Manajemen Bisnis Keramik Yang Perlu Diketahui


Di artikel sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai manajemen produksi dari bisnis keramik. Sekarang kami akan membahas 3 pilar manajemen bisnis keramik lainnya. Pilar bisnis ini harus Anda pahami ketika mau menjalankan usaha kerajinan keramik. Baca sampai selesai agar lebih memahami.

Manajemen Bisnis Keramik Berikut penjelasan singkat tentang beberapa pilar bisnis kriya keramik :
Manajemen Sumber Daya Manusia Pilar manajemen bisnis keramik pertama adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Perekrutan SDM bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti lewat :
sekolah-sekolah seni, lulusan studio keramik, tenaga yang sudah terampil dan berpengalaman, tenaga pengalaman yang direferensikan, tenaga belum berpengalaman yang dilatih, dll. Dalam manajemen bisnis keramik terkait SDM ada 3 sistem penggajian, yaitu :
a. Penggajian Sistem UMR
Sistem penggajian ini biasanya diterapkan untuk pegawai tetap. Penggajian berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR) tiap daerah berbeda.
b. Borongan
Pekerjaan borongan sering dilakukan oleh para pengusaha keramik. Misalnya pekerjaan putar, pembakaran, pengemasan atau packing, dan staffing (penataan dalam container). Pekerjaan borongan memiliki keuntungan bagi pengusaha khususnya terkait pembayaran menurut volume kerja. Sistem ini pun menguntungkan bagi para pekerja. Sebab pekerja bisa memperoleh bayaran yang lebih besar jika dibanding dengan gaji harian ataupun UMR.
c. Harian
Sistem harian diterapkan bagi karyawan tak tetap dan dipekerjakan sesuai kebutuhan. Selain itu pembayarannya berdasarkan jumlah hari masuk dan target volume tertentu.
Manajemen Keuangan Pilar manajemen bisnis keramik pertama adalah manajemen keuangan. Contoh manajemen keuangan berikut adalah terkait dengan usaha kriya keramik stoneware. Untuk usaha kriya keramik earthenware akan berbeda cara perhitungannya.
1. Menentukan Fixed Cost (FC) Fixed Cost (biaya tetap) merupakan biaya yang jumlah totalnya tak berubah meskipun jumlah barang yang dijual berubah dalam kapasitas normal. Fixed cost adalah biaya tetap yang mesti dikeluarkan berapapun jumlah unit yang terjual.
Contoh fixed cost (Biaya Tetap) dalam manajemen bisnis keramik yaitu sbb :
No. Nama Alat Harga (Rp) 1. Tungku 20.000.000 2. Plat bakar 1.000.000 3. Penyangga plat 200.000 4. Tabung gas LPG 500.000 5. Mixer tanah 5.000.000 6. Potmill 5.000.000 7. Timbangan 200.000 8. Saringan 200.000 9. Kompor gas 150.000 10. Butsir 1 set 75.000 11. Ember kecil dan besar 100.000 12. Teko plastic 20.000 13. Pisau 20.000 14. Kuas 10.000 15. Palu 20.000 16. Mangkuk plastic 10.000 17. Amplas 5.000 Jumlah 32.510.000 Penyusutan fixed cost diasumsikan sebesar 0,1 % per produksi. Rata-rata umur teknis peralatan 10 tahun.
2. Menentukan Variable Cost (VC) Variable cost (biaya tidak tetap) adalah biaya yang berubah secara linear sesuai dengan jumlah produksi atau penjualan. Bila kuantitas produksi bertambah maka variable cost juga akan ikut bertambah.
Berikut ini contoh variable cost dalam manajemen bisnis keramik untuk pembuatan 100 buah mug dengan diameter 8 cm dan tinggi 10 cm. Ilustrasi biaya ini untuk produksi dengan menggunakan teknik cetak tuang.
No. Rincian Harga (Rp) 1. Bahan baku tanah liat 200.000 2. Bahan baku glasir 400.000 3. Biaya membuat cetakan 100.000 4. Biaya mencetak 50.000 5. Biaya merapikan 100.000 6. Biaya mengglasir 100.000 7. Biaya listrik 50.000 8. Biaya pembakaran 300.000 Jumlah 1.300.000 3. Perhitungan HPP Harga Pokok Penjualan (HPP) merupakan semua biaya yang muncul dalam rangka menghasilkan suatu produk sampai produk tersebut siap untuk dijual. Penghitungan HPP produksi adalah sebagai berikut:
HPP = AFC + VC
HPP = (Rp 32.510.000 x 0,1%) + Rp 1.300.000
HPP = Rp 1.332.510
Jadi HPP yang harus dikeluarkan dalam satu kali produksi adalah Rp 1.332.500 atau Rp 1.332,50 / buah
4. Penghitungan BEP Dalam manajemen bisnis keramik juga dikenal dengan adanya Break Even Poin (BEP). BEP adalah titik di mana pendapatan yang diperoleh dari bisnis sama dengan modal yang dikeluarkan. Pada contoh di bawah ini, diilustrasikan harga 1 buah mug Rp 25.000. BEP unit?
BEP = FC : HVC
BEP = Rp 32.510.000 : [Rp 25.000 – (Rp 1.300.000/100)]
BEP = Rp 2.709 unit
BEP terjadi saat produksi mencapai 2.709 unit. Jika diasumsikan tiap produksi menghasilkan 100 unit, maka BEP terjadi ketika produksi ke-27.
5. Penghitungan Laba Lalu berapa laba atau keuntungan tiap unitnya?
= Harga Jual per unit – (Nilai AFC – VC per Unit)
= Rp 25.000 – (Rp 32.510 – Rp 13.000)
= Rp 25.000 – Rp 19.510
= Rp 5.490
Jadi laba atau keuntungan yang dihasilkan yakni Rp 5.490 untuk mug.
Keterangan:
AFC : Penyusutan Fixed Cost tiap produksi. HVC adalah harga per unit dikurangi variable cost per unit. 6. Harga Jual Kriya Seni Kriya keramik bisa berupa produk yang memiliki keunikan tersendiri dan bernilai seni. Oleh karenanya manajemen bisnis keramik dengan nilai seni harus lebih baik. Seperti harga jual keramik bernilai seni tidak berdasarkan HPP lagi. Harga jual kriya keramik yang memiliki nilai seni ini bisa dipatok dengan harga yang jauh lebih tinggi dari HPP.
7. Pajak Usaha Keramik Kebanyakan pengusaha baru banyak yang mengalami kebingungan terkait permasalahan pajak. Tiap kegiatan usaha yang telah mendaftar untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebenarnya dapat fasilitas dari kantor pajak. Yaitu berupa penanggung jawab / pengawas yang bisa dimanfaatkan sebagai konsultan pajak yang disediakan negara.
Ada 3 kelompok tarif pajak yang berlaku untuk kegiatan usaha yang didasarkan pada penghasilan bruto dalam setahun, yaitu:
Kurang dari Rp 4,8 miliar maka pajaknya adalah 1% dari penghasilan bruto. Antara Rp 4,8 miliar hingga Rp 50 miliar maka pajaknya yaitu [0,25 – (0,6 miliar / Gross Income)] dikali Penghasilan Kena Pajak (PKP). Lebih besar dari Rp 50 miliar maka pajaknya yakni 25% dari PKP. Manajemen Pemasaran Pilar manajemen bisnis keramik pertama adalah manajemen pemasaran. Berikut beberapa hal terkait manajemen pemasaran :
a. Riset Pasar Riset pasar diperlukan untuk mendukung lancarnya pemasaran. Riset pasar yang diperlukan, antara lain :
Analisis Konsumen. Menentukan target pesar yang akan dituju dan mengetahui selera pasar. Analisis Kompetitor. Mengetahui standar kualitas dan manfaat menentukan strategi pemasaran. Tren. Acuan prediksi sebagai dasar pengembangan produksi serta bahan referensi riset dan pengembangan. Kanai Distribusi. Menentukan jalur distribusi yang tepat. b. Segmen Pasar Segmen pasar kerajinan keramik bisa ditinjau dari sudut pandang jenis produk. Segmen pasar dalam manajemen bisnis keramik antara lain seperti :
Elemen estetika seperti miniatur guci, vas hiasan dinding, dll, segmen pasarnya yaitu designer interior, spa center. Fungsional seperti alat makan dan minum, asbak, dll, segmen pasarnya adalah rumah tangga, rumah makan, hotel. Aksesoris dalam dan luar ruangan seperti tempat alat mandi, hiasan kebun, air mancur, dll, segmen pasarnya ialah rumah tangga, hotel. Keramik advance seperti isolator listrik, segmen pasarnya yakni kebutuhan industri. c. Target pasar Target pasar kerajinan keramik bisa digolongkan jadi 2 yaitu :
1. Pasar dalam negeri
Pasar dalam negeri terdiri dari wisatawan domestik ataupun asing, pedagang dan pemakai langsung, komunitas pecinta kriya dan seni keramik, dan industri pariwisata (hotel dan restoran). 2. Pasar luar negeri
pedagang dan pemakai langsung. d. Metode Pemasaran Manajemen bisnis keramik berkaitan dengan pemasaran lazim dilakukan melalui pameran, pop up market, online, dan galeri.
1. Pameran
Pameran adalah sarana yang paling efektif untuk menemukan pengusaha dan pembeli. Baik itu pembeli dari dalam negeri maupun luar negeri.
No. Nama Pameran Tempat Waktu 1. INACRAFT JCC Senayan April 2. Pekan Raya Jakarta (PRJ) Jakarta Juni – Juli 3. Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) Jakarta September – Oktober 4. CRAFINA JCC, Jakarta Oktober 5. Trade Expo Jakarta Oktober 6. Pameran Produk Ekspor (PPE) JEC Yogyakarta Oktober 7. Jakarta Contemporary Ceramics Biennale Jakarta Desember 8. Fashion Week Beberapa daerah di Indonesia Tiap daerah berbeda 9. Pameran di Daerah Pemda/PemKot setempat Tiap daerah berbeda 2. Pop up market
Pop up market yaitu pemasaran yang dilakukan melalui sebuah acara. Di mana acara tersebut diselenggarakan oleh komunitas yang mendukung berkembangnya brand lokal. Pop up market adalah kombinasi antara workshop dengan bazar. Contoh pop up market di Jakarta yaitu antara lain :
Market Museum, Brightspot, Local Fest, Pasar-pasaran, Jalan Kenangan, Kopi Keliling, dan lain-lain. 3. Pemasaran Online
Pemasaran via online bisa berupa galeri online, Facebook, toko online, dll. Contoh: bobobobo.com, goodsdept.com, marketplays.id, qlapa.com. Pemasaran online sangat dipengaruhi oleh mesin pencari Google. Sehingga Anda harus melakukan perawatan supaya selalu muncul di mesin pencari Google. Pemasaran juga perlu iklan melalui media cetak.

Sekian informasi tentang manajemen bisnis keramik, kami harap postingan kali ini berguna untuk kalian. Tolong postingan panduan bisnis keramik ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.
Referensi:
Menjadi Pebisnis Sukses Peluang Bisnis Menguntungkan

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bisnisid.com/manajemen-bisnis-keramik/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Manajemen Produksi Kerajinan Keramik Lengkap

Manajemen Produksi Kerajinan Keramik Lengkap

papar berkaitan - pada 21/10/2021 - jumlah : 290 hits
Di artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai peluang bisnis keramik beserta cara permodalannya Kali ini kami akan kupas tentang Bagi Anda yang berminat untuk menggeluti bisnis keramik silakan baca artikel ini hingga selesai agar bisa ...
Kes Bunuh Zulfarhan Nasib 18 Penuntut Upnm Diketahui Esok

Kes Bunuh Zulfarhan Nasib 18 Penuntut Upnm Diketahui Esok

papar berkaitan - pada 2/11/2021 - jumlah : 249 hits
Hakim Mahkamah Tinggi Datuk Azman Abdullah membacakan keputusan di akhir kes pembelaan
Video Mantan Pemandu Wisata Banting Setir Bisnis Donat

Video Mantan Pemandu Wisata Banting Setir Bisnis Donat

papar berkaitan - pada 18/10/2021 - jumlah : 155 hits
Kini pendapatan dari usaha donat dan stik bawang miliknya sudah melebihi pendapatan saat menjadi pemandu wisata
Nasib 18 Penuntut Didakwa Membunuh Zulfarhan Sama Ada Didapati Bersalah Atau Dibebaskan Akan Diketahui Esok

Nasib 18 Penuntut Didakwa Membunuh Zulfarhan Sama Ada Didapati Bersalah Atau Dibebaskan Akan Diketahui Esok

papar berkaitan - pada 2/11/2021 - jumlah : 289 hits
The ReporterNasib 18 penuntut Universiti Pertahanan Nasional Malaysia yang didakwa membunuh bersubahat membunuh dan mencederakan Pegawai Kadet Laut UPNM Zulfarhan Osman Zulkarnain akan diketahui esok sama ada mereka didapati bersalah atas p...
Penguatkuasaan Larangan Jual Arak Di Kedai Runcit Serbaneka Diketahui 30 Okt

Penguatkuasaan Larangan Jual Arak Di Kedai Runcit Serbaneka Diketahui 30 Okt

papar berkaitan - pada 23/10/2021 - jumlah : 260 hits
Larangan menjual minuman keras di kedai ubat Cina runcit dan serbaneka di Kuala Lumpur sepatutnya dikuatkuasakan mulai 1 Okt lalu PETALING JAYA Tarikh untuk menguatkuasakan larangan menjual minuman keras di kedai ubat cina runcit dan serban...
Pembahagian Kerusi Pas Di Prn Melaka Diketahui Seminggu Lagi

Pembahagian Kerusi Pas Di Prn Melaka Diketahui Seminggu Lagi

papar berkaitan - pada 19/10/2021 - jumlah : 337 hits
Pesuruhjaya PAS Melaka Kamarudin Sidek berkata menerusi perbincangan itu setiap parti dijangka mengemukakan calon masing masing dan keputusan akan dibuat secara bersama bagi memilih calon terbaik untuk bertanding di setiap kerusi MELAKA Pem...
Kim Seonho Keluar 2 Days 1 Night Nasib 3 Filem Masih Belum Diketahui

Kim Seonho Keluar 2 Days 1 Night Nasib 3 Filem Masih Belum Diketahui

papar berkaitan - pada 20/10/2021 - jumlah : 209 hits
Selepas Kim Seon ho memohon maaf terhadap kontroversi yang terpalit mengenai bekas kekasihnya ramai yang tertanya tanya apakah nasib projeknya yang akan datang ARTIKEL BERKAITAN Disebabkan oleh pendedahan ini kesemua projek Kim Seon ho yang...
Rayuan Kerajaan Berhubung Kerakyatan Lelaki Kelahiran Sabah Diketahui 10 Nov

Rayuan Kerajaan Berhubung Kerakyatan Lelaki Kelahiran Sabah Diketahui 10 Nov

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 232 hits
Wong Saya dilahirkan di Malaysia saya dibesarkan di sini dan keluarga saya di sini Ini satu satunya negara yang saya tahu dan ia adalah rumah saya PUTRAJAYA Mahkamah Rayuan hari ini menetapkan 10 November ini untuk memutuskan rayuan kerajaa...
Cerita Foto Sepanjang Minggu

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

Saya Harap Isu Aliff Aziz Tak Jejaskan Saya Cari Rezeki Di Malaysia Aaron Aziz

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Jangan Kahwin Pada Usia Terlalu Muda

Akhyar Cedera Dipukul Dompet Telefon Bimbit Disamun

Drama My Stolen First Kiss

Emy Yusuf Feat Driant Kenyang Beraya Chord

Dani Kurama Sumpah Kali Ini Chord

Kedai Mamak Sorok Minyak Masak And Then