Kornea Mata Wanita Ini Membusuk Digerogoti Bakteri Gara Gara Tidur Pakai Soft Lens Terancam Buta


Gara-gara kebiasaan tidur tanpa melepas lensa kontak, kornea mata wanita ini digerogoti bakteri hingga jadi berita viral kesehatan dunia. Kok bisa?
Sang pasien bahkan terancam kebutaan seumur hidup gara-gara membiarkan lensa kontak menempel di kornea mata sepanjang tidur. 
Bahkan, ketika lensa kontak kadung menempel di kornea mata, dikhawatirkan makin susah dilepas sehingga berisiko mengiritasi dinding kornea mata.
Pada hari Senin (29/04/2019), seorang dokter mata dari Vita Eye Clinic di Amerika Serikat membagikan kasus pasiennya di Facebook dan postingannya menjadi sangat viral.
Postingan itu telah mengumpulkan lebih dari 295.000 share hanya dalam lima hari.
Foto yang diunggah memperlihatkan kornea seorang wanita yang dimakan oleh bakteri setelah dia tidur dengan lensa kontak.
“Pseudomonas (bakteri) adalah penyebab morbiditas okular dan karakteristik oportunistiknya dengan cepat menyebabkan kebutaan permanen.”
Bakteri secara eksplosif menggerogoti kornea mata pasien dalam hitungan hari dan meninggalkan nekrosis putih yang pekat (jaringan mati).
“Saya bisa memulai merawat pasien ini dengan obat tetes antibiotik yang diteteskan sepanjang waktu dan baru-baru ini menggunakan steroid untuk mengurangi jaringan parut permanen,” tulis Vita Eye Clinic.
“Sementara mata pasien ini terus membaik secara drastis dari awal, dia kemungkinan besar akan  kehilangan penglihatan residual bahkan setelah perawatan.”
“Diperlukan beberapa detik untuk menghapus lensa kontak Anda, tetapi berpotensi menimbulkan kerusakan seumur hidup jika Anda memilih untuk tidak melepaskannya (sewaktu tidur).”
Pseudomonas (bakteri) adalah penyebab morbiditas okular “Orang-orang perlu melihat gambar-gambar ini dan sebagai pembelajaran untuk diri sendiri, keluarga, dan teman-teman agar menyadari bahaya lensa kontak,” tambahnya.
Dokter kemudian mengklarifikasi bahwa mata tampak berwarna hijau karena pewarna fluorescein (obat) yang diberikan ke mata.
Area yang menumpuk dari dalam pewarna pada foto adalah ulkus kornea – dan itu terbentuk hanya dalam waktu 36 jam!
Dapat dipahami bahwa pasien pertama kali dirujuk ke dokter untuk “ulkus kecil”, tetapi setelah pemeriksaan, “ulkus masif” terdeteksi dan penglihatannya berkurang menjadi hanya mampu melihat cahaya saja.
Konsumen didesak untuk menghindari memakai lensa kontak mereka dalam semalam karena tidak sepadan dengan risikonya Dokter juga mengatakan bahwa banyak orang memakai lensa kontak dalam semalam dan ini terkait dengan peningkatan kasus keratitis mikroba di mata yang biasanya tidak akan mengembangkan kondisi tersebut.
Konsumen didesak untuk menghindari memakai lensa kontak mereka dalam semalam karena tidak sepadan dengan risikonya.
“Ini langsung dari literatur medis dan tidak bisa diperdebatkan. Jangan tidur di lensa kontak.”
“Ya, posting ini adalah ‘taktik menakut-nakuti’ untuk membuat Anda berhenti tidur dengan lensa kontak,” tambahnya.
Memang benar bahwa lensa kontak memberikan lebih banyak mobilitas dan kenyamanan bagi pengguna, tetapi pasti akan menjadi bumerang jika pengguna memilih untuk mengabaikan kebersihan dasar.

Ini Penjelasan Lengkap, Mengapa Tidur Masih Pakai Lensa Kontak Berbahaya
Malam cukup larut ketika Anda pulang kerja. Badan yang terasa letih membuat Anda ingin segera tidur.
Namun, bagaimana jika Anda masih mengenakan lensa kontak? Sebagian orang akan melepasnya, tapi ketika terlalu letih kadang tak sengaja lensa kontak tersebut terbawa tidur.
Tak hanya tidur malam, sepertiga pengguna lensa kontak dilaporkan masih mengenakannya ketika tidur siang. Namun, tahukah Anda hal tersebut memiliki risiko tinggi?
Infeksi Kornea
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), orang yang masih mengenakan lensa kontak saat tidur memiliki enam hingga 8 kali risiko lebih besar mengalami infeksi mata.
“Di antara banyak perilaku yang meningkakan risiko mengalami infeksi korneaterkait lensa kontak adalah tidur masih mengenakannya,” tulis para peneliti dalam laporan mingguan Morbidity and Mortality dikutip dari Live Science, Kamis (16/08/2018).
“(Itu adalah) salah satu perilaku yang paling sering dilaporkan di kalangan pemakai lensa kontak remaja dan dewasa,” sambung tulisan tersebut.
Berawal dari Mikroba
Infeksi ini disebut dengan keratitis mikroba, paling sering dialami pemakai lensa kontak.
Menurut laporan tersebut, penyakit ini disebabkan oleh bakteri ataumikroba lain yang menginfeksi kornea mata.
Temuan ini ditegaskan setelah para peneliti mempresentasikan enam kasus pasien yang tidur masih memakai lensa kontak.
Beberapa infeksi bahkan mengakibatkan kerusakan kornea, kehilanganpenglihatan permanen, hingga membutuhkan operasi.
Kehilangan Penglihatan
Salah satu kasus dialami oleh seorang pria berusia 34 tahun. Pria tersebut tidur dengan memakai lensa kontak sekitar tiga hingga empat malam seminggu.
Beberapa waktu kemudian, dia mengeluhkan mata kiri yang terasa buram dan merah.
Pria ini dirawat karena kreatitis mikroba bakteri dan jamur selama beberapa bulan. Sayangnya, gejala yang dialaminya tidak membaik.
Ternyata, dia terjangkit infeksi yang sangat langka yang disebut Acanthamoeba keratitis.
Menurut CDC, penyakit ini karena amuba, organisme bersel satu.
Meski bisa sembuh karena pengobatan saat ini, pria itu kehilangan sebagian penglihatannya. Dia harus beralih menggunakan lensa kontak kaku.
Luka Kornea Permanen
Kasus lain dialami oleh seorang gadis berusia 17 tahun. Dia tidur dengan mengenakan soft contact lens yang dibeli di toko.
Dia mengembangkan infeksi dari bakteri Pseudomonas aeruginosa. Bakteri tersebut menyebabkan luka di kornea kanannya.
Beruntung, dengan obat tetes mata infeksi tersebut bisa sembuh. Namun, serat korneanya luka secara permanen.
Transplantasi Kornea
Pria 59 tahun mengalami hal yang lebih mengerikan. Dia memakai soft contact lens semalaman dalam perjalanannya berburu dua hari.
Nahas, keesokan harinya dia merasakan sakit luar biasa di mata kirinya. Ternyata dia memiliki luka besar berlubang di kornea mata.
Hal itu membuatnya harus melakukan transplantasi kornea. Tak sampai di situ, untuk memulihkan penglihatannya, dia harus melakukan operasi katarak.
Laporan tersebut juga menyebutkan seluruh pasien dalam studi kasus memerlukan obat tetes mata.
Dua di antaranya, harus melakukan operasi untuk memperbaiki kerusakan mata permanen atau kehilangan penglihatan.
Keenam kasus ini mungkin tidak sepenuhnya mewakili infeksi khas terkait lensa kontak.
Tak Sepenuhnya Mewakili
Kasus-kasus tersebut dipilih karena mengharuskan operasi mata atau kasus yang cukup ekstrem.
“Pemakai lensa kontak lainnya dengan kebiasaan yang sama mungkin bisa tidur tanpa mencopot benda itu dan tidak memiliki dampak yang merugikan,” catat para penulis.
Meski begitu, para peneliti menegaskan tidur dengan lensa kontak bisa meningkatkan risiko infeksi, terlepas dari bahan dan frekuensi lensa.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/kornea-mata-wanita-ini-membusuk-digerogoti-bakteri-gara-gara-tidur-pakai-soft-lens-terancam-buta/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hanya Mata Putih Di Kelopak Mata Kuatnya Wanita Pu Amin Sebak Tengok Isteri Bersalin

Hanya Mata Putih Di Kelopak Mata Kuatnya Wanita Pu Amin Sebak Tengok Isteri Bersalin

papar berkaitan - pada 23/4/2019 - jumlah : 526 hits
Rezeki bagi Pencetus Ummah Amin kerana telah dikurniakan cahaya mata yang ketiga setelah isterinya selamat melahirkan anak perempuan kedua dalam keluarga mereka Melalui instagramnya PU Amin telah menyatakan bahawa isterinya telah selamat me...
Pasca Tragedi Bom Paskah Di Sri Lanka Wanita Muslim Dilarang Pakai Hijab

Pasca Tragedi Bom Paskah Di Sri Lanka Wanita Muslim Dilarang Pakai Hijab

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 221 hits
Pascatragedi ledakan bom paskah di Sri Lanka pemerintah menerapkan peraturan larangan penggunaan hijab dan cadar untuk wanita Muslim di Sri Lanka Saya tidak lagi mengenakan abaya dan hijab beberapa hari belakangan ini karena berbagai koment...
Makan Tidur Di Sebelah Mayat Ibu Yang Kian Membusuk Selama 4 Bulan

Makan Tidur Di Sebelah Mayat Ibu Yang Kian Membusuk Selama 4 Bulan

papar berkaitan - pada 12/5/2019 - jumlah : 547 hits
Seorang lelaki berusia 40 tahun dari Tangkak Johor telah tinggal bersama mayat ibunya selama 4 bulan dan membiarkan mayat ibunya duduk di atas kerusia serta menemannya setiap hari BACA Bukan itu sahaja menurut lelaki itu juga didakwa didiag...
Siswi Smp Terancam Buta Karena Dilempar Ht Polisi Saat Razia Ini Faktanya

Siswi Smp Terancam Buta Karena Dilempar Ht Polisi Saat Razia Ini Faktanya

papar berkaitan - pada 4/5/2019 - jumlah : 321 hits
Seorang siswi kelas 3 SMP asal Purworejo Jawa Tengah terancam buta karena diduga dilempar Handy Talkie milik petugas Kepolisian Resor Purworejo saat melakukan razia kendaraan Selasa lalu Kejadian tersebut tentunya membuat heboh dan menjadi ...
Usus Wanita Ini Hancur Gara Gara Konsumsi Teh Pelangsing Secara Sembarangan

Usus Wanita Ini Hancur Gara Gara Konsumsi Teh Pelangsing Secara Sembarangan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 215 hits
Sebagian besar perempuan untuk beberapa alasan memang memimpikan tubuh langsing sebagai idealisasi gambaran kecantikan Bahkan berbagai cara pun kadang ditempuh meski mengorbankan kesehatan sendiri Meski kecantikan atau tubuh ideal sendiri a...
Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

Pentingnya Menjaga Siklus Tidur Di Bulan Puasa Ramadhan

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 297 hits
Menjaga siklus tidur yang sehat selama Ramadan sangat penting karena sebagian besar aktivitas seseorang akan dilakukan sampai larut dan harus bangun lebih awal untuk melakukan sahur saat sebelum fajar Menyitat Gulf News tuntutan disiplin bu...
Satu Keluarga Tidur Dalam Kereta Anak Lelaki Maut Dengan Mulut Berbuih Dipercayai Terhidu Gas Beracun

Satu Keluarga Tidur Dalam Kereta Anak Lelaki Maut Dengan Mulut Berbuih Dipercayai Terhidu Gas Beracun

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 597 hits
Satu Keluarga Tidur Dalam Kereta Anak Lelaki Maut Dengan Mulut Berbuih Dipercayai Terhidu Gas Beracun Satu insiden telah menggemparkan penduduk berdekatan Masjid At Taqwa Kampung Salo daerah Kampar Riau Indonesia apabila mereka terjumpa seb...
Anak Maut Ibu Bapa Kritikal Akibat Keracunan Gas Beracun Ketika Tidur Dalam Kereta

Anak Maut Ibu Bapa Kritikal Akibat Keracunan Gas Beracun Ketika Tidur Dalam Kereta

papar berkaitan - pada 10/5/2019 - jumlah : 543 hits
The ReporterPenduduk di sekitar Masjid At Taqwa Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau Indonesia digemparkan dengan penemuan dua orang dewasa yang tidak sedarkan diri dan seorang lagi telah meninggal dunia dalam sebuah kereta Toyota Innova Da...
Benarkah Tidur Saat Puasa Adalah Ibadah

Benarkah Tidur Saat Puasa Adalah Ibadah

papar berkaitan - pada 9/5/2019 - jumlah : 221 hits
Bulan Ramadan seperti saat ini ada banyak amalan amalan kebaikan yang bisa dilakukan Apalagi dalam bulan Ramadan pahala yang didapat ketika berbuat kebaikan akan di lipat gandakan Bahkan ada yang menyebutkan jika orang yang berpuasa tidurny...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan


Bulan Yang Sibuk

Repair Kereta Terus Ke Rumah Anda Untuk Penduduk Di Sekitar Kuantan

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Apakah Semua Musik Itu Haram

Motivating Remote Teams

Mengenali Ciri Individu Toksik Tempat Kerja Toksik