Sering Kencing Di Malam Hari Juga Tanda Hipertensi


Anda termasuk orang yang sering kencing atau beser pada malam hari? Biasanya kebiasaan ini diidentikkan dengan gejala diabetes mellitus.
Namun kini, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa beser pada malam hari juga tanda hipertensi. Benarkah demikian?
Kondisi yang Bikin Sering Buang Air Kecil
Seperti sempat disinggung sebelumnya, penderita diabetes memang cenderung sering buang air kecil.
Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, hal ini karena gula di dalam darah terlalu banyak sehingga menarik air. Akibatnya, pasien diabetes akan menjadi sering kencing di malam hari.
“Ini ditandai dengan keluhan banyak minum, banyak makan, banyak kencing terutama pada malam hari, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan tidak khas lainnya,” ujar dr. Dyan Mega.
Tak cuma itu, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, menambahkan, beser juga sering dialami wanita yang baru saja melahirkan.
“Misalnya, bayinya itu besar dan wanita tersebut melahirkan secara normal, jadi ada kerusakan pada ‘rem’ yang ada di kandung kemih.”
“Jadi kalau ‘rem’ itu istilahnya blong, ia tidak bisa menahan kencing. Itu banyak terjadi pada malam hari,”tutur dr. Karin.
Nah, selain dua hal itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan Anda sering buang air kecil, yaitu:
1. Infeksi Saluran Kencing (ISK)
ISK menyebabkan keluhan sering buang air kecil (BAK), nyeri, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan.
Infeksi saluran kencing dapat pula disertai dengan penyakit batu saluran kencing. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kencing adalah minum sedikit, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat.
2. Diabetes Insipidus
Kondisi ini menyebabkan kekurangan hormon antidiuretik dalam tubuh atau kurangnya respons ginjal terhadap hormon antidiuretik. Kondisi ini menyebabkan jumlah air kencing berlebih.
3. Pembesaran Kelenjar Prostat
Kondisi tersebut biasanya terjadi pada pria yang sudah lanjut usia atau berusia lebih dari 50 tahun.
Sering Kencing Malam Hari Pertanda Hipertensi?
Hal-hal di atas adalah masalah yang terjadi dengan gejala kencing pada malam hari. Akan tetapi, menurut penelitian terbaru, sering kencing pada malam hari ternyata bisa menandakan Anda mengalami masalah tekanan darah tinggi.
Melansir dari Newsweek, peneliti Jepang melihat fenomena yang dikenal sebagai nokturia atau kebutuhan untuk buang air kecil setidaknya sekali dalam semalam. Ini dilakukan untuk memahami kaitan potensial dengan tekanan darah tinggi.
Untuk menyelidikinya, para ilmuwan mendaftarkan 3.730 orang dari Watari, kota di utara Tokyo. Para peserta penelitian sebelumnya telah mengambil bagian dalam penilaian kesehatan tahunan pada 2017.
Para peneliti mendokumentasikan tingkat tekanan darah istirahat dari para peserta dan mengambil sampel darah mereka.
Para peserta juga mengisi kuesioner yang menanyakan seberapa sering mereka bangun di malam hari untuk buang air kecil.
Hasilnya, mereka yang melaporkan nokturia (buang air kecil berlebihan)ditemukan 40 persen lebih mungkin memiliki tingkat tekanan darah lebih tinggi daripada mereka yang tidak.
Temuan ini dipresentasikan pada Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-83 Japanese Circulation Society.
“Tim berharap penelitian ini akan berkontribusi terhadap pemahaman setiap orang tentang tekanan darah tinggi yang jika diobati dapat menunda perkembangan penyakit jantung,” ujar dr. Satoshi Konno, dari Divisi Hipertensi di Rumah Sakit Tohoku Rosai, Jepang.
Tim kemudian memperkirakan perbedaan jenis kelamin antara nokturia dan hipertensi, atau tekanan darah tinggi yang tidak normal. Ini karena pembesaran prostat dapat menyebabkan pria buang air kecil di malam hari.
“Yang mengejutkan kami, nokturia secara bermakna dikaitkan dengan hipertensi pada kedua jenis kelamin. Risiko hipertensi lazim hampir sama pada pria dan wanita,” kata dr. Konno.
“Nokturia mungkin merupakan tanda awal tekanan darah tinggi, untuk itu Anda harus cek tekanan darah jika Anda belum pernah memeriksa sebelumnya,” ujar dr. Konno.
Garam Berlebihan Bisa Picu Nokturia
Sementara itu, sebuah studi terpisah pada orang yang tinggal di Jepang yang diterbitkan pada 2017 di International Journal of Urology juga menemukan asupan garam yang berlebihan meningkatkan risiko seseorang mengalami nokturia.
“Korelasi ini terjadi karena rata-rata asupan garam orang Jepang relatif tinggi,” ujar Dr. Robert Carey, wakil ketua American Heart Association 2017 dan American College of Cardiology Practice Guidelines.
Orang Jepang mengonsumsi rata-rata 10 gram garam per hari, dibandingkan dengan rata-rata global 4 gram per hari. Penyebabnya, orang Jepang gemar mengonsumsi makanan yang mengandung kecap asin.
Carey melanjutkan, “Ada banyak penyebab nokturia, di antaranya asupan garam atau cairan makanan tinggi dan pengobatan hipertensi dengan terapi diuretik.”
Di sisi lain, Konno juga mengakui penelitiannya dan tim memiliki beberapa keterbatasan. Oleh karena itu, penelitian ini tetap membutuhkan studi lanjutan.
Untuk itu, sangat penting memperhatikan kebiasaan buang air kencing Anda di malam hari. Jika Anda sering berkali-kali buang air kecil dalam satu malam, sebaiknya segera cek tekanan darah Anda.
Deteksi dini dapat membantu Anda untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat agar terhindar dari hipertensi akut.
Sumber: klikdokter.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/sering-kencing-di-malam-hari-juga-tanda-hipertensi/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Percutian 5 Hari 4 Malam Di Seoul Korea Part 1

Percutian 5 Hari 4 Malam Di Seoul Korea Part 1

papar berkaitan - pada 14/4/2019 - jumlah : 565 hits
Hi Siapa sini layan drama korea Kita geng Aku baru sahaja khatam episode drama bersiri Touch Your Heart lakonan Lee Dong Wook Aku bukan nak cerita tentang drama tersebut cuma pandangan aku tertumpu pada kepesatan dan kesibukan ibukota Seoul...
Pendistribusian Logistik Pemilu Ke Wilayah Kapuas Hulu Memakan Waktu 2 Hari 1 Malam

Pendistribusian Logistik Pemilu Ke Wilayah Kapuas Hulu Memakan Waktu 2 Hari 1 Malam

papar berkaitan - pada 14/4/2019 - jumlah : 215 hits
Agar logistik aman dari air logistik di bungkus dengan plastik serta saat perjalanan lewat jalur air logistik ditutup menggunakan terpal
Menginap 3 Hari 2 Malam Di Hotel D Eastern

Menginap 3 Hari 2 Malam Di Hotel D Eastern

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 447 hits
Pilihan hotel untuk family vacation kali ini adalah Hotel D Eastern yang terletak di Jalan Sultan Idris Shah Ipoh Hotel D Eastern adalah hotel budget yang selesa dan luas Sangat sesuai untuk percutian keluarga Untuk percutian keluarga kali ...
Paket Tour Silangit Danau Toba Berastagi 4 Hari 3 Malam

Paket Tour Silangit Danau Toba Berastagi 4 Hari 3 Malam

papar berkaitan - pada 26/3/2019 - jumlah : 369 hits
Paket Tour Danau Toba Berastagi 4 Hari 3 MalamPaket Wisata Danau Toba 4 Hari 3 Malam Dari Bandara SilangitHari Pertama Bandara Silangit Balige tiba di bandara silangit disambut oleh perwakilan horas selamat datang di kota medan bapak ibu ak...
Rajin Bekerja Di Siang Hari Dan Giat Beribadah Di Malam Hari Orang Ini Diberi Hadiah Tak Terduga

Rajin Bekerja Di Siang Hari Dan Giat Beribadah Di Malam Hari Orang Ini Diberi Hadiah Tak Terduga

papar berkaitan - pada 7/4/2019 - jumlah : 393 hits
Kisah ini menceritakan tentang kecintaan seorang budak kepada Tuhannya yang tetap ia perjuangkan walaupun ia harus bekerja kepada tuannya Budak ini bukan sembarangan budak Karena budak ini menjadi salah satu kekasih Allah SWT Kisah ini terd...
Penginapan 3 Hari 2 Malam Di Averia Villa Resort Di Bukit Gambang Resort City

Penginapan 3 Hari 2 Malam Di Averia Villa Resort Di Bukit Gambang Resort City

papar berkaitan - pada 28/3/2019 - jumlah : 504 hits
PENGINAPAN 3 HARI 2 MALAM DI AVERIA VILLA RESORT DI BUKIT GAMBANG RESORT CITYMEMPUNYAI RUANG BERKONSEPKAN KELUARGA SELESA DAN MUDAHKali ini Pengembaraan AlongMurni bersama TravelWithBuddies tiba di Bukit Gambang Resort City Menariknya tenta...
Sejumlah Fakta Mengenai Mimpi Kembang Tidur Di Malam Hari

Sejumlah Fakta Mengenai Mimpi Kembang Tidur Di Malam Hari

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 216 hits
Mimpi merupakan suatu hal yang biasa dialami oleh banyak orang ketika tidur Walau begitu mimpi yang muncul ini tak selamanya indah namun bisa juga berupa mimpi buruk Dari mimpi yang muncul dalam tidur ini terdapat sejumlah hal yang bisa kit...
4 Hari 3 Malam Paket Tour Silangit Sipinsur Balige Danau Toba

4 Hari 3 Malam Paket Tour Silangit Sipinsur Balige Danau Toba

papar berkaitan - pada 30/3/2019 - jumlah : 337 hits
Paket Tour Danau Toba Berastagi 4 Hari 3 MalamPaket Wisata Danau Toba 4 Hari 3 Malam Dari Bandara SilangitHari Pertama Bandara Silangit Balige tiba di bandara silangit disambut oleh perwakilan horas selamat datang di kota medan bapak ibu ak...
Malam Ini Anwar Turun Lagi Di Rantau Menjelang Hari Penamaan Calon

Malam Ini Anwar Turun Lagi Di Rantau Menjelang Hari Penamaan Calon

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 338 hits
W FAUDZINPertarungan di Rantau bukannya mudah PH dikatakan Under dog kerana lawannya kali ini adalah penyandang Kerusi sebelum ini bahkan lebih dari itu calon Umno Bn di Rantau Mohammad Hassan atau Tok Mat adalah Pemangku Presiden Umno dan ...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024

The Hardest Singing Show

Dato Azizul Khamis Feat Alyah Joget Celoteh Raya Chord

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta