Serikat Pekerja Minta Pemerintah Tak Intimidasi Buruh Soal Ruu Cipta Kerja


 


Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menegaskan jika pihaknya menolak omnibus law RUU Cipta Kerja, khususnya klaster ketenagakerjaan. Kabarnya, omnibus law RUU Cipta Kerja akan disahkan bulan ini atau Oktober nanti.


Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, sikap buruh yang sudah disampaikan kepada Wakil Ketua DPR RI, pimpinan dan anggota Panja Baleg, dan beberapa Fraksi di DPR adalah keluarkan klaster ketenagakerjaan dari RUU Cipta Kerja tidak boleh merubah, mengurangi, dan men-down grade isi UU No 13/2003 tentang ketenagakerjaan.


"Bila ada permasalahan perburuhan yang belum diatur dalam UU No 13/2003 seperti penguatan fungsi pengawasan perburuhan, peningkatan produktifitas melalui pelatihan dan pendidikan, pengaturan regulasi pekerja industri starup, pekerja paruh waktu, pekerja tenaga ahli, dan sebagainya dalam rangka meningkatkan investasi dan menghadapi revolusi industri 4.0 maka mari kita dialog untuk dimasukan dlm omnibus law tapi tidak boleh sedikitpun merubah apalagi mengurangi isi UU No13/2003," kata Said Iqbal, di Jakarta, Selasa (22/9/2020).


Dirinya menilai, dengan adanya pernyataan RUU Cipta Kerja katanya akan disahkan bulan ini atau Oktober, hal itu hanyalah propaganda negatif dan psywar dari pemerintah saja. Karena pemerintah panik di mana mayoritas rakyat termasuk serikat pekerja menolak keras RUU Cipta Kerja dan meminta tidak disahkan oleh DPR.


"Bahkan Wakil Ketua DPR RI dan Panja Baleg RUU Cipta Kerja kepada tim perumus yang dibentuk oleh DPR RI bersama serikat pekerja, mengatakan tidak mungkin dalam waktu dekat hingga akhir tahun ini disahkan. Sekarang saja baru dibahas bab 7 dan bab 4 tentang klaster ketenagakerjaan nanti dibahas terakhir. Sementara sikap buruh seperti saya sampaikan di atas," tegasnya.


Maka dari itu, pihaknya meminta para menteri tidak usah berkomentar yang mengintimidasi rakyat dan buruh dengan selalu mengatakan selalu dalam waktu dekat RUU Cipta Kerja akan disahkan.


"Lucunya target bulan pengesahan yang disebut para menteri tersebut selalu berubah-ubah karena memang tujuannya hanya ingin psywar, intimidasi, dan menciptakan kepanikan untuk rakyat dan buruh. Tetapi buruh dan rakyat tidak akan terpengaruh dengan statement tersebut," ujarnya.


Padahal pernyataan dari Pimpinan DPR RI, Panja Baleg, dan Fraksi di DPR menyampaikan kepada buruh dalam tim perumus adalah tidak ada target waktu dalam pembahasan RUU Cipta Kerja. Tetapi yang ada adalah taget isi atau hasil RUU Cipta Kerja yang bisa diterima semua pihak, bukan maunya pemerintah saja.


Yang Ditolak Buruh
 Adapun yang ditolak buruh dari omnibus law ruu cipta kerja antara lain hilangnya UMK dan UMSK, adanya upah padat karya, kenaikan upah minimum hanya pertumbuhan ekonomi tanpa menambah inflasi, PHK dipermudah, hak upah atas cuti hilang, cuti haid hilang, karyawan kontrak seumur hidup, karyawan outsourcing seumur hidup.


Lalu, nilai pesangon dikurangi bahkan komponennya ada yang dihilangkan, jam kerja eksploitatip, TKA buruh kasar mudah masuk ke indonesia mengancam lapangan kerja untuk pekerja lokal, jaminan kesehatan dan pensiun hilang dengan berlakunya sistim kontrak dan outsourcing seumur hidup, dan sanksi pidana dihapus.


Demikian kata Said, RUU Cipta Kerja sangat liberal tidak sesuai hubungan industrial Pancasila, maka buruh Indonesia menolak omnibus law RUU Cipta Kerja. Dalam waktu dekat, Oktober dan seterusnya, buruh akan melakukan aksi besar besaran di seluruh Indonesia yang melibatkan ratusan ribu buruh. Isu yang akan disuarakan adalah tolak omnibus law RUU Cipta Kerja, naikan upah minimum UMK dan UMSK 2021 sebesar 8 persen dan stop PHK massal.


"Sebaiknya pemerintah fokus dalam masalah covid-19, ancaman jutaan PHK, dan resesi ekonomi. Tidak perlu membahas omnibus. Bohong kalau omnibus law disahkan akan menyelesaikan masalah resesi ekonomi, investor berbondong-bondong masuk ke indonesia, dan masalah PHK akan tertanggulangi. Tidak ada satu pun negara di dunia yang membuat omnibus law RUU Cipta Kerja dalam strategi menyelesaikan masalah tersebut," pungkasnya.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/09/serikat-pekerja-minta-pemerintah-tak.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ganjar Pranowo Di Tengah Pandemik Pengusaha Dan Buruh Serta Pemerintah Harus Happy Bagaimana Caranya

Ganjar Pranowo Di Tengah Pandemik Pengusaha Dan Buruh Serta Pemerintah Harus Happy Bagaimana Caranya

papar berkaitan - pada 13/9/2020 - jumlah : 1369 hits
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan rasa suka citanya atas kunjungan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel di Rumah Dinas Puri Gedeh Jumat kemarin pagi Menurutnya kunjungan itu sangat penting diketahui oleh masyarakat di wilayah pe...
Dewan Negara Lulus Ruu Pengangkutan Jalan 2020

Dewan Negara Lulus Ruu Pengangkutan Jalan 2020

papar berkaitan - pada 23/9/2020 - jumlah : 187 hits
M Update 23 9 2020 Persidangan Dewan Negara semalam meluluskan Rang Undang Undang Pengangkutan Jalan 2020 bagi meningkatkan tahap keselamatan di jalan raya dan menjamin kebajikan serta kesejahteraan rakyat Malaysia RUU itu yang dibentangkan...
Dewan Negara Lulus Ruu Pembiayaan Kerajaan Tangani Covid 19

Dewan Negara Lulus Ruu Pembiayaan Kerajaan Tangani Covid 19

papar berkaitan - pada 22/9/2020 - jumlah : 234 hits
Ketika menggulung perbahasan RUU Langkah langkah Sementara bagi Pembiayaan Kerajaan 2020 Menteri Kewangan Tengku Zafrul Abdul Aziz berkata sehingga 11 Sept lepas RM268 2 juta dibelanjakan bagi tujuan bayaran elaun khas Covid 19 kepada 832 0...
Syeikh Ali Jaber Ditusuk Senator Aceh Ruu Perlindungan Tokoh Agama Kian Urgen Dibahas

Syeikh Ali Jaber Ditusuk Senator Aceh Ruu Perlindungan Tokoh Agama Kian Urgen Dibahas

papar berkaitan - pada 17/9/2020 - jumlah : 164 hits
Wakil Ketua Komite III DPD RI yang membidangi agama Fadhil Rahmi mengatakan Rancangan undang undang Perlindungan Tokoh Agama yang masuk Prolegnas DPR RI pada 2020 harus segera dibahas untuk kemudian disahkan Urgensi pembahasan RUU ini menyu...
Marah Ke Menag Soal Radikalisme Jenderal Gatot Siap Pasang Badan Bela Hafiz Qur An

Marah Ke Menag Soal Radikalisme Jenderal Gatot Siap Pasang Badan Bela Hafiz Qur An

papar berkaitan - pada 8/9/2020 - jumlah : 209 hits
Mantan Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo marah atas tudingan Menteri Agama Fachrul Razi yang menyebut radikalisme masuk masjid melalui orang berpenampilan menarik atau good looking dan memiliki kemampuan menghafal qur an Gatot mene...
Arteria Dahlan Ancam Bongkar Bobrok Komnas Ham Gegara Minta Setop Bahas Ruu Ciptaker

Arteria Dahlan Ancam Bongkar Bobrok Komnas Ham Gegara Minta Setop Bahas Ruu Ciptaker

papar berkaitan - pada 17/9/2020 - jumlah : 153 hits
Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Arteria Dahlan memprotes Komisi Nasional Hak Asasi Manusia lantaran menyurati DPR meminta penghentian pembahasan sebuah rancangan undang undang Menurut dia sikap itu merupakan kegenitan Enggak bole...
Mantan Dan Anggota Paguyuban Tunggal Rahayu Diperiksa Soal Lambang Negara

Mantan Dan Anggota Paguyuban Tunggal Rahayu Diperiksa Soal Lambang Negara

papar berkaitan - pada 9/9/2020 - jumlah : 171 hits
Bakorpakem sudah mulai membahas paguyuban tersebut Bahkan secara khusus Kejari Garut menurunkan tim Intelijennya untuk memantau paguyuban yang telah mengubah lambang negara dan dijadikan logo paguyuban
Dpr Cecar Menag Soal Cingkrang Cadar Good Looking Sertifikasi Penceramah

Dpr Cecar Menag Soal Cingkrang Cadar Good Looking Sertifikasi Penceramah

papar berkaitan - pada 10/9/2020 - jumlah : 316 hits
Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat menyayangkan pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi yang sering menimbulkan kontroversi di publik tidak substansial dan produktif serta sering menimbulkan kegaduhan Hal ini diungkap Ketua Komisi VIII DPR Y...
Tanggapan Kpk Soal Pengadilan Bebaskan Terdakwa Korupsi Alih Fungsi Hutan

Tanggapan Kpk Soal Pengadilan Bebaskan Terdakwa Korupsi Alih Fungsi Hutan

papar berkaitan - pada 9/9/2020 - jumlah : 146 hits
Menurut Ali dalam vonis Mahkamah Agung dinyatakan Anaas terbukti menerima sesuatu yanh salah satunya dari PT Duta Palma
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

Penyalahgunaan Kuasa Penyakauan Harta Rakyat Oleh Mahathir Wajib Didedahkan

Wee Barking Up The Wrong Tree

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls

Zus Coffee Ice Green Tea Latte

Let S Be Reasonable Tun M Don T Call The Kettle Black



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


8 Tanda Tanda Buasir Berdarah Mungkin Sebenarnya Kanser Usus

Afidivit Sokong Tahanan Rumah Najib Razak Ada Kesilapan

K Speed Strikes Again With A Menacing Honda Dax Caf Racer

Onsen Tamago

Panas Tikam Belakang Cubaan Bekas Pemimpin Ph Hati Hitam

Rebus Ubi Kayu Kena Air Bersih