Masuk Sekolah Tk Diundur Setahun Ada Efeknya Bagi Anak


Tahun ajaran baru 2020 jatuh pada 13 Juli mendatang. Saat itu kegiatan belajar siswa dimulai.
Namun, belum usainya pandemi Covid-19 membuat beberapa pihak khawatir sekolah-sekolahakan menjadi klaster penyebaran wabah.
Demi meredam kekhawatiran ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan 13 Juli bukan tanggal berlangsungnya kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Merujuk surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19 menyebutkan data pemerintah, 94 persen peserta didik masih berada di zona merah, orange, dan kuning dan jumlah peserta didik yang berada di zona hijau hanya 6 persen.
Untuk tahap I, SMA, SMK, MA dan setingkatnya, SMP dan MTS diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka pada tahun ajaran baru Juli mendatang.
Untuk tahap II (dua bulan setelahnya) barulah SD boleh dibuka. Selanjutnya tahap III (dua bulan selanjutnya), TK dan PAUD boleh melakukan pembelajaran tatap muka.
Menanggapi keputusan di atas sejumlah orang tua yang tahun ini menyekolahkan anak mereka masuk Taman Kanak-kanak (TK) merasa bingung apakah akan terus mendaftar atau menunggu sampai tahun depan.
Menurut data yang dihimpun Tempo.co, Vanessa Sutopo orang tua dari anak yang tahun ini berencana sekolah TK mengatakan jika melihat kondisi saat ini dia akan memundurkan anaknya sekolah TK tahun depan.
“Toh masuk sekolah kalau SD Negeri juga kan 7 tahun ya, mending kelebihan usia deh tidak apa-apa, soalnya melihat area Bekasi sampai sekarang masih kuning. Jadi masih khawatir juga ngelepas anak sekolah tahun ini, jadi mau ngepasin saja 7 tahun,” ucap perempuan 28 tahun ini.
Kebetulan Vanessa yang juga seorang Dokter Umum ini mengatakan ia belum secara resmi mendaftarkan anaknya TK.
“Nanti rencananya akan diskusi lagi sama suami bagaimana sebaiknya, sebelum ada pandemimemang rencananya TK setahun saja, sekarang kondisi serba tidak menentu begini,” imbuhnya.
Berbeda juga dengan yang dirasakan Indah Puspita yang tahun ini sudah memiliki rencana anaknya akan sekolah TK.
Sampai sekarang menurut Indah, dari pihak sekolah masih susah diminta penjelasan.
“Kalau Tangerang Selatan keputusan sudah keluar untuk belajar dari rumah diperpanjang sampai Desember 2020. Jadi tahun ini karena sudah bayar akan tetap sekolah TK, menyesuaikan dengan metode yang berlaku yakni belajar di rumah,” ucap perempuan 32 tahun ini.
Dengan menanggapi kegelisahan sejumlah orang tua tersebut, psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan jika untuk anak anak TK, dampak psikologis yang terkait dengan tahapan perkembangan anak bisa dikatakan tidak begitu besar. Hal ini karena kompetensi yang diajarkan di TK sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah.
“Justru memang usia TK itu jauh lebih baik jika melakukan beberapa kegiatan, termasuk kegiatan belajar adalah jika bersama orang tuanya. Yang perlu dilakukan orang tua adalah memberi fasilitas belajar sesuai tahapan perkembangan anaknya dan menjadi fasilitator bagi proses belajar anak,” ucap Psikolog di Pro Help Center ini saat dihubungi Tempo.co, Kamis 18 Juni 2020.
Meski akan ada efek psikologis yang terjadi terkait pada harapan. Anak yang sudah punya harapan akan sekolah barunya, seragam barunya, teman barunya dan terutama anak yang sudah merasa kangen dengan sekolahnya, kangen belajar dan bermain bersama dapat merasa sedih karena harus menunggu lagi sampai waktu tertentu atau bahkan sampai waktu yang masih belum jelas kepastiannya.
Sebab itu orang tua perlu mendengarkan perasaan anak dan memberi penjelasan dengan rasa empati, mendengarkan dengan sepenuh hati.
Berikan waktu khusus untuk anak mengungkapkan perasaannya dan apa yang menjadi harapannya.
“Walau masih TK tentu anak tetaplah manusia yang punya perasaan dan butuh didengarkan dengan sungguh sungguh. Setelah itu beri penjelasan mengenai kondisi yang ada sesuai bahasa yang dipahaminya dan beri penjelasan dengan rasa empati,” lanjut dia.
Belajar yang terbaik bagi usia TK, menurut Nuzulia adalah sambil bermain. Jadi orang tua bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitar.
Tidak harus mahal yang penting sesuaikan dengan kebutuhan belajar anak.Orang tua perlu memberi porsi waktunya untuk anak dalam menstimulasi tahapan perkembangan anak.
“Mengenai stimulasi apa saja yang diperlukan, bisa dicari ilmunya di internet atau buku buku yang ada. Orang tua perlu menyediakan hatinya, waktunya dan dirinya secara utuh saat mendampingi anak. Tidak perlu seluruh waktu orang tua buat anak. Beri sebagian saja sesuai kemampuan orang tua. Tetapi saat memberi yang sebagian itu, hadirlah secara penuh dan utuh,” pungkasnya.
Sumber: tempo.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/masuk-sekolah-tk-diundur-setahun-ada-efeknya-bagi-anak/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kalau Nak Homeschool Mama Papa Kena Ada 3 Syarat Asas Ni Baru Anak Dapat Catch Up Bila Masuk Sekolah Balik

Kalau Nak Homeschool Mama Papa Kena Ada 3 Syarat Asas Ni Baru Anak Dapat Catch Up Bila Masuk Sekolah Balik

papar berkaitan - pada 24/6/2020 - jumlah : 375 hits
Mengajar sendiri di rumah atau homeschooling pastinya bukan satu tugas mudah untuk digalas Seperti yang dikongsikan oleh Wawa Shauqi Menurutnya homeschooling itu tidak mudah Bila ibu bapa mengambil keputusan untuk homeschooling anak mereka ...
Polling Berbulan Bulan Sekolah Kuliah Online Kini Masuk Era New Normal Udah Siap Masuk Lagi

Polling Berbulan Bulan Sekolah Kuliah Online Kini Masuk Era New Normal Udah Siap Masuk Lagi

papar berkaitan - pada 17/6/2020 - jumlah : 272 hits
Angkatan 2020 emang harus ekstra sabar Gimana nih pengalaman kalian sekolah dan kuliah dari rumah sepanjang pandemi ini
Jentikhati Perlukah Di Jerkah Dalam Mendidik Anak Apa Efeknya Nanti

Jentikhati Perlukah Di Jerkah Dalam Mendidik Anak Apa Efeknya Nanti

papar berkaitan - pada 7/6/2020 - jumlah : 466 hits
Delicate Ears to the Heart Saya berpesan kepada diri sendiri dan sesiapa yang mahu ambil pengajaran Tolong ubah cara didikan anak anak Tak perlu terjerit jerit jerkah budak Wallahi TAK PERLU Biasakan dari kecil mereka dengan teguran yang le...
Ditolak 6 Sekolah Ketika Mau Masuk Smp Kini Adam Masuk Jajaran Orang Terkaya

Ditolak 6 Sekolah Ketika Mau Masuk Smp Kini Adam Masuk Jajaran Orang Terkaya

papar berkaitan - pada 7/6/2020 - jumlah : 184 hits
Adam Khoo seorang lelaki asal Singapura yang kini baru berusia 33 tahun telah menikmati banyak asam garam kehidupan Di umur 26 tahun ia diketahui telah mempunyai empat bisnis yang beromzet US 20juta atau sekitar Rp 280 miliar Namun pencapai...
Resepi Udang Masak Lemak Dengan Nenas Tak Masuk Lada Kering Khas Untuk Anak Anak Kecil

Resepi Udang Masak Lemak Dengan Nenas Tak Masuk Lada Kering Khas Untuk Anak Anak Kecil

papar berkaitan - pada 22/6/2020 - jumlah : 512 hits
Ingat nak masuk lada kering dengan cili api sikit biar terasa pedasnya tu sikit tapi kesian pula dengan anak anak buah berdua ni Dah la si kakaknya tu jenis susah nak makan So nak tak nak kita buat sambal lada ajelah sebagai gandingannya Bi...
Ibu Bapa Tak Dibenarkan Masuk Kelas Hantar Anak Ke Tadika Mulai 1 Julai

Ibu Bapa Tak Dibenarkan Masuk Kelas Hantar Anak Ke Tadika Mulai 1 Julai

papar berkaitan - pada 21/6/2020 - jumlah : 492 hits
Ibu bapa atau penjaga tidak dibenarkan memasuki kelas prasekolah TABIKA atau TADIKA kendalian kerajaan dan swasta ketika menghantar anak mereka bermula 1 Julai ini Selain itu pengendali harus memastikan tiada penggunaan permaidani tikar dan...
Mendikbud Orang Tua Berhak Tak Izinkan Anak Ke Sekolah Jika Dirasa Belum Aman

Mendikbud Orang Tua Berhak Tak Izinkan Anak Ke Sekolah Jika Dirasa Belum Aman

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 240 hits
Keputusan terakhir ada di tangan orang tua peserta didik Orang tua boleh mengizinkan anaknya kembali ke sekolah atau tetap belajar di rumah
Baru Berusia Setahun Anak Hanis Zalikha Hairul Azreen Sudah Miliki Sejuta Followers Di Instagram

Baru Berusia Setahun Anak Hanis Zalikha Hairul Azreen Sudah Miliki Sejuta Followers Di Instagram

papar berkaitan - pada 6/6/2020 - jumlah : 341 hits
Selain digunakan oleh golongan dewasa trend mencipta akaun Instagram oleh ibu bapa bagi kanak kanak dan bayi yang baru dilahirkan seakan menjadi ikutan dalam kalangan netizen terutama golongan selebriti dan artis Terbaru anak kepada artis t...
Tiada Larangan Bawa Anak Ke Tempat Awam Masuk Pusat Beli Belah Dan Restoran Ismail Sabri

Tiada Larangan Bawa Anak Ke Tempat Awam Masuk Pusat Beli Belah Dan Restoran Ismail Sabri

papar berkaitan - pada 17/6/2020 - jumlah : 324 hits
PUTRAJAYA Tiada larangan untuk membawa kanak kanak ke tempat awam termasuk pusat beli belah dan restoran namun perlu mematuhi penjagaan kesihatan sewaktu negara sedang berdepan wabak koronavirus Menteri Kanan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob ...
Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Pas Anggap Terlalu Awal Bincang Pertukaran Mb Perlis

Opening Young People S Eyes To Workers Rights

Calon Bersatu Prk Kkb Tidak Dapat Sokongan Parti Pas

Dumbing Down Our Education System Via Politicians And Theocrats

Penyokong Diseru Jalankan Tanggungjawab Sebagai Pemilik Sabah Fc

Bila Duit Nak Masuk

Perasaan Bila Orang Namakan Kucing Mereka Dgn Nama Anda



Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia


Starting Somewhere

Ktm Kenalkan 4 Model Motosikal Duke Sempena Ulangtahun Ke 30

Sambutan Ulang Tahun Ke 30 Dan Pelancaran 4 Model Motosikal Ktm Duke

First Impressions Make A Powerful Impact With A Creative Digital Business Card

Restoran Di Jepun Buang 25 Set Nasi Lemak Kena Tipu Ejen Dari Malaysia

Kumpulan Pro Palestin Kecam Kehadiran Syarikat Bekal Senjata Kepada Israel