Rumah Belajar Media Pembelajaran Online Gratis Dari Kemdikbud


RUMAH BELAJAR merupakan media pembelajaran online gratis hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juni 2011, berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.
Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar.
MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE GRATIS Pada menu Fitur Utama media pembelajaran online gratis terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.
FITUR UTAMA Selain itu, Rumah Belajar juga memberikan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk bahan belajar interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital.
Fitur Peta Budaya Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk berbagai tujuan, agar pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran secara komprehensif. Misalnya fitur Peta Budaya, disiapkan untuk menyediakan berbagai macam materi pembelajaran budaya di Indonesia sehingga peserta didik dapat lebih mengetahui dan menghargai keragaman adat istiadat/budaya.
Fitur Wahana Jelajah Sedangkan Wahana Jelajah Angkasa dikembangkan agar peserta didik lebih mudah mengenal benda-benda angkasa. Selanjutnya, Bank Soal, berisi kumpulan soal-soal latihan/tes. Juga Karya Guru dan Karya Komunitas, memberi kesempatan pendidik mengunggah karya terbaiknya. Di sini pendidik bisa berbagi informasi/ ilmu dengan yang lain.
Fitur Kelas Maya Fitur media pembelajaran online gratis yang lain, yakni Kelas Maya, memberi layanan pendidik dan peserta didik menyelenggarakan kegiatan e-learning atau pembelajaran secara daring (online) kapan saja dan di mana saja. Fitur itu memfasilitasi pembelajaran daring antara pendidik dan peserta didik kapan saja dan di mana saja. Baik pada saat jam sekolah maupun di luar jam sekolah (sesuai kesepakatan pendidik dan peserta didik), asalkan guru dan siswa memiliki koneksi internet dan perangkat gawai seperti komputer/laptop/ notebook.
Fitur Laboratorium Maya Adapun Laboratorium Maya dapat digunakan peserta didik dan pendidik melakukan percobaan di laboratorium secara virtual (maya). Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya dapat diunduh oleh pengguna dengan melakukan login terlebih dahulu. Di fitur ini terdapat konten untuk mata pelajaran IPA dan matematika dengan kategori SMP dan SMA.
Sampai sekarang, media pembelajaran online gratis dari Kemdikbud ini telah banyak dimanfaatkan oleh pendidik sebagai sumber media pembelajaran. Pendidik di Bengkulu Tengah, NTB, dan Maluku Utara, misalnya, merasakan portal tersebut sangat membantunya dalam mencari materi pembelajaran. Peserta didik pun tambah bersemangat dengan media pembelajaran berbasis internet tersebut.
AKSES MATERI SECARA OFFLINE Meskipun demikian, tanpa sambungan internet di kelas pun, pembelajaran dengan konten dari Rumah Belajar tetap dapat dilaksanakan. Caranya, pendidik mengunduh materi terlebih dulu melalui gawai yang berkoneksi internet. Lalu, hasil undungan itu disimpan dalam alat penyimpan data, seperti flashdisk/USB, atau compact disc (CD).
Dalam kelas, materi yang telah diunduh darimedia pembelajaran online gratis tersebut ditayangkan dengan proyektor LCD secara luring (offline). Dengan cara demikian itu, kelas yang tidak terakses internet pun dapat memanfaatkan konten Rumah Belajar.

Hal ini dilakukan bertujuan mendorong peserta didik pro-aktif dalam proses pembelajaran, bisa saja seorang atau beberapa orang peserta didik diminta mengunduh materi terlebih dulu. Kemudian materi itu ditayangkan secara luring di kelas untuk dibahas bersama. Dalam hal ini pendidik bertindak sebagai fasilitator.
DUKUNGAN DUTA RUMAH BELAJAR Bagi pendidik di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), ketiadaan sambungan internet bukan menjadi kendala dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan materi yang diambil darimedia pembelajaran online gratis Kemdikbud ini. Asal ada kemauan, pembelajaran berbasis internet tersebut dapat dilaksanakan dengan baik di mana saja dan kapan saja.
Dalam memanfaatkan Rumah Belajar pengguna akan didampingi oleh Duta Rumah Belajar yang telah dipilih dari 34 Provinsi. Mereka merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud, dalam melakukan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya pemanfaatan Rumah Belajar di masing-masing provinsinya.
Sumber : Majalah JENDELA Kemendikbud Edisi Ke-29
The post Rumah Belajar, Media Pembelajaran Online Gratis dari Kemdikbud appeared first on Blogger Borneo Network.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/media-pembelajaran-online-gratis-kemdikbud/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jokowi Beri Sambungan Listrik Gratis Ke 11 000 Rumah Tangga Di Bekasi

Jokowi Beri Sambungan Listrik Gratis Ke 11 000 Rumah Tangga Di Bekasi

papar berkaitan - pada 25/1/2019 - jumlah : 193 hits
Secara simbolis bantuan kelistrikan di kedua wilayah ini ini diberikan langsung Presiden Joko Widodo dan didampingi Menteri BUMN Rini M Soemarno di Kelurahan Marga Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi
Mahu Menanam Sendiri Bawang Di Rumah Kaedah Menggunakan Dua Bahan Yang Mudah Untuk Anda Cuba Rileks Media

Mahu Menanam Sendiri Bawang Di Rumah Kaedah Menggunakan Dua Bahan Yang Mudah Untuk Anda Cuba Rileks Media

papar berkaitan - pada 27/1/2019 - jumlah : 345 hits
Tidak lengkap masakan kita tanpa bawang tidak kiralah bawang merah bawang putih bawang besar mahupun bawang Holland sekali pun Hal ini kerana bawang merupakan antara bahan terpenting dalam masakan di mana ia memberi perasa kepada makana yan...
Pagar Rumah Dengan Surah Yassin Ayat 9 Nampak Laut Nampak Air Rileks Media

Pagar Rumah Dengan Surah Yassin Ayat 9 Nampak Laut Nampak Air Rileks Media

papar berkaitan - pada 3/2/2019 - jumlah : 1064 hits
PAGAR RUMAH DENGAN SURAH YASSIN AYAT 9 NAMPAK LAUT NAMPAK AIR USTAZ ABDULLAH KHAIRI PENCU RI YG DKATAKAN TIDAK BOLEH NAIK TIDAK BOLEH NAK TURUN padahal pagar rendah je Pernah tak dengar pencu ri pecah masuk rumah tapi tak boleh keluar dia n...
Jebakan Mematikan Bernama Pinjaman Online Dari Nunggak Cicilan Rumah Hingga Kehilangan Pekerjaan

Jebakan Mematikan Bernama Pinjaman Online Dari Nunggak Cicilan Rumah Hingga Kehilangan Pekerjaan

papar berkaitan - pada 5/2/2019 - jumlah : 371 hits
Kemudahan dalam memperoleh pinjaman uang melalui pinjaman online ternyata bisa berbalik menjadi kesulitan yang tak terbayangkan Tak sedikit orang yang mengaku menjadi korban dari pinjaman online khususnya yang ilegal atau melalui aplikasi b...
Kuali Di Rumah Hitam Cuba Ni Putih Bersih Berkilat Baq Hang Guna Modal Tak Sampai Rm5 Rileks Media

Kuali Di Rumah Hitam Cuba Ni Putih Bersih Berkilat Baq Hang Guna Modal Tak Sampai Rm5 Rileks Media

papar berkaitan - pada 2/2/2019 - jumlah : 529 hits
Kuali memasak memang susah nak dibersihkan Kesan jelaga hitam tu membuatkan mata naik berbulu melihatnya Nak grooming kuali anda supaya cantik kembali Jom cuba cara di bawah ni BAHAN BAHAN Soda bikarbonat secukupnya Berus dawai Sedikit air ...
Bumn Beri 14 000 Rumah Tangga Miskin Di Cianjur Sambungan Listrik Gratis

Bumn Beri 14 000 Rumah Tangga Miskin Di Cianjur Sambungan Listrik Gratis

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 189 hits
Penyambungan listrik di Kabupaten Cianjur merupakan bagian dari program penyambungan listrik di Provinsi Jawa Barat melalui skema sinergi BUMN Masyarakat yang mendapatkan bantuan merupakan masyarakat atau rumah tangga tidak mampu berdasarka...
Comment On Cara Buat Duit Online Dengan Youtube Yang Boleh Di Lakukan Santai2 Dari Rumah By Ali

Comment On Cara Buat Duit Online Dengan Youtube Yang Boleh Di Lakukan Santai2 Dari Rumah By Ali

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 392 hits
Assalamualaikum bila 10 ribu org view YouTube kita kita dapat income itu yg saya faham pastikan video yg upload itu ori atau ciptaan kita
Amalkan Membaca Al Mathurat Pagi Dan Petang Ganjarannya Dalam Rumah Tangga Datang Tak Disangka Sangka Rileks Media

Amalkan Membaca Al Mathurat Pagi Dan Petang Ganjarannya Dalam Rumah Tangga Datang Tak Disangka Sangka Rileks Media

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 414 hits
Doa merupakan senjata bagi umat Islam Malah Al Quran juga adalah sumber penawar baik daripada segi zahir mahupun batin Justeru sebagai suami isteri menjadi kewajipan suami untuk membimbing isteri dan keluarga mendekatkan diri dengan agama s...
Walaupun Isteri Cuma Suri Rumah Ingatlah Mereka Bekerja 24 Jam Tanpa Henti Tak Bergaji Rileks Media

Walaupun Isteri Cuma Suri Rumah Ingatlah Mereka Bekerja 24 Jam Tanpa Henti Tak Bergaji Rileks Media

papar berkaitan - pada 1/2/2019 - jumlah : 385 hits
Mungkin ramai wanita yang mengambil keputusan untuk berhenti kerja selepas berumah tangga Tindakan itu memang wajar dipuji Sebagai suami tentu anda rasa seronok dengan pengorbanan isteri yang mahu menjadi suri rumah Anak anak dijaga sendiri...
Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Why Pm Anwar Rafizi Steven Sim Should Be Worried About World Bank S Report On M Sian Education

Sustainability And Metal Buildings A Data Driven Approach To Eco Friendly Construction

Contoh Inspirasi Poster Ucapan Selamat Hari Pekerja 2024

Exploring The Impact Of Aluminum In Contemporary Design



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Rukun Islam Jangan Ditambahkurangi Itu Namanya Dholalah Finnar

Analisis Teknikal Pergerakan Harga Intraday Mata Wang Kripto Doge Jumaat 3 Mei 2024

Singgah Solat Di Masjid Sri Sendayan

Chacarita Is Buenos Aires S Quirkiest Neighborhood Get There Soon

Menjala Di Rumah Makan Di Kedai

Hiburan Sarah Yasmine Harap You Enjoy This 5 Minutes Fame Tidur Lena Goodbye Aliff Aziz