Sedikit Cerita Mengenai Moses Weror


Waktu kecil sebagai seorang anak kecil, Moses Werror bermimpi melihat dunia. Di atas pasir putih yang membentang di rumah kecilnya di pulau Moor di Papua Barat, ia akan membuat sketsa garis-garis untuk bermaian menggambar kapal. Dia bermimpi suatu hari sebuah kapal akan membawanya pergi untuk mengunjungi negara lain.

Angan - angan ini muncul saat terjadi perebutan kekuasaan antara indonesia dan belanda mengenai Irian Barat sebagai akibat dari terjadinya perang dunia kedua. Perjuangan orang Papua mengenai Papua Barat yang berpemerintahan sendiri berhadapan dengan negara-negara kuat dan perusahaan multinasional karena kepentingan akan sumber daya Papua.

Werror adalah Pimpinan Operasi Papua Merdeka (Gerakan Papua Merdeka.

Di bawah pemerintahan Belanda, Werror dilatih sebagai guru. Namun, dia tahu bahwa dengan menjadi guru dia tidak akan melihat dunia,sehingga dia berpikit untuk menjadi pelaut,agar dengan menjadi pelaut bisa nelihat Dunia,sehingga ia mendaftar di Nautical College di Hollandia (sekarang Djayapura) dan pada tahun 1956 dia lulus sebagai pelaut.

Kemudian di bekerja di sebuah perusahaan pelayaran, namun kapalnya hanya kapal pesisir yang melayani pelabuhan setempat. Pada Januari 1958, setelah berdebat dengan salah satu petugas kapal, dia meninggalkan kapal di Sorong. Dan memutuskan untuk pergi ke Indonesia untuk mengejar pendidikan dan memenuhi impian masa kecilnya. Untuk memenuhi keinginannya, bersama dua orang temannya menggunakan sampan kecil, berlayar ke Indonesia dengan cara pindah dari satu pulau ke pulau lain, dan mereka tiba di pulau Maluku. Kaku Mereka ditangkap oleh intelijen Belanda, ditahan selama seminggu. Kemudian mereka dikirim ke sebuah pulau yang dihuni oleh orang-orang Papua Barat. Dati tempat itu Dia berjalan ke kota Ambon dan mendaftar di sekolah menengah umum Negeri ,sekolah disitu, hanya makan nasi dan ikan,” Saat itu dia tidak bisa bahasa indonesia sehingga sulit di sekolah.

Pada 1961 ia mengikuti ujian, dari sekitar 3.000 siswa dia lulus pada urutan 93 dari 3000,dengan Ijasah yang dia dapat ia naik kapal barang ke, Jakara karena ingin belajar ilmu politik di Universitas.jakarta dia kesulitan tempat tinggal dan karena dia bertemu dengan beberapa tentara orang Irian Barat dia tinggal bersama mereka.
"Saat itu Orang-orang Papua Barat sedang mempersiapkan diri untuk kemerdekaan dari Belanda sehingga ia bergabung dengan gerakan Papua Barat di Jakarta. Dia menjadi juru bicara dan perwakilan bagi para siswa untuk tujuan mereka.Daan saat ini pertama kali dia melihat bendera Papua Barat,".
Saat itu Perjuangan untuk masa depan Papua Barat Merdeka semakin intensif. Saat itu Belanda ingin Papua Barat menjadi negara yang terpisah namun orang Indonesia menginginkan menjadi bagian dari negara mereka.
Sebelum 1960-an, hubungan antara AS dan Indonesia memburuk karena dukungan AS untuk pemberontakan di Sumatra dan Sulawesi Utara . Namun Setelah John Kennedy menjadi Presiden pada tahun 1961, AS melakukan upaya memperbaiki hubungan dengan Indonesia.
Dengan demikian, ia mulai mendukung ambisi Indonesia untuk rebut Papua Barat menjadi bagian dari Indonesia. AS berpaling dari bekas sekutu perang nya Belanda yang ingin Papua Barat menjadi negara yang terpisah. Pada bulan Maret 1962, AS menyatukan Belanda dan Indonesia untuk negosiasi yang disimpulkan lima bulan kemudian menghasilkan Perjanjian New York. Perjanjian tersebut menyerukan penentuan nasib sendiri, diundangkan dalam apa yang disebut 'tindakan pilihan bebas', untuk dilaksanakan enam tahun setelah Indonesia mengambil kendali administratif atas Papua Barat. Perjanjian tersebut telah diratifikasi oleh Majelis Umum PBB dan mulai berlaku dalam waktu enam bulan.
Selama masa inilah, Pemerintah Indonesia memilih delegasi untuk melakukan perjalanan ke New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB. Delegasi beranggotakan 100 orang itu terdiri dari orang Papua Barat.
Dalam rombongan ini Moses Weror Ke Amerika bukan karena Politik tapi untuk memenuhi impian melihat dunia. Karena dia masih orang kampung dia merasa bangga bisa ke Amerika melalui Singapura, Jepang, Hawaii dan ke New York, dan di Amerika mereka ditampung di Plaza Hotel, di 5th Avenue. Mereka dikasih pelayanan yang luar biasa , pelayanan kelas satu, menginap di hotel-hotel mewah dan berpesta setiap malam. Werror mengunjungi Holywood, Disneyland, dan Washington.
Namun, ketika dia kembali ke Jakarta Tidak ada orang yang menemuinya di bandara dan tidak ada rumah untuk dikunjungi.
Mulai saat itu Pemerintah Indonesia menganggap Werror adalah aset bagi mereka dan mereka merekrutnya untuk dilatih sebagai diplomat. Dia ditempatkan di kamar hotel dengan semua biaya dibayar.
Pada 1962 ia dikirim ke Australia untuk bekerja di kedutaan Indonesia di sana namun Pemerintah Indonesia tidak sepenuhnya mempercayainya.

Pada tahun 1964, Werror menikahi istrinya seorang perempuan Papua Barat dari Pulau Biak.
Setelah lima tahun di Australia, ia dipanggil kembali ke Jakarta , padahal para pejuang kemerdekaan Papua Barat mulai mengintensifkan kampanye mereka melawan militer Indonesia yang mengendalikan Papua Barat ketika waktu semakin dekat untuk 'tindakan pilihan bebas',
Di Jakarta, Werror memulai kegiatannya untuk mendorong kemerdekaan Papua Barat. Dia bertemu dengan perwira Amerika dalam mempromosikan perjuangan Papua Barat dan untuk mencari bantuan dan dukungan dari AS. Ini menjadi pekerjaan utamanya - menggunakan pelatihan diplomatiknya untuk berkampanye dan mempromosikan perjuangan negaranya untuk kemerdekaan secara internasional.

Namun, setelah beberapa saat keadaan mulai menjadi terlalu panas dan Werror dan keluarganya pulang ke Nabire. Namun, kunjungan mereka di Nabire singkat, ketika ia dipanggil kembali ke Jakarta oleh militer Indonesia. Karena curiga dengan niat mereka, Werror malah pergi ke Djayapura dengan alasan bahwa ia masih memiliki urusan yang tidak lengkap untuk hadir di sana.

Menjelang tahun 1969 tanggal untuk pilihan bebas mendekat, dilakukan Demonstrasi besar di Jayapura Werror terlibat intelijen militer mencarinya dan dia menyembunyikan diri karena dalam aksi itu Werror mengatakan kepada para demonstran untuk menjadi kuat dan bersatu, untuk menentang kekerasan namun harus tegas pada permintaan mereka untuk kemerdekaan. Namun Ketika ia berbicara tentang demonstrasi, militer Indonesia menangkapnya.
Bersama dengan para pemimpin lainnya, lengan dan kaki mereka dirantai dan dijebloskan ke penjara di Jayapura. Mereka melewati pengadilan militer. Sebagai seorang diplomat, Werror memiliki keuntungan karena mengenal banyak pejabat Pemerintah Indonesia, dan seorang simpatisan menyelipkan surat di penjara yang memperingatkannya untuk tidak pergi ketika militer datang untuk menjemputnya.Ketika truk militer datang untuk menjemputnya dan yang lainnya, dia menolak. Kemudian dia mengetahui bahwa yang lainnya terbunuh.

Setelah seminggu dia dibebaskan tetapi Werror curiga bahwa dia sedang diincar sehingga Dia pergi ke kepala polisi yang dia kenal secara pribadi un staf mereka di Djayapura. Dia diberi pekerjaan yang baik, dan rumah. Istrinya ingin mereka tenang. Namun, Werror tidak pernah merasa aman dan memutuskan mereka harus meninggalkan Djayapura.
Pada Agustus 1971, di balik kegelapan, ia dan keluarganya menyeberang dengan perahu ke Papua Nugini, tiba di Vanimo.
Setelah tinggal di kamp-kamp pengungsi, ia akhirnya pindah ke tinggal di Madang.

Benny Pakage
Sumber: https://www.facebook.com/beni.pakage/posts/2417834101573514

Selamat jalan ke Surga bapak Moses Weror. Anak bangsa semua turut berduka atas kepergianmu. Setapak jalan yang kau tinggalkan ini kami akan teruskan menelusuri hingga ujung jalan yang kau dambakan.(AG)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/04/sedikit-cerita-mengenai-moses-weror.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ww Gambar Dengan Sedikit Cerita

Ww Gambar Dengan Sedikit Cerita

papar berkaitan - pada 4/4/2019 - jumlah : 316 hits
Setiap hari fikir hendak masak apa Tengok apa bahan yang tersedia maka masaklah ikut suka Laksa makan di kedai Hmmm kurang rasa Laksa agak keras dan kuah kurang garam Tapi tetap dihabiskan Tak elok membazir kan Tinggal seorang diri Fikir la...
Cerita Haris Azhar Soal Awal Mula Akp Sulman Aziz Hingga Ralat Ucapan

Cerita Haris Azhar Soal Awal Mula Akp Sulman Aziz Hingga Ralat Ucapan

papar berkaitan - pada 2/4/2019 - jumlah : 201 hits
Cerita Haris Azhar soal Awal Mula AKP Sulman Aziz hingga Ralat Ucapan Haris Azhar menceritakan awal mula mantan Kapolsek itu mau buka bukan Menurut Haris sebelum Sulman membuka ke publik dirinya sudah lama berkomunikasi
Cerita Capres Dan Cawapres Masa Kampanye Dicakar Sampai Tangan Terluka

Cerita Capres Dan Cawapres Masa Kampanye Dicakar Sampai Tangan Terluka

papar berkaitan - pada 2/4/2019 - jumlah : 229 hits
Tak jarang kehebohan terjadi ketika pasangan capres cawapres menyapa pendukung Karena saking banyaknya massa dan berebut salaman hingga menyebabkan capres dan cawapres tangannya terluka
Janna Nick Cerita Dia Sudah Habis

Janna Nick Cerita Dia Sudah Habis

papar berkaitan - pada 1/4/2019 - jumlah : 493 hits
Berkongsi sekeping foto mencolok mata menampakkan dirinya sedang melakukan aktiviti ekstrem memanjat tembok atau wall climbing ruangan komen gambar berkenaan dalam Instagram pelakon Janna Nick dihujani lambakan ulasan nakal daripada peminat...
Cerita Tentang Mimpi Aneh Yang Nggak Masuk Akal Kamu Pernah Mimpi Jadi Lampu Taman Nggak

Cerita Tentang Mimpi Aneh Yang Nggak Masuk Akal Kamu Pernah Mimpi Jadi Lampu Taman Nggak

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 245 hits
Maaf ini bukan primbon cuma sebuah cerita konyol tentang tidur sambil berjalan sampai mimpi jadi lampu taman Untung aja nggak pernah mimpi jadi gir Supra
Cerita Kepala Desa Studi Banding Ke China Ibarat Kisah Kabayan Dan Nyi Iteung

Cerita Kepala Desa Studi Banding Ke China Ibarat Kisah Kabayan Dan Nyi Iteung

papar berkaitan - pada 28/3/2019 - jumlah : 205 hits
Turut bahagia rasanya melihat orang orang yang sudah sepuh mengisi hari tuanya dengan kegembiraan katanya
Wanita Jangan Kongsi Cerita Seram Waktu Kelahiran Sebab

Wanita Jangan Kongsi Cerita Seram Waktu Kelahiran Sebab

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 342 hits
Catriona Jones seorang penyelidik kanan di University of Hull menimbulkan kebimbangan mengenai perkongsian kisah kisah kengerian ketika bersalin di dalam talian menyebabkan semakin ramai wanita takut melahirkan anak Keadaan ini dipanggil to...
Ibarat Daun Salam Ma Ruf Amin Cerita Ulama Yang Dimanfaatkan Jelang Pilpres

Ibarat Daun Salam Ma Ruf Amin Cerita Ulama Yang Dimanfaatkan Jelang Pilpres

papar berkaitan - pada 31/3/2019 - jumlah : 218 hits
Calon Wakil Presiden KH Ma ruf Amin mengibaratkan ulama seperti daun salam Sebab setiap kali menjelang pemilihan kepala daerah atau pemilihan presiden para calon kerap memanfaatkan ulama untuk mendulang suara Begitu sang calon terpilih ulam...
Saya Minta Maaf Takkan Ada Lagi Cerita Seperti Itu Amnazhan

Saya Minta Maaf Takkan Ada Lagi Cerita Seperti Itu Amnazhan

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 883 hits
Saya tidak mengejar famous itu penafian dari Amnazhan atau lebih dikenali sebagai Am selepas video drama Dosakah Aku viral di media sosial sehingga mencetuskan pelbagai reaksi kurang senang dari netizen Semalam netizen mengecam video Dosaka...
Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Azmin Pledges To Tell All On May 11

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Utilizing Crowdfunding For Business



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Beraya Di Kuantan Dan Melaka

Lirik Lagu Katakan Saja Nabila Razali

Jadual Dan Keputusan Piala Thomas Piala Uber 2024

Reaching Out

Iddah Wanita Kematian Suami

Berebut Kasih