Pesan Terakhir Umar Bin Khattab Kepada Putranya Sebelum Wafat



Ada pesan terakhir Umar bin Khattab yang menarik untuk kita simak. Dalam kitab Tarih Khulafa’ dijelaskan Nama asli beliau adalah Umar bin Khattab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Rabah bin Abdullah bin Qirath bin Razah bin Adi ibn Ka’ab bin Lu’ay. Umar bin Khattab lahir 13 tahun setelah peristiwa Abrahah dengan pasukan bergajahnya menyerang Ka’bah.
Umar bin Khattab merupakan salah satu dari pembesar kaum Quraisy dan sangat dihormati dan ditakuti pada saat itu. Umar bin Khattab masuk Islam ditahun ke-enam masa kenabian Rasulullah SAW.
Umar bin Khattab menjabat sebagai khalifah kedua setelah Abi Bakar Ash-Shiddiq. Umar menjabat sebagai Khalifah selama 10 tahun, tepatnya pada tahun 13 sampai 23 Hijriyah. Di akhir hayatnya terjadi peristiwa yang sangat melukai hati Umat Islam, yakni peristiwa penikaman pada waktu subuh yang membuat Umar bin Khattab wafat.
Pesan terakhir yang tak terlupakan  
Dalam “Abdulllah bin Umar Duplikasi dan Figur Pilihan Rasulullah SAW” dijelaskan, pada saat Umar bin Khattab ditikam oleh pisau penghianatan dan dianggap akan segera meninggal dunia, maka Umar segera memanggil putranya yang paling besar, yakni Abdullah bin Umar untuk dititipi pesan terakhirnya. Umar menganggap bahwa Abdullah sebagai orang yang layak untuk menjalankan wasiatnya, membayar hutang-hutangnya, dan mengatur seluruh persiapan pemakaman bagi dirinya.
Utsman bin Affan pernah berkata, “Aku adalah orang terakhir di antara kalian (para sahabat Umar) yang menerima wasiat dari Umar bin khattab. Pada saat itu, aku masuk menemuinya dan mendapati kepala Umar tengah berada dipangkuan putra tertuanya, Abdullah bin Umar.”
“Letakkanlah pipiku di tanah!” pinta Umar kepada Abdullah bin Umar.
“Apakah pahaku dan tanah tidak sama?” tanya Abdullah kepada sang ayah.
Umar berkata untuk yang kedua dan ketiga kalinya, “Letakkanlah pipiku ke tanah yang tidak memiliki ibu bagimu!”
Kemudian di antara kedua kaki Umar merapat, di mana kemudian kami (Utsman dan Abdullah bin Umar ) mendengarkan Umar berkata, “Celakalah aku dan ibuku! Jika saja Allah tidak mau memberikan ampunan  kepadaku,” sampai akhirnya Umar meninggal dunia.
Hutang Umar bin Khattab
Umar bin Khattab pernah bertanya kepada anaknya, Abdullah bin Umar, “Wahai Abdullah, hitunglah berapa jumlah hutangku?” Maka Abdullah menghitungnya dan menemukan bahwa seluruh hutang ayahnya berjumlah 1086 Dirham.
Lalu Umar berkata, “Jika seluruh harta peninggalan keluarga Umar digunakan untuk membayar dan ternyata mencukupi untuk pembayaran hutang yang aku tinggalkan, maka bayarlah dari harta itu. Namun, jika tidak mencukupi maka mintalah kerelaan kepada Bani Adi bin Ka’ab. Jika harta mereka tidak mencukupi juga, maka mintalah kepada kaum Quraisy, dan janganlah engkau hanya mengandalkan mereka saja. Akan tetapi, berusahalah terlebih dahulu kepada selain mereka (kaum Quraisy).” Mendengar semua itu, Utsman bin Affan berkata kepada Abdullah bin Umar, “Aku akan menanggung semua pembayaran seluruh hutang yang ditinggalkan oleh Umar bin Khattab.”
Utsman bin Affan kemudian menanggungnya, “Umar tidak dikuburkan sampai Abdullah bin Umar meminta kesaksian Dewan Syura dan beberapa orang dari Kaum Anshar atas peristiwa tersebut. Tidak lebih dari hari Jumat setelah jasad Umar dikuburkan, janji atas pemenuhan hutang itu dibawa oleh Utsman bin Affan, lalu dihadirkan beberapa orang saksi atas kebebasan Umar bin Khattab dari tanggungan seluruh hutangnya melalui penyerahan milik Utsman.”
Pesan Terakhir Umar bin Khattab kepada Abdullah bin Umar
Sebelum meninggal dunia, Umat bin Khattab pernah memberikan pesan terakhir, meminta kepada Abdullah bin Umar menemui Ummul Mukminin (Aisyah ra) untuk meminta izin agar diperkenankan dimakamkan di sisi kedua sahabatnya, yakni Rasulullah SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq.
Nama Abdullah bin Umar selalu terucap oleh lisan ayahnya, Umar bin Khattab melalui setiap hembusan apasnya yang hangat dan berkesinambungan, karena sadar akan bahaya berat yang bisa saja menimpa diri putra tercintanya. Sementara Abdullah bin Umar mengiyakan seluruh permintaan ayahnya. Hal itu ia maksudkan untuk meringankan rasa sakit akibat tikaman yang tengah dideritanya. Sekaligus menghilangkan trauma yang dapat berakibat buruk bagi masa depannya.
Umar bin Khattab enggan mengangkat pengganti dirinya sebagai khalifah, sepeninggalnya, sekalipun ada desahan dari putranya dan para sahabat yang lain. Sudah ada enam orang kandidat yang masuk dalam catatan Dewan Syura pada saat itu, yakni Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah, Zubair, Abdurrahman bin Auf, dan Saad bin Abi Waqash. Sementara Umar bin Khattab pernah menyebut nama putranya dan juga memuji semua pengorbanannya bagi perjuangan menegakkan Islam, yang menjadikan itu sebagai kelayakan seorang pemimpin.
Walau demikian, Umar bin Khattab tidak secara eksplisit memasukkan anaknya, Abdullah bin Umar sebagai calon kandidat. Ini merupakan pertimbangan yang sangat baik, penghormatan, dan pemuliaan maknawi yang sangat besar, di mana hal itu mengindikasikan posisi Abdullah bin Umar dalam jiwa ayahnya. (AN)
Artikel asli : islami.co
The post Pesan Terakhir Umar bin Khattab kepada Putranya Sebelum Wafat appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/12/11/pesan-terakhir-umar-bin-khattab-kepada-putranya-sebelum-wafat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Merinding Sebelum Wafat Kiai Yang Jasadnya Utuh Dan Wangi Pernah Beri Pesan Ini

Merinding Sebelum Wafat Kiai Yang Jasadnya Utuh Dan Wangi Pernah Beri Pesan Ini

papar berkaitan - pada 29/11/2020 - jumlah : 248 hits
Warga Kampung Langpanggang Dusun Banbalang Desa Batopora Barat Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur dibuat kagum akan jasad almarhum KH Ahmad Baidowi yang masih utuh kendati sudah dikuburkan di sana tiga tahun lalu Semas...
Ketegasan Umar Bin Al Khattab Dalam Mengambil Elaun Pemerintahan

Ketegasan Umar Bin Al Khattab Dalam Mengambil Elaun Pemerintahan

papar berkaitan - pada 4/12/2020 - jumlah : 247 hits
Kekayaan Umar bin al Khattab Sebagai Pemerintah Sesudah menjadi khalifah Umar al Khattab tidak ada masa untuk bekerja Hari harinya sibuk dengan urusan pemerintahan dan umat Maka pada satu hari ia bercakap di depan rakyatnya Wahai saudara sa...
Bikin Geger Ini Pesan Bupati Situbondo 5 Jam Sebelum Meninggal Dunia

Bikin Geger Ini Pesan Bupati Situbondo 5 Jam Sebelum Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 28/11/2020 - jumlah : 201 hits
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto meninggal karena Covid 19 di RSD dr Abdoer Rahem Situbondo Jawa Timur Kamis 26 November 2020 Dadang diketahui terpapar Covid 19 setelah mengikuti swab test pada Selasa 24 November 2020 Hasilnya keluar pada h...
Adobe Ingatkan Pengguna Nyah Pasang Flash Player Menawarkan Kemaskini Terakhir Sebelum Sokongan Ditamatkan 31 Disember

Adobe Ingatkan Pengguna Nyah Pasang Flash Player Menawarkan Kemaskini Terakhir Sebelum Sokongan Ditamatkan 31 Disember

papar berkaitan - pada 9/12/2020 - jumlah : 135 hits
Adobe kini telah pun memperkenalkan kemaskini terakhir untuk Adobe Flash Player dan juga Adobe AIR iaitu versi 32 Ini adalah versi terakhir yang ditawarkan oleh Adobe sebelum sokongan untuk Flash Player ditamatkan pada 31 Disember 2020 kela...
Eur Usd Disember 9 Laporan Cot Hari Cuti Terakhir Sebelum Peristiwa Penting Dalam Seminggu Mesyuarat Ecb Dan Sidang

Eur Usd Disember 9 Laporan Cot Hari Cuti Terakhir Sebelum Peristiwa Penting Dalam Seminggu Mesyuarat Ecb Dan Sidang

papar berkaitan - pada 9/12/2020 - jumlah : 247 hits
EUR USD 1H Pada 8 Disember pasangan EUR USD jatuh ke garis trend menaik pulih daripadanya dan berpihak kepada mata wang Eropah Oleh itu pada masa ini proses pertumbuhan telah kembali ke arah tahap pembetulan 261 8 Menutup kadar pasangan di ...
Kesal Selalu Diliwat Remaja Lelaki Bunuh Pekerja Minimarket Mayatnya Dikerat Sebelum Dibuang

Kesal Selalu Diliwat Remaja Lelaki Bunuh Pekerja Minimarket Mayatnya Dikerat Sebelum Dibuang

papar berkaitan - pada 10/12/2020 - jumlah : 258 hits
Penemuan mayat tanpa kepala tangan dan kaki di Kalimalang Kota Bekasi Indonesia pada Isnin 7 Disember 2020 menggemparkan warga penduduk Bahagian utama mayat yang telah dikerat itu ditemui di tebing sungai di dalam beg plastik hitam oleh seo...
Rancang Wasiat Sediakan Payung Sebelum Hujan

Rancang Wasiat Sediakan Payung Sebelum Hujan

papar berkaitan - pada 10/12/2020 - jumlah : 334 hits
Assalamualaikum dan selamat sejahtera semua Dulu dulu YF memang tak ambil kisah sangat pasal wasiat ni Sebab fikir orang orang tua je yang kena fikir benda macam ni Teruk kan Tapi bila dah sedar betapa pentingnya pengurusan harta dan wasiat...
Jika Ingin Ginjal Anda Tetap Sehat Buang Jauh Jauh 4 Kebiasaan Ini Mulai Dari Sekarang Sebelum Menyesal Selamanya

Jika Ingin Ginjal Anda Tetap Sehat Buang Jauh Jauh 4 Kebiasaan Ini Mulai Dari Sekarang Sebelum Menyesal Selamanya

papar berkaitan - pada 8/12/2020 - jumlah : 179 hits
Ginjal akan membuang air yang berlebih pada tubuh Selain itu ginjal juga membantu menahan air saat tubuh membutuhkan makin banyak air Ketika ginjal mengalami permasalahan maka ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik Makanan mem...
Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Ultimate Guide To Ghibli Park

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Pengasas Pbrs Joseph Kurup Meninggal Dunia

Gugurnya Dosa Waktu Solat

Islamic Studies Expert The Act Of Likening Humans To Dogs For Patronising Mcd S Is Sinful



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Honor Malaysia Bakal Lancar Empat Produk Baharu Pada 22 April

Finding Your Inner Peace Buddha Statues And The Path To Mindfulness

Bayi Meninggal Dunia Selepas Diberi Makan Cahaya Matahari

Banjir Besar 5 Negara Ragut Ratusan Nyawa

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah

Penyokong Pn Jangan Bongkak Dan Takabbur