Langkah Aman Mengemudi Mobil Transmisi Manual



Mengemudi mobil dengan transimi manual itu memerlukan trik khusus serta kejelian dan kewaspadaan amat tinggi

Pada intinya mengemudi semua jenis mobil prinsip nya adalah sama Berkendara di jalanan tentu saja memerlukan kemampuan yang baik serta kehati-hatian amat tinggi. Jangan sampai karena langkah menyetir sobat yang salah pada akhirnya justru membahayakan pengguna jalan lain. Pada dasarnya mengemudi semua jenis mobil prinsip nya sama, yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaan.

Sehebat apapun sobat menyetir mobil jangan pernah mengemudi mobil dengan cara yang ugal-ugalan karena berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain. Khusus untuk mobil manual butuh trik khusus untuk bisa mengemudinya.  Berikut langkah benar mengemudi mobil manual.

1. Pahami Fitur Mobil 
Tips paling utama yang harus sobat lakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah menghafal. Pastikan sobat hafal beberapa elemen penting mobil seperti injakan rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena dapat membahayakan.  Hafalkan juga elemen lain seperti tombol lampu sign, bel dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, sobat juga harus belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau persneling yang biasanya ada mulai dari angka 1 s/d 5 dan juga untuk posisi netral. Selain itu ada posisi R untuk posisi mundur.

2. Lokasi Tempat Berlatih
Salah satu tips lain mengemudi mobil adalah sobat harus banyak-banyak berlatih. Salah satu yang diperhatikan yakni lokasi yang akan sobat jadikan tempat latihan. Pilihlah lapangan yang cukup luas untuk belajar menyetir mobil. Dengan luas lahan yang cukup maka sobat dapat berkonsentrasi penuh menghafal bagaimana langkah menyetir mobil manual.

Setelah sobat terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya saja jalanan umum, tetapi pilih jalanan yang sepi. Langkah belajar mobil manual dengan cepat ini cukup efektif membantu sobat membiasakan diri menyetir mobil di jalan.

3. Konsentrasi Mengemudi
Saat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika sobat mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran sobat lebih tenang, Lebih relax dan konsentrasi penuh. Bila sobat masih agak gemetaran silahkan tunggu hingga perasaan sobat lebih santai.

4. Proses Menghidupkan Mesin Mobil
Ini juga bagian sangat penting, pastikan mobil dalam keadaan netral. Bila sudah silahkan mulai memutar kunci kotak untuk melakukan starter. Ketika mesin sudah nyala nih, terus sobat tahu bahwa di bawah kaki sobat sekarang ada 3 jenis pedal, dari kiri disebut kopling, tengah rem, dan kanan gas.

5. Menyeimbangkan Kopling dan Gas
Gear shift sobat udah di posisi gigi 1, tapi mobil sobat belum jalan? Tenang aja, itu karena sobat belum nginjek gas nya. Biar gampang, kita menganalogikan kopling dan gas itu seperti jungkat-jungkit.

Ketika gas akan di tekan, sobat harus angkat kopling sobat pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara bila pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat.

6. Ulangi Langkah  5 untuk Menambah atau Menurunkan Kecepatan
Ingat, setiap perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, sobat harus selalu menginjak kopling dan mengingat prinsip jungkat-jungkit yang pada poin 5 telah dijelaskan.

7. Jangan Lupa Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil
Bila dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya sobat melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja bila ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.a-dhea.com/2018/11/langkah-aman-mengemudi-mobil-transmisi.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+adheaputra+(adheaputra)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mobil Anda Mogok Di Jalan Lakukan 5 Langkah Ini

Mobil Anda Mogok Di Jalan Lakukan 5 Langkah Ini

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 149 hits
Jika Sobat pernah mengalami mobil mogok pastinya Sobat akan merasa kesal sekali apalagi mogoknya pas pada waktu di Jalan Raya Mobil mogok selain membuat panik juga dapat membuat pengemudi lainnya juga makin kesal karena jalan raya akan namb...
Honda Cr V Jadi Mobil Suv Paling Aman Di Asia Tenggara

Honda Cr V Jadi Mobil Suv Paling Aman Di Asia Tenggara

papar berkaitan - pada 17/11/2018 - jumlah : 218 hits
Mobil Honda CR V meraih penghargaan dalam hal keselamatan dari ASEAN NCAP Termasuk lima bintang sebagai mobil yang aman dan kaya fitur keselamatan baik pasif maupun aktif
Tips Cara Aman Membersihkan Jok Mobil

Tips Cara Aman Membersihkan Jok Mobil

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 283 hits
Sebaiknya sobat jangan anggap sepele apabila membersihkan jok mobil karena jika keliru sedikit dapat merusak kontur jok mobil sobat Jok mobil merupakan salah satu elemen yang wajib dijaga kebersihannya karena jok yang rapih dan bersih dapat...
Begini Trik Mengemudi Mobil Di Jalan Tanjakan

Begini Trik Mengemudi Mobil Di Jalan Tanjakan

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 192 hits
Bagi Sobat yang saat ini masih tergolong pemula dalam hal mengemudi Mobil merupakan hal yang tepat jika Sobat terdampar di Situs ini karena disini saya akan menjelasnya lebih dalam mengenai trik mengemudi yang benar dengan judul Begini Trik...
Langkah Tepat Memperbaiki Klakson Mobil

Langkah Tepat Memperbaiki Klakson Mobil

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 165 hits
Apabila klakson Mobil tidak berfungsi dengan normal memang akan amat menganggu walaupun tak menimbulkan kecelakaan Karena salah satu fungsi klakson adalah sebagai pemberitahu bila sobat ingin mendahului kendaraan lainnya yang berada di depa...
12 Cara Jitu Perawatan Mobil Kesayangan Anda

12 Cara Jitu Perawatan Mobil Kesayangan Anda

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 225 hits
Nggak cuma mobil bekas mobil baru pun perlu perawatan rutin Akan tetapi terkadang banyak orang yang merawatnya kurang benar tanpa melihat dengan detail tentang cara merawat mesin mobil dengan betul Salah salah bakal mengakibatkan kerusakan ...
Tips Dan Trik Perawatan Mobil Matic Supaya Tetap Awet

Tips Dan Trik Perawatan Mobil Matic Supaya Tetap Awet

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 262 hits
Pada halaman ini saya akan membahas mengenai cara terbaik merawat mobil transmisi Metik agar lebih awet Selain usia mobil yang lebih lama penggunaan mobil tetap dalam kondisi yang baik perawatan yang tepat membuat mobil metic menjadi lebih ...
Pilih Mana Kredit Mobil Dengan Angsuran Ringan Apa Dp Ringan

Pilih Mana Kredit Mobil Dengan Angsuran Ringan Apa Dp Ringan

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 201 hits
Banyak orang yang menginginkan mempunyai mobil baru namun belum mampu mewujudkannya pada jaman sekarang ini mempunyai mobil bukan hal yang begitu sulit seperti jaman dulu karena sudah banyak lembaga keuangan seperti finance dan bank yang me...
Mobil Dufi Pria Tewas Dalam Drum Ditemukan Di Lampung Utara

Mobil Dufi Pria Tewas Dalam Drum Ditemukan Di Lampung Utara

papar berkaitan - pada 26/11/2018 - jumlah : 190 hits
Mobil tersebut ditemukan terparkir di depan gudang manisan milik seorang warga bernama Eko di Desa Candi Mas Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Utilizing Crowdfunding For Business

Pemandu E Hailing Pengguna Muslim Wajiib Abaikan Grab Kenyataan Media Ppim 26 04 2024

Selamat Bersara Contoh Ucapan Hari Persaraan Poster

Juyaya Semun Ngintu Gawai Chord

Bahaya Kemiskinan By Dr Hm Rakib S H Pekanbaru Riau

Alya Iman Nabil Aqil Bergandingan Dalam Siri Terbaru Adaptasi Novel Anggun Mikayla Di Viu