Maulid Nabi Muhammad Saw Inilah Kumpulan Sholawat Dan Manfaatnya Saat Diamalkan


Sebagai bentuk cinta kita pada Rasul berikut kumpulan Sholawat Nabi yang bisa kita bacakan.
Sebagian umat muslim pun saat ini tengah bersiap untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
Umat muslim pun dianjurkan untuk perbanyak membaca sholawat sebagai bentuk kecintaan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW.
Maulid Nabi merupakan sebuah peringatan hari lahir atau Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal (berdasarkan kalender Islam).
Meski demikian, terdapat dua versi terkait asal usul kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Terdapat sebuah riwayat yang bersumber dari sahabat Nabi mengungkapkan jika Nabi Muhammad lahir pada Senin 12 Rabiul Awwal, bertepatan dengan tahun gajah.
Namun, terdapat riwayat yang bersumber dari ahlul bait Nabi, Nabi Muhammad lahir ketika terbit fajar, hari Jumat 17 Rabiul Awwal tahun gajah.
Walaupun terdapat berbagai versi terkait kelahiran Nabi Muhammad, tetap lah kelahirannya tersebut menjadi malam yang mulia.
Nabi Muhammad dilahirkan di Kota Mekkah dari seorang ibu bernama Aminah dan ayahnya bernama Abdullah.
Lahirnya Nabi Muhammad di bulan Rabi’ul Awal seiring musimnya bunga berkembang disebut merupakan isyarat bahwa ajaran yang dibawanya akan berkembang di seluruh dunia.
Ayahanda Nabi Muhammad meninggal dunia ketika perjalanan pulang setelah berdagang dari Syam dan kemudian singgah di Madinah.
Lalu, sang ayah jatuh sakit dan meninggal dunia ketika Nabi Muhammad masih berada di kandungan.
Ketika memperingati Maulid Nabi Muhammad, tidak terdapat anjuran khusus untuk membaca sebuah doa tertentu.
Berikut ini merupakan bacaan sholawat nabi lengkap:
Namun, umat muslim biasanya menyambutnya dengan berbagai doa yang dipanjatkan sebagai ungkapan cinta kepada sang Rasul.
Diantara doa yang biasa dilantunkan yakni salawat Nabi yang kerap dibaca ketika pagi, siang, sore maupun malam hari setelah mengerjakan salat lima waktu.
Dilansir dari berbagai sumber, ada bermacam sholawat nabi yang bisa diamalkan oleh umat muslim.
Selain itu, umat muslim juga bisa mengamalkan berbagai salawat lainnya.
1. SHOLAWAT MA’TSUROH
Sholawat ma’tsuroh merupakan sholawat yang kalimat, cara membaca, waktu mebaca dan keutamaannya telah diajarkan oleh Rasululloh saw, sendiri.
أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ Artinya:
“Ya Alloh! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya”
2. SHOLAWAT IBROHIMIYAH
اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
Artinya:
“Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”
Kegunaanya:
Untuk mendapatkan segala macam kebutuhan hidup dunia dan akhirat Untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan dunia dan akhirat Untuk mendapatkan kewibawaan yang sangat besar terhadap orang lain Untuk menarik dan memperluas rizki dengan sebanyak-banyaknya Untuk mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya semua cita-cita. 3. SHOLAWAT AL-FATIH
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ
Artinya:
“Ya Alloh limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad saw, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Alloh melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”
Kegunaannya:
Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit. Untuk mengahups dosa-dosa kecil Untuk dapat bertemu dengan Rosululloh saw didalam mimpi Untuk dapat bertemu dan berkumpul dengan nabi besar Muhammad saw di akhirat kelak. 4. SHOLAWAT QUTHBUL AQTHOB
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ
Artinya:
”Ya Alloh, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan serta berikan rahmat kepda nabi Muhammad saw dan kepada orang-orang yang memiliki kemiliaan sampai hari kiamat.”
Kegunaannya:
Untuk menyembuhkan penyakit pusing dan panas, perut, batuk Dan untuk menyembuhkan penyakit gila dan penyakit-penyakit lainnya. 5. SHOLAWAT UMMY
اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ Artinya:
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”
Kegunaannya:
Barang siapa yang membaca sholawat Ummy ini sebanyak 80 (delapan puluh) kali pada mala Jum’at, Allah swt akan mengampuni dosa-dosanya selama 80 (depalan puluh) tahun. Jika sholawat Ummy ini dibaca sebanyak 500 (lima ratus) kali pada malam Jum’at, maka niscaya ia tidak akan mati sebelum berjumpa dengan Nabi Muhammad saw, dalam keadaan sadar. 6. SHOLAWAT MUKAFA’AH
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ
Artinya:
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”
Kegunaannya:
Barang siapa yang memebaca sholawat mukafaah berikut ini sebanyak-banyaknya maka ia telah menunjukkan kecintaannya kepada kanjeng Nabi Muhammad saw, dan barang siapa yng mencintai kanjeng Nabi Muhammad saw maka jelas ia akan mendapat syafaat beliau kelak dihari kiamat dan dianggap sebagai orang yang mulai di sisi beliau.
7. SHOLAWAT GHOZALI
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ Artinya:
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena Kekekalan-Mu, ia tetap karena ketetapan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung bainya tanpa keridhoan-Mutidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihakt Wujud-Mu yang Mulia.”
Kegunaannya:
Untuk membuat hati menjadi tenang, membuat pikiran menjadi terang dan untuk menambah tingkat kecerdasan Untuk mendatangkan segala macam hajat baik yang kecil maupun yang besar. 8. SHOLAWAT SYIFA’
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ
Artinya:
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita bnabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.”
Kegunaannya:
Untuk menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat Untuk menjadikan tubuh kita selamat, awet muda dan panjang usia Untuk menjadikan hati lebih terang dan bercahaya, sehingga dapat melihat kebaikan dan kebatilan 9. SHOLAWAT MUNJIYAT
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَ بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَالْأَفَاتِ وَتَقْضِى بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّــيـِّـــــئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلٰى الدَّرَجَاتِ وِتُبَلِّغُنَا بَهَا أَقْصٰى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىيْئِ قَدِيْرٌ
Artinya:
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, melalui rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka. Yang dengan rahmat itu Engkau memenuhi segala hajat kami, yang dengan Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan Engkau mengangkat derajat kami setinggi-tingginya, yang dengan Engkau mengantar kami ketempat yang paling ujung dari semua kebaikan hidup di dunia dan kehiduan setelah mati.”
Kegunaannya:
Untuk mengharumkan bau mulut yang tak sedap Untuk menghilangkan rasa canggung dihadapan orang banyak, dan dapat memancarkan kewibaan melalui ucapannya. 10. SHOLAWAT HAJAT DUNIA AKHIRAT
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ Artinya:
“Y Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya”
Kegunaannya:
Sholawat ini apabila dibaca sebnyak 1000 (seribu) kali maka Allah swt, akan mendatangkan hajatnya sebanyak 100 hajat. Hajat yang 30 (tiga puluh) akan diberikan di dunia dan hajat yang 70 (tujuh puluh) akan di datangan kelak di akhirat.
11. SHOLAWAT KAMILAT
اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ وَسَلِّـمْ وَبَـارِكْ عَـلـٰى سَــيـِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ كَمَا لَا نِـهَايَـةَ لِـكَـمـَالِكَ عَدَدَ كَـمـَالِـهِ Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, sebagaimana tiada batas akhir bagi kesempurnaan-Mu, sebagai hitungan kesempurnaan”.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/maulid-nabi-muhammad-saw-inilah-kumpulan-sholawat-dan-manfaatnya-saat-diamalkan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pidato Bung Karno Saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad Yang Mengetarkan Hati

Pidato Bung Karno Saat Peringatan Maulid Nabi Muhammad Yang Mengetarkan Hati

papar berkaitan - pada 10/11/2019 - jumlah : 206 hits
Di desa desa mengadakan pengajian barzanji atau bacaan puji pujian yang berisi riwayat Nabi Muhammad SAW di kalangan Keraton seperti Yogyakarta mengadakan Grebeg Maulud dan lain lain Grebeg Maulud adalah puncak peringatan Maulud Nabi Muhamm...
Ribuan Warga Mulai Memadati Monas Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Ribuan Warga Mulai Memadati Monas Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 9/11/2019 - jumlah : 296 hits
Dengan meneladani kisah hidup Rasulullah dan sifat sifatnya umat muslim pasti akan bersatu memiliki karakter yang baik dan tangguh secara moral maupun ekonomi ujar Habib Nabiel Almusawa
Kelebihan Selawat Ke Atas Nabi Muhammad Saw

Kelebihan Selawat Ke Atas Nabi Muhammad Saw

papar berkaitan - pada 10/11/2019 - jumlah : 1962 hits
Original Content Sebagai umat Islam banyak kelebihan yang diperolehi jika kita berselawat kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW Ini kerana kita sangat memerlukan syafaat apabila dihimpunkan di Sumber Dilarang Plagiat Tanpa Kebenaran
Tarik Minat Anak Anda Mengenal Rasulullah Saw Dengan My Prophet Muhammad Busy Book

Tarik Minat Anak Anda Mengenal Rasulullah Saw Dengan My Prophet Muhammad Busy Book

papar berkaitan - pada 9/11/2019 - jumlah : 417 hits
My Prophet Muhammad Busy Book 1 Selepas berbincang dengan pakar yang arif dengan perkembangan kanak kanak kami merasakan kanak kanak sangat perlu didedahkan dengan konsep tauhid dan kenali Rasulullah SAW seawal usia 2 Cerita di dalam buku i...
Kelahiran Nabi Muhammad Dan 5 Peristiwa Besar Yang Mengiringinya

Kelahiran Nabi Muhammad Dan 5 Peristiwa Besar Yang Mengiringinya

papar berkaitan - pada 9/11/2019 - jumlah : 511 hits
Kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah rahmat agung bagi manusia bahkan bagi alam semesta Sebab beliau adalah rahmatan lil alamin Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk rahmat bagi semesta alam Berikut ini sejar...
4 Keburukan Bagi Orang Yang Tidak Bersholawat Saat Nama Nabi Disebut

4 Keburukan Bagi Orang Yang Tidak Bersholawat Saat Nama Nabi Disebut

papar berkaitan - pada 14/11/2019 - jumlah : 179 hits
Menurut sebagian ulama membaca shalawat kepada Nabi Saw ketika nama beliau disebut hukumnya adalah wajib Ini disebabkan karena orang yang tidak membaca shalawat ketika nama beliau disebut diancam akan mendapatkan keburukan Sementara setiap ...
Ini Cara Sukses Berdagang Seperti Nabi Muhammad

Ini Cara Sukses Berdagang Seperti Nabi Muhammad

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 232 hits
Nabi Muhammad diketahui sebagai utusan Allah yang menyampaikan wahyu di bumi Selain itu Rasulullah juga dikenal piawai berdagang Lantas seperti apa cara Rasulullah berdagang Prinsip bisnis Rasulullah juga berdasarkan ilmu dagang dalam Al Qu...
Doa Nabi Khidir Saat Memohon Kebaikan

Doa Nabi Khidir Saat Memohon Kebaikan

papar berkaitan - pada 5/11/2019 - jumlah : 748 hits
Berikut adalah doa yang dibaca oleh Nabi Khidir Doa ini berisi pujian kepada Allah memohon ampun memohon kebaikan dan juga memohon perlindungan Doanya adalah berikut Alhamdu lillaahi alaa kulli ni matin wa astaghfirullaaha min kulli dzanbin...
Museum Rasulullah Perkenalkan Nabi Muhammad Sebagai Pembawa Misi Rahmatan Lil Alamin

Museum Rasulullah Perkenalkan Nabi Muhammad Sebagai Pembawa Misi Rahmatan Lil Alamin

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 223 hits
Ketum Haedar berharap pembangunan museum Rasulullah di Indonesia akan menjadi sarana memperkenalkan sejarah Rasulullah sebagai nabi akhir zaman Terutama Nabi Muhammad sebagai pembawa misi rahmatan lil alamin atau rahmat bagi semesta
Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Kadir Jasin Warns Pmx Ph Against Falling Into The Trap To Free Najib

Pm Political Stability Making Malaysia Valued Investment Destination

Pjd Link Cancellation Fahmi Tells Govt Critics To Read Pwd Statement

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Honor Lancar Empat Peranti Baharu Honor Pad 9 5g Honor X7b 5g Honor Magicbook X 16 Honor Band 9



8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik


Video 2 Helikopter Bertembung Ketika Raptai Di Pangkalan Tldm Lumut

9 Tips Mengajar Murid Kelas Belakang

Status Puasa Qadha Puasa 6 Syawal

Pesawat Helikopter Tldm Di Lumut Terhempas

Lirik Lagu Kembali Pulang Feby Putri Ft Suara Kayu

Filem Memoir Seorang Guru