Shalawat Al Fatah Shalawat Bani Hasyim


SHALAWAT AL-FATAH/ARSYIS TAWA (PEMBUKA / KERAJAAN ARASY)

            Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam, shalawat dan salam untuk Nabi dan Rasul yang paling mulia, Nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya. Sesungguhnya Allah dengan segala kekuasaan-Nya telah mengutus nabi-Nya Muhammad dan telah memberinya kekhususan dan kemuliaan untuk menyampaikan risalah. Ia telah menjadikannya rahmat bagi seluruh alam dan pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa serta menjadikannya orang yang dapat memberi petunjuk ke jalan yang lurus. Maka seorang hamba harus taat kepadanya, menghormati dan melaksanakan hak-haknya. Dan di antara hak- haknya adalah Allah mengkhususkan baginya shalawat dan memerintahkan kita untuk itu di dalam kitab-Nya yang agung (Al Qur’an) dan Sunnah nabi-Nya yang mulia (Hadits). Seseorang yang yang bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW, akan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Maka sungguh berbahagialah orang yang mendapatkan itu.
   
            Pada dasarnya kita bershalawat adalah karena kita cinta kepada Allah dan Rasulul-Nya. Cinta kepada Allah dan RasulNya, karena sebenarnya kita yang membutuhkannya. Sama aja dengan kita mencintai diri kita sendiri. Kita melakukannya karena kita membutuhkan kasih sayang serta rahmat dari Allah Ta’ala dan syafaat dari Rasulullah SAW.

            Makna di balik shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya adalah bahwa syafa’at Beliau Rasulullah SAW, bukan hanya nanti di akhirat kelak, tapi juga di dunia ini. Bukankah kita berdo’a dengan bertawassul kepada beliau? Itulah tanda kecintaan Beliau kepada kita, salah satunya adalah merasakan kenikmatan ketika nyawa dicabut dari badan.

Berikut teks Shalawat Al-Fattah / Shalawat Pembuka Pintu Kerajaan Arasy.

بِسْمِ اللّــٰهِ الرَّحْــمٰنِ الرَّحِـيْمِ
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّــدِنَـا مُحَــمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِ سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَـرْشِ اسْتِـوٰئِى تَــجَـلِّــيَـتِـكَ وَكُـنْـهِ هُوِيَّــةٍ تَـنَـزُّلَــتِكَ النُّوْرِ اْلأَزْهَرِ وَسِرِّ اْلأَبْـصَارِ وَالْـفَرْضِ الْجَمِيْعِ وَاْلوِتْـرِ اْلوَاسِعِ صَلَاةً أُشَاهِدُ بِـهَا عَـجَائِبِ الْمَلَـــكُوْتِ وَأَسْتَـجْلِــىَ بِـهَا عَـرَائِشَ الْجَــبَـرُوْتِ وَأَسْتَمْطِرُ بِـهَا غُـيُوْثَ الـرَّحْـمَةِ وَارْتَــضُوا بِـهَا عِنِ إلـٰىقَـةِ نَسُوْطِ اْلبَـهَمُوْتِ يَـالَـحُوْتَ كُلِّ نَسُوْطِ يَـا اَللّـٰــهُ


Manfaat Shalawat
            Bagi yang suka / sering membaca Shalawat Syaikhul Akbar Sayyidi Muhyiddin Ibnul Arabi RA ini sama dengan ia telah mengimbangi bacaan Kitab Dalaa-ilul Khoiroot dan InsyaAllah berkah shalawat ini pengamalnya akan sampai pada titik kemuliaan pangkat ahli ma’rifat.

            Terbuka hijab antara dirinya dengan Rasulullah SAW, sehingga memungkinkannya fana’ bersama Rasulullah SAW sebelum ia merasakan fana’ terhadap Allah SWT.

            Bagi para pengamal shalawat ini, InsyaAllah akan memperoleh kedekatan bersama dalam berjumpa dengan Rasulullah SAW setiap saat.



SHALAWAT AL-FATIH

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

“Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para Nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”


Kegunaan
1.
Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit.
2.
Untuk mengahapus dosa-dosa kecil
3.
Untuk dapat bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam mimpi
4.
Untuk dapat bertemu dan berkumpul dengan Nabi Besar Muhammad SAW di akhirat kelak



SHALAWAT AL-HIMAYAH TOLAK BALA'

اللهُم صَل عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَدٍ النبي الامي وَعَلَى اله وَصَحْبه وَسَلمْ صَلاَةً وَاَنْ تَغْفرَليْ بهَا وَلواَلدَي وَالْمُؤْمنيْنَ وَالْمُؤْمنَات وَالْمُسْلميْنَ وَالْمُسْلمَات الاحْيَاء منْهُمْ وَالامْواَت اَيْنَ مَا كَانُوْا فيْ جَميْع الْجهَاد وَالْبلاَد وَاَصْلحْ بهَاالامَامَ وَالامةَ وَالرعيةَ وَ اَلفْ بَيْنَ قُلُوْبهمْ وَادْفَعْ شَر بَعْضهمْ عَنْ بَعْض وَمما نَخَافُ وَنَحْذَرْ.

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa‘alaa aalihii washahbihii wasallim shalaatan wa an taghfiraliy bihaa waliwaalidayya walmu’miniina walmu’minaat walmuslimiina walmuslimaat al-ahyaa’i minhum wal amwaat ainamaa kaanuu fii jamii’il jihaad walbilaad, wa ashlih bihal imaama wal ummata warra’iya warra’iyyata wa allif baina quluubihim wadfa’ syarra ba’dhihim ‘an badh wamimmaa nakhaafu wa nahdzar (3 atau 7 kali).

“Ya Allah limpahkan shalawat kepada Nabi Muhammad, nabi yang ummi, dan keluarganya serta para sahabatnya kesejahteraannya dengan shalawat ini Engkau mengampuni dosa-dosa kami, dosa orang tua kami, dosa orang-orang yang beragama Islam laki-laki dan perempuan, dan orang mukmin laki-laki dan perempuan yang masih hidup maupun yang telah mati dan memperbaiki kepada ulama dan umat serta pemimpin dan rakyat, dan satukanlah hati-hati mereka, dan menjauhi segala keburukan diantara mereka dan dari segala yang kami takuti dan kami khawatirkan.”


Shalawat ini merupakan amalan para Wali Abdal, Autad dan Aqthab. Shalawat ini mempunyai banyak faedah, manfaat dan khasiat serta keajaiban yang tidak bisa dihitung dan tak terbatas. Diantara keuntungan itu adalah Allah Swt. akan melimpahkan maghfirah (ampunan) dan memperbaiki, melindungi, mendapatkan perlindungan, keamanan, penjagaan dari segala fitnah serta kesulitan yang keluar dari dalam bumi maupun turun dari langit, perlindungan dari segala keburukan seperti penyakit dan akibat dari perbuatan buruk yang mengenai fisik dan jiwa, juga mendapatkan keselamatan dari segala urusan lahir dan batin di dalam urusan agama, dunia dan akhirat.

Boleh dibaca kapan saja, sebanyak sekali, tiga kali atau tujuh kali, boleh setiap sehabis Shalat, setiap pagi dan malam, atau setiap hari.

Dari Rois Aam Jam’iyyah Ahlit Thoriqoh an-Nahdliyyah, Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya Ba’Alawiy.

Shalawat bisa diamalkan siapa saja walau tanpa ijazah, dan merupakan suatu keutamaan. Namun tentu yang lebih utama adalah mengamalkan dengan diijazahkan terlebih dahulu.



SHALAWAT AL-IN'AM (PINTU SEGALA ANUGERAH)

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ عَدَدَ إِنْعَامِ اللهِ وَإِفْضَالِهِ

 “Ya Allah berikanlah shalawat, salam dan berkah kepada pemimpin kami Nabi Muhammad dan kepada keluarganya, sejumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya.”

Syekh al-Quthb Ahmad Dardir al-Khalwatiy Radhiyallahu Anhu menyebutkan redaksi shalawat al-In'am dalam kitab kumpulan shalawat beliau, As-Shalawat ad-Dardiriyyah. Syekh Ahmad Bin Muhammad as-Shawiy al-Malikiy al-Khalwatiy Radhiyallahu Anhu menyebutkan: "Shalawat al-In'am merupakan bagian dari penyebab terbukanya pintu-pintu kenikmatan dunia dan akhirat bagi orang yang mendapatkannya. Pahala membacanya sangat besar tak terhingga. Dapat kamu ketahui bahwa pahala itu ditentukan sesuai dengan besarnya tuntutan dari shalawat tersebut.

Pernyataan Kalimat "sejumlah kenikmatan Allah" artinya: kekuasaan Allah itu memiliki taalluq (hubungan) dengan segala nikmat dunia maupun akhirat. Sedangkan kalimat "sejumlah karunia-Nya" artinya: kekuasaan Allah bertaalluq (hubungan) dengan seluruh anugrah dunia dan akhirat. Kesimpulan makna kedua kalimat tersebut adalah permohonan shalawat kepada Allah untuk dilimpahkan kepada Nabi Muhammad dengan jumlah shalawat yang tak terhingga.

Tidak ada satu nikmat maupun anugerah yang ada di alam ini melainkan terjadi dengan kehendak Allah. Nikmat serta anugrah Allah tidak terhingga jumlahnya. Jangankan menghitung, mensyukurinya pun manusia sulit. Kalkulator, komputer serta alat canggih mana yang bisa dijadikan alat untuk menghitung nikmat Allah.




SHALAWAT AN-NISA

ShalawatAn-Nisa ini adalah shalawat untuk perempuan pekerja keras agar senantiasa diberkahi dengan diberi hati yang tegar, sabar dan ikhlas. Diberikan tenaga yang kuat sehingga pekerjaan cepat selesai dengan sempurna atas izin Allah SWT. 

Shalawat ini adalah ijazah dari Habib Ahmad bin Hasan Al-Kaff yang diterima dari paman beliau, Habib Abdurrahman bin Ahmad Al-Kaff.

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلـٰى سَيِّــدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى اٰلِــهِ وَصَحْـبِهِ وَسَلِّـمْ وَأَذْهِبْ حَــزَنَ قَـلْــبِى فِى الدُّنْــيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma sholli 'alaa Sayidina Muhammadin wa ’alaa 'aalihi wa shohbihi wasalim wa adzhib hazana qolbii fii dunya wal akhiroh

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat & salam kepada sayyidina Muhammad beserta para keluarga & sahabatnya, dan hilangkanlah kesedihan hatiku di dunia maupun akhirat.”

Shalawat An-Nisa’ ini dibaca setiap hari dengan jumlah sebanyak-banyaknya / bilangannya tidak ditentukan. 



SHALAWAT ANTI GALAU DUNIA-AKHIRAT

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اَللهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ . وَأَذْهِبْ حُزْنَ قَلْبِي فِي الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ .

Allahumma shalli 'alaa sayyidina Muhammadin Allahumma shalli 'alayhi wa sallam wa 'adzhib huzna qalbii fii dunyaa wal akhirat

"Ya Allah, berikanlah shalawat kepada Pemimpin kami Nabi Muhammad. Ya Allah, berikan kepadanya shalawat daln Salam. Hilangkan kesedihan hatiku di dunia dan akhirat."

Shalawat ini dinisbahkan kepada seorang wali besar yang merupakan keturunan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, al-Habib Ali Bin Hasan al-Atthas Radhiyallahu Anhu. Beliau berkata,"Salah satu penyebab datangnya futuh (terbukanya rahasia dari Allah) kepada kami adalah dengan membaca doa ini. Shalawat ini termasuk doa yang sangat besar manfaatnya bila dibaca. Aku berharap manfaatnya merata kepada kaum muslimin sebagai doa yang mustajab."

Hendaknya shalawat ini dibaca pada Malam Jumat atau di Hari Jumat sebanyak 1000 kali.



SHALAWAT ARJU KULLI HARFIN (SHALWAT SEJUMLAH HURUF AL-QURAN)

اللهم صل علی سيدنا محمد واله بعدد جميع مافى القرآن حرفا حرفا  وبعدد کل حرف الفا الفا وصل وسلم علی سيدنا محمد بعدد کل الف ضعفا ضعفا

Allâhumma sholli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa âlihî bi’adadi jamî’i mâ fîl qur-âni harfan harfan wa bi’adadi kulli harfin alfan alfan wa sholli wa sallim ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin bi’adadi kulli alfin dli’fan dli’fan

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, menurut bilangan apa yang ada dalam Al-Quran berupa huruf demi huruf, dan menurut bilangan setiap huruf satu juta. Limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad menurut bilangan setiap huruf dan berlipat lipat."

اللهم صل علی سيدنا محمد وعلی اله عدد ما خلقت

Allâhumma sholli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âlihî ‘adada mâ kholaqta

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya menurut bilangan apa yang Engkau ciptakan."

اللهم صل على سيدنا محمد وعلی اله عدد کل شيء

Allâhumma sholli ‘alâ sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âlihî ‘adada kulli syai-in

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya menurut bilangan segala sesuatu."

اللهم صل علی سيدنا محمد وعلی اله ملء کل شيء

Allâhumma sholli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âlihî mil-u kulli syai-in

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya menurut penuhnya segala sesuatu."

اللهم صل علی سيدنا محمد وعلی اله عدد ما احصاه کتابك محمد صلی الله عليه وسلم وعلی اله وصحبه المقتفين اثره فی الإرشاد والفائزين منه بأکمل الإمداد

Allâhumma sholli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âlihî ‘adada mâ ahshôhu kitâbuka Muhammadun shollâllâhu ‘alaihi wa sallama wa ‘alâ âlihî wa shohbihil muqtafîna atsarohû fîl irsyâdi wal fâ-izîna minhu bi akmalil imdâdi

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, menurut bilangan apa yang terhitung dalam Kitab-Mu (yang Engkau berikan kepada) Nabi Muhammad SAW, dan kepada keluarganya serta sahabat sahabatnya yang mengikuti jejaknya di dalam (mencari) petunjuk dan keselamatan darinya, dengan kesempurnaan pertolongan."


Keutamaan & Khasiat
1.
Bila shalawat ini dibaca 11 kali setiap akan bekerja, atau berdagang, insyâ Allâh akan diperoleh keberuntungan. Bacalah shalawat ini secara terus-menerus dan berkesinambungan disertai kemantapan hati, insyâ Allâh akan tercapai apa yang diinginkan.
2.
Barangsiapa membaca shalawat ini pada akhir Jumat di Bulan Rajab setelah selesai melakukan Shalat Jumat sebanyak 35 kali, insyâAllâh tangannya tidak pernah kosong dari harta.

Allâh wa Rosuluh a’lam

SHALAWAT ASNAWIYAH

Shalawat Asnawiyah merupakan Shalawat gubahan syair karya Kyai Haji Raden Asnawi (KHR. Asnawi) yang terkenal hingga sekarang. Ada yang mengatakan bahwa Shalawat Asnawiyah merupakan “Shalawat Nasionalis”, karena kalau kita mau menyimak syair shalawat tersebut, akan terlihat betapa Kyai Asnawi sangat mencintai Indonesia. Dalam syair tersebut terdapat doa yang khusus untuk Indonesia agar aman. Kyai Raden Asnawi adalah seorang ulama’ dan kyai kharismatik terkenal dari Kudus, Jawa Tengah salah seorang pendiri organisasi sosial keagamaan Islam terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia, yakni Nahdlatul Ulama (NU). NU memang dilahirkan oleh para ulama besar di Tanah Air pada 1926. Peran Kyai Raden Asnawi dalam mendirikan NU selama ini agak dilupakan, padahal beliau termasuk salah seorang tokoh kunci dalam upaya pendirian hingga penyebaran NU di Indonesia. Beliau juga seorang pejuang kemerdekaan yang sangat mencintai Negara Indonesia ( Indonesia Raya), beliau pernah dipenjara Belanda karena membela negara. Jejak perjalanan hidup Kyai Raden Asnawi menunjukkan bahwa beliau adalah seorang tokoh besar Islam yang mencintai negaranya, ulama’ yang berjiwa nasionalis sejati.

اَلصَّـلَوَاةُ اْلاَسْنَوِيَّةِ


لِ مُحَمَّدٍ سِرِّ اْلعُلاَ
۞
يَارَبِّ صَلِّ عَلىَ الرَّسُوْ


نَ الْغُرِّخَتْمًا اَوَّلاَ
۞
وَالْأَنْبِيآءِ وَالْمُرْسَلِيـْ

بِنُوْرِقُرْآنٍ جَلاَ
۞
يَارَبِّ نَوِّرْ قَلْبَنَا

قِرَاءَةٍ تُرَتَّلاَ
۞
وَفْتَحْ لَنَا بِدَرْسٍ اَوْ

لَناَ وَاَيَّ مَنْ تَلاَ
۞
وَارْزُقْ بِفَهْمٍ اْلأَنْبِيآ

دُنْياَ وَاُخْرَى كَامِلاَ
۞
ثَبِّتْ بِهِ إِمَانَنَا

بِانْدُوْنِسِيَّا رَايَا اَمَانْ
۞
اَمآنْ اَمآنْ اَمآنْ اَمآنْ

يَا رَبِّ رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ
۞
آمِينْ آمِينْ آمِينْ آمِينْ

وَيَا مُجِيْبَ السَّائِلِيْنَ
۞
آمِينْ آمِينْ آمِينْ آمِينْ

Ya Robbisholli 'ala Rasuu li Muhammadin sirril 'ulaa
Wal anbiyaa' wal mursaliin al ghurri khot man awwalaa 
Ya Robbi nawwir qolbanaa binuri quraanin jala
Waftah lanaa bidarsin aw qiroatin turottalaa
Warzuq bifahmil anbiyaa lanaa wa ayya mantalaa
Tsabit bihi iimananaa dunya wa ukhron kamila

Aman aman aman aman Indonesia Raya Aman
Amin amin amin amin Yaa Robbi Robbal 'alamin
Amin amin amin amin wayaa mujiibasassailiin


Wahai Tuhanku berilah Shalawat
kepada rasul
*
Baginda Nabi Muhammad yang
punya rahasia unggul

Dan para nabi dan para rasul
*
Awal akhir mulya betul

Wahai Tuhanku berilah sinar
pada hati kami
*
Dengan cahaya Al-Qur’an 
yang agung serta nan suci

Dan bukalah kami sebab
*
Baca Qur’an yang teliti

Dan berilah rizqi dengan 
kefahaman para nabi
*
Untuk kami orang orang 
yang membaca dan mengaji

Iman tetap sebab nabi
*
Dunia akhirat terpuji

Aman aman aman aman
*
Indonesia raya aman


Amin amin amin amin
*
Wahai pemilik alam semesta
Amin amin amin amin
*
Wahai pengkabul para pemohon




SHALAWAT AT-TAAJJIYYAH

Shalawat At Taajjiyyah sendiri dikarang oleh ulama yang sholeh asal Hadraumut, Syekh Abu Bakar bin Salim. Syekh Abu Bakar bin Salim dikenal akan kewaliannya dan memiliki derajat tinggi di sisi ALLAH SWT. Telah banyak karya karya peninggalannya, salah satunya adalah Shalawat At-Taajjiyyah ini. Beberapa manfaat dan keutamaan membacanya adalah untuk mencapai keridloan Allah SWT lahir-batin dan kesuksesan dunia akhirat.


اَللَهُمَّصَلِّوَسَّلِمْوَبَارِكْوَكَرِّمْ. بِقُدْرِعَظَمَةِذَاتِكَالْعَلِيَّةِ. فِىكُلِّوَقـْتٍوَحِيْنٍاَبَدًا. عَدَدَمَاعَلِمْتَ وَزِنَةَمَاعَلِمْتَوَمِلْءَمَاعَلِمْتَ. عَلىَسَيـِّدِنَاوَمَوْ لاَنَامُحَمَّدٍ. وَعَلَىآلِسَيـِّدِنَاوَمَوْ لاَنَامُحَمَّدٍ. صَاحِبِالتَّاجِوَالْمِعْرَاجِوَالْبُرَاقِوَالْعَلَمِ. وَدَافِعِالْبَلاَءِوَالْوَبَاءِوَالْمَرَضِوَاْلاَلَمِ. جِسْمُهُمُطَهَّرٌمُعَطَّرٌمُنَوَّرٌ. مَنِاسْمُهُمَـْكتُوْبٌمَرْفُوْعٌمَوْضُوْعٌعَلَىاللَّوْحِوَالْقَلَمِ. شَمْسِالضُّحَىبَدْرِالدُّجَىنُوْرِالْهُدَىمِصْبَاحِالظُّـلَمِ. اَبِىاْلقَاسِمِسَيِّدِاْلكَوْنَيْنِوَشَفِيْعِاْلثَّّـقَلَيْنِ. اَبِىاْلقَاسِمِسَيِّدِنَامُحَمَّدِبْنِعَبْدِاللهِسَيِّدِاْلعَرَبِوَاْلعَجَمِ. نَبِيِّاْلحَرَمَيْنِمَحْبُوْبٌعِنْدَرَبِّاْلمَشْرِقـَيْنِوَاْلمَغْرِبَيْنِ . يَاأََيـُّهَااْلمُشْـتَاقـُوْنَ لِنُوْرِجَمَالِهصَلـُّـْواعَلَيْهِ وَسَـلِّمُوْاتَسْلِيْمًا

Allahumma sholli wassalim wabarik wa kariim. Biqudri’adzamati zatikal ‘aliyyah. Fiikulli waqtiwahiinin abadan. ‘adada ‘alimta wazinata ma’alimta wamil ‘amaa ‘alimta. ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammadi. Wa’alaa ali sayyidinaa wamaulanaa muhammadi. Sohibittajiwal mi’raaji walburaaqi wal’alam. Wadaafi’il bala’I wal waba’I walmaradhi wal alam. Jismuhu muthohharun munawwarun. Manismuhu maktuubumar fuu’umau dhuu’un ‘alaallau hi walqalam. Syamsidhuhaa badriddujaa nuuril hudaa mishbaa hizhzhulam. Abilqoosimi sayyidil kaunayni wa syafii’sysyaqolayn. Abiil qasimi sayyidinaa muhammadibni ‘abdillahi sayyidil ‘arabi wal’ajam. Nabiyyal haramayni mahbuubun ‘indarabbil masyriqoyni wal Maghribayn. Yaa ‘ayyuhal musytaquuna linuuri jamalih sholluu ‘alayhi wasallamuutasliima.

“Ya Allah, limpahkanlah Shalawat dan salam, berikanlah keberkatan dan kemuliaan, sebesar keagungan Dzat-Mu Yang Maha Tinggi, di setiap waktu dan kesempatan, selama-lamanya, sebanyak bilangan yang Engkau ketahui, sebesar bilangan segala yang Engkau ketahui, dan sepenuh bilangan segala yang Engkau ketahui, kepada junjungan dan pemimpin kami Muhammad saw, pemilik mahkota, Nabi yang (diistimewakan dengan) Mi’raj, kendaraan Buraq dan dengan bendera (Liwa’ al-Hamd). Nabi yang jasadnya suci dan disucikan, beraroma harum semerbak dan bercahaya. Nabi yang namanya ditinggalkan dan terpampang di Lauh al-Mahfuz dan Qalam. Matahari diwaktu Dhuha, purnama dikegelapan malam, cahaya petunjuk, pelita kegelapan, Abi al-Qasim, pemimpin dua alam dan pemberi syafaat bagi jin dan manusia. Nabi dari dua tanah haram, yang dicintai Tuhan penguasa Masyriq dan Maghrib. Wahai siapa yang merindukan (untuk melihat) cahaya keindahannya, ucapkanlah shalawat dan salam kalian kepadanya.”

اَللَّهُمَّصَلِّوَسَلِّمْبِجَمِيْعِالصَّلَوَاتِكُلِّهَاعَدَدَمَافِى عِلْمِاللهِعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَالِهوَمَنْوَالاَهُفِىكُلِّلَحْظَةٍاَبَدًابِكُلِّلِسَانٍلاَِهْلِاْلمَعْرِفَةِبِالله(ثَلاَثًا) عَدَدَخَـْلقِكَوَرِضَىنَفْسِكَوَزِنَةَعَرْشِكَوَمِدَادَكَلِمَاتِكَ.
.[/b]

Allahumma sholly wasallim bijamii’iShalawati kullihaa ‘adada mafii ‘ilmillahi ‘alaa sayyidinaa muhammadin waalihi waman walahufikulli lahzhotin abadan bikulli lisanin li ahlil ma’rifatibillah….(3 x). ‘adada kholqika wa ridho nafsika wa zinata ‘arsyika wamidaa dakalimatika

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam, dengan segenap shalawat yang ada didalam ilmu Allah, atas junjungan kami Muhammad SAW dan keluarganya serta orang-orang yang mengikutinya. Dalam setiap waktu, selam-lamanya, dengan segala bentuk ungkapan orang-orang yang telah mengenal Allah swt (ahli ma’rifah) (3 kali), sebanyak bilangan makhluk-Nya, Keridhoan diri-Nya sebesar keagungan arsy-Nya dan sebanyak bilangan tinta kalimat-Nya.”

اَللّهُمَّصَلِّوَسَلِّمْعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَىالِـسَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَاْلاَصْحَابِصَلاَةًوَسَلاَمًاتَرْفَعُبِهِمَابَيْنِيْوَبَيْنَهُالْحِجَابُوَتُدْخِلَنِىْبِهِمَاعَلَيْهِمِنْاَوْسَعِبَابٍوَتَسْقِيْنِيْبِهِمَابِيَدِهِالشَّرِْيفَةِاَعْذَبَاْلكُؤُْوسِمِنْأَحْلَىشَرَابٍ( ثَلاَثَ) عَدَدَخَـْلقِكَوَرِضَىنَفْسِكَوَزِنَةَعَرْشِكَوَمِدَادَكَلِمَاتِكَ.

Allahuma sholly wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa ali sayyidinaa muhammadin wal ashhabisholaatan wasalaaman tarfa’u bihimaa bainii wabainahul hijabu watud khilanii bihimaa ‘alayhi min awsa’i baabiwa tasqiinii bihimaa biadihishsharii fati a’dzobal ku’uusi min ‘ahla syaraabi ...3x
‘adada kholqika wa ridho nafsika wa zinata ‘arsyika wamidaa dakalimatika

“Ya Allah, Limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya serta para sahabatnya. Shalawat dan salam yang dengannya Engkau angkat hijab yang mendidindingi diriku dengannya, kau masukan aku kedalam pintu yang paling lebar, dan kau tuangi aku dengan tangan yang mulia dan dari cawan yang terindah, semurni-murni dan serta semanis-manis minuman, sebanyak bilangan makhluk-Nya, keridhan dari-Nya, sebesar keagungan Arsy-Nya dan sebanyak bilangan tinta kalimat-Nya.”












SHALAWAT AZHIMIYYAH (SHALAWAT SAYYID AHMAD BIN IDRIS AL MAGHROBI)

بسم الله الرحمن الرحيم
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، اَلَّذِيْ مَلأَ اَرْكَانَ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، وَقَامَتْ بِهِ عَوَالِمُ اللهِ الْعَظِيْمِ ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلىَ مَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ ذِيْ الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ ، وَعَلىَ آلِ نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ ، بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَماَ فِيْ عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، تَعْظِيْماً لِحَقِّكَ يَامَوْلاَناَ ياَمُحَمَّدُ ياَ ذَالْخُلُقِ الْعَظِيْمِ ، وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلىَ آلِه مِثْلَ ذَلِكَ ، وَاجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَهُ كَماَجَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّفْسِ ، ظاَهِرًا وَباَطِناً ، يَقْظَةً وَمَناَماً ، وَاجْعَلْهُ ياَرَبِّ رَوْحاً لِذاَتِيْ مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ ، فِي الدُّنْياَ قَبْلَ اْلآخِرَةِ ياَعَظِيْمُ

Allaahumma innii as ‘aluka bi nuuri wajhillaahil ‘Azhiim. Wa qoomat bihii ‘awaalimullahil ‘azhiim. Antusholliya ‘alaa mawlaanaa Muhammadin dzil qodril ‘Azhiim. Wa ‘alaa aali Nabiyyillahil ‘azhiim. Biqodri ‘azhomati dzaatillahil ‘azhiim. Fii kulli lamhatiw wanafasin ‘adadama fii ‘ilmillahil ‘azhiim. Sholaatan daa ‘imatanm bidawaamillaahil ‘azhiim. Ta’zhiimal lihaqqika yaa mawlaanaa yaa Muhammad yaa dzal khuluqil ‘azhiim. Wasallim ‘alayhi wa ‘alaa aalihii mitsla dzaalik. Wajma’ baynii wabaynahuu kamaa jama’ta baynar ruuhi wanafs, zhoohirow wabaathinaa, yaqhzhotaw wamanaamaa. Waj’alhu yaa Robbi ruuhal lidzaatii min jamii’il wujuuhi fid dunyaa qoblal aakhiroti yaa ‘Azhiim. (yaa adzim 3 x).

"Yaa Allah sesunggguhnya aku memohon kepadaMu dengan cahaya Wajah Allah Yang Agung. Yang memenuhi tiang-tiang Arasy Allah Yang Agung. Dan dengannya berdirilah alam-alam (ciptaan) Allah Yang Agung. Agar shalawat tersampaikan atas pelindung kami, Muhammad SAW, yang memiliki derajat yang Agung. Dan atas keluarga nabi Allah Yang Agung. Dengan ukuran Keagungan Zat Allah yang Agung. Disetiap kedipan dan nafas, sebanyak apa yang termaktub dalam Ilmu Allah Yang Agung. Shalawat yang sentosa dengan Kekekalan Allah Yang Agung. (sebagai) pengagungan terhadap Haq (kebenaran) engkau wahai Muhammad, yang memiliki akhlak (perangai) yang Agung. Dan salam atas beliau SAW serta keluarganya, semisal yang demikian itu . dan satukanlah aku dengan Beliau sebagaimana engkau satukan ruh dengan nafas, secara zhahir dan batin, dalam keadaan terjaga (sadar) atau tidur (mimpi). Dan jadikanlah beliau yaa Tuhanku, sebagai ruhani jiwaku, di setiap arah, didunia ini sebelum (datangnya) hari akhir, wahai Zat yang memiliki Keagungan."

SHALAWAT SAYYID AHMAD BIN IDRIS AL MAGHROBI (As Sayyid Ahmad bin Idris (Tarekat Idrisiyyah) juga dikenal dengan Shalawat Azhimiyyah.

            Sayyid Habib Al-Haddar Muhammad Al-Haddar mengatakan, "Barangsiapa membaca Shalawat Azhimiyyah 3 kali, maka dia akan mimpi bertemu Nabi SAW."

            Sayyid Muhammad Alwi Bin Abbas al-Maliki berkata, "Barangsiapa membacanya sebanyak 7 kali sebelum waktu shubuh, maka ia dapat berguna untuk mimpi bertemu Nabi SAW.” (Habib Husin Muhammad Syadad bin Umar, Do'a-do'a bertemu Nabi SAW, hal. 146, Pustaka Hidayah)

            Habib Ahmad bin Hasan Ra. Berkata, "Aku memberi salah seorang sadah (keturunan ahlul bait) ijazah untuk membaca shalawat ini, setelah ia meninggal dunia, aku mimpi bertemu dengannya, ia berkata kepadaku: 'ketika jasadku diletakkan di kubur, datang makhluk yang menakutkan dari alam barzakh. Shalawat Agung (Azhimiyyah) ini melindungiku hingga lenyaplah rasa takut dari hatiku.”

            Ada sebuah peristiwa menakjubkan sehubungan dengan shalawat ini. Al-Arif billah Habib Abu Bakar bin Abdullah 'Atthas memperoleh shalawat ini dari Sayyid Ahmad bin Idris secara langsung. Beliau lalu menulis shalawat ini dan menyimpannya dalam tas pakaian. Sewaktu berlayar di laut, seorang darwis ahli sir batin dan kasyaf melihat cahaya keluar dari tas Habib Abu Bakar hingga ke langit. Ia lalu memberitahukan apa yang dilihatnya kepada Habib Au Bakar. Habib Abu Bakar berkata kepadanya, "Tasku ini hanya berisi pakaian dan shalawat," Habib Abu Bakar lalu menunjukkan shalawat itu kepada si darwisy.

            Sayid Ahmad Syarif as-Sanusi Ra. meriwayatkan bahwa Sayid Muhammad bin Ali as-Sanusi RAsuatu ketika menerangkan keutamaan membaca Shalawat ‘Azhimiyyah, bahwa sesungguhnya membaca Shalawat ‘Azhimiyyah sekali menandingi bacaan Kitab Shalawat Dala-ilul Khairat sebanyak 33.333 kali. Ditanyakan mengapa demikian? Karena keutamaan Shalawat ‘Azhimiyyah itu disebabkan keutamaan para guru-guru Ra. (yang meriwayatkannya).

            Ada yang mengatakan barangsiapa mendawamkan Shalawat ‘Azhimiyyah ini dengan istiqomah minimal setiap harinya 1 kali (dibaca 1x habis shalat), maka apabila ia mati, kuburannya akan disinari dengan cahaya / lampu dari syurga dan dilapangkan kuburnya.

Keutamaannya Shalawat SAYYID AHMAD BIN IDRIS AL MAGHROBI adalah menambah cinta kepada Nabi S.A.W.Selain itu memperoleh kesempatan berjumpa dengan baginda di dalam mimpi atau secara yaqazah, dan juga mendapat khabar pengamal shalawat ini akan mudah matinya dan mendapat hamparan istimewa di alam barzahnya. Hanya Allah Maha segala-galanya. Mari kita bersandar kepada kasih-sayangNya.



SHALAWAT BADAR

Bagi Warga Nahdliyin, pasti tidak asing dengan bacaan shalawat. Begitu banyaknya jenis dan macamnya bacaan shalawat yang sering kita jumpai dan dengar di setiap media, mulai dari Shalawat Nariyah, Shalawat Burdah, Shalawat Munjiyat, Shalawat  Kamaliyah, Shalawat Kubro, Shalawat Badar, Shalawat Badawiyah hingga Shalawat Dalailul Khairot, dan tentunya masih banyak lagi shalawat lainnya.

Salah satu jenis shalawat yang tersohor di kalangan umat Islam Indonesia adalah Shalawat Badar yang intinya merupakan penghormatan, pujian, pengakuan dan rasa syukur bagi para Syuhada perang Badar. Hal seperti ini dilakukan pula di zaman Rasulullah ﷺ.

Berikut ini adalah teks dan terjemah dari Shalawat Badar.

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ   ۞  صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـٰس حَبِيْـبِ اللهِ
Rahmat dan keselamatan Allah, Semoga tetap untuk Nabi Toha (Muhammad) ﷺ utusan Allah,
Rahmat dan keselamatan Allah, Semoga tetap untuk Nabi Yasin (Muhammad ﷺ) kekasih Allah’
تَوَ سَـلْنَا بِـبِـسْـمِ اللّهِ وَبِالْـهَادِى رَسُـوْلِ اللهِ  ۞  وَ كُــلِّ مُجَـا هِـدِ لِلّهِ بِاَهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Kami berwasilah dengan berkah “Basmalah”, Dan dengan Nabi ﷺ yang menuniukkan lagi utusan Allah,
Dan seluruh orang yang beriuang karena Allah, Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah.
اِلهِـــى سَـلِّـمِ اْلا ُمـَّة مِـنَ اْلافـَاتِ وَالـنــِّــقْـمَـةَ  ۞  وَمِنْ هَـمٍ وَمِنْ غُـمَّـةٍ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan umat, Dari bencana dan siksa,
Dan dari susah dan kesempitan, Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah’
اِلهِى نَجِّـنَا وَاكْـشِـفْ جَـمِيْعَ اَذِ يـَّةٍ وَا صْــرِفْ   ۞  مَـكَائـدَ الْعِـدَا وَالْطُـفْ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Ya AIlah semoga Engkau selamatkan kami dari semua yang menyakitkan,
Dan semoga Engkau menjauhkan tipu dan daya musuh-musuh,
Dan semoga Engkau mengasihi kami, sebab berkahnya sahabat Ahli Badar Ya Allah.
اِلهِـى نَـفِّـسِ الْـكُـرَبَا مِنَ الْعَـاصِيْـنَ وَالْعَطْـبَا ۞  وَ كُـلِّ بـَلِـيَّـةٍ وَوَبـَا بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Ya Allah, semoga Engkau menghilangkan beberapa kesusahan Dari orang-orang yang berma’siat dan semua kerusakan,
Dan semoga Engkau hilangkan semua bencana dan wabah penyakit’ Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah
فَكَــمْ مِنْ رَحْمَةٍ حَصَلَتْ وَكَــمْ مِنْ ذِلَّـةٍ فَصَلَتْ   ۞  وَكَـمْ مِنْ نِعْمـَةٍ وَصَلَـتْ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Maka sudah beberapa rahmat yang telah berhasil, Dan sudah beberapa dari kehinaan yang dihilangkan,
Dan sudah banyak dari ni’mat yang telah sampai, Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah’
وَ كَـمْ اَغْـنَيْتَ ذَالْعُـمْرِ وَكَـمْ اَوْلَيْـتَ ذَاالْفَـقْـرِ    ۞  وَكَـمْ عَافَـيـْتَ ذِاالْـوِذْرِ بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Sudah berapa kati Engkau memberi kekayaan orang yang makmur, Dan berapa kali Engkau memberi nikmat kepada orang yang fakir,
Dan berapa kali Engkau mengampuni orang yang berdosa, Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.
لَـقَدْ ضَاقَتْ عَلَى الْقَـلْـبِ جَمِـيْعُ اْلاَرْضِ مَعْ رَحْبِ ۞  فَانْـجِ مِنَ الْبَلاَ الصَّعْـبِ بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ
Sungguh hati manusia merasa sempit di atas tanah yang luas ini; karena banyaknya mArabahaya yang mengerikan, dan malapetaka yang menghancurkan.
Semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang mengerikan,
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.’
ا َتَيـْنَا طَـالِـبِى الرِّفْـقِ وَجُـلِّ الْخَـيْرِ و

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://majlistalimkanzurrahmah.blogspot.com/2018/01/shalawat-al-fatah-shalawat-bani-hasyim.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Terungkap Nama Lucinta Luna Berubah Dari M Fatah Jadi Ayluna Putri Seizin Pengadilan

Terungkap Nama Lucinta Luna Berubah Dari M Fatah Jadi Ayluna Putri Seizin Pengadilan

papar berkaitan - pada 13/2/2020 - jumlah : 185 hits
Penangkapan Lucinta Luna terkait kasus narkoba sempat menghebohkan publik Lucinta diamankan aparat kepolisian pada Selasa lalu
Shalawat Barriyah Shalawat Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi

Shalawat Barriyah Shalawat Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 161 hits
SHALAWAT BARRIYAH Keterangan dari Kitab Majmu QulyubyFadhilah SMenurut sahabat Ibnu Abbas RA berkata Barangsiapa yang mau membaca Shalawat Barriyah sebanyak 10 kali pada Hari Jumat atau malamnya maka Allah akan menetapkan baginya seratus ju...
Pn Jaksel Pergantian Nama Fatah Jadi Lucinta Luna Sudah Dari Desember 2019

Pn Jaksel Pergantian Nama Fatah Jadi Lucinta Luna Sudah Dari Desember 2019

papar berkaitan - pada 13/2/2020 - jumlah : 165 hits
Muhammad Fatah resmi berganti nama menjadi Ayluna Putri alias Lucinta Luna Tersangka atas kasus dugaan narkoba jenis benzo ini resmi berganti nama sejak di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan
Polisi Tegaskan Nama Asli Lucinta Luna Muhammad Fatah

Polisi Tegaskan Nama Asli Lucinta Luna Muhammad Fatah

papar berkaitan - pada 13/2/2020 - jumlah : 822 hits
Kombes Pol Yusri Yunus Kabid Humas Polda Metro Jaya akhirnya membeberkan identitas Lucinta Luna yang sesungguhnya dalam jumpa pers yang digelar di Polres Metro Jakarta Barat Rabu Kami ditemukan empat orang di situ Yang pertama inisialnya LL...
5 Hal Yang Belum Kamu Tahu Tentang Lucinta Luna Alias Muhammad Fatah

5 Hal Yang Belum Kamu Tahu Tentang Lucinta Luna Alias Muhammad Fatah

papar berkaitan - pada 13/2/2020 - jumlah : 372 hits
Lucinta Luna alias Muhammad Fatah sedang jadi sorotan karena kasus narkoba Penyanyi kontroversial itu diciduk polisi di apartemennya di Thamrin City Selasa dini hari Hasil pemerikasaan kemudian membuktikan bahwa Lucinta Luna positif Benzo s...
Shalawat Taghfir Shalawat Ummy

Shalawat Taghfir Shalawat Ummy

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 306 hits
SHALAWAT TAGHFIRShalawat ini kami sebut sebagai Shalawat Taghfir artinya permohonan ampun melalui Kanjeng Rasul Muhammad Manfaat dan kegunaan dari mengamalkan Shalawat Taghfir ini antara lain sebagai berikut 1 Untuk membuat hati menjadi ber...
Shalawat Quthbul Aqthob Shalawat Sulaiman

Shalawat Quthbul Aqthob Shalawat Sulaiman

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 822 hits
SHALAWAT QUTHBUL AQTHOBShalawat ini memiliki manfaat dan kegunaan yangsangat besar sekali Di samping bisa untuk menghilangkan kesedihan dan kesempitan saat suasana hati lagi galau shalawat ini juga mampu menghapus dosa dosa kecil yang perna...
Shalawat Habib Husain Bin Muhammad Al Haddad Shalawat Jami Ul Jawami

Shalawat Habib Husain Bin Muhammad Al Haddad Shalawat Jami Ul Jawami

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 1652 hits
SHALAWAT HABIB HUSAIN BIN MUHAMMAD AL HADDAD Ya Allah berikanlah shalawat dan salam sejahtera kepada pemimpin kami Nabi Muhammad pemilik Nasab yang mulia dan semoga shalawat tercurah kepada para keluarga dan para sahabat beliau Shalawat ini...
Shalawat Adrik Shalawat Al Burdah

Shalawat Adrik Shalawat Al Burdah

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 221 hits
SHALAWAT ADRIK ADRIKIYAH SHALAWAT REKES Adrik merupakan salah satu jenis yang memiliki kelebihan tersendiri dan sangat ampuh khasiatnya Di samping Adrik itu bisa membuat hati tenang Adrik ini juga bisa membuat hati kita menjadi lebih lembut...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Reaching Out

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq

Calon Pn Kuala Kubu Baru Ceo Syarikat Tutup

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Legoland Malaysia Resort Empowers Teachers And Students To Conquer The Legoland School Challenge 2024

Prk Kkb Pertandingan Parti Atau Pertandingan Kaum

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Piza Potato Gnocchi Di The Spot By Chinoz Tiada Tandingan