Omar Choi Dan Ayana Jihye Moon Si Ganteng Dan Cantik Yang Populerkan Islam Di Korea Simak Kisahnya


Korea dan budayanya sudah sangat terkenal, bahkan terakhir, negeri ginseng ini tersohor karena drama, musik KPop, juga teknologinya memoles cantik wajah melalui operasi plastik.
Ternyata budaya Korea ini berperan penting dalam perkembangan Islam di negeri ini.
Adalah Omar Choi dan Ayana Jihye Moon, dua tokoh muda Korea yang mempromosikan Islam dengan pendekatan hallyu (gelombang ekspansi budaya populer Korea Selatan ke berbagai negara).
Bagaimana cara Omar Choi dan Ayana Jihye Moon mengenalkan Islam? Yuk simak paparannya seperti dikutip Tribunnws.com dari Gana Islamika
Omar Choi
Omar Choi, yang sebelumnya bernama Daesik Choi adalah salah satu anak muda Korea Selatan yang mempromosikan Islam dengan cara yang unik, yakni dengan kuliner.
Bekerja sama dengan Seoul Tourism Organization, Omar mengunjungi restoran-restoran halal di Seoul dan mengunggah video dokumentasinya ke YouTube, yang berjudul “From Kebab to Kebab” (dari Kebab ke Kebab).
Gaya Omar yang seperti kebanyakan anak muda Korea lainnya memudahkan dia untuk lebih diterima. Photo: Instagram @everydaesik
Selain itu, Omar juga seseorang yang aktif di Instagram (nama akunnya adalah @everydaesik) dengan followers-nya yang mencapai 29 ribu lebih.
Walaupun eksplorasi kulinernya kebanyakan dilakukan di Korea, tapi dia juga melakukannya di berbagai negara, seperti di Arab Saudi, Qatar, Malaysia, dan Indonesia.
Andai pun dia tidak menemukan restoran yang berlabel halal, paling tidak dia mencari restoran yang tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang di dalam ajaran Islam, seperti minyak babi dan alkohol misalnya.
View this post on Instagram
A post shared by Umar • 崔大植 (@everydaesik) on Mar 3, 2018 at 4:45am PST

Dengan gaya Omar yang trendi, dan seperti kebanyakan anak muda Korea lainnya, dia dapat dengan mudah bergaul dengan siapapun.
Banyak dari followers Omar yang berterimakasih atas review-review yang dilakukan oleh Omar.
Selain itu, dia juga membuka kesempatan bagi para followers-nya di dalam sesi komentar untuk bertanya lebih jauh, seperti di mana detail lokasinya, dan pembahasan seputar halal-haram.
Tidak hanya untuk Muslim saja, review juga bermanfaat bagi non-Muslim yang ingin tahu lebih jauh tentang Islam, terutama mengenai makanan yang berhubungan erat dengan gaya hidup seseorang.
View this post on Instagram
A post shared by Umar • 崔大植 (@everydaesik) on Apr 7, 2018 at 7:39am PDT

View this post on Instagram
A post shared by Umar • 崔大植 (@everydaesik) on May 11, 2017 at 2:52am PDT

Tidak hanya melulu soal makanan, Omar juga di dalam postingannya terkadang menyelipkan tema-tema lain seperti tentang film, arsitektur, kunjungan wisata, masjid-masjid bersejarah, dan budaya misalnya.
Dengan gaya yang santai, dia mampu menyelipkan nilai-nilai Islam tanpa seperti menggurui atau dengan gaya yang kolot, jadi nuansanya seperti bincang-bincang santai saja.
Omar juga sangat piawai dalam menanggapi komentar-komentar yang negatif, dia mencoba menepis citra Islam yang digambarkan buruk oleh kebanyakan media-media Korea Selatan.
Ayana Jihye Moon
Bagi orang Indonesia, belakangan nama Ayana Jihye Moon banyak dikenal dan digemari, terutama oleh anak mudanya.
Pasalnya Ayana datang ke Indonesia dan beberapa kali tampil di stasiun televisi nasional dan wajahnya banyak menghiasi berbagai media daring di Indonesia.
Sama dengan Omar, awalnya Ayana juga mempromosikan Islam melalui media sosial, di Instagram followers-nya telah mencapai satu juta lebih, sementara di YouTube, dia memiliki subscribers sebanyak 17.000 lebih (nama akunnya adalah @xolovelyayana).
Gadis cantik ini selain mempromosikan Islam juga menjadi model untuk produk-produk pakaian Muslimah dan kosmetik kecantikan berbahan halal. Belakangan dia juga menjadi model bagi produk-produk asal Indonesia.
Banyak orang bertanya-tanya apa alasan Ayana untuk memeluk agama Islam dan menutupi auratnya dengan hijab?
Banyak yang beranggapan bahwa dengan wajah dan postur seperti Ayana, dia masuk kualifikasi untuk menjadi Girls Band Korea yang banyak digandrungi orang.
Awalnya Ayana enggan menceritakannya karena beberapa alasan, pertama, dia merasa hanya seorang pemula dalam Islam.
Kedua, beberapa orang menilainya dia masuk Islam hanya untuk kepentingan bisnis produk halal.
Ketiga, dia khawatir ada orang yang berprasangka tentang Islam melalui dirinya. Keempat, dia khawatir akan mengganggu keluarga dan kawannya yang non-Muslim.
View this post on Instagram
A post shared by Ayana Jihye Moon (@xolovelyayana) on Jan 15, 2018 at 10:08am PST

Namun dengan alasan bahwa di Korea jumlah muslim masih sedikit, dan banyak di antara mereka mungkin menjadi canggung di tengah gelombang pandangan negatif tentang Islam, ia pun mengubah ketakutannya.
Ayana memberanikan diri untuk membuat sebuah video dengan harapan dapat mendorong Muslim Korea lainnya untuk juga dapat bercerita tentang keislaman mereka.
Kisah Ayana Populerkan Islam
Beginilah kisah Ayana, saat dia berusia delapan atau sembilan tahun, terjadi perang di Irak (tahun 2003).
Pada saat itulah dia pertama kalinya mendengar tentang Islam. Di masa itu pandangan tentang Islam di mata orang-orang Korea sudah buruk, sebagai anak-anak Ayana pun terpengaruh. Pada awalnya dia memiliki persepsi negatif tentang Islam.
Namun hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk mencari tahu tentang Islam. “Islam adalah teroris, Islam dan ISIS, Islam dan al-Qaeda, Islam dan Taliban, hal-hal itulah yang ada di dalam pikiranku,” kata Ayana.
Namun semakin dia banyak membaca tentang Islam, membaca kisah orang-orang yang tinggal di Timur Tengah, pikirannya mulai berubah. Karena dia hanya menguasai bahasa Korea, maka sumber referensi yang dia simak hanya yang berbahasa Korea atau terjemahannya.
“Saya kira, saya telah menonton semua (film) dokumenter (tentang Islam) dalam (bahasa/terjemahan) Korea,” ujarnya.
Tahun demi tahun berlalu, sebelumnya dia tidak terlalu banyak bicara tentang Islam karena masih anak-anak, hingga masuk SMA, dia sudah mulai semakin dewasa dan berani.
“Ketika seseorang berbicara tentang Timur Tengah atau Islam, saya mulai menunjukkan kertertarikan tanpa menyadarinya. Hingga guru dan keluargaku menyadari bahwa aku tahu banyak tentang Islam,” kata Ayana.
Masih di masa SMA, dia memutuskan untuk mengikuti wamy camp (semacam summer camp di Amerika Serikat) yang diselenggarakan oleh komunitas Muslim di Korea.
Walaupun Ayana tahu banyak tentang Islam, tapi pada waktu itu dia mengaku bahwa di masih takut dengan Islam, karena citra Islam di Korea sangat buruk.
Orang tuanya juga mengkhawatirkannya, namun pada akhirnya dia tetap berangkat juga.
Dengan kondisi ketakutan dan khawatir, namun tetap berangkat karena penasaran, kenyataannya apa yang dia alami jauh dari apa yang dia pikirkan
“Apa ini? Apakah saya satu-satunya orang yang selalu berprasangka buruk tentang Islam? Tidak ada seorang pun yang aneh di sini, tidak ada seorang pun di sini yang mengenakan jubah hitam tertutup. Saya merenung cukup banyak pada waktu itu,” kisahnya. Apa yang Ayana lihat berbanding terbalik, dia melihat keindahan dan keramahan orang-orang Islam di dunia nyata.
Setelah acara tersebut Ayana semakin giat mempelajari Islam, meskipun dengan pikiran yang terbolak-balik, satu waktu dia khawatir, waktu lain dia menyukainya,
“saya tidak ingin menjadi Muslim. Saya tidak akan menjadi seorang Muslim! Bagaimana mungkin saya memakai hijab setiap hari?”
Seiring waktu, Ayana malah semakin jatuh cinta dengan Islam, bahkan sekitar satu tahun terakhir sebelum masuk Islam, dia belajar sangat keras tentang Islam.
“Sebenarnya saya tidak mengalami banyak kesulitan dan penderitaan dalam perjalananku untuk mengatahui tentang Islam sebagaimana yang kalian kira…. Jumlah Muslim di Korea masih sangat sedikit, selama jumlahnya terus bertambah saya harap ceritaku dapat memberi mereka kesempatan untuk menceritakan cerita mereka juga. Dan saya tahu banyak di antara kalian yang penasaran juga…. Saya sangat memahami persepsi dan kesalahpahaman orang-orang Korea terhadap Islam dan Muslim,” kata Ayana.
Sekarang di sinilah Ayana berada, dia sangat terbuka bagi siapapun yang ingin bertanya lebih jauh tentang Islam.
Dia menjadi salah seorang pemuda Islam yang mendakwahkan Islam dengan gaya anak muda, mempromosikan Islam melalui sentuhan budaya populer dan media sosial.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/omar-choi-dan-ayana-jihye-moon-si-ganteng-dan-cantik-yang-populerkan-islam-di-korea-simak-kisahnya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hukum Menghantar Makanan Kepada Orang Islam Yang Tidak Berpuasa

Hukum Menghantar Makanan Kepada Orang Islam Yang Tidak Berpuasa

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 744 hits
Ramadan adalah bulan yang penuh kemeriahan meriah berpuasa meriah beribadah di masjid meriah berniaga di bazar Ramadan termasuklah meriah saat berbuka Tiba sahaja waktu Asar bazar akan mula penuh dengan orang ramai yang mencari juadah untuk...
Benarkah Umat Islam Dibuli Patriot

Benarkah Umat Islam Dibuli Patriot

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 293 hits
Benarkah umat Islam dibuli PatriotPosted By on May 01 2019Patriot bingung dengan tuduhan Mufti Perlis Mohd Asri Zainul Abidin yang mendakwa orang Islam dibuli di bawah pentadbiran Pakatan Harapan Asri turut meminta perdana menteri mendengar...
Sekutu Anning Hina Islam Al Quran

Sekutu Anning Hina Islam Al Quran

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 381 hits
SYDNEY 29 April Selepas Senator Fraser Anning membuat kenyataan untuk melarang kemasukan imigran Islam dan berkulit hitam ke Australia sekutunya yang di umumkan sebagai calon Parti Konservatif Kebangsaan bagi kerusi New South Wales atau Coo...
Michael Ang Peluk Islam Adam Corrie Menitis Air Mata

Michael Ang Peluk Islam Adam Corrie Menitis Air Mata

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 512 hits
Semalam dunia seni hiburan dikejutkan dengan berita dan video perakuan pengarah drama dan filem terkenal Michael Ang yang telah mendedahkan bahawa dia telah memeluk Islam setahun yang lepas BACA Aku Mengaku Buat Kat Bangkok RM2000 Aje Ramai...
Hadiri Acara Ijtima Ulama Iii Prabowo Disambut Laskar Pembela Islam

Hadiri Acara Ijtima Ulama Iii Prabowo Disambut Laskar Pembela Islam

papar berkaitan - pada 1/5/2019 - jumlah : 177 hits
Sejumlah tokoh pemenang paslon 02 juga telah datang lebih dulu Di antaranya Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso dan Juru Kampanye Badan Pemenangan Nasional Ustaz Ansufri Idrus Sambo
Jangan Sindir Biar Dia Dalami Islam Ikut Kelajuan Sendiri Pendakwah Kongsi Detik Michael Ang Lafaz Syahadah

Jangan Sindir Biar Dia Dalami Islam Ikut Kelajuan Sendiri Pendakwah Kongsi Detik Michael Ang Lafaz Syahadah

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 548 hits
Pendakwah Firdaus Wong meminta orang ramai memberi ruang kepada Michael Ang mendalami agama Islam PENDAKWAH bebas Firdaus Wong Wai Hung meminta orang ramai menghormati dan memberi ruang kepada Michael Ang untuk mempelajari agama Islam Menur...
Mahathir Punca Islam Di Hina Di Bumi Malaysia

Mahathir Punca Islam Di Hina Di Bumi Malaysia

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 783 hits
Admin sebenarnya bukanlah pengikut setia Mufti Perlis Datuk Dr Mohd Asri Zainul Abidin Dr Maza Ye lah Dr Maza di katakan antara pendokong tegar fahaman Wahabi kat Malaysia nie betul atau tak admin tak nak komen sebab bukan nak tulis pasal D...
Saya Bermimpi Masuk Ke Dalam Kaabah Michael Ang Dedah Mimpi Sebelum Peluk Islam

Saya Bermimpi Masuk Ke Dalam Kaabah Michael Ang Dedah Mimpi Sebelum Peluk Islam

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 1221 hits
Selepas setahun merahsiakan penghijrahan pengarah Michael Ang semalam telah memberitahu ada sebab tersendiri mengapa dirinya berbuat demikian BACA Sebenarnya sejak umur 14 tahun saya hanya percaya yang saya hanya ada satu Tuhan sahaja Akan ...
Mimpi Kaabah Buka Hati Michael Ang Peluk Islam

Mimpi Kaabah Buka Hati Michael Ang Peluk Islam

papar berkaitan - pada 2/5/2019 - jumlah : 407 hits
Mengakui sudah memeluk agama Islam sejak setahun lalu Michael Ang berkongsi cerita dimana dia telah mendapat hidayah sejak dua tahun lalu apabila The post appeared first on
Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Honor Lancar Empat Peranti Baharu Honor Pad 9 5g Honor X7b 5g Honor Magicbook X 16 Honor Band 9

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Pm Political Stability Making Malaysia Valued Investment Destination

Persatuan Hotel Bajet Sarankan Penggunaan Pekerja Asing Untuk Industri Perhotelan

Kkb Polls Respect Mca S Decision To Boycott Campaign



8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik


Time Crunched Car Care How Mobile Washes Save The Day

Semakin Ramai Kanak Kanak Masuk Hospital Akibat Vape E Rokok

Home Detention Najib Keputusan Lembaga Pengampunan Atau Bukan

Mainkan Peranan Anda Dan Gunakan Semangat Pasukan Untuk Menaikkan Piala Thomas

Tiga Lelaki Bakar Anak Kucing Diburu Polis

Prk Kkb Ini Soal Maruah Mca Wee Tetap Pendirian Tak Bantu Kempen