Pln Potong Gaji Pegawai Untuk Bayar Kompensasi Listrik Padam


Manajemen PT PLN (Persero) memutuskan akan memotong gaji pegawainya, untuk menutupi kompensasi pemadaman listrik yang terjadi‎ pada Minggu (5/8/2019) di sebagian Jawa.
Direktur Pengadaan Strategis II PT PLN (Persero) Djoko Raharjo Abumanan mengatakan, untuk membayar kompensasi pemadaman listrik ke pelanggan sebesar Rp 839 miliar, PLN tidak mengambil dari biaya subsidi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tetapi berasal dari dana perusahaan dan melakukan penghematan pengeluaran perusahaan.
“Iya makanya harus hemat nanti,” kata Djoko, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/8/2019).
Menurut Djoko‎, salah satu pengeluaran yang bisa direm untuk kompensasi pemadaman listrik adalah memotong pendapatan pegawai. Hal ini menjadi pilihan, karena besaran gaji diberikan berdasarkan kinerja pegawai. Namun dia belum bisa menyebutkan besaran potongan gaji.
“Gaji pegawai kurangi, karena gini di PLN itu namanya merit order, kalau kerja enggak bagus potong gaji,” tuturnya.
Djoko mengungkapkan, gaji yang dipotong bukan gaji dasar, tetapi gaji berupa tunjangan berdasarkan prestasi yang telah dicapai, potongan tersebut akan diberlakukan untuk semua pegawai.
‎”Namanya T2-nya diperhitungkan, jadi gini PLN ada tiga (jenis gaji), T1 gaji dasar, T2 kalau prestasi dikasih, kalau kayak gini nih kena semua pegawai,” tandasnya.
Kompensasi Listrik Padam, PLN Kucurkan Rp 865 Miliar
Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Barat, Haryanto WS mengaku sudah menyelesaikan hitung-hitungan terkait kompensasi yang akan diberikan kepada masyarakat akibat insiden pemadaman listrik terjadi di wilayah Jawa Barat, DKI dan Banten pada Minggu lalu.
Dia mengungkapkan, secara total dari jumlah pelanggan yang terdampak jumlah ganti rugi yang diberikan PLN yakni mencapai ratusan miliar rupiah.
“Jumlah pelanggan yang terdampak yang kami hitung adalah sekitar 22 juta pelanggan di Jawa barat DKI dan Banten, dan itu sudah kami mulai hitung mengenai kompensasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kurang lebih Rp 865 miliar,” katanya saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (6/8).
“Dan Insya Allah nanti kita akan langsung berikan kompensasi itu pada rekening Agustus yang dibayarkan bulan September,” tambahnya.
Hariyanto menyampaikan kompensasi yang diberikan pihaknya sesuai dengan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP). Di mana, dalam hal ini tidak dihitung berdasarkan lamanya gangguan melainkan yang dikenakan TMP adalah apabila melampaui di atas 10 persen.
“Jadi begitu melampaui 10 persen kita langsung bayar kompensasinya. Jadi aturannya tidak berdasarkan lamanya padam. Tapi bila melampaui 10 persen dari TMP itu akan dibayar kompensasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku” jelasnya.
Adapun anggaran yang akan digunakan untuk kompensasi tersebut merupakan murni dari perusahaan. Baik itu, melalui khas perseroan maupun menggunakan dana belanja modal untuk tahun ini atau capex.
Di samping itu, dia menambahkan untuk kondisi listrik di daerah yang telah berdampak sebelumnya kini sudah kembali normal. Dia berharap, kejadian ini tidak akan terulang kembali.
“Kami tetap siaga mengantisipasi segala kemungkinan listrik yang sudah menyala ini tidak terjadi gangguan berikutnya baik lokal maupun sistem yang besar yang lain,” pungkasnya.
Plt Dirut PLN: Kompensasi Listrik Padam Akan Ikuti Aturan
Plt Dirut PLN Sripeni Inten mengatakan pihaknya akan memberikan kompensasi kepada masyarakat yang terdampak listrik padam. Saat ini pihaknya tengah menghitung besaran kompensasi yang akan diberikan.
“Mengenai kompensasi kepada masyarakat sudah ada aturannya Permen ESDM dan PLN komit, komit untuk melaksanakan hal tersebut,” kata dia, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8).
Terkait besaran kompensasi, kata dia, PLN sudah bakal mengikuti formulasi yang sudah ada dalam aturan yang berlaku untuk kompensasi akibat listrik padam.
“Sudah ada aturannya jelas, dari Undang-Undang, yang turun kepada Permen, Permennya tahun 2017, khususnya pasal 6, yang mengatakan sudah ada formulasinya tinggal ikutin saja,” lanjut dia.
“Yah kalau gratis ada hitung hitungannya, kan sekian jam, kira kira sekiaan kWh. Kira-kira berkisar antara sekian hari digratiskan, misalnya 2 atau 3 hari, tergantung dari tadi kelompok kelompoknya, kan ada kelompoknya, kemudian di lokasi ini berapa jam tidak dialiri listrik oleh PLN,” terang dia.
Dia pun menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta PLN untuk segera melakukan recovery agar kebutuhan listrik masyarakat dapat segera terpenuhi.
“Secara tegas pula Pak Presiden meminta kepada direksi dan manajemen untuk segera mengambil langkah-langkah perbaikan dan konkrit agar (listrik padam) tidak terulang kembali,” ujar dia.
“Itu tadi cukup clear pesan dari Pak Jokowi, bagaimana PLN merencanakan program untuk perbaikan ke depan agar resiko seperti ini bisa diprediksi, bisa diperhitungkan dan tidak terulang kembali,” tandasnya.
Pengusaha Rugi Triliunan Rupiah Akibat Mati Lampu
Padamnya listrik atau mati lampu hampir 8 jam pada Minggu (4/8/2019) kemarin mengakibatkan lumpuhnya berbagai aktivitas bisnis dan pelayanan publik di Jakarta. Hal ini dinilai sesuatu yang harus serius disikapi dan diantisipasi oleh pemerintah melalui PLN.
Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, ketergantungan dunia usaha dan pelayanan publik terhadap listrik sangatlah besar.
“Oleh sebab itu, pelayanan PLN harus dievakuasi secara serius dan mendesak karena PLN adalan milik Pemerintah,” ujar dia di Jakarta, Senin (5/8/2019).
Menurut Sarman, kerugian yang dialami oleh pengusaha sangat besar akibat padamnya listrik. Selain itu, masalah ini juga berdampak pada banyaknya pesanan barang dan jasa yang tidak terlayani.
Industri Kecil Menengah (IKM) sangat terpukul dengan mati lampu yang cukup lama ini seperti industri kuliner, konveksi, restoran, cafe, catering, transportasi online, SPBU, bengkel, mebel, dan usaha lainnya.
Sedangkah pelayanan publik di Jakarta hampir lumpuh seperti MRT, Commuter Line, ATM, pelayanan pintu tol, jaringan komunikasi, pelayanan kesehatan dan lalu lintas dan lain lain akibat mati lampu.
“Kita agak sulit menghitung angka kerugian akan tetapi jika dihat dari banyaknya sektor usaha dan pelayanan publik yang terimbas maka bisa mencapai triliunan rupiah. Kejadian ini juga akan berdampak pada ketidakpercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia jika kondisi pelayanan energi listrik seperti ini,” jelas dia.
Sumber: liputan6.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/pln-potong-gaji-pegawai-untuk-bayar-kompensasi-listrik-padam/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kompensasi Pln Akibat Listrik Padam Diperkirakan Capai Rp 1 Triliun

Kompensasi Pln Akibat Listrik Padam Diperkirakan Capai Rp 1 Triliun

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 135 hits
PT Perusahaan Listrik Negara mencatat pemadaman listrik berdampak ke 21 3 juta pelanggan Saat ini perusahaan tersebut sedang menyiapkan kompensasi yang diperkirakan mencapai Rp 1 triliun Masyarakat yang terkena dampak pemadaman listrik seca...
Pln Janjikan Laporan Berkala Hasil Investigasi Listrik Padam 9 Jam Pada Dpr

Pln Janjikan Laporan Berkala Hasil Investigasi Listrik Padam 9 Jam Pada Dpr

papar berkaitan - pada 7/8/2019 - jumlah : 172 hits
Pertemuan Plt Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara Sripeni Inten Cahayani dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat pada Selasa fokus membahas tentang strategi mitigasi ke depan serta masalah kompensasi PLN diminta harus memiliki strate...
Listrik Padam Hotel Dan Restoran Pesisir Banten Minta Ganti Rugi Ke Pln

Listrik Padam Hotel Dan Restoran Pesisir Banten Minta Ganti Rugi Ke Pln

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 156 hits
Listrik Padam Hotel dan Restoran Pesisir Banten Minta Ganti Rugi ke PLN Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Banten Ashok Kumar mengatakan sulitnya berkomunikasi dengan agen travel membuat hotel dan restoran merugi kehilangan peng...
Aliran Listrik Padam Menteri Bumn Dan Direksi Pln Didesak Mundur

Aliran Listrik Padam Menteri Bumn Dan Direksi Pln Didesak Mundur

papar berkaitan - pada 5/8/2019 - jumlah : 135 hits
Kasus matinya jaringan listrik sampai berjam jam yang melanda wilayah Jawa Barat DKI Jakarta Banten dan Jawa Tengah secara bersamaan pada Minggu menunjukkan ada masalah serius dalam manajemen Perusahaan Listrik Negara
Listrik Pln Padam 9 Jam Jadi Peringatan Untuk Indonesia

Listrik Pln Padam 9 Jam Jadi Peringatan Untuk Indonesia

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 228 hits
Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Perekonomian Wahyu Utomo turut mengomentari kejadian listrik padam oleh PLN hingga 9 jam Menurut dia insiden yang terjadi pada Minggu merupak...
Wajar Jokowi Marah Luhut Minta Plt Dirut Pln Tanggung Jawab Listrik Padam

Wajar Jokowi Marah Luhut Minta Plt Dirut Pln Tanggung Jawab Listrik Padam

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 199 hits
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memahami kemarahan Presiden Joko Widodo pada Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani dan jajarannya terkait padamnya listrik di hampir sebagian besar Pulau Jawa
Dpr Beri Waktu Pln Investigasi Penyebab Listrik Padam

Dpr Beri Waktu Pln Investigasi Penyebab Listrik Padam

papar berkaitan - pada 7/8/2019 - jumlah : 164 hits
Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Maman Abdurahman memberikan waktu kepada PT PLN untuk melakukan investigasi secara menyeluruh Dengan demikian tidak ada spekulasi mengenai penyebab dugaan awal yang sebelumnya tengah beredar di mas...
Penjelasan Lengkap Pln Dan Solusi Agar Listrik Tak Padam Lagi

Penjelasan Lengkap Pln Dan Solusi Agar Listrik Tak Padam Lagi

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 150 hits
Kemudian yang terjadi pada hari minggu posisinya adalah di utara pada titik jaringan Ungaran Pemalang di Kecamatan Gunungpade terjadi gangguan di mana gangguan pertama terjadi pada 11 48 WIB kata Sripeni
Esdm Soal Listrik Padam Pln Efisiensi Boleh Tapi Jangan Korbankan Pelayanan

Esdm Soal Listrik Padam Pln Efisiensi Boleh Tapi Jangan Korbankan Pelayanan

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 214 hits
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyayangkan tidak beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap di Jakarta oleh PLN saat transmisi pada sirkuit utara Ungaran Pemalang sistem Jawa Bali 500 kilo Volt terputus yang mengakibatkan ...
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

The Evolution Of Adult Entertainment

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Cerita Hari Jumaat

Time Sensitive Recognizing And Reacting To Infantile Spasms

Kedah Akan Cipta Rekod Dengan Penutupan Mbi Kedah Melalui Saman

Malaysia S Ex Pm Mahathir Faces Anticorruption Probe

Datuk Beraksi Di Pentas Peragaan Pada Usia 88 Tahun

Pemilik R R Didenda Rm30 000 Jual Petrol Bersubsidi Kepada Rakyat Thailand