Sedekahnya Diejek Riya Dan Pamer Baim Wong Hanya Allah Yang Berhak Menilai


Baim Berfoto Dengan Tiga Driver Gojek (Instagram Baim Wong)
Serba susah, konten buruk dikomentari, konten baik diejek

Rasa-rasanya di mata manusia, ada saja yang salah. Meski perilakunya baik tetap saja dicibir. Hal ini dialami pula oleh Baim Wong, kontennya sering menunjukkan dia membagi bantuan kepada orang lain. Tapi malah dinilai riya. Begini jawaban lengkap Baim Wong. 

Utamanya pada konten yang menampilkan saat ia membantu orang-orang yang membutuhkan.

Biasanya Baik Wong akan menyamar menjadi orang lain agar tak dikenali, kemudian mengajak ngobrol untuk tahu latar belakang orang tersebut dan akhirnya memberikan bantuan.

Karena kontennya tersebut, Baim Wong dikenal sebagai selebriti yang dermawan. Meski konten Baim Wong positif, tetapi ada saja orang yang menyebut sedekahnya termasuk perbuatan riya atau pamer.

Pengertian Riya ialah memperlihatkan sekaligus mem[erbagus amalan ibadah dengan tujuan diperhatima

Mengetahui dirinya dicap riya dan pamer, Baim Wong angkat bicara.

Unggah Video Ceramah Gus Dewa

Baim Wong mengunggah sebuah video tentang ceramah Gus Dewa di akun instagramnya. Dalam ceramahnya, Gus Dewa menanggapi pertanyaan salah seorang jamaah terkait sedekah Baim Wong.

"Seorang youtuber kondang yaitu BaPau (Baim Paula) sering membagi-bagikan sedekah dan selalu dipublikasikan di channel nya. Terus apakah sedekah yang dipublikasikan itu diperkenankan dalam syariat Islam dan apakah tidak termasuk riya?" ujar Gus Dewa membacakan pertanyaan salah seorang jamaahnnya.

"Jadi begini, kita di akhir zaman mudah sekali mempunyai prasangka buruk pada orang. Sebelum kita menuduh orang itu riya, bersihkan dulu hati kita. Masak ada orang yang berbuat baik dituduh riya. Riya itu urusan hati, sombong itu urusan hati. Kita enggak tau hati seseorang," jawab Gus Dewa.

"Jangan mudah menuduh sombong orang lain. Orang yang menuduh sombong orang lain itu sudah punya penyakit hati. Belum tentu Baim Paula itu sodaqoh karena riya bisa juga sodaqoh agar ditiru oleh orang lain, makanya ayo bersihkan hati kita sendiri, jangan gampang menuduh orang," imbuhnya


View this post on Instagram
Tapi memang riya itu sangat tipis dgn sifat manusia..kembali hanya Allah yg berhak menilai . Dari awal saya tidak pernah berpikiran untuk bisa menginspirasi seseorang..saya hanya melakukan apa yg ingin saya lakukan,dan saya senang melihat orang lain senang. Sesederhana itu .. Tetapi Allah Maha Besar , dengan berbagi, Allah kembalikan harta saya berkali2 lipat tanpa pernah saya sangka sblmnya.. Pahala hanya Allah yg berhak menilai.Malu saya minta pahala, dosa sudah menumpuk banyak. Berharap semoga dosa sedikit2 dihapus oleh Allah :).. Salam hormat saya untuk istri dan untuk semua keluarga ustad Gus Dewa.. . ❤Allah #janganlelahuntukberbagiA post shared by baim wong (@baimwong) on Jul 15, 2020 at 12:46am PDT

Riya itu Perkara Hati, Bukan Urusan Manusia

Setelah menjawab pertanyaan salah seorang jemaah, Gus Dewa kemudian menjelaskan ajaran Islam mengenai sedekah.

"Bagaimana kajian Islam tentang masalah ini?" ujar Gus Dewa.

Gus Dewa menuturkan orang bersedekah itu ada dua golongan. Golongan pertama adalah orang yang bersedekkah dengan sirri (tidak terang-terangan). Dan golongan yang kedua adalah sedekah dengan cara terang-terangan.

Kedua cara tersebut, lanjut Gus Dewa, diakui dalam Al Quran. semuanya baik dan dibolehkan kecuali dia mau pamer. Tetapi pamer itu urusan hati bukan urusan manusia.

"Tapi memang kajian para ulama Tafsir Ibnu Katsir memang mengatakan sodaqoh itu aslinya yang sunnah adalah sirri (tidak dipublikasikan). Tapi andaikan dipublikasikan tujuannya agar orang biar dia meniru, malah dapat dua pahala, satu dia ditiru dapat pahala, nomor dua dia dapat pahala dari sodaqoh itu sendiri," sambungnya.

Berikut ini firman Allah SWT pada Surat Al Baqarah ayat 271, yang artinya:

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

"Coba kita teliti dalam Al Quran dan hadist nya. Kita lihat dalam Surat Al Baqarah ayat 271, dikatakan di sana, kalau kamu mempublikasikan, menampakkan sodaqoh kamu, maka itu adalah baik sekali. Jadi Al Quran tidak menganggap tidak baik orang yang mempublikasikan sodaqoh nya. Itu baik, karena mungkin bisa ditiru oleh orang. Jadi inspirasi orang mau bersodaqoh seperti dia," lanjutnya.

"Tapi terusan ayatnya, kalau kamu merahasiakan, tidak mempublikasikan, dan dikembalikan dan diberikan kepada orang-orang fakir, itu lebih baik," jelasnya.

Kemudian terakhir dia menegaskan, jika sedekah dengan dipublikasikan itu baik, tapi tidak dipublikasikan atau dalam artian tidak terang-terangan lebih baik.

Riya Sangat Tipis dengan Sifat Manusia

Melihat Gus Dewa mendapat pertanyaan tentang sedekah Baim dan Paula, Baim mengaku belakangan ini juga kerap mendapat pertanyaan tentang hal tersebut.

"Belakangan ini .. Pertanyaan ini sering ditanyakan juga ke saya," tulis @baimwong.

Dalam unggahan tersebut, Baim juga menyebut jika riya itu sangat tipis dengan sifat manusia. Dan terkait hal itu, hanya Allah SWT yang berhak menilai.

"Tapi memang riya itu sangat tipis dgn sifat manusia..kembali hanya Allah yg berhak menilai," tulis @baimwong.

Baim mengaku sejak awal dia mengunggah kontennya yang membantu orang lain, tidak terpikirkan hendak menginspirasi orang lain.

"Dari awal saya tidak pernah berpikiran untuk bisa menginspirasi seseorang," sambungnya.

Dalam unggahan tersebut, Baim mengaku hanya melakukan apa yang ia ingin lakukan. Dan ia mengungkapkan hatinya senang saat melihat orang lain senang.

Allah SWT Ganti Harta Berkali Lipat

Baim kemudian menyinggung tentang salah satu manfaat berbagi. Ia mengatakan, dengan berbagi, Allah SWT kembalikan hartanya berkali lipat. Bahkan tanpa Baik meminta sebelumnya.

"Tetapi Allah Maha Besar , dengan berbagi, Allah kembalikan harta saya berkali2 lipat tanpa pernah saya sangka sblmnya," tulis @baimwong.

Di akhir kalimat, Baim mengatakan jika hanya Allah SWT yang berhak menilai pribadinya. Dan ia berharap Allah SWT berkenan menghapuskan dosanya.

"Pahala hanya Allah yg berhak menilai.Malu saya minta pahala, dosa sudah menumpuk banyak. Berharap semoga dosa sedikit2 dihapus oleh Allah :)," pungkasnya.

Jika menilik dari pengertiannya, Riya itu lekat dengan keinginan dipuji orang lain. Lantas bagaimana yang tahu keinginan atau niat seseorang jika bukan Allah SWT?

Oleh sebab itu, manusia tak berhak menilai ibadah seseorang riya atau tidak, karena itu diluar dari kemampuan dan bukan urusannyaf

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2020/07/sedekahnya-diejek-riya-dan-pamer-baim.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sedekahnya Dinilai Pamer Baim Wong Akui Riya Sangat Tipis Dengan Sifat Manusia

Sedekahnya Dinilai Pamer Baim Wong Akui Riya Sangat Tipis Dengan Sifat Manusia

papar berkaitan - pada 16/7/2020 - jumlah : 160 hits
Baim Wong melakukan salah satu artis yang juga aktif sebagai youtuber Baim Wong dikenal dengan konten kontennya yang membantu masyarakat kalangan bawah Dia kerap memberikan uang kepada para pedagang tukang parkir hingga pengamen Baim Wong m...
Kisah Viral Sopir Angkot Yang Bawa Anak Sambil Narik Hingga Dicari Baim Wong

Kisah Viral Sopir Angkot Yang Bawa Anak Sambil Narik Hingga Dicari Baim Wong

papar berkaitan - pada 16/7/2020 - jumlah : 229 hits
Bayi berumur 3 5 bulan harus rela menghirup asap kendaraan setiap hari Ayah dari bocah bernama Bilqis Choirun Nisa tersebut merupakan seorang sopir angkot jurusan Mangkang Johar Semarang Nurul Mukminin terpaksa membawa sang bayi dan juga an...
Tya Ariestya Bongkar Perilaku Baim Wong Ternyata

Tya Ariestya Bongkar Perilaku Baim Wong Ternyata

papar berkaitan - pada 7/7/2020 - jumlah : 201 hits
Artis Tya Ariestya membongkar perilaku Baim Wong yang jarang diketahui oleh publik Menurut pemain film Marbot Dadakan Mengejar Jodoh suami Paula Verhoeven itu memiliki jiwa sosial yang tinggi Buktinya kata Tya Ariestya bapak satu anak itu m...
Baim Wong Ungkap Fakta Soal Sepupu Pinjam Rp10 Juta Ditolak Ayahnya Ikut Berkomentar

Baim Wong Ungkap Fakta Soal Sepupu Pinjam Rp10 Juta Ditolak Ayahnya Ikut Berkomentar

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 509 hits
Artis tampan Baim Wong kembali menghebohkan publik lantaran baru saja mengungkap fakta soal salah seorang sepupunya pinjam uang sebesar Rp10 juta rupiah Sepupu yang diketahui bernama Julius dan berasal dari keluarga ayah Baim sampai membuat...
Akan Penjarakan Sosok Ini Baim Wong Ketemu Pengacara Hotma Sitompul Udah Sabar Banget Ngadepin Dia

Akan Penjarakan Sosok Ini Baim Wong Ketemu Pengacara Hotma Sitompul Udah Sabar Banget Ngadepin Dia

papar berkaitan - pada 17/7/2020 - jumlah : 170 hits
Kasusnya belum selesai Baim Wong terlihat mengunjungi kantor untuk ketemu pengacara terkenal Hotma Sitompul Saat konsultasi Baim Wong disarankan oleh Hotma Sitompul untuk menjebloskan sosok ini ke dalam penjara Siapakah sosok itu Bosque sek...
Hanya Sebiji Rambutan Anak 3 Tahun Maut Tercekik Bapa Dah Cuba Allah Lebih Sayang

Hanya Sebiji Rambutan Anak 3 Tahun Maut Tercekik Bapa Dah Cuba Allah Lebih Sayang

papar berkaitan - pada 6/7/2020 - jumlah : 311 hits
Hanya sebiji rambutan seorang kanak kanak lelaki berusia 3 tahun menemui ajal akibat tercekik ketika makan buah tersebut Dalam kejadian di Kampung Belakang Masjid dekat Bukit Selambau Baling Kedah usaha untuk menyelamatkan mangsa tidak berj...
Tunku Azizah Hanya Mampu Berdoa Allah Membalas Perbuatan Mereka Conteng Mural Gergasi

Tunku Azizah Hanya Mampu Berdoa Allah Membalas Perbuatan Mereka Conteng Mural Gergasi

papar berkaitan - pada 21/7/2020 - jumlah : 424 hits
Semoga Allah SWT yang membalasnya hanya itu yang dapat diungkapkan oleh Raja Permaisuri Agong Tungku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah setelah mengikuti apa yang berlaku hari ini terhadap mural Hero negara yang diconteng Tunku Azizah...
Pak Cik Ini Kayuh Basikal Jual Pulut Panggang Di Jalan Kebun Hanya Rm5 Untuk 4 Batang

Pak Cik Ini Kayuh Basikal Jual Pulut Panggang Di Jalan Kebun Hanya Rm5 Untuk 4 Batang

papar berkaitan - pada 5/7/2020 - jumlah : 444 hits
Di mana ada kemahuan di situ ada jalan Walau sudah berada di usia emas ianya tidak menjadi penghalang seorang warga emas untuk mencari rezeki yang halal Menerusi perkongsian oleh seorang individu Nurfatin Aida di Group Facebook Pak Cik ters...
Manusia Hanya Diberi Waktu 1 5 Jam Untuk Menentukan Nasib Di Akhirat

Manusia Hanya Diberi Waktu 1 5 Jam Untuk Menentukan Nasib Di Akhirat

papar berkaitan - pada 5/7/2020 - jumlah : 373 hits
Tidak ada seorang pun manusia yang tahun berapa lama akan tinggal di dunia ini Kematian jodoh dan rezeki menjadi Rahasia Allah semata Mungkin hanya orang tertentu saja yang diberikan pengetahuan tentang itu Pada umumnya kita buta akan berba...
Towards More Comprehensive Pension Reform

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Berebut Kasih

Reaching Out

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Ask Your Idol About Ops Lalang Don T Be A Hypocrite Fahmi To Saddiq

How Much Longer For Mou On Allocations For Opposition Mps Says Syed Saddiq

Calon Pn Kuala Kubu Baru Ceo Syarikat Tutup



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Polis Jerman Sita Bugatti Rare Dalam Siasatan Berkait 1mdb

Jetama Taja Sabah Fc Rm5 Juta Musim Ini

Legoland Malaysia Resort Empowers Teachers And Students To Conquer The Legoland School Challenge 2024

Prk Kkb Pertandingan Parti Atau Pertandingan Kaum

Laporan Bank Dunia Mengeluarkan Isyarat Bahaya Terhadap Sistem Pendidikan Malaysia

Piza Potato Gnocchi Di The Spot By Chinoz Tiada Tandingan