Sabyan Gambus Dalam Transisi Karya



Grup Musik Sabyan Gambus. (Dok. Istimewa)Sabyan Gambus tengah mendapatkan perhatian penikmat musik, dari berbagai usia, terutama kalangan milenial. Nama Sabyan Gambus begitu kemilau sejak Khoirunissa yang akrab dipanggil Nissa Sabyan jadi vokalis pada grup musik ini. Ditandai dengan karya-karya lagu covering mereka yang diterima oleh masyarakat, seperti; Ya Habibal Qolbi, Deen Assalam, Ya Asyiqol, Rohman Ya Rohman, Ya Jamalu, Qomarun, Ahmad Ya Habibi, dan lainnya.
Kesuksesan Sabyan Gambus dengan lagu covering mereka adalah bukti keberhasilan mereka mengawinkan aransemen baru dengan karakter vokal Nissa, sehingga setiap karya yang mereka lahirkan memiliki soul tersendiri. Meskipun kecantikan Nissa juga jadi faktor dalam membranding Sabyan Gambus.

Namun kita merasakan, saat ini Sabyan Gambus tengah kesulitan untuk menyaingi kesuksesan lagu covering pertama mereka, Ya Habibal Qolbi. Karena grafik pencapaian jumlah view di YouTube dari lagu ke lagu terjadi.

Secara internal, keadaan ini tentu akan dirasakan oleh Sabyan Gambus dan tim kreatifnya. Disinyalir, ini jadi katalisator sehingga Sabyan Gambus pada beberapa bulan terakhir mengajak beberapa musisi lain untuk berkolaborasi dalam bentuk featuring pada lagu-lagu hit's yang pernah sukses mereka cover dan juga lagu lainnya.

Seniman sejati tentulah ingin mengaktualisasikan diri di atas idealisme bermusik dengan melahirkan karya sendiri. Berpijak pada landasan ini, pada bulan Juni 2018 Sabyan Gambus merilis single perdana mereka yang berjudul Ya Maulana. Lagu ini mereka tulis sendiri. Sabyan Gambus seperti ingin keluar dari citra sebagai grup musik cover.

Lagu Ya Maulana mendapat perhatian dari para penggemar dan juga para penikmat musik di Tanahair dan Asia Tenggara. Perolehan view untuk lagu ini di YouTube hampir menyamai lagu cover perdana mereka. Diduga, bisa saja dipicu hanya karena rasa penasaran penikmat musik untuk mendengar Sabyan Gambus dengan karya lagu mereka sendiri.

Dalam rentang waktu yang ideal, pada bulan November 2018 Sabyan Gambus merilis single ke duanya, 'Allahumma Labaik'. Disayangkan, single ke dua ini belum mampu menandingi kesuksesan single pertamanya. Seperti tergesa, mereka pun merilis single ke tiga 'El Oum' pada bulan Desember 2018, dan single ke empat 'Syukron Lillah' pada bulan Januari 2019.

Nasib sama dialami single Sabyan Gambus, seperti pada lagu-lagu covering mereka. Trend penurunun kembali terjadi pada grafik pencapaian view di YouTube dari single ke single mereka.
Menjaga eksistensi bermusik dari kualitas karya lebih sulit dibanding sebuah karya diterima hanya karena faktor popularitas yang sudah didapatkan. Sebuah grup musik harus mampu melahirkan karya inovatif di setiap karya-karya terbaru. Karena penikmat musik butuh sesuatu yang baru, bukanlah sebuah pengulangan.

Sabyan Gambus jangan sampai terperangkap dengan lagu-lagu covering mereka. Setiap lirik lagu itu punya soul dan karakternya tersendiri. Tak akan kawin lirik bahagia jika dinyanyikan dengan cara sendu, begitupun sebaliknya. Butuh konsep baru untuk dapat mempertahankan eksistensi bermusik. Apalagi dalam transisi karya, dari covering ke single sendiri, agar tidak ditinggalkan penggemar.
Merilis single-single baru dalam jeda waktu sebulan adalah strategi mentah, karena penggemar bisa tercecer menikmati karya-karya terbaru sebuah grup musik, karena penikmat musik setidaknya butuh waktu tiga bulan untuk menerima sebuah karya baru.

Kita doakan, semoga Sabyan Gambus makin inovatif dan kreatif dalam berkarya. Bagaimanapun, kesuksesan Sabyan Gambus mengentertainkan genre musik gambus adalah sebuah proses kreatif yang pantas diacungi jempol.

(Muhammad Fadhli – Reporter IslamicTunesNews)



Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/02/sabyan-gambus-dalam-transisi-karya.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
2019 Wijaya Karya Siapkan Belanja Modal Rp 22 Triliun

2019 Wijaya Karya Siapkan Belanja Modal Rp 22 Triliun

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 60 hits
Dana capex ini antara lain akan digunakan untuk mendukung rencana bisnis perusahaan di tahun ini Di mana Wijaya Karya akan berinvestasi lebih agresif pada lini bisnis energi properti dan infrastruktur Untuk sumber pendanaan capex ini berasa...
Wijaya Karya Gabung Dalam Holding Bumn Perumahan Ini Alasan Pemerintah

Wijaya Karya Gabung Dalam Holding Bumn Perumahan Ini Alasan Pemerintah

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 41 hits
PT Wijaya Karya Tbk akan berubah status dari persero menjadi non persero Status ini merupakan langkah awal perusahaan untuk masuk sebagai salah satu anggota holding BUMN Perumahan dan Pengembangan Kawasan
2 Anak Usaha Wijaya Karya Bakal Ipo Di 2019

2 Anak Usaha Wijaya Karya Bakal Ipo Di 2019

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 44 hits
PT Wijaya Karya Tbk berencana membawa dua anak usahanya agar melantai perdana atau melakukan penawaran umum perdana saham di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019
Kisah Sukses Kerajinan Anting Kerang Karya H Madhana Diekspor Hingga Jerman

Kisah Sukses Kerajinan Anting Kerang Karya H Madhana Diekspor Hingga Jerman

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 62 hits
Kerajinan anting yang unik dari bahan kerang dan resin ternyata banyak diminati oleh pelanggan luar negeri Seperti kerajinan anting yang dibuat oleh H Madhana yang berasal dari Pulau Ra as Desa Poteran Kabupaten Sumenep Jawa Timur
Budi Karya Sumadi Akan Silaturahmi Dengan 100 Ustaz Bahas Bahayanya Hoaks

Budi Karya Sumadi Akan Silaturahmi Dengan 100 Ustaz Bahas Bahayanya Hoaks

papar berkaitan - pada 26/1/2019 - jumlah : 48 hits
Budi berharap agar masjid yang berada di Indonesia terlepas dari campur tangan kegiatan politik yang memecah belah
Baca Online Novel Senafas Rindu Karya Damya Hanna

Baca Online Novel Senafas Rindu Karya Damya Hanna

papar berkaitan - pada 27/1/2019 - jumlah : 408 hits
Baca Online Novel Senafas Rindu Karya Damya Hanna Novel yang bakal diadaptasi kepada Drama Senafas Rindu Karya Damya Hanna Baca Online Novel Senafas Rindu Karya Damya Hanna pada pautan buku di bawah Untuk menbeli naskah penuh boleh wasap
Menkumham Lantik 9 Komisioner Lmkn Tingkatkan Royalti Pemilik Karya

Menkumham Lantik 9 Komisioner Lmkn Tingkatkan Royalti Pemilik Karya

papar berkaitan - pada 30/1/2019 - jumlah : 36 hits
Yasonna menginginkan dengan dilantiknya komisioner dapat meningkatkan pungutan royalti dari karya cipta dan hak cipta kemudian disalurkan ke pemiliknya Sehingga dapat memberikan kesejahteraan ke pemilik hak dan karya cipta
Holding Bumn Infrastruktur Adhi Karya Siap Lepas 51 Persen Saham

Holding Bumn Infrastruktur Adhi Karya Siap Lepas 51 Persen Saham

papar berkaitan - pada 1/2/2019 - jumlah : 53 hits
PT Adhi Karya Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa sebagai tindak lanjut dari rencana pembentukan Holding Badan Usaha Milik Negara Infrastruktur Dalam rapat tersebut para pemegang saham memutuskan melepas 51 persen saham ke Hu...
Adhi Karya Bidik Pertumbuhan Laba 100 Persen Tahun Ini

Adhi Karya Bidik Pertumbuhan Laba 100 Persen Tahun Ini

papar berkaitan - pada 2/2/2019 - jumlah : 48 hits
PT Adhi Karya Tbk menargetkan pertumbuhan laba sebesar 100 persen menjadi Rp 4 triliun tahun ini Adapun keuntungan anggota holding badan usaha milik negara infrastruktur ini tahun lalu mencapai Rp 2 triliun
Asap Seluruh Bumi Dan Peristiwa Ad Dukhan

Perghh Selepas 5 Tahun Tanduk Di Kepala Lelaki Ini Akhirnya Berjaya Dibuang

Kemelut Rumah Tangga Lufya Nafi Suami Gay

Lelaki Cina Susunkan Kasut Jemaah Masjid

Sarapan Pagi Yang Sihat Bantu Kurangkan Berat Badan

Isham Jalil Mana Zuraida Kamaruddin Belajar Mengenai Ekonomi

Kenapa Cik Nor Berhenti Kerja

Travel Backpacker Biarkan Anak Baru Lahir Isteri Tidur Di Lapangan Terbang Ustaz Tampil Cerita Kejadian Sebenar



Biodata Dan Latar Belakang Pelakon Eina Azman

Kisah Hujan Ikan Paus yang Berlaku Pada Tahun 1970

Biodata Jaja Iliyes Pelakon Drama 7 Hari Mencintaiku 2

Pendedahan Senarai Peserta Gegar Vaganza 6 2019 Bermula

Mengapa Kita Berbohong Dan Cara Untuk Mengesan Pembohong Kajian


Apa Salah Kempen Halal

Syarat Utama Doa Dimakbulkan Allah

Waran Tangkap Dr Zakir Naik

Jadwal Seminar Petugas Kesehatan Haji Indonesia Untuk Persiapan 2020

Ant Man 3 Mungkin Dibatalkan Bakal Menjadi Rancangan Terbaru Disney

Memahami Lima Langkah Penting Ahli Jualan Kenapa Enggak