Mengenal Apa Itu Machine Learning Lengkap


Pada era digital pengembangan teknologi terus merambat kedunia pasar globa, sejak dahulu pembelajaran mesin sudah di amati dan di telusuri. Sebuah ilmu yang bernama Machine Learning adalah cabang dari AI (Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan).

Kini Machine Learning sangat populardi era disruptif pengembangan 4.0 education karena banyak programmer yang menggunakan ilmu dari Machine Learning, yang memungkinkan komputer untuk mengembangkan perilaku yang didasarkan pada data empiris, seperti dari sensor data basis data.
Sejarah Singkat Machine LearningSejak pertama kali komputer diciptakan manusia sudah memikirkan bagaimana caranya agar komputer dapat belajar dari pengalaman. Lalu pada tahun 1950, Alan Turing mengusulkan adanya sebuah tes untuk mengukur kinerja sistem komputer.
Tes yang disusulan turing ini dibuat berdasarkan pemikiran bahwa kita hanya bisa menentukan apakah sebuah mesin atau sistem benar-benar bisa "belajar" jika saja kita bisa berkomunikasi dengannya, dan tidak bisa membedakan kemampuannya ini dari cara manusia belajar. Hal tersebut terbukti pada tahun 1952, Arthur Samuel menciptakan sebuah program, game of checkers, pada sebuah komputer IBM.

Program tersebut dapat mempelajari gerakan untuk memenangkan permainan checkers dan menyimpan gerakan tersebut kedalam memorinya. Istilah Machine Learning pada dasarnya adalah proses komputer untuk belajar dari data (learn from data).Tanpa adanya data, komputer tidak akan bisa belajar apa-apa.
Oleh karena itu jika kita ingin belajar Machine Learning, pasti akan terus berinteraksi dengan data. Semua pengetahuan Machine Learning pasti akan melibatkan data. Data bisa saja sama, akan tetapi algoritma dan pendekatan nya berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Apa Itu Machine Learning?
Machine Learning merupakan salah satu cabang dari disiplin ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence) yang membahas mengenai pembangunan sistem yang berdasarkan pada data. Banyak hal yang dipelajari, akan tetapi pada dasarnya ada 4 hal pokok yang dipelajari dalam Machine Learning.
Pembelajaran Terarah(Supervised Learning)Pembelajaran Tak Terarah(Unsupervised Learning)Pembelajaran Semi Terarah(Semi-supervised Learning)Reinforcement Learning
Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Machine Learning, teman-teman bisa mengikuti course di Coursera dengan instruktur profesor Andrew NG dari Stanford University.
Aplikasi Machine Learning Contoh penerapan machine learning dalam kehidupan adalah sebagai berikut.
1. Penerapan di bidang kedoteran contohnya adalah mendeteksi penyakit seseorang dari gejala yang ada. Contoh lainnya adalah mendeteksi penyakit jantung dari rekaman elektrokardiogram.
2. Pada bidang computer vision contohnya adalah penerapan pengenalan wajah dan pelabelan wajah seperti pada facebook. Contoh lainnya adalah penterjemahan tulisan tangan menjadi teks.
3. Pada bidang information retrival contohnya adalah penterjemahan bahasa dengan menggunakan komputer, mengubah suara menjadi teks, dan filter email spam.
Salah satu teknik pengaplikasian Machine Learning adalah Supervised Learning. Seperti yang dibahas sebelumnya, Machine Learning tanpa data maka tidak akan bisa bekerja. Oleh karena itu hal yang pertama kali disiapkan adalah data. 
Data biasanya akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu data training dan data testing. Data training nantinya akan digunakan untuk melatih algoritma untuk mencari model yang cocok, sementara data testing akan dipakai untuk mengetes dan mengetahui performa model yang didapatkan pada tahapan testing.
Dari model yang didapatkan, kita dapat melakukan prediksi yang dibedakan menjadi dua macam, tergantung tipe keluarannya. Jika hasil prediksi bersifat diskrit, maka dinamakan proses klasifikasi.
Contohnya klasifikasi jenis kelamin dilihat dari tulisan tangan (output laki dan perempuan). Sementara jika kelurannya bersifat kontinyu, maka dinamakan proses regresi. Contohnya prediksi kisaran harga rumah di kota Bandung (output berupa harga rumah).
Dampak Machine Learning Di MasyarakatPenerapan teknologi Machine Learning mau tidak mau pasti telah dirasakan sekarang. Setidaknya ada dua dampak yang saling bertolak belakang dari pengembangan teknolgi machine learning. Ya, dampak positif dan dampak negatif.
Salah satu dampak positif dari Machine Learning adalah menjadi peluang bagi para wirausahawan dan praktisi teknologi untuk terus berkarya dalam mengembangkan teknologi machine learning. Terbantunya aktivitas yang harus dilakukan manusia pun menjadi salah satu dampak positif machine learning. 
Sebagai contohnya adalah adanya fitur pengecekan ejaan untuk tiap bahasa pada Microsoft Word. Pengecekan secara manual akan memakan waktu berhari-hari dan melibatkan banyak tenaga untuk mendapatkan penulisan yang sempurna. Tapi dengan bantuan fitur pengecekan ejaan tersebut, secara real-time kita bisa melihat kesalahan yang terjadi pada saat pengetikan.
Akan tetapi disamping itu ada dampak negatif yang harus kita waspadai. Adanya pemotongan tenaga kerja karena pekerjaan telah digantikan oleh alat teknologi Machine Learning adalah suatu permasalahan yang harus dihadapi. 
Ditambah dengan ketergantungan terhadap teknologi akan semakin terasa. Manusia akan lebih terlena oleh kemampuan gadget-nya sehingga lupa belajar untuk melakukan suatu aktivitas tanpa bantuan teknologi.
Contoh Machine Learning Aplikasi Pengenalan Gambar, Aplikasi Asisten Pribadi seperti Siri, Bixby dll, Chat Bot, Pengenal Wajah, Mobil otonom dan domain-domain spesifik lainnya.
Kesimpulan Machine learning sangat dibutuhkan karena sudah banyak menggunakan konsep dari machine learning untuk sebuah pengembangan atau bahkan penelitian yang akan diuji cobakan, pada saat ini kepopuleritasan Machine Learning sangat dicari oleh beberapa netizen. Sehingga banyak pengguna yang sudah berhasil menggunakan cara Machine Learning tersebut.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://feedproxy.google.com/~r/wendyandriyan/BeeB/~3/CbwrTI8fKmA/mengenal-apa-itu-machine-learning.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Bukan Cuma Karena Ngamuk Ditilang Sampai Rusak Motor Ini 4 Alasan Sebenarnya Pria Itu Jadi Tersangka

Bukan Cuma Karena Ngamuk Ditilang Sampai Rusak Motor Ini 4 Alasan Sebenarnya Pria Itu Jadi Tersangka

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 184 hits
Berawal dari kena tilang sampai merusak motornya sendiri kini Adi Saputra ditahan polisi Daripada menduga duga alasan serta kronologi kejadian sebenarnya menurut kepolisian juga bisa dibaca di sini
10 Inspirasi Make Up Kilau Warna Warni Ala Sarah Ayu Bukti Hakiki Cantik Sempurna Itu Berlaku Buat Si Pipi Chubby

10 Inspirasi Make Up Kilau Warna Warni Ala Sarah Ayu Bukti Hakiki Cantik Sempurna Itu Berlaku Buat Si Pipi Chubby

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 356 hits
Kata siapa sih chubby itu kalah cantik sama yang pipi tirus Buktinya Sarah Ayu ini cantiknya kebangetan sampe bikin mau nangis T T
10 Tips Bikin Ruanganmu Yang Sempit Itu Jadi Terasa Lega Dan Nyaman Bisa Diakali Kok

10 Tips Bikin Ruanganmu Yang Sempit Itu Jadi Terasa Lega Dan Nyaman Bisa Diakali Kok

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 223 hits
Di esok hari kita memang makin harus terbiasa tinggal di ruang ruang yang kian sempit sih Simak trik trik menghadapi itu dari sekarang
Baru Je Meninggal Terima Komen Sahabat Di Ig Dapat Berita Arwah Dah Tiada Beberapa Jam Selepas Itu Atiq Azman Tergamam

Baru Je Meninggal Terima Komen Sahabat Di Ig Dapat Berita Arwah Dah Tiada Beberapa Jam Selepas Itu Atiq Azman Tergamam

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 610 hits
Baru sahaja memuat naik sepotong video pendek yang dirakamkan beberapa tahun lalu bersama sahabat yang dikenali sebagai Izwan untuk dikongsi bersama peminat pelakon drama Nur Atiq Azman terkejut besar Kisahnya rakan yang turut berlakon di d...
6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kurangi Keranjinganmu Nonton Drama Korea Rehat Sejenak Itu Penting Lo

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Kurangi Keranjinganmu Nonton Drama Korea Rehat Sejenak Itu Penting Lo

papar berkaitan - pada 10/2/2019 - jumlah : 242 hits
Nggak melarang cuma ngasih saran aja khususnya buat kamu yang tergila gila dengan drama Korea
Banyak Yang Salah Kaprah Pikir Tunisia Itu Surga Poligami Faktanya Jelas Bakal Bikin Mereka Kecewa

Banyak Yang Salah Kaprah Pikir Tunisia Itu Surga Poligami Faktanya Jelas Bakal Bikin Mereka Kecewa

papar berkaitan - pada 10/2/2019 - jumlah : 321 hits
Terutama cowok cowok Indonesia yang udah kebelet pengin pindah ke sana kayaknya bakal kecewa berat kalau tahu fakta di lapangan
Pengamat Tidak Ada Penerbangan Murah Itu Persepsi Keliru

Pengamat Tidak Ada Penerbangan Murah Itu Persepsi Keliru

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 212 hits
Pengamat penerbangan Chappy Hakim mengatakan bahwa sesungguhnya bisnis penerbangan memang mahal Hal ini dia sampaikan untuk mengoreksi pemahaman masyarakat yang menurut dia kurang tepat yakni tentang penerbangan murah
Ya Diri Aku Gemuk Dan Pemalas Itu Yg Mak Selalu Panggil Aku Tapi Mereka Tak Pernah Tahu Apa Yg Aku Buat Selama Ni

Ya Diri Aku Gemuk Dan Pemalas Itu Yg Mak Selalu Panggil Aku Tapi Mereka Tak Pernah Tahu Apa Yg Aku Buat Selama Ni

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 890 hits
Assalamualaikum dan selamat sejahtera kepada semua Terima kasih jika cerita Aku ini disiarkan Cerita ni Tak best pun Beribu ribu Kali Aku fikir sebelum menulis Last last Aku decided untuk menulis juga Malas nak cerita lebih2 tentang diri Ak...
Hiburan Gagal Bayar Tunggakan Rm4 96 Juta Untuk Pesanan Pelitup Muka Jovian Apparel Disaman Pembekal

Buasir Otak Tv Hadiah Hari Guru Ikut Kerja Bapa Be Like

T18c24 Bayi Aina Muntah Susu Beku Macam Keju

Nepal Haram Produk Rempah Dari India Selepas Hong Kong Singapura

Gulai Udang Nenas

Govt To Continue Using E Jamin Bail System

Harris Alif Dari Idola Kecil Ke Selebriti Serba Boleh

Road And Track A Lithe Bmw R80 Restomod By 46works



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Lirik Luqman Faiz Bahagiamu Tujuanku

Lirik Lagu Sufian Suhaimi Semua Tentangmu

Semua Berfkir Tentang Rafah

Spring Harbor House By Johnsen Schmaling Architects In Madison Wisconsin

Pengukus Lubang Tepi

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan