Menjelang Kemarau Apa Saja Yang Perlu Diketahui Di Zona Musim 90


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, awal musim kemarau 2019 di sejumlah wilayah di  Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan akan berlangsung mulai April dasarian II-Mei dasarian I. Wilayah-wilayah itu termasuk dalam zona musim 90.
“Iya, ada di zona musim yang sama,” ujar Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn kepada “PR”, Sabtu 6 April 2019.
Di zona musim 90 ini, kata dia, meliputi delapan wilayah di Kabupaten Majalengka, yaitu Maja Selatan, Cikijing, Bantarujeg, Lemahsugih, Talaga, Banjaran, Cingambul, dan Malausma.
Juga, sembilan wilayah di Kabupaten Kuningan, yaitu Darma, Kuningan Kota, Garawangi, Hantara, Maleber, Ciniru, Ciwaru, Selajambe, dan Cilebak.
Wilayah lainnya di Kabupaten Kuningan, yaitu Cigandamekar dan Japara, awal musim kemarau 2019 juga diprakirakan berlangsung mulai April dasarian II-Mei dasarian I. Kedua daerah ini masuk pada Zona 92.
Di Zona 90, perbandingan awal musim kemarau terhadap rata-rata diprakirakan maju dua dasarian (dua puluh hari). Sedangkan, di Zona 92 perbandingannya diprakirakan maju satu dasarian (sepuluh hari).
Sebelumnya, Ahmad Faa Iziyn yang akrab disapa Faiz itu menyebutkan, dalam pemahaman musim kemarau itu terjadi ketika intensitas curah hujan berada di bawah 50 mm per bulan.
Jadi, bukan berarti saat musim kemarau tidak ada hujan. Hujan masih tetap berpotensi terjadi saat kemarau.
Tiga Musim
Sementara itu, saat musim hujan, intensitas curah hujan di atas 150 mm per bulan.
Berdasarkan lembar data analisis BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi yang diperoleh “PR” Online, wilayah Kabupaten Majalengka terbagi dalam tiga zona musim. Selain Zona 90, juga ada Zona 81 dan Zona 91.
Zona musim 81 meliputi wilayah Kertajati, Jatitujuh, Ligung, Dawuan, Sumberjaya, Palasah Utara, Leuwimunding Utara, Jatiwangi Utara, Kasokandel Utara, dan Kadipaten Utara.
Sedangkan, zona musim 91 meliputi Kadipaten Selatan, Kasokandel Selatan, Maja Utara, Jatiwangi Selatan, Palasah Selatan, Leuwimunding Selatan, Panyingkiran, Cigasong, Sukahaji, Rajagaluh, Sindang, Sindangwangi, Majalengka Kota, dan Argapura.
Dalam kaitan ini, untuk zona musim 81 dan 91 tersebut, prakiraan awal musim kemarau diperkirakan berlangsung mulai Mei dasarian I-Mei dasarian III.
Halnya untuk Kabupaten Kuningan, selain berada pada Zona 90 dan 92, juga ada wilayah yang masuk dalam Zona 91 (wilayah Pasawahan, Mandirancan, Cilimus, Jalaksana, Kramatmulya, dan Cigugur) dan Zona 95 (wilayah Ciawigebang, Kalimanggis, Cidahu, Lebakwangi, Luragung, Cibeureum, Karangkancana, dan Cibingbin).
Pada Zona 91 dan Zona 95, prakiraan awal musim kemarau 2019 diperkirakan berlangsung mulai Mei dasarian I-Mei dasarian III.
Pada Zona 91, perbandingan awal musim kemarau terhadap rata-rata diprakirakan sama, sedangkan pada Zona 95 perbandingan awal musim kemarau terhadap rata-rata diprakirakan mundur satu dasarian.
Menurut catatan BMKG, datangnya musim kemarau berkaitan erat dengan peralihan Angin Baratan (Monsun Asia) menjadi angin Timuran (Monsun Australia).
Peralihan peredaran angin monsun itu diprakirakan dimulai dari wilayah Nusa Tenggara pada Maret 2019, lalu wilayah Bali dan Jawa pada April 2019, kemudian sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei 2019 dan akhirnya Monsun Australia sepenuhnya dominan di wilayah Indonesia pada Juni hingga Agustus 2019.
Secara umum, puncak musim kemarau diprediksi akan terjadi pada Agustus-September 2019.
Sumber: pikiran-rakyat.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/menjelang-kemarau-apa-saja-yang-harus-diketahui-di-zona-musim-90/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mengenai Musim Kemarau Bmkg Awal Musim Kemarau 2019 Mulai Di Bulan April

Mengenai Musim Kemarau Bmkg Awal Musim Kemarau 2019 Mulai Di Bulan April

papar berkaitan - pada 7/4/2019 - jumlah : 382 hits
Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika hasil pemantauan perkembangan musim hujan hingga akhir Februari 2019 menunjukkan bahwa seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan Hal ini disampaikan Deputi Bidang K...
Banyak Yang Baik Mengenai Kerajaan Tetapi Tidak Diketahui Orang Ramai

Banyak Yang Baik Mengenai Kerajaan Tetapi Tidak Diketahui Orang Ramai

papar berkaitan - pada 26/3/2019 - jumlah : 279 hits
Bukan semua mengenai kerajaan baru Pakatan Harapan tidak baik Memang ada yang tidak baik atau kurang baik tetapi lebih banyak yang baik Cuma banyak yang baik itu tidak diketahui oleh orang ramai Itu pun silap kerajaan dan jenteranya juga Te...
Punca Kematian Tidak Diketahui Pelajar Malaysia Dijumpai Maut Di Tasik Serpentine London

Punca Kematian Tidak Diketahui Pelajar Malaysia Dijumpai Maut Di Tasik Serpentine London

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 367 hits
Kota London sangat terkenal dalam kalangan masyarakat Malaysia sebagai salah sebuah negara yang maju daripada pelbagai aspek contohnya pendidikan Berikutan itu ramai yang memasang niat dan bercita cita untuk menyambung pembelajaran di perin...
5 Hal Yang Harus Diketahui Untuk Menghindari Depresi Pasca Kelahiran Pada Ayah

5 Hal Yang Harus Diketahui Untuk Menghindari Depresi Pasca Kelahiran Pada Ayah

papar berkaitan - pada 26/3/2019 - jumlah : 204 hits
Masalah depresi pasca kelahiran bayi ini kerap menimbulkan perubahan fisik dan emosi pada seorang ayah Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan sejumlah pengobatan maupun konseling
Pemerintah Tetapkan Zona Merah Di Palu

Pemerintah Tetapkan Zona Merah Di Palu

papar berkaitan - pada 8/4/2019 - jumlah : 133 hits
Pasca dilanda bencana alam dahsyat seperti gempa bumi likuifaksi hingga tsunami beberapa area di Kota Palu Sulawesi Tengah kini dijadikan zona rawan bencana Segala bentuk pembangunan infrastruktur pun dilarang dilakukan di zona merah ini
Dua Musim Serentak Salji Di Bulan April Cipta Pemandangan Luar Biasa Tembok Besar China

Dua Musim Serentak Salji Di Bulan April Cipta Pemandangan Luar Biasa Tembok Besar China

papar berkaitan - pada 11/4/2019 - jumlah : 667 hits
Pada kebiasaannya negara yang mempunyai empat musim akan mengalami salji pada bulan Disember sehingga Februari Namun di China untuk pertama kalinya selepas 30 tahun negara tersebut dituruni salji pada bulan April tahun 2018 Dan tahun ini ia...
Siri Terakhir Game Of Thrones Musim Ke 8 Akan Bermula Pada 14 April

Siri Terakhir Game Of Thrones Musim Ke 8 Akan Bermula Pada 14 April

papar berkaitan - pada 11/4/2019 - jumlah : 302 hits
Siapa yang mengikuti siri Game of Thrones teribitan HBO ini pasti tidak sabar menantikan pengakhiran siri yang akan menutup tirai dengan tayangan musim kelapan pada 14 April 2019 Untuk pengetahuan korang jugam Game of Thrones yang dikeluark...
Musim Buka Buku Pink

Musim Buka Buku Pink

papar berkaitan - pada 12/4/2019 - jumlah : 277 hits
La ni musim bukak buku pink kat ofis k fiezz tahu kan buku pink tu apa buku yang kena bukak bila di sahkan hamil ni hah tengah musim kat pejabat k fiezz berjangkit sorang sorang ai is kelip kelip mata je la dengar orang tu mengandung org ni...
Bicara Najib Ini Antara Fakta Yang Perlu Diketahui

Bicara Najib Ini Antara Fakta Yang Perlu Diketahui

papar berkaitan - pada 3/4/2019 - jumlah : 249 hits
KUALA LUMPUR 3 April Datuk Seri Najib Razak akhirnya berdepan perbicaraan yang ditunggu tunggu membabitkan kes 1Malaysia Development Berhad petang ini Berikut beberapa perkara yang perlu diketahui berkaitan kes rasuah RM42 juta dana kononny...
Malaysia Unicef Study Highlights The Stark Realities Of Poverty In Malaysia

Drama Kiblat Ke Syurga

Raya Dikampung

Hukum Mengerjakan Solat Sunat Istisqa Sedangkan Hujan Telah Turun

Makan Cendol Di Bismillah Cendol Taiping

Bersatu Sedang Tidur

Rm15 11bil For 270 Entrepreneurship Programmes In 2024

Sarawak Spouse Visa Not Valid For Widowed Divorced Men From Peninsula



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Mahathir Meroyan Orang Melayu Tidak Mahu Undi Parti Proksinya Di Kkb

3 Top Rated Things To Do In Jakarta

Mengapa Ayat Al Qadr Diturunkan Hikmah Lailatul Qadar Di Penghujung Ramadhan

Savour Malaysia Tour Packages Provided By Malaysian Aviation Group

Lepak Makan Aneka Diy Mee Segera Di Restoran Maggie Queue 24 Jam

Vivo Unveils The Perfect Night Party 2024 At Zepp Kuala Lumpur