hits
by Yusuf MuhammadVirus korona lagi viral dan ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia dan juga negara lain tapi sayangnya sebagian kelompok justru mempolitisasi kasus virus korona secara membabi buta Saya sangat menyayangkan adanya oknum ...
Ular Dan Kelawar Punca Wabak Virus Korona Menular Di China

Ular Dan Kelawar Punca Wabak Virus Korona Menular Di China

papar berkaitan - pada 25/1/2020 - jumlah : 217 hits
Coronavirus baharu yang tercetus di China mungkin berasal daripada kelawar atau ular menurut hasil analisis terhadap genetik virus itu yang sudah meragut 17 nyawa setakat ini Teori itu adalah berdasarkan pemeriksaan terhadap urutan genom vi...
Garuda Indonesia Siap Siaga Cegah Virus Corona Masuk Indonesia

Garuda Indonesia Siap Siaga Cegah Virus Corona Masuk Indonesia

papar berkaitan - pada 25/1/2020 - jumlah : 26 hits
Wabah virus corona mulai menjalar ke beberapa negara Virus asal China ini mulai merebak ke empat negara di Asia Tenggara salah satunya Vietnam Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan ot...
Virus Corona Renggut 106 Jiwa Dpr Sarankan Pemerintah Tetapkan Siaga Satu

Virus Corona Renggut 106 Jiwa Dpr Sarankan Pemerintah Tetapkan Siaga Satu

papar berkaitan - pada 29/1/2020 - jumlah : 9 hits
Dia menuturkan jika perlu seluruh pesawat dan kapal yang transit maupun berlabuh di bandara serta pelabuhan Indonesia dilakukan penyemprotan disinvektan guna mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona dari negara lain
Cegah Virus Corona Pemerintah Perketat Wisatawan Dari China Yang Datangi Indonesia

Cegah Virus Corona Pemerintah Perketat Wisatawan Dari China Yang Datangi Indonesia

papar berkaitan - pada 25/1/2020 - jumlah : 23 hits
Presiden Joko Widodo yang sudah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mengawasi benar para wisatawan yang datang ke Indonesia
Jawa Barat Berpotensi Terpapar Virus Corona

Jawa Barat Berpotensi Terpapar Virus Corona

papar berkaitan - pada 26/1/2020 - jumlah : 57 hits
Selain itu wilayah Jawa Barat juga menjadi lokasi proyek kereta api cepat Bandung Jakarta yang pekerja datang dari China China sendiri adalah negara asal virus ini Sejauh ini sudah ada beberapa negara yang mendapati warganya terpapar virus ...
Kumpulan Perampas Sudah Mengaku Kalah

Insha Allah Dsai Menjadi Pilihan Yang Di Pertuan Agong

Pm Interim Mahu Bentuk Kerajaan Perpaduan Tanpa Pembangkang Bn Pas Pbrs Bantah

Maklumat Menarik Mengenai Pertemuan Agong Dengan Ahli Parlimen Petang Tadi

Tommy Thomas Bakal Menasihati Ydpa

Menuju Ke Pilihan Raya Umum Ke 15

Video Semburit Homemade Mirip Pelakon Lokal Viral Di Media Sosial

Mereka Sudah Berdamai Alhamdulillah Nenek



Ini Syarat Dayana Amerda Jika Naim Daniel Mahu Emel Bukti Hakcipta Lagu Sumpah

Isu Buka Tudung Sepenuhnya Akhirnya Ini Jawab Liyana Jasmay

Kisah Kerajaan Amerika Selesaikan Masalah Ketagihan Arak Dengan Racun

Resepi Sotong Kerabu Telur Masin Paling Istimewa

5 Makhluk Mitos Yang Terus Menghantui Masyarakat Dunia


Electrical Technician

Dap Sokong Anwar Pm Kelapan

Seller Support

Kerani Stor

Hafizh Syahrin Terima Tajaan Umw Grantt International Sdn Bhd

Dr Mahathir Dedah Sebab Berundur Mengejut