Pontimarket Com Komunitas Umkm Kalbar


Bermula dari pengalaman memberikan materi bagi para peserta dalam beberapa kesempatan pelatihan maupun workshop yang notabene memiliki latar belakang para pelaku UMKM di Kalimantan Barat, Blogger Borneo dan beberapa sahabat yang memiliki visi dan misi sama berinisiatif untuk membentuk sebuah Komunitas UMKM Kalbar bernama PontiMarket.Com.
Keterbatasan sumber daya manusia yang umumnya dimiliki oleh para pelaku UMKM di Kalimantan Barat membuat mereka tidak bisa dibebani dengan kewajiban harus mengatur dan mengelola semua aspek di dalam menjalankan usahanya.
Di satu sisi mereka diharuskan untuk terus melakukan proses produksi, sedangkan disisi lain mereka diharapkan untuk mengatur semua manajemen operasionalnya, belum lagi mereka diminta untuk bisa memasarkan produknya baik itu secara offline maupun online. Apakah mereka mampu melakukan semuanya secara sekaligus dalam waktu yang singkat???
KOMUNITAS UMKM KALBAR Memang jika diperhatikan, untuk dapat mempelajari sesuatu ilmu yang baru tidak hanya cukup diselesaikan dalam satu atau dua kali pertemuan saja. Jika pada mulanya para pelaku UMKM ini merasa semangat untuk belajar, namun untuk kelanjutannya sudah hampir dapat dipastikan semangat tersebut akan menjadi kendur karena tidak ada follow up lagi dari pihak penyelenggara. Ujung-ujungnya kondisi para UMKM Kalbar ini kembali ke kondisi awal sampai menanti pelatihan maupun workshop yang sama di tahun berikutnya.
Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com didirikan atas dasar kondisi tersebut, dimana Blogger Borneo dan beberapa sahabat mencoba untuk dapat selalu memberikan pendampingan kepada para UMKM di Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya agar ilmu yang mereka telah dapatkan pada saat pelatihan maupun workshop tidak langsung hilang begitu saja.
Tentu saja dalam proses kelanjutannya, dibutuhkan pendampingan secara berkelanjutan karena notabene para pelaku UMKM Kalbar adalah kaum perempuan yang butuh waktu lebih lama dalam proses pembelajaran. Beda halnya dengan generasi milenial yang ketika mereka lahir saja foto mereka sudah terpublish di laman media sosial Ayah dan Bunda nya.
PELATIHAN UMKM KALBAR Dalam proses pendampingan dan pembelajaran, Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com membagi bidang keahlian yang harus dipelajari menjadi 4 (empat) bidang utama, antara lain: Penguatan Basis Kewirausahaan dan Produk, Penerapan Manajemen Operasional dan SDM, Penggunaan Akuntansi Keuangan dalam Keseharian, dan Implementasi Teknik Pemasaran Efektif secara offline maupun online.
Kesemua bidang pelatihan ini bisa diikuti oleh para UMKM Kalbar dari awal atau bisa memilih salah satu diantaranya menyesuakan kebutuhan internal usahanya. Ya tentu saja sebelumnya harus dilakukan proses scanning dengan mengajak para pelaku UMKM ini untuk sharing pengalaman dan diskusi mengenai kondisi usaha yang dijalani selama ini.
Baca Juga: Bermodalkan 50 Ribu, Produk Kriya UMKM Kalbar Tembus Pasar Dunia
Jika ditanya apakah untuk mengikuti semua pelatihan ini dikenakan biaya, tentu saya IYA karena ini sifatnya swadana dan swakelola. Tapi jika dibandingkan dengan pelatihan maupun workshop lain yang sejenis diluar kota Pontianak, tentu saja biayanya masih tergolong sangat murah. Sengaja dalam praktiknya tim PontiMarket menetapkan biaya karena sebenarnya dalam perhitungan para pelaku UMKM ini masuk sebagai investasi dalam misi mereka mengembangkan usahanya.
Image: PontiMarket.Com MEMBUKA PELUANG KERJASAMA Meskipun begitu, PontiMarket tetap berusaha untuk mencari solusi agar bagaimana pelatihan maupun workshop yang telah direncanakan untuk diselenggarakan bisa diikuti oleh para pelaku UMK Kalbar secara gratis. Oleh karena itu, PontiMarket membuat peluang kerjasama kepada pihak-pihak yang ingin menjadi mitra pendukung khususnya dalam hal biaya operasional pelaksanaan.
Alhamdulillah sejak berdiri beberapa waktu lalu, Konsultan UMKM Kalbar PontiMarket telah bekerjasama dengan beberapa pihak, antara lain: Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kalbar, PT Zahir Internasional, Yayasan Sekolah Islam Kabupaten Mempawah, Kampus Teknologi Agronomi Poltap Ketapang, Perusahaan Fintech Lokal Abang Desa, dan yang terakhir bersama PT Pegadaian (Persero) Cabang Pontianak.
Insya Allah dalam waktu dekat PontiMarket akan kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan sehari mengenai pembuatan laporang keuangan menggunakan smartphone yang akan didukung oleh PT Zahir Internasional dan PT Pegadaian (Persero) Cabang Pontianak.
Info lengkap mengenai Komunitas UMKM Kalbar ini bisa langsung berkunjung ke website resmi www.pontimarket.com atau dapat juga langsung menghubungi kontak person di 0896-2381-7678 (Telp/WA). (DW)
The post PontiMarket.Com, Komunitas UMKM Kalbar appeared first on Blogger Borneo Network.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/komunitas-umkm-kalbar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Agen Pegadaian Pontianak Siap Menjadi Mitra Pembiayaan Bagi Para Umkm Kalbar

Agen Pegadaian Pontianak Siap Menjadi Mitra Pembiayaan Bagi Para Umkm Kalbar

papar berkaitan - pada 10/11/2018 - jumlah : 244 hits
Dalam kesempatan yang diberikan oleh PT Pegadaian Cabang Pontianak Blogger Borneo diminta untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Gathering dan Sosialisasi Agen Pegadaian Pontianak Adapun tema yang disampaikan adalah bagaimana melakukan pro...
Dua Komunitas Blogger Kalbar Kumpul Dalam Asus Blogger Gathering 2018

Dua Komunitas Blogger Kalbar Kumpul Dalam Asus Blogger Gathering 2018

papar berkaitan - pada 2/11/2018 - jumlah : 300 hits
Empat hari menjelang pelaksanaan ASUS Blogger Gathering 2018 di Pontianak Blogger Borneo sudah menghubungi beberapa kawan kawan terutama dari Blogger Singkawang untuk melakukan proses pre register terlebih dahulu Jarak tempuh yang cukup jau...
Bermodalkan 50 Ribu Produk Kriya Umkm Kalbar Ini Tembus Pasar Dunia

Bermodalkan 50 Ribu Produk Kriya Umkm Kalbar Ini Tembus Pasar Dunia

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 299 hits
Sebuah inspirasi yang Blogger Borneo anggap dapat memberikan pencerahan bagi kawan kawan para pelaku UMKM Kalbar datang dari seorang pemilik usaha kerajinan tangan yang bernama Mbak Suriyani Jika selama ini kita selalu bicara modal modal da...
Cara Instagram Dorong Umkm Go Online

Cara Instagram Dorong Umkm Go Online

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 218 hits
Instagram mendukung program UKM go digital yang digalang Pemerintah dengan memberikan edukasi dan pelatihan kepada calon pelaku usaha yang hendak go digital maupun kepada pelaku yang sudah terlibat dalam bisnis digital dan hendak memperluas...
Instagram Gandeng Go Jek Kembangkan Umkm Lewat Instamarket

Instagram Gandeng Go Jek Kembangkan Umkm Lewat Instamarket

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 194 hits
Instragram bekerja sama dengan Go Jek menyelenggarakan InstaMarket sebagai ajang diskusi dan berbagi pengalaman bagi pelaku bisnis terutama UMKM yang menjalankan bisnis via Instagram Acara ini diharapkan bisa mendorong para pelaku UMKM untu...
Mimpi Wali Kota Jadikan Koperasi Sebagai Suksesi Umkm Di Tanah Air

Mimpi Wali Kota Jadikan Koperasi Sebagai Suksesi Umkm Di Tanah Air

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 248 hits
Sutiaji menegaskan penguatan koperasi dengan merambah unit usaha merupakan upaya agar perputaran uang di dalam lembaga itu tidak statis Jika diterapkan dengan baik maka akan semakin banyak masyarakat gemar dan tertarik menitipkan dananya pa...
Cma Genjot Semangat Berwirausaha Pelaku Umkm Surabaya

Cma Genjot Semangat Berwirausaha Pelaku Umkm Surabaya

papar berkaitan - pada 8/11/2018 - jumlah : 151 hits
Para pelaku UMKM di Surabaya perlu digenjot semangatnya untuk bisa mengembangkan usahanya lebih baik Nah melalui Lembaga Keuangan Mikro para pelaku usaha ini didorong untuk mengikuti Citi Microentrepreneurship Award 2018 2019
Kemenkeu Dan Lima Bumn Jalin Kerja Sama Tingkatkan Umkm Dalam Negeri

Kemenkeu Dan Lima Bumn Jalin Kerja Sama Tingkatkan Umkm Dalam Negeri

papar berkaitan - pada 1/11/2018 - jumlah : 196 hits
Direktorat Jenderal Pajak bersama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk PT Telekomunikasi Indonesia Tbk PT Bank Negara Indonesia Tbk PT Bank Tabungan Negara Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk melakukan perjanjian kerja sama tentang pembinaan UMKM
Airlangga Pimpin Konsolidasi Pemenangan Golkar Se Kalbar

Airlangga Pimpin Konsolidasi Pemenangan Golkar Se Kalbar

papar berkaitan - pada 13/11/2018 - jumlah : 167 hits
Airlangga Pimpin Konsolidasi Pemenangan Golkar se Kalbar Prabasa pun mengungkapkan jika pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Ketum Golkar sekaligus Menteri Perindustrian RI ini
Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g

Dr Zaliha Terus Kunci Mulut Berkaitan Titah Adendum Minta Rujuk Ulasan Pm

Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar

Moisturizer Terbaik 2024 Tekstur Water Based 9 Kebaikan Yang Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit

Gaji Mei 2024 Tarikh Pembayaran Gaji Penjawat Awam



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Pengalaman Kerja Sambil Belajar

Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Terkejut Dr M Rakib Sampai Di Pelabuhan Udara Bandung

Cara Atasi Rambut Gugur Dengan Mudah

Medical Follow Up With Dato Dr Marina Di Kpj Seremban

Sarapan Di Kacang Pool Haji Larkin