Papua Antara 7 Negara Bagian Versus 7 Provinsi Indonesia Kepunahan Didepan Mata


Tanah Papua menjadi daerah pendudukan indonesia jika melihat dari sudut sejarah bangsa Papua yang memperjuangkan kedaulatan politiknya sebagai bangsa yang punya hak untuk merdeka. Pada masa pendudukan, penguasa indonesia bahkan melanggengkan kekuasan dengan serangkaian operasi militer diawal-awal perebutan Papua. Menyangka bahwa penumpasan gerakan Papua merdeka akan berhasil ternyata tidak. Tahun berganti dari presiden indonesia yang pertama Soekarno sampai Joko Widodo tetap saja ada tuntutan dari rakyat Papua untuk menentukan nasib sendiri alias berdiri sendiri sebagai negara merdeka.

Untuk memperkuat cengkraman garuda di bumi cendrawasih, pengalihan tuntutan Papua merdeka dengan gula-gula politik jakarta yakni spesial otonomi (otsus) pada tahun 2000an. Otsus bagi Papua hanyalah gula-gula poitik manisnya hanya diawal rasa, kemudian tersisa hambar tanpa rasa. Dirudung pelanggaran demi pelanggaran atas nama negara menjadikan orang Papua korban. Penjara terisi tahanan politik, aktivis dengan ruang kebebasan yang terus direpresif.

Upaya lain yang digencarkan yakni pembangunan infrastruktur. Mengejar ketertinggalan pembangunan yang terabaikan pada rezim –rezim sebelumnya berharap bahwa dengan pembangunan yang maksimal seperti pembukaan jalan trans Papua dari ujung Sorong sampai Merauke akan membuka mata rakyat Papua sehingga mencintai indonesia dan mengubah stigma rakyat Papua bahwa kehadiran indonesia di Papua adalah ilegal dan penjajah.

Sayang sekali pengembangan dibidang lain mungkin saja maksimal tetapi bagaiamana dengan sumber daya manusia Papua?. Lompatan kemajuan zaman yang dipaksakan rezim penguasa tanpa  membuka tabir kelam sejarah integrasi berdampak pada status Papua dan Papua Barat sebagai pronvinsi termiskin di indonesia. Karena semua kemajuan yang dikebut hanya berkepentingan pada negara.  Ekonomi  rakyat dikuasai para kaum migran, populasi Papua juga bahkan kian menurun dan tentu saja ini menuju kepunahan.

7 Negara Bagian Republik Federal Papua BaratPerjuangan bangsa Papua untuk mewujudkan kedaulataannya diatas tanah airnya terjawab dengan digelarnya Kongres Rakyat Papua ke-III pada tahun 2011. Hasil dari  pada kongres tersebut telah secara bertahap mendeklarasikan kemerdekaan bangsa Papua dinegeri Papua Barat.
Dengan menetapkan kembali nama negara sebagai Negara Federal Republik Barat (NFRPB), beribukota di Port Numbay (Jayapura) lagu kebangsaan Hai Tanahku Papua, Lambang negara Burung Mambruk dan Bendera Negara Bintang Fajar.  Dengan pembagian wilayah administrasi menjadi tujuh negara bagian. Negara Bagian Mamta, Negara Bagian Saireri, Negara Bagian Doberai, Negara Bagan Bomberai, Negara Bagian Lapago, Negara Bagian Anim Ha dan Negara Bagian Mee Pago.
 Secara struktur negara, Bangsa Papua telah memiliki perangkat negara yang lengkap, memiliki kepolisian maupun tentara nasional. 

7 Provinsi Indonesia di Papua Dilain sisi apa yang dilakukan bangsa Papua tak  dianggap; dan pihak indonesia yang menduduki wilayah negara Papua masih berusaha mempertahankan kekuasannya. Setelah membagi Papua menjadi dua provinsi yakni Papua dan Papua Barat; kini upaya pemekaran diangkat lagi. Menteri dalam negeri indonesia menyampaikan bahwa yang sudah siap yakni Papua Selatan.  Ada juga tuntutan dari 61 tokoh Papua yang entah siapa yang mengusulkan atau mewakili rakyat Papua yang mana? Datang ke istana dan bertemu presiden Joko Widodo dan menyampaikan  usulan untuk pemekaran Papua.  Dari dua provinsi yang telah ada ditambah lagi sehingga menjadi genap 7 provinsi.  Ada Provinsi Tabi, Provinsi Papua Tengah, Provinsi  Teluk Cendrawasih, Provinsi  Papua Barat Daya dan Provinsi Bomberay Raya.

Apakah dengan menjadikan Papua 7 provinsi atau yang sudah siap menurut mendagri yakni Papua Selatan.  Akan menyelesaikan persoalan kedaulan poitik antara bangsa Papua dan bangsa indonesia? Apakah dengan melahirkan provinsi baru ditengah tuntutan mayoritas rakyat Papua yang menginginkan penentuan nasib sendiri sebagai solusi demokratis akan menguap dan menghilang? Apakah dengan pemekaran tersebut OAP akan menjadi tuan dinegeri sendiri? Ataukah pemekaran itu hanya berpeluang kepada kepentingan korporasi dan antek-anteknya?

Saatnya Rakyat dan Bangsa Papua Menentukan Sikap!   Kita sebagai bangsa Papua akan mengalami kepunahan bila terlena pada situasi tanpa bertindak memprokteksi hak-hak kita. Tanah-tanah adat fam/marga hanya akan beralih fungsi untuk kepentingan negara. Kita akan terus disebut pemberontak atas tanah leluhur kita yang seharusnya menjadi milik kita, milik anak cucu kelak.

Kita tak bisa diam dan menganggap bangsa Papua di posisi baik-baik saja. Tanah damai hanya menjadi slogan, trauma menghantui, was-was dan beragam rasa. Memang rupiah menggiurkan menjual identitas keaslian, mengangkat yang bukan sedarah menjadi bagian dari kita. Bangga bahwa budaya dipamerkan untuk slogan persatuan nasional. Kita dipecah dalam kelompok wilayah dan melupakan status kita sebagai suatu bangsa yang seharusnya berdaulat.

Lepaskan sisi politik dan lihat kedepan untuk generasi bangsa Papua di masa mendatang. Kepunahan itu nyata didepan mata bila generasi hari ini mengabaikan dan membiarkannya berlanjut. Ini bukan soal pilihan politik merdeka didalam indonesia atau merdeka sebagai negara sendiri. Tetapi kesadaran akan identitas bangsa sangatlah penting. 
Kelompok bangsa Papua pro indonesia maupun kelompok bangsa Papua Pro merdeka. Harus menyatukan kekuatan bersama untuk mendorong terciptanya kedamaian ditanah ini. Lalu mencari solusi, perundingan atau apapun namanya nanti. Status dan masa depan bangsa Papua ada ditangan generasi hari ini. Bangkit dan berdaulatlah ditanah airmu sendiri. 
Perkuat barisanmu, proteksi hak-hakmu, jangan diam dan biarkan melayu menjadi mekar ditanah Melanesia – Papua. #phaulheger
Oleh: Phaul Heger
1 November 2019 

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/11/papua-antara-7-negara-bagian-versus-7.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kunjungan Presiden Indonesia Ke Wilayah Negara Papua

Kunjungan Presiden Indonesia Ke Wilayah Negara Papua

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 359 hits
Harus kutuliskan dalam versi yang berbeda mungkin saja bagi pendukung indonesia ataupun mayoritas rakyat indonesia yang mengikuti berita terkait kunjungan presidennya ke Papua akan tetap menganggap wilayah Papua sebagai bagian dari indonesi...
Banten Jadi Provinsi Dengan Jumlah Pengangguran Terbanyak Di Indonesia

Banten Jadi Provinsi Dengan Jumlah Pengangguran Terbanyak Di Indonesia

papar berkaitan - pada 5/11/2019 - jumlah : 114 hits
Angka tersebut juga lebih tinggi dari angka nasional sebesar 5 28 persen Meski demikian angka pengangguran Banten tersebut menurun dibandingkan dengan keadaan Agustus 2018 sebesar 11 52 persen
Soal Anggaran Provinsi Baru Di Papua Sri Mulyani Tunggu Kepastian Hukum

Soal Anggaran Provinsi Baru Di Papua Sri Mulyani Tunggu Kepastian Hukum

papar berkaitan - pada 30/10/2019 - jumlah : 190 hits
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal rencana pembentukan provinsi baru di Papua Dia mengaku belum menghitung berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut Kementerian Keuangan masih menunggu kepastian hu...
Piala Dunia 2034 Malaysia Antara 5 Negara Asean Bida Hak Tuan Rumah

Piala Dunia 2034 Malaysia Antara 5 Negara Asean Bida Hak Tuan Rumah

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 307 hits
JOHORTIMES MY Please Subscribe to JohorTimes Youtube https www youtube com channel UCBGyB6bgPwLLTOahiWTGuFQ Facebook https www facebook com johortimes my Twitter https www twitter com JohorTimes Instagram https www instagram com JohorTimes ...
Daftar Ump Tahun 2020 Di Seluruh Provinsi Indonesia Jakarta Jadi Yang Tertinggi

Daftar Ump Tahun 2020 Di Seluruh Provinsi Indonesia Jakarta Jadi Yang Tertinggi

papar berkaitan - pada 31/10/2019 - jumlah : 179 hits
Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Kabupate Kota pada tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar 8 51 persen Kenaikan UMP ini akan berlaku di 34 provinsi yang ada di Indonesia Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor ...
Jokowi Minta Bos Perbankan Ke Pelosok Papua Indonesia Bukan Hanya Sudirman Thamrin

Jokowi Minta Bos Perbankan Ke Pelosok Papua Indonesia Bukan Hanya Sudirman Thamrin

papar berkaitan - pada 6/11/2019 - jumlah : 149 hits
Jokowi mengatakan bahwa saat ini banyak usaha kecil menengah khususnya di daerah terpencil yang membutuhkan bantuan modal dari bank nasional Dia sendiri mencatat setidaknya ada 60 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang membutuhkan ...
Konser Indonesia In Harmony Untuk Semangat Merawat Perdamaian Papua

Konser Indonesia In Harmony Untuk Semangat Merawat Perdamaian Papua

papar berkaitan - pada 1/11/2019 - jumlah : 160 hits
Ananda menyampaikan Rapsodia Nusantara karya karyanya yang berdasar lagu lagu tradisional nusantara dibuat untuk merayakan keberagaman Indonesia
Indonesia Kalahkan Thailand Jadi Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Di 2019

Indonesia Kalahkan Thailand Jadi Negara Terbaik Untuk Dikunjungi Di 2019

papar berkaitan - pada 22/10/2019 - jumlah : 159 hits
Indonesia kalahkan Thailand sebagai negara terbaik untuk dikunjungi di tahun 2019
Mahu Kalahkan Dubai Ibu Negara Baru Indonesia Bakal Jadi Kota Terbaik Dunia Jokowi

Mahu Kalahkan Dubai Ibu Negara Baru Indonesia Bakal Jadi Kota Terbaik Dunia Jokowi

papar berkaitan - pada 7/11/2019 - jumlah : 427 hits
Menjelang 2020 rancangan pemindahan ibu negara baru Indonesia dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur di pulau Borneo akan dimulakan Susulan itu Presiden Indonesia Joko Jokowi Widodo dalam satu kenyataannya berkata ibu kota tersebut akan m...
Can Forest City Be Country S Economic Lifeboat

Diabetes Bayi Pun Boleh Kena Jenis Penyakit Yang Tak Kenal Usia

How Did Afif Know Of Alleged Rm100m Payment For Pjd Link Asks Pj Mp

Memikirkan The Unknown

Produk Nestle Naik Harga Harga Milo Dan Nescafe Akan Meningkat Ikuti Senarai Produk Nestle Malaysia

Najib Razak Mangsa Atau Pemangsa

Dah Viral Baru Nak Terhegeh Hegeh Tak Tahu Buat Kerja Ke

Hotel Royal Signature Permata Baru Kuala Lumpur Setiap Bilik Menggemakan Intipati Kediaman



Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik

Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi


Warrant Woes In El Paso An Attorney Can Help You Get Back On The Road

Media Orang Ramai Diingatkan Tidak Sebar Video Nahas Helikopter Tldm

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Tak Perlis Lah Kalau Tak Makan Harumanis

Helikopter Terhempas 10 Dilaporkan Terkorban

Resepi Tortilla Wrap