Mengetahui Cara Belajar Ilmuwan Dunia



Menjadi kreatif di zaman modern saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban. Suatu negara tentu akan menghadapi banyak masalah jika negara tersebut kurang memberdayakan sumber daya manusianya untuk bisa menjadi kreatif. Menjadi kreatif itu luas maknanya. Kreatif dalam berkarya, kreatif dalam berpikir bahkan berkreatif dalam menyelesaikan masalah.
Dalam belajar sains atau IPA, guru dan siswa seharusnya perlu mengenal latar belakang dari ilmuwan dan bagaimana mereka bisa menciptakan konsep ilmu/ suatu rumus. Dalam realita bahwa umumnya guru dan siswa juga mengenal konsep dan rumus dan proses pembelajaran kerap kali bercorak membahas rumus dan soal-soal saja. Sangat tepat rasanya kalau guru dan siswa juga mengenal proses kreatif para ilmuwan (seperti Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Isaac Newton, Charles Darwin dan lain-lain) dalam menemukan suatu fenomena lewat membaca buku biografi mereka.
1) Einstein, cara berbicaranya pada masa kecil tidak begitu menarik. Kemampuan berbahasa atau berbicaranya sangat lambat. Melihat kondisi itu orang tuanya sangat prihatin sehingga ia berkonsultasi dengan dokter. Karena kemampuan berbicaranya yang lambat membuatnya pernah gagal di sekolah dan kepala sekolah menyarankan agar ia keluar dari sekolah. Tentu saja ia memberontak kepada sekolah yang mengusirnya dan menganggapnya sebagai anak yang sangat bodoh.
Pada masa kecil, Einstein adalah anak yang baik dan ia punya karakter suka menolong, karakter ini membuatnya makin cerdas. Kemampuan berbahasanya memang lebih rendah dibandingkan kemampuan numerika atau matematika. Ia tidak pernah gagal dalam mata pelajaran matematika. Sebelum ia berumur lima belas tahun ia telah menguasai kalkulus diferensial dan integral yang dipelajarinya secara mandiri/ otodidak. Saat di sekolah dasar, dia berada di atas kemampuan rata-rata kelas, namun ia memiliki kegemaran untuk memecahkan masalah rumit dalam aritmatika terapan. Orang tuanya ikut mendukung minat Einstein dalam matematika. Ia membelikan buku-buku teks sehingga ia bisa menguasai pelajaran angka-angka selama liburan musim panas.
2) Thomas Alfa Edison, ia belajar bagaimana cara menemukan lampu. Sebelum lampu pertamanya menyala ia melakukan 5.000 eksperimen yang selalu berakhir dengan kegagalan. Namun cara berpikir yang dimiliki oleh Thomas Alfa Edison sangatlah positif dan tahan banting, ini membawanya kepada kreativitas tingkat tinggi.
3) Isaac Newton, lahir di Woolsthorpe- Lincolnshire,Inggris. Ia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris. Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton. Newton dilahirkan secara prematur; Ketika Newton berumur tiga tahun, ibunya menikah kembali dan meninggalkan Newton di bawah asuhan neneknya.
Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya. Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di-kost milik apoteker lokal (William Clarke). Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge (usia 19), Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Namun Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran dan kisah cintanya menjadi semakin tidak menentu/ putus begitu saja.
Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tidak menyukai pekerjaan barunya. Kepala sekolah King's School kemudian meyakinkan ibunya untuk mengirim Newton kembali ke sekolah sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.
Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge (sebagai mahasiswa yang belajar sambil bekerja untuk mengatasi masalah keuangannya). Pada saat itu, kurikulum universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Ia kemudian menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus.
4) Charles Darwin lahir tanggal 12 Februari 1809 di Shropshire, Inggris. Ia anak ke lima Robert Waring Darwin. Ia belajar sesuai dengan kurikulum berbahasa Yunani Klasik. Ia tidak memperlihatkan prestasi yang banyak secara akademik. Kemudian ia mengambil jurusan kedokteran tetapi tidak banyak memperoleh kemajuan. Untuk itu ia melakukan usaha lain agar bisa maju. Ayahnya menyarankan Darwin untuk menjadi pendeta dan belajar di Christ's College untuk belajar teologi. Tetapi ia juga tidak memperoleh kemajuan, ia malah senang berburu dan permainan menembak.Ternyata Darwin mempunyai minat dalam mengkoleksi tanaman, serangga, dan benda-benda geologi. Ia tertarik dengan bakat berburu sepupunya William Darwin.
Darwin mengembangkan minatnya dalam serangga dan spesies langka. Naluri ilmiah Darwin didorong oleh Alan Sedgewick, seorang ahli bumi, dan juga didorong oleh John Stevens Henslow, seorang professor botany. Darwin kemudian menjadi naturalist (pencinta alam) dan ikut melakukan ekspedisi dengan HMS Beagle. Tim ekspedisi HMS Beagle berlayar dan mengunjungi banyak negeri di lautan Pasifik Selatan sebelum kembali ke Inggris melalui Tanjung Harapan Baik di Afrika Selatan, dalam rangka mengelilingi dunia.
Darwin juga sangat dipengaruhi oleh pemikiran Thomas Malthus, dengan bukunya “Essay on the Principle of PopulationI”. Buku tersebut mengatakan bahwa populasi seharusnya bertambah sesuai dengan batas persediaan makanan, kalau tidak maka akan terjadi persaingan untuk memperebutkan makanan. Setelah membaca buku ini, Darwin memfokuskan teorinya bahwa “the diversity of species centered on the gaining of food - food being necessary both to survive and to breed”- semua jenis spesies terfokus dalam memenuhi kebutuhan makanan dan makanan berguna untuk kelangsungan hidup dan untuk berkembang biak.
Dari paparan di atas terlihat bahwa sukses seorang ilmuwan berskala dunia tidak jatuh dari langit, atau diperoleh saat kelahirannya. Kesuksesan sebagai ilmuwan diperoleh melalui proses kreatif (belajar kreatif) selama hidupnya.
Tidak semua orang memiliki kemampuan berganda yang hebat, Einstein misalnya pada masa kecil tidak beruntung dengan kemampuan bahasanya, namun ia mengembangkan kemampuan yang lain. Einstein bisa melejit pada bidang matematika. Bagi kita, mungkin bisa melejit pada bidang olah raga, musik, organisasi atau pada bidang lain.
Kesuksesan seorang anak juga akan terbentuk dengan dukungan orang tua seperti yang dialami Einstein, atau dukungan tokoh lain seperti yang dialami oleh Darwin. Tidak mungkin seseorang bisa sukses untuk skala nasional, apalagi untuk skala internasional kalau mereka tidak betah membaca. Newton membaca gagasan-gagasan filsuf seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Darwin dipengaruhi oleh pemikiran (buku) Thomas Malthus, nah bagaimana dengan anda ? Orang bisa sukses karena memiliki karakter tidak mudah putus asa, Thomas Alfa Edison, misalnya, sangat tahan banting dan tidak suka mengeluh. Sebelum menemui sebuah lampu pijar yang bisa menyala, ia harus melakukan 5.000 kali eksperimen di bengkel milik ayahnya.
Bagaimana proses belajar kreatif para ilmuwan berskala internasional ?Cukup simple yaitu miliki suatu bakat atau minat dalam bidang ilmu (misal dalam seni, fisika, kimia, sejarah, ekonomi, geografi, dll), kemudian kembangkan minat tersebut dengan belajar keras dan lakukan otodidak. Mintalah dukungan dari orang terdekat, termasuk guru. Miliki karakter yang tahan banting (tidak suka putus asa dan mengeluh), miliki minat dan kesenangan membaca yang mendalam untuk menambah wawasan. Untuk sukses maka diperlukan puluhan, ratusan atau ribuan kali latihan.SUMBER

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.tipsremaja1.com/2019/12/mengetahui-cara-belajar-ilmuwan-dunia.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Daftar Komaci Link

Cara Daftar Komaci Link

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 125 hits
CARA DAFTAR KOMACI LINK Semestinya terkini anda berdaftar pelbagai media sosial seperti Twitter Facebook Instagram dan bermacam macam lagi Tetapi tidak mustahil setiap satu media sosial anda mempunyai dua atau 3 akaun mungkin untuk jalan pe...
Tiga Cara Menunjukkan Semangat Patriotik Anda Dengan Galaxy A22

Tiga Cara Menunjukkan Semangat Patriotik Anda Dengan Galaxy A22

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 105 hits
Tiga Cara Menunjukkan Semangat Patriotik Anda Dengan Galaxy A22 Assalammualaikum semua Bagaimana anda meraikan hari cuti anda pada Hari Merdeka dan Hari Malaysia Walaupun anda hanya meluangkan masa di dalam rumah anda masih boleh berseronok...
Hiburan Malam Kita Gilir Waktu Ibadah Ebit Lew Kagum Cara Norman Hakim Didik Anak

Hiburan Malam Kita Gilir Waktu Ibadah Ebit Lew Kagum Cara Norman Hakim Didik Anak

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 70 hits
Pendakwah bebas terkenal Ustaz Ebit Lew sebak mendengar bacaan Al Quran anak kepada pelakon Norman Hakim iaitu Danish Hakim ketika sama sama dalam misi taawun yang diadakan baru baru ini ARTIKEL BERKAITAN AdvertisementPerkara yang membuatka...
5 Cara Membayar Utang Tidur Yang Aman Kalau Dirapel Justru Berbahaya

5 Cara Membayar Utang Tidur Yang Aman Kalau Dirapel Justru Berbahaya

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 106 hits
Tidur seharian setelah begadang justru bikin tubuhmu jadi lemas Terus gimana dong caranya
Takut Nak Potong Kuku Bayi Bimbang Terkena Isi Jari Ini Cara Yang Betul Untuk Potong

Takut Nak Potong Kuku Bayi Bimbang Terkena Isi Jari Ini Cara Yang Betul Untuk Potong

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 115 hits
Aspek kebersihan dan kecantikan si kecil adalah sesuatu yang sangat dititikberatkan oleh setiap ibu bapa Pun begitu ramai ibu bapa terutamanya ibu bapa yang baru masih mengalami kemelut setiap kali ingin memotong kuku bayi mereka Untuk meny...
Belajar Kursus Asas Komputer Di Rumah Jangka Pendek

Belajar Kursus Asas Komputer Di Rumah Jangka Pendek

papar berkaitan - pada 21/9/2021 - jumlah : 78 hits
BACA DENGAN TELITI SEBELUM HANTAR MESEJ Kursus Asas Komputer merupakan kursus jangka pendek yang diajar secara one by one atau personal teacher iaitu seorang pengajar mengajar seorang peserta dalam jangka masa lebih kurang 6 jam dalam sehar...
Hiburan Bakal Doktor Anak Sulung Ozlyn Dan Johan Sambung Belajar Di Ireland

Hiburan Bakal Doktor Anak Sulung Ozlyn Dan Johan Sambung Belajar Di Ireland

papar berkaitan - pada 21/9/2021 - jumlah : 63 hits
Perasaan bercampur baur yang kini sedang dilalui oleh pasangan selebriti Johan dan Ozlyn Waty apabila anak sulung mereka iaitu Ahmad Ariq Hanania terbang ke Ireland bagi memulakan pengajian dalam bidang perubatan di universiti di sana Ahad ...
Manisan Unik Orang Thai Ini Cara Buat Luk Chup Yang Mudah

Manisan Unik Orang Thai Ini Cara Buat Luk Chup Yang Mudah

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 104 hits
Luk chup atau juga dieja look choop adalah sejenis pencuci mulut Thailand yang diperolehi daripada marzipan sebuah resipi dari Portugal yang panggil massapao Orang Portugis gunakan badam sebagai bahan utama namun Thailand menggantikannya de...
Cara Mudah Resipi Laicikang

Cara Mudah Resipi Laicikang

papar berkaitan - pada 2/9/2021 - jumlah : 71 hits
Menu laici kang semakin menjadi pilihan Biasanya penggemar laici kang akan menikmatinya di restoran atau kedai makan Sebenarnya tidak susah hendak sediakan laici kang Apa yang penting mesti ada bahan untuk membuatnya Bahan membuat laici kan...
7 Kegunaan Vaseline Untuk Nampak Lebih Cun

Ilmu Fekah Ini Kena Tahu Jika Kita Ditakdirkan Hidup Di Zaman Dajjal

Berhijrah Ke Bali Tinggalkan Anak Sulung Di Malaysia Nourul Depp Tak Sed1h Ke

Tempat Pelancongan Menarik Percuma Di Kuala Lumpur Selangor Putrajaya

Samsung Galaxy Tab S7 Fe

Rakyat Sudah Jadi Seperti Katak Bawah Tempurung Bung Gesa Kerajaan Buka Sempadan

Drama Mr Bibik Lakonan Saharul Ridzwan Zara Zya

Tips For Coping With Stress And Stay Positive Being At Home On Lockdown



Kisah Banduan Sindrom Savant Yang Berjaya Lolos 7 Kali Dari Penjara Mark DeFriest

7 Kuil Tertua di Dunia Yang Masih Wujud

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Perisik Cinta Tak Diundang Slot Akasia TV3

Kahwin Pelakon Yusuf Bahrin Ini 10 Fakta Biodata Zizi Kirana

The Ultimate Descent Terjunan dari Puncak Gunung Everest Dengan Paragliding


Vide0 Baru Berusia 3 Tahun Jebat Jayden Dah Pandai Buat Jus Buah Untuk Nabila Bila Nak Penuh Sambil Buat Sambil Rasa

Gunung Jerai Bukan Hutan Simpan Jangan Mudah Guna Takdir

Cabutan Judi 22 Kali Pas Dah Cirit

No Payment Yet For Mysejahtera App Developers

Over Rm1m Spent To Renovate Four Offices Of Ministers Deputies

Anak Jarang Sakit Tu Nikmat Rezeki Yang Tak Ternilai