Kunjungan Presiden Indonesia Ke Wilayah Negara Papua


Harus kutuliskan dalam versi yang berbeda, mungkin saja bagi pendukung indonesia ataupun mayoritas rakyat indonesia yang mengikuti berita terkait kunjungan presidennya ke Papua akan tetap menganggap wilayah Papua sebagai bagian dari indonesia tetapi tidaklah demikian bagi rakyat Papua yang telah menyatakan sikap sebagai warga negara republik federal Papua Barat.

Kunjungan presiden indonesia Joko Widodo  di Pegunungan Arfak (27/10), kemudian kembali ke Manokwari dan meneruskan ke Kaimana.  Dari informasi beberapa media menyebutkan presiden Jokowi juga akan mengunjungi beberapa daerah di Papua lainnya seperti Wamena.
Dampak dan Tujuan Kunjungan tak lain berkaitan dengan pembangunan infrastruktur yang memang telah digenjot sejak beliau memimpin pada periode sebelumnya.

Bagaimana Penyelesaian Pelanggaran HAM

Pada periode pertama ada upaya baik dalam menuntaskan pelanggaran HAM berat yang terjadi di Papua. Namun sampai akhir periode belum terlaksana. Begitu pula sebelum melanjutkan periode kedua ini, diakhir masa jabatan ada pernyataan bahwa siap untuk berdialog maupun bertemu dengan tokoh-tokoh Papua pro referendum. Namun lagi-lagi pernyataan seperti itu hanya menjadi angin lalu.
Beberapa hari setelah dilantik dan mengumumkan susunan kabinetnya di Papua perang antara Tentara Pembebasan Nasional dan Militer indonesia yang telah berlangsung sejak Desember 2018 masih berlanjut.  Korban tewas tertembak dilaporkan media indonesia sebagai tukang ojek namun Komnas TPNPB menyatakan bahwa semua Pembunuhan yang telah dan sedang dilakukan oleh Pasukan TPNPB-OPM di Seluruh Tanah Papua adalah berdasarkan data identifikasi oleh “Papua Intellegent Service (PIS)”, dimana dapat di identifikasi bahwa semua bentuk Pembangunan Jalan terans Papua adalah untuk tujuan jahat oleh Jakarta..

Peristiwa di Nduga yang telah mengakibatkan ribuan warga Papua disana mengungsi dari kampung halamannya, berlanjut pada rasisme surabaya, penembakan mahasiswa di Jayapura, maupun demo pelajar di Wamena atas ucapan rasis guru yang kemudian berujung pada konflik antar rakyat tak lepas dari sorotan publik. Mengapa suara-suara yang mendukung upaya perdamaian di Papua tak mendapat tempat, mengabaikan tuntutan rakyat Papua dan terus memaksa pembangunan dengan senjata?

Baca: FAKTA PERISTIWA RASISME WAMENA: MARI KITA MEMBUKA TOPENG POLITIK WAYANG DI ATAS TANAH LELUHUR MELANESIA DI WEST PAPUA”

Apalah arti pembangunan yang sedang dikerjakan oleh indonesia di Papua jika kelak orang Papua hanya menjadi penonton yang menyaksikan kehancuran disana-sini?

Tak Ada Referendum, Peralihan Kekuasan Harus Terjadi

Menurut beberapa pakar indonesia sebut saja Mahmud Md menyatakan dalam hukum indonesia tdak ada lagi referendum atau hak menentukan nasib sendiri, sehingga upaya menuntut rerefendum tak bisa diakukan untuk Papua. Begitu pula bahwa beda persoalan antara Timor Leste dan Papua.

Jika pendapat  para pakar indonesia demikian maka ada solusi lain yang masih bisa menjadikan indonesia sebagai mitra Papua dimasa depan yakni peralihan kekuasaan. Peralihan kekuasan dengan  kesadaran sepenuhnya atas kekeliruan sejarah dimasa lalu yang telah mengakibatkan banyak rakyat Papua harus menjadi korban selama pendudukan asing.

Jika upaya seperti ini yang dlakukan indonesia tidak akan kehilangan muka di internasional tetapi indonesia akan menjadi contoh negara yang bijak dalam menyelesaikan persoalan diwilayah-wilayah yang memang punya kedaulatan sendiri.

Papua  Era 2011 sampai saat ini..

Pada tahun 2011 Bangsa Papua telah melakukan Kongres Rakyat Papua III yang merupakan Pemulihan Kemerdekaan Papua dengan membentuk Negara Federal Republik Papua Barat. Dengan Presiden dan Perdana Menteri; dalam proses mendapatkan pengakuan kemerdekaan atas wilayahnya. Presiden Papua telah melayangkan surat kepada Presiden indonesia sejak era SBY hingga Jokowi. Namun sepertinya surat-surat tersebut hanya dilihat dan dibaca tanpa ada balasan.

Lihat:
- NFRPB Kirim Surat Terakhir Untuk Jokowi
- Petinggi Negara Federal Republik Papua Barat Surati Jokowi
- Indonesia Langgar Hukum Kedaulatan....

Kami masih sangat menanti upaya presiden Papua yakni Forkorus Yaboisembut kepada presiden Indonesia Joko Widodo dalam peralihan kekuasaan dari indonesia kepada Papua. Peralihan kekuasan yang benar-benar terwujud dengan damai tanpa ada konflik yang memaksa intervensi dan atau mengorbankan rakyat sipil. Wilayah negara Papua dianeksasi, diklaim dan diduduki puluhan tahun.

Selain langkah yang ditempuh pemerintah Republik Papua,  ada juga Organisasi Papua Merdeka dengan sayap Militer yang terus menyampaikankepada pihak pemerintah indonesia untuk duduk dimeja perundingan dalam menyelesaikan sengketa Papua. Pernyataan demi pernyataan yang dikeluarkan tak diindahkan malah ribuan militer yang dikirimkan ke lokasi Perang.

Ini sangat keliru, indonesia tak bisa menutup mata atas peristiwa-peristiwa dalam beberapa bulan terakhir ditanah Papua.  Keliru bila indonesia masih menganggap pembangunan Papua sebagai solusi, karena generasi Papua hari telah menyadari adanya kekeliruan sejarah. Status dan posisi orang Papua dalam indonesia adalah warga kelas dua.  Menyadari bahwa wilayah Papua hanya dijadikan area eksploitasi sumber daya alam.

Dan kini sudah waktunya mengembalikan sesuatu yang bukan milik indonesia. Biarkan rakyat Papua mengatur masa depannya.

Kurang dan lebih, demikian ulasan opini saya.
Salam Juang

By. Phaul Heger

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/10/kunjungan-presiden-indonesia-ke-wilayah.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Papua Antara 7 Negara Bagian Versus 7 Provinsi Indonesia Kepunahan Didepan Mata

Papua Antara 7 Negara Bagian Versus 7 Provinsi Indonesia Kepunahan Didepan Mata

papar berkaitan - pada 2/11/2019 - jumlah : 525 hits
Tanah Papua menjadi daerah pendudukan indonesia jika melihat dari sudut sejarah bangsa Papua yang memperjuangkan kedaulatan politiknya sebagai bangsa yang punya hak untuk merdeka Pada masa pendudukan penguasa indonesia bahkan melanggengkan ...
Indonesia Kalahkan Thailand Jadi Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Di 2019

Indonesia Kalahkan Thailand Jadi Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Di 2019

papar berkaitan - pada 22/10/2019 - jumlah : 161 hits
Indonesia kalahkan Thailand sebagai negara terbaik untuk dikunjungi di tahun 2019
Kisah Pelantikan Presiden Sby Disaksikan Langsung Lima Kepala Negara

Kisah Pelantikan Presiden Sby Disaksikan Langsung Lima Kepala Negara

papar berkaitan - pada 19/10/2019 - jumlah : 150 hits
Dua kali dilantik menjadi presiden menyisahkan kisah tersendiri Mulai dari yang istimewa sampai kejadian salah sebut nama
Bertemu Mpr Wapres Jk Berharap Di Indonesia Ada Lembaga Negara Tertinggi

Bertemu Mpr Wapres Jk Berharap Di Indonesia Ada Lembaga Negara Tertinggi

papar berkaitan - pada 17/10/2019 - jumlah : 141 hits
Tidak hanya memberikan undangan mereka juga berbincang banyak hal mulai dari konstitusi JK pun kata Bamsoet memberikan masukan terkait rencana amandemen UUD 1945
Agenda Jokowi Malam Ini Bertemu Wakil Presiden Negara Sahabat Hingga Relawan

Agenda Jokowi Malam Ini Bertemu Wakil Presiden Negara Sahabat Hingga Relawan

papar berkaitan - pada 21/10/2019 - jumlah : 207 hits
Joko Widodo dan Ma ruf Amin resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019 2024 Usai dilantik Jokowi akan bertemu dengan relawan yang mendukungnya di Pilpres 2019
Wapres Ma Ruf Amin Harap Ada Santri Jadi Presiden Indonesia

Wapres Ma Ruf Amin Harap Ada Santri Jadi Presiden Indonesia

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 172 hits
Wapres Ma ruf Amin berharap para santri bisa semakin unggul Sebagai santri Ma ruf juga berharap lulusan santri masa depan bisa memimpin Indonesia Bukan hanya jadi wakil presiden atau menteri
Penyebab Cuaca Panas Di Sebagian Wilayah Indonesia Bmkg Sebut Akibat Gerak Semu Matahari

Penyebab Cuaca Panas Di Sebagian Wilayah Indonesia Bmkg Sebut Akibat Gerak Semu Matahari

papar berkaitan - pada 22/10/2019 - jumlah : 215 hits
Akhir akhir ini suhu udara di sebagian wilayah Indonesia terasa panas Terkait hal tersebut Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Miming Saepudin memberikan penjelasan Diketahui suhu uda...
Konser Indonesia In Harmony Untuk Semangat Merawat Perdamaian Papua

Konser Indonesia In Harmony Untuk Semangat Merawat Perdamaian Papua

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 160 hits
Ananda menyampaikan Rapsodia Nusantara karya karyanya yang berdasar lagu lagu tradisional nusantara dibuat untuk merayakan keberagaman Indonesia
Facebook Hapus 69 Akun Palsu Dari Indonesia Yang Sebarkan Berita Bohong Tentang Papua

Facebook Hapus 69 Akun Palsu Dari Indonesia Yang Sebarkan Berita Bohong Tentang Papua

papar berkaitan - pada 15/10/2019 - jumlah : 123 hits
Facebook awal bulan ini telah menghapus ratusan akun laman dan grup yang dianggap terlibat dalam perilaku tidak normal yang terkoordinasi di Facebook dan Instagram
Adapting To Consumer Behavior

Keluarga Berang Terima Kiriman Jenazah Individu Lain

Mcmc S Police Report Against Writer Murray Hunter Is High Handed And Has A Chilling Effect On Freedom Of Speech

Kfc Malaysia Tutup Lebih 100 Restoran Francais Kesan Boikot

Optimizing Your Twitter Feed Strategies For Positive Content Filtering

There Is An Awakening

App Inarah

Netizen Mohon Maaf Asyik Mengutuk Ruhainies Beri Respon Saya Dah Tak Fikir Sekarang Nak Fokus On Being Happy



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Drama Khilaf Yang Tertulis

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Cik Piah Nak Suami Raya Chord

Dap Sudah Perangai Sama Sakau Kenapa Tiada Tindakan Terhadap Nga Kor Ming Azmin Ali

Polis Raub Menahan Empat Lelaki Bantu Siasatan Kes Gaduh Di Pakir Sebuah Kuil Pada Ahad Lalu

Gear Up With The New Bike Exif Merch Store