Menjelang Wafat Ini Nasehat Khalifah Abu Bakar Kepada Para Sahabat


Detik-detik kematian khalifah pertama Abu Bakar Al-Siddiq berbeda dengan sahabat-sahabat lainnya.
Saat kematian akan menjemputnya, memisahkannya dari keluarga, sahabat dan teman-teman tercinta, ia tetap sibuk mengurus umat Islam termasuk urusan yang berkaitan kepemimpinan sesudahnya.
Setiap hari ia menasehati anaknya dan khalifah yang akan menggantikan dirinya.
Dalam nasehatnya, Abu Bakar selalu mengingatkan mereka untuk takut dan bertakwa kepada tuhan pencipta langit dan bumi serta selalu ingat kehidupan selanjutnya yang abadi.
Ayat Al-Quran yang sering  dikutip Abu Bakar adalah surah Qaff: 19;
وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ۖ ذَٰلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ “Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya,” (QS. Qāf: 19).
Ibnu Al-Jauzi dalam bukunya yang bejudul “Sifāt al-Safwah” pernah meriwayatkan bahwa tatkala Abu Bakar sedang sakit, banyak orang yang menengoknya.
Bahkan mereka menawarkan dokter yang bisa mengobati penyakitnya. Namun ditolak dengan halus. Karena ia merasa kematian telah berada di pelupuk matanya.
Salman al-Farisi meriwayatkan bahwa ketika  Abu Bakar yang sedang sakit, ia datang menengoknya  dan meminta nasehat terakhir dari ayah Aisyah tersebut.
“Wahai Khalifah, berikanlah nasehatmu kepadaku karena aku marasa engkau tidak bisa menasehatiku kecuali hari ini,” pinta Salman kepada Abu Bakar.
“Baiklah! Wahai Salman, nanti akan terjadi penaklukan di negeri orang kafir namun sungguh aku tidak tahu bagaimana nasibmu selanjutnya, apa yang engkau masukkan dalam perutmu dan engkau kenakan di atas punggungmu nantinya.
Ketahuilah wahai Salman, barang siapa yang melakukan shalat lima waktu, maka ia akan berada dalam lindungan Allah SWT.
Jangan  pernah membunuh ahlu zimmah jika engkau tidak ingin dituntut oleh Allah dan dicampakkan di neraka,” kata Abu Bakar kepada Salman.
Dalam bukunya “Al-Muhtadharun” , Abu Bakar bin Abdullah bin Abi Dunya meriwayatkan bahwa tatkala Abu Bakar Al-Siddiq akan meninggal dunia, ia berpesan kepada Umar bin Al-Khatab ra.
Pesan itu berbunyi, “Wahai Umar, bertakwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya ada perbuatan yang harus dikerjakan untuk Allah pada malam hari dan tidak diterima jika dikerjakan pada siang hari.
Ada juga perbuatan yang harus dikerjakan untuk Allah pada siang hari dan tidak akan diterima jika dikerjakan pada malam hari.
Sesungguhnya Allah tidak akan menerima amalan yang sunnah sebelum yang wajib dilaksanakan.
Ketahuilah bahwa orang-orang yang memiliki  timbangan amalan kebaikan yang berat di akhirat, adalah mereka yang selalu mengikuti kebenaran di dunia.
Kebenaran itulah yang memberatkan timbangan mereka. Sungguh, timbangan tidak akan menjadi berat kecuali di atasnya ada kebenaran.
Adapun orang-orang yang memiliki timbangan amal kebaikan yang ringan di akhirat adalah mereka yang  mengikuti kebatilan selama hidup di dunia.
Kebatilan itulah yang membuat timbangan mereka menjadi ringan. Sungguh, timbangan tidak akan menjadi ringan kecuali di atasnya ada kebatilan.
Tidakkah engkau tahu bahwa Allah menurunkan ayat yang mengandung harapan bersamaan dengan ayat yang mengandung kesulitan, dan ayat yang mengandung kesulitan bersamaan  ayat yang mengandung harapan?
Hal ini dimaksudkan agar manusia selalu berharap dan takut kepada Allah, tidak membinasakan dirinya serta tidak memohon kepada Allah pada sesuatu yang tidak benar.
Jika engkau menjaga wasiatku ini, maka tak ada satu pun yang paling engkau senangi dari yang hal yang gaib kecuali kematian.
Jika engkau menyia-nyiakan wasiatku ini, maka tak ada satu pun yang paling engkau benci dari yang hal yang gaib kecuali kematian. Engkau pasti bisa melakukannya”.
Nasehat Abu Bakar Al-Siddiq mengingatkan kita pada akhirat. Ternyata dunia yang dibanggakan oleh banyak manusia hanya menjadi tempat persinggahan sementara dan semua akan ditinggalkan menuju kampung abadi yaitu akhirat.
Tidak ada yang patut dibanggakan dalam diri kita, karena pada hakekatnya kita akan kembali pada Allah SWT.
Sumber: islami.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/menjelang-wafat-ini-nasehat-khalifah-abu-bakar-kepada-para-sahabat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Abu Bakar As Siddiq Memerangi Kaum Murtad

Abu Bakar As Siddiq Memerangi Kaum Murtad

papar berkaitan - pada 10/3/2019 - jumlah : 672 hits
Kalau saya menyebut nama Abdul Kaabah ataupun Abdullah ibni Abi Qahafah pasti tiada seorang pun antara kita yang mengenali siapakah gerangan pemilik nama itu Namun itu adalah Abu Bakar As Siddiq yang merupakan khalifah pertama umat Islam Na...
Abu Bakar Hina Pm Polis Di Minta Siasat Fb Jufazli Shi Ahmad

Abu Bakar Hina Pm Polis Di Minta Siasat Fb Jufazli Shi Ahmad

papar berkaitan - pada 15/3/2019 - jumlah : 737 hits
SHAH ALAM Pihak berkuasa diharap dapat mengambil tindakan sewajarnya terhadap seorang pemilik akaun Facebook Jufazli Shi Ahmad yang didakwa biadap serta menghina Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad Perkara itu disuarakan Ahli Majlis Pim...
Para Suami Kena Letak 4 Mindset Ini Confirm Kaum Isteri Tak Stres Uruskan Rumahtangga

Para Suami Kena Letak 4 Mindset Ini Confirm Kaum Isteri Tak Stres Uruskan Rumahtangga

papar berkaitan - pada 18/3/2019 - jumlah : 311 hits
Tak semua suami faham apa kehendak sebenar seorang isteri yang setiap hari hadap karenah anak anak kemas rumah fikir menu macam macam dan kadang pulun alih perabot demi cipta bahagia Wahai suami cubalah selamai hati mak mak dan untuk renung...
7 Ekspektasi Para Cewek Saat Hadapi Malam Pertama Adakah Yang Mewakili Isi Hatimu Juga

7 Ekspektasi Para Cewek Saat Hadapi Malam Pertama Adakah Yang Mewakili Isi Hatimu Juga

papar berkaitan - pada 21/3/2019 - jumlah : 184 hits
Ada yang begini ada yang begitu Jangan keburu mikir mesum dulu faktanya bisa jadi ekspektasi cowok dan cewek saat malam pertama itu sangat berbeda lo
Kisah Heroik Para Penyelamat Korban Banjir Sentani Papua

Kisah Heroik Para Penyelamat Korban Banjir Sentani Papua

papar berkaitan - pada 19/3/2019 - jumlah : 235 hits
Banjir bandang di Sentani Papua menelan banyak korban jiwa Tapi di balik itu ada para penyelamat yang membantu mencari dan menolong korban banjir
Dukung Jokowi Para Pedagang Di Jakarta Kumpulkan Dana Kampanye Rp 50 Juta

Dukung Jokowi Para Pedagang Di Jakarta Kumpulkan Dana Kampanye Rp 50 Juta

papar berkaitan - pada 17/3/2019 - jumlah : 220 hits
Komite Pedagang Pasar mengumpulkan pedagang pasar tradisional dari seluruh pasar DKI Jakarta di lokasi Gelanggang Remaja Cakung Jakarta Timur Mereka menyatakan dukungan kepada Capres Cawapres Joko Widodo Ma ruf Amin
Kisah Pilu Para Korban Brenton Tarrant Sebelum Ditembak Malah Ucapkan Halo Saudaraku

Kisah Pilu Para Korban Brenton Tarrant Sebelum Ditembak Malah Ucapkan Halo Saudaraku

papar berkaitan - pada 16/3/2019 - jumlah : 343 hits
Tragedi penembakan brutal di dua masjid di Selandia Baru Jumat masih menyisakan duka bagi publik dunia Brenton Tarrant seorang pria kulit putih asal Australia secara biadab menembaki jamaah Salat Jumat di masjid Sebanyak 49 orang meninggal ...
Presiden Duterte Mencela Para Perempuan Yang Mengkritiknya

Presiden Duterte Mencela Para Perempuan Yang Mengkritiknya

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 168 hits
Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali menyampaikan retorika ofensifnya terhadap perempuan yang kali ini ditambah dengan ejekan puta kata dalam bahasa Tagalog untuk menyebut jalang
Tkn Jokowi Ma Ruf Ingin Para Relawan Berkampanye Tanpa Isu Negatif

Tkn Jokowi Ma Ruf Ingin Para Relawan Berkampanye Tanpa Isu Negatif

papar berkaitan - pada 15/3/2019 - jumlah : 250 hits
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi Ma ruf Amin Deddy Mizwar menginginkan para relawan berkampanye tanpa adanya isu yang negatif Hal itu dia sampaikan saat Laskar Merah Putih Markas Besar Daerah Provinsi DKI Jakarta melakukan deklarasi...
Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan

Pekerjaan Firma Prop Dalam Mencari Pedagang Terbaik

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Airasia Santan Menu Baru Harga

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Puaka Cuti Semester

Apa Itu Kwsp Akaun 3

Sakit Tekak Yang Amat Sangat

Drama Mihrab Cinta Zulaikha Lakonan Elisya Sandha Azrel Ismail

Syafiq Kyle Transisi Dari Ustaz Adam Ke Meth Killer

Lirik Lagu Satu Selamanya Twins